Merintis Bisnis di Bidang Perusahaan Jasa, Begini Kiat Suksesnya!

Posted on

Perusahaan Jasa

Merintis Bisnis di Bidang Perusahaan Jasa, Begini Kiat Suksesnya!

Perusahaan jasa—Perusahaan identik dengan pebisnis sebagai pelakunya. Banyak orang yang ingin menjadi pebisnis namun terkendala banyak hal. Salah satunya adalah modal untuk membuka usaha. Bisnis bisa kita klasifikasikan menjadi dua, yaitu bisnis yang memproduksi atau menjual barang, dan bisnis yang menjual jasa.

Perusahaan jasa adalah perusahaan yang mendayagunakan skill yang dimiliki untuk kemudian di jual dan mendapatkan profit dari apa yang sudah dikerjakan. Jika dipertimbangkan matang-matang, ada beberapa kelebihan membuka bisnis di bidang jasa, diantaranya adalah:

  • Modal yang Terjangkau

Mengembangkan atau menjual produk perlu waktu, energi, dan juga dana yang tidak sedikit. Kita perlu mengemas produk, mengirimnya kepada customer, dan menanggapi jika ada complain. Pun demikian kita harus welcome jika ada pengembalian barang. Jika tidak, reputasi bisnis kita akan terancam.

Jika kita bergerak di bidang perusahaan jasa, produk yang kita jual adalah kemampuan kita sendiri. Selalu jaga reputasi pekerjaan kita sehingga klien merasa puas dengan apa yang sudah kita kerjakan, dan repeat order.

Perusahaan jasa sangat bergantung pada bagaimana cara Anda memberikan pelayanan kepada para customer. Klien yang merasa puas dengan apa yang sudah Anda berikan untuknya biasanya melakukan promosi via mulut ke mulut, dan ini adalah cara marketing yang cukup ampuh.

Beberapa perusahaan jasa yang sedang marak saat ini adalah perusahaan jasa penulisan, jasa pembuatan website, jasa desain kartu nama, dan sebagainya. Pertimbangkan dimanakah keahlian Anda, dan maksimalkan pada bidang tersebut untuk menjalankan start up bisnis yang ingin dimulai.

  • Fleksibel

Membuka bisnis di bidang jasa, jauh lebih fleksible. Anda yang membuka jasa penulisan, bisa menulis kapan dan dimanapun sesuai deadline, entah itu di pagi hari, di siang hari, maupun di malam hari.

Jika klien merasa kurang puas dengan kinerja Anda, Anda bisa segera merubahnya sesuai dengan masukan atau feed back dari klien masing-masing. Lain halnya saat Anda bergerak di bidang produksi atau penjualan produk, Anda harus stand by sebagaimana jam kerja pada umumnya.

Saat ini, bidang jasa yang ditawarkan rata-rata bisa dikerjakan dengan bantuan koneksi internet dan laptop. Dengan bekal tersebut, Anda bisa memulai bisnis jasa yang siap Anda kelola sendiri dari rumah, kapanpun waktunya.

  • Merasa Puas dengan Membantu yang Lain

Saat Anda menjual produk , secara pribadi Anda mungkin tidak begitu dekat dengan klien. Lain lagi saat Anda memproduksi jasa untuk usaha Anda. Antara Anda dengan klien terdapat hubungan yang dekat sampai ke level personal.

Pihak klien memberikan arahan kepada Anda mengenai apa yang mereka inginkan. Dan, Anda selaku penyedia jasa berusaha untuk memenuhinya. Jika klien merasa puas dengan apa yang sudah Anda hasilkan, Anda tidak sekedar mendapatkan profit, tetapi merasa puas dan bahagia karena kebahagiaan yang di dapat orang lain dari usaha kita. Singkatnya, ada sense of humanity disini, tidak sekedar interaksi jual beli.

Ada kelebihan maka ada kekurangan. Bergulat dengan perusahaan jasa seperti dalam bidang penulisan, salah satu masalah yang biasa dihadapi adalah terkait dengan pricing, atau harga yang Anda berikan untuk klien. Terkadang kita menjual jasa dengan sangat murah yang tujuannya adalah untuk mendapatkan banyak klien. Faktanya, bukan itu cara yang tepat. Kita akan meng-forsir waktu dan tenaga yang kita miliki hanya untuk mendapatkan nominal yang tidak sebanding dengan apa yang sudah Anda usahakan.

Terlebih dahulu pertimbangkan berapa banyak waktu yang Anda habiskan untuk menyelesaikan orderan tersebut untuk menentukan tarifnya. Realistis saja!. Ini sangat terasa ketika kita sedang dalam kondisi drop dan ingin rehat sejenak dari banyaknya job yang ada saat ini.

Atau, buatlah menu yang berisi pilihan harga untuk masing-masing paket yang Anda tawarkan. Tunjukkan harga paket jasa tersebut untuk dipilih dengan rincian kriteria yang sudah Anda berikan.

Kendala lain dalam menjual jasa adalah pada apa yang kita promosikan. Jika jual beli produk, barangnya cukup real, sehingga Anda mudah mempromosikan produk itu dan pembeli pun tau visualisasinya. Lain lagi dengan menjual jasa. Anda cukup kesulitan mempromosikan jasa diri sendiri kecuali jika job yang sudah di pesan telah Anda kirim dengan respon puas dari klien.

Cara praktis promosi adalah dengan marketing menggunakan media sosial. Disitu, calon costumer mendapatkan gambaran yang cukup kuat mengenai bagaimana detail jasa Anda. Kesan yang melekat kuat di memory costumer bisa Anda rancang dengan metode ampuh yang satu ini.

Masalah lain yang juga menjadi kendala berbisnis di bidang jasa adalah dengan banyaknya kompetitor yang ada di kanan kiri kita. Bisnis di bidang jasa adalah bisnis yang tergolong minim modal. Kita hanya memerlukan skill khusus yang kita jual untuk mendapatkan profit. Biasanya yang menjadi kendala dalam berbisnis adalah modal.

Namun, untuk jenis bisnis yang bergerak di bidang jasa, biasanya modal yang digunakan minim. Siapa saja yang memiliki kompetensi di bidang itu memulai bisnis yang sama. Anda harus bersiap menghadapi persaingan ini dengan memberikan pelayanan yang maksimal dan hasil karya yang memuaskan.

Kelebihan dari membangun perusahaan jasa seperti yang tersebut di atas akan sukses Anda raih dengan beberapa tips sebagai berikut:

1. Kelola Keuangan dengan Baik

Permasalahan yang dihadapi saat kita memilih membangun perusahaan jasa adalah perputaran keuangannya. Saat menyediakan produk, Anda mungkin akan menyisihkan sebagian dari keuangan Anda untuk modal membeli produk yang akan di jual kembali. Sebaliknya, saat menjalankan perusahaan jasa, Anda harus benar-benar pandai mengkalkulasi keuangan yang masuk dan keluar. Terkadang, kita berfikir bahwa tubuh kitalah yang memproduksi keuangan tersebut. Namun kita lalai untuk mengkalkulasi keuangan dengan baik.

Sisihkan seberapa banyak uang yang harus Anda sisihkan untuk kebutuhan sehari-hari dan seberapa yang Anda pakai untuk saving. Atau, Anda mungkin menganggarkan dana khusus untuk mengembangkan perusahaan jasa yang Anda kelola saat ini.  Selalu perhatikan aliran keuangan setiap harinya agar tidak sampai terjadi defisit yang menyusahkan. Seperti yang kita tau, menggeluti bidang entrepreneur tidak selamanya mulus. Ada saatnya naik dan ada saatnya turun.

2. Kontrol Kegiatan Harian Anda, Jangan Sampai Meng-forsir Diri Sendiri

Perusahaan jasa yang kita kelola saat ini tidak lain adalah kombinasi dari maksimalnya waktu, dan tenaga, serta skill yang kita miliki. Semua itu kita dedikasikan untuk kepuasan konsumen. Walau begitu, kita harus berfikir realistis dengan mempertimbangkan kapasitas tubuh kita. Jangan sampai apa yang kita kerjakan setiap hari melebihi batas wajarnya. Kita meng-forsir diri sendiri sehingga lupa mengontrol kondisi kesehatan masing-masing.

Dalam kondisi yang sedang drop, pemasukan otomatis macet karena kita tidak bisa memproduksi jasa dikarenakan masalah kesehatan. Konsekuensinya,  kondisi tubuh yang sedang tidak sehat itu dibarengi dengan macetnya income yang kita manfaatkan untuk menunjang kebutuhan setiap harinya.

Manusiawi sekali saat kita mengetahui ada klien baru yang ingin order dan kita menerimanya dengan senang hati. Menerima orderan harus disertai dengan pertimbangan. Pertimbangan tersebut meliputi seberapa banyak waktu yang kita miliki; apakah klien memberikan deadline dalam waktu yang sangat singkat atau ada cukup waktu untuk menyelesaikannya, dan apakah orderan yang diberikan melampaui batas kapasitas diri kita.

Jangan enggan berkata TIDAK jika orderan tersebut melebihi kemampuan Anda. Fokus terlebih dahulu pada job yang ada sekarang sembari menimbang apakah Anda masih memiliki kesempatan dan kemampuan untuk menerima job selanjutnya. Jangan paksakan jika diri kita tidak mampu.

3. Partner Kerja untuk Mengembangkan Perusahaan Jasa Anda

Anda mungkin mahir pada satu atau dua bidang tertentu. Akan tetapi, Anda tidak bisa meng-cover semua skill sendirian karena terbatasnya waktu dan tenaga. Anda perlu teman agar perusahaan jasa yang dikelola semakin berkembang. Pilih rekan kerja yang bisa Anda percaya dan dijadikan pengganti saat sedang berhalangan. Dengan partner kerja, bisnis Anda tidak hanya berkutat dalam cakupan area yang kecil, tetapi berkembang menjadi bisnis yang sangat besar. Anda akan memiliki office sendiri dengan klien yang sangat banyak.

4. Definisikan Apa Tujuan Anda

Perusahaan jasa memang mudah dimulai dan dengan modal yang cukup terjangkau. Bisnis yang bergerak di bidang jasa biasanya sulit menjadi besar; sulit menarik minat investor, dan sulit di-marketing-kan. Buatlah tujuan yang jelas mengenai goal bisnis Anda di masa mendatang. Apakah Anda ingin bisnis yang dikelola menjadi income harian dan bulanan saja, atau Anda ingin perusahaan jasa yang Anda kelola berkembang dengan pesat.

5. Carilah Link Bisnis yang Seluas-luasnya

Merintis Bisnis di Bidang Perusahaan Jasa, Begini Kiat Suksesnya!2

Link bisnis meliputi rekan sesama pebisnis profesional, para staf yang kompeten dan juga para klien yang selalu repeat order. Cobalah membangun link bisnis yang luas sehingga perusahaan jasa semakin berkembang. Entah melalui komunitas pebisnis dengan bidang jasa yang sama. Para klien yang mendapatkan pelayanan yang maksimal dengan banyak diskon dan reward pada momen-momen tertentu, dan penghargaan yang Anda berikan kepada para staf yang bekerja dengan sangat baik. Ketiga elemen tersebut nantinya menunjang cepat atau lambatnya perkembangan perusahaan jasa Anda.

6. Ramah pada Klien dan Jangan Sampai Kita Kehilangan Mereka

Kali pertama berjumpa dengan klien lebih berat jika dibandingkan dengan mereka yang sudah beberapa kali repeat order. Kita memberi kesan yang baik agar nantinya mereka kembali menggunakan jasa kita. Tidak menutup kemungkinan tanpa kita minta akan memasarkan jasa kita kepada orang lain. Usahakan jangan sampai kita kehilangan konsumen yang tidak hanya mengurangi profit yang di dapat, tetapi juga berpotensi mempengaruhi para calon pengguna jasa.

Untuk proses marketing yang efektif dan efisien, manfaatkan sosial media yang berperan penting dalam memperkuat ingatan calon konsumen tentang perusahaan jasa yang kita kelola. Ini adalah cara yang banyak dimanfaatkan oleh para pengusaha jasa.

7. Jangan Gunakan Uang yang Bukan Milik Anda

Ini berarti modal yang kita gunakan bukanlah milik kita. Carilah alternatif jangan sampai kita menggunakan money orang lain. Manfaatkan saving terlebih dahulu agar keuangan Anda aman. Tidak selamanya bisnis yang kita kelola berjalan lancar.

Perusahaan jasa adalah bisnis yang mudah di buat, dengan modal yang sangat minim dan bermodalkan skill. Cepat tidaknya perkembangan bisnis tersebut bergantung dari tips yang Anda terapkan seperti tersebut di atas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.