Tips Sehat Ibu Hamil: Kenapa Bumil Perlu Makan Kacang Merah? Ini Alasannya!

Posted on

Tips sehat ibu hamil

Tips Sehat Ibu Hamil Kenapa Bumil Perlu Makan Kacang Merah Ini Alasannya!

Kacang merah masuk dalam daftar menu makanan yang disarankan bagi ibu hamil. Kacang ini tidak hanya cocok bagi mereka yang ingin menerapkan hidup sehat saja, tetapi disarankan pula untuk dikonsumsi bagi ibu hamil sebab didalamnya terkandung nutrisi penting seperti antioksidan, serat, dan zat besi. Tips sehat ibu hamill yang satu ini jika Bunda praktikkan akan mendapatkan beberapa manfaat dibawah ini.

1. Berantas Anemia dan Kekurangan Zat Besi

Masalah yang umum dihadapi saat ibu hamil adalah kekurangan sel darah merah dan zat besi. Saat konsultasi dengan tim medis, Bunda akan diberi supplemen penambah darah dan zat besi. Selain itu, Bunda disarankan untuk mengonsumsi bahan makanan alami kaya serat seperti halnya kacang merah.

Beberapa manfaat kacang merah sehingga menjadi salah satu tips sehat ibu hamil adalah:

  • Mengandung zat besi yang tinggi
  • Menurunkan risiko bayi lahir cacat
  • Efektif membantu plasenta berkembang dengan baik
  • Efektif tingkatkan kadar hemoglobin dalam darah.

Jika Bunda alami masalah diatas, Bunda perlu konsumsi kacang merah secara rutin.

2. Tinggi Kandungan Protein dan Asam Amino

Kebutuhan protein ibu hamil dapat dipenuhi dengan konsumsi satu setengah cangkir teh kacang merah setiap harinya. Protein ini diperlukan untuk pertumbuhan janin dalam kandungan.

Selain protein, kacang merah kaya akan asam amino. Asam amino bermanfaat untuk meningkatkan sistem imun tubuh sehingga memperkecil potensi terserang penyakit saat kehamilan.

3. Kontrol Kadar Kolesterol

Kolesterol jahat adalah sumber berbagai penyakit berbahaya, termasuk hipertensi. Untuk mengontrol kadar kolesterol saat sedang hamil, salah satu cara alami yang bisa ditempuh adalah dengan memperbanyak konsumsi kacang merah. Tips sehat ibu hamil yang satu ini bantu kendalikan kadar kolesterol tinggi yang berpotensi menyebabkan berbagai penyakit berbahaya tersebut.

4. Kaya Akan Mineral Baik yang Diperlukan Tubuh

Tips Sehat Ibu Hamil Kenapa Bumil Perlu Makan Kacang Merah Ini Alasannya!2

Kacang merah sarat akan mineral tembaga. Beberapa manfaat dari mineral tersebut adalah untuk:

  • Meningkatkan kinerja enzim dalam tubuh
  • Memperbaiki jaringan yang rusak
  • Menjaga sendi, ligamen, dan pembuluh darah agar senantiasa berfungsi dengan baik.

Rasa lelah dan lemas selama kehamilan bisa diatasi dengan kacang merah yang kaya akan kandungan magnesium di dalamnya. Kandungan magnesium efektif membantu pembuluh darah, otot, serta syaraf agar lebih rileks.

5. Kaya Antioksidan

Kacang merah kaya akan zat antioksidan. Manfaat antioksidan bagi ibu hamil adalah untuk menguatkan fisik Bunda selama kehamilan, menjaga penampilan agar senantiasa glowing, dan menjaga Bunda dan janin dari potensi diabetes gestational yang membahayakan.

6. Kurangi Asam Lambung

Bunda khawatir alami asam lambung saat hamil? Atau Bunda takut asam lambung yang diidap kambuh saat mengandung? Segera atasi dengan konsumsi cukup kacang merah. Biasanya, ibu hamil seringkali mengalami masalah asam lambung. Belum lagi rasa ingin muntah dan mual yang menjadi penyebab asam empedu ingin naik seketika ke teggorokan.  Atasi masalah tersebut dengan memperbanyak konsumsi kacang merah saat hamil.

Selain itu, ibu hamil seringkali alami masalah sembelit dan ingin buang gas. Cegah masalah tersebut dengan perbanyak konsumsi asam merah setiap hari.

Sudah tahu ‘kan kenapa ibu hamil perlu rutin konsumsi kacang merah? Tips sehat ibu hamil diatas bantu atasi masalah seputar kehamilan yang Bunda alami. Untuk itu, jangan lewatkan konsumsi kacang merah agar kondisi fisik Bunda dan si kecil senantiasa sehat. Semoga bermanfaat ya.

One thought on “Tips Sehat Ibu Hamil: Kenapa Bumil Perlu Makan Kacang Merah? Ini Alasannya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.