Tips Sehat: Intens Main Gadget? Sayangi Mata Anda dengan 10 Cara Ini!

Posted on

Tips sehat

Tips Sehat Intens Main Gadget Sayangi Mata Anda dengan 10 Cara Ini!

Mata adalah jendela duniatentunya kita cukup familiar dengan ungkapan pepatah tersebut. Memang benar mata adalah medium kita untuk menyaksikan apapun di luar diri. Jika ingin berkesempatan menyaksikan alam bebas tanpa kendala, tips sehat menjaga mata harus Anda jalankan sejak dini.

Salah satu tantangan besar di era digital seperti sekarang ini adalah gadget yang semakin canggih. Fasilitas yang ada didalamnya membuat manusia seolah begitu dimengerti. Manusia mendapatkan fasilitas komunikasi, fasilitas bisnis, fasilitas hiburan, fasilitas informasi hanya melalui gadget sekecil smartphone yang bisa dibawa kemana-mana. Akibatnya, gadget menjadi bagian yang menempel dalam keseharian manusia, entah itu smartphone, komputer, notebook, laptop, tablet, dan sebagainya.

Di luar keunggulan gadget itu, ada hal yang harus diwaspadai, yaitu kesehatan mata. Ya, layar gadget yang kita pandangi terus-menerus rawan menyebabkan kerusakan mata. Yuk, sayangi mata  Anda dengan 10 tips praktis berikut ini ya Guys!

1. Jaga Jarak Pandang

Setiap hari Anda bekerja di depan layar komputer, atau Anda memiliki intensitas interaksi yang tinggi dengan layar laptop? mulai saat ini juga jaga jarak pandang Anda. Pastikan layar komputer berjarak 50 cm hingga 66 cm dari Anda. Ini adalah jarak normal agar mata tidak mudah lelah.

 2. Font yang Sesuai

Ukur font dan juga kontras komputer sehingga Anda akan merasa lebih nyaman saat menatap layar dan tidak menyebabkan sakit mata. Tidak hanya komputer, atur font smartphone agar lebih bersahabat. Font yang terlalu kecil membutuhkan fokus yang lebih untuk membacanya sehingga mata cepat lelah.

3. Hindari Menggunakan Smartphone Sambil Tiduran

Yep, komputer mungkin jarang Anda gunakan sambil tiduran, namun bagaimana dengan smartphone? Hm, jangan ditanya lagi!. Otak-atik smartphone sambil tiduran utamanya menjelang tidur dengan kondisi penerangan kamar yang gelap agaknya sudah menjadi rutinitas kids zaman now. Perhatikan tips sehat ini agar mata terjaga kesehatannya sejak dini.

4. Cahaya Ruangan yang Ideal

Pastikan cahaya dalam ruangan ideal. Yang artinya, tidak terlalu terang dan juga tidak terlalu gelap sehingga Anda akan merasa lebih nyaman.

 5. Jaga Kelembaban Mata

Tips Sehat Intens Main Gadget Sayangi Mata Anda dengan 10 Cara Ini!2

Jaga kelembaban mata dengan seringkali berkedip. Jika mata di rasa kering, Anda bisa manfaatkan obat tetes mata yang aman sesuai dengan petunjuk dokter.

6. Terapkan Rumus 20-20-20

Pakai rumus 20-20-20. Artinya, pandang layar komputer 20 menit lamanya, lalu alihkan dengan cara memandang apapun yang jaraknya 20 kaki dari Anda selama 20 menit lamanya.

7. Kunjungi Dokter

Kunjungi dokter mata untuk mengetahui apakah Anda sedang mengalami masalah kesehatan mata atau tidak. Dan, ini untuk memastikan solusinya agar tidak lebih parah. Disarankan bagi Anda yang berusia 40 tahun lebih untuk periksa mata setiap 2 tahun sekali.

 8. Konsumsi Makanan Bergizi

Perbanyak konsumsi makanan bergizi. Adapun makanan bergizi yang disarankan adalah makanan yang kaya akan lutein, asam leamk omega 3, vitamin C dan E yang efektif bantu atasi gangguan pada mata. Selain itu, rajin-rajinlah konsumsi sayuran berdaun hijau, tuna, kacang-kacangan, blueberry, jeruk, dan juga telur agar mata tetap terjaga.

 9. Perbanyak Olahraga

Rajin olahraga bantu atasi masalah penglihatan yang disebabkan diabetes, hipertensi, dan pengerasan atau penyempitan pembuluh darah. Peka terhadap gejala yang dialami sangatlah penting, seperti saat mata merah atau gatal, segera kompres air dingin, atau jika terasa ada butiran pasir, segera bilas dengan air bersih.

 10. Pakai Mentimun

Saat mata lelah, tips sehat menjaga mata agar tidak bengkak dari luar adalah dengan mentimun. Iris mentimun tipis-tipis lalu letakkan di kelopak mata setiap menjelang tidur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.