Sehat dan Cantik Alami Luar Dalam? Jangan Lewatkan 13 Tips Ampuh Ini!

Posted on

Sehat

Sehat dan Cantik Alami Luar Dalam Jangan Lewatkan 13 Tips Ampuh Ini!

Sehat—Lalu nikmat Tuhan mana lagi yang kau dustakan jika tubuh dalam keadaan sehat dan cantik alami mempesona. Setiap wanita tentu ingin memilikinya, bukan? Untuk mendapatkannya, banyak wanita yang siap menguras kocek ratusan juta rupiah setiap bulannya (noted: mereka yang mampu tentunya).

Yang natural memang nggak pernah bohong. Untuk membedakan wanita yang penampilan fisiknya natural dan yang tidak, kita mudah menebaknya. Jika ditanya, mana nih yang lebih sedap di pandang? Mayoritas dari kita lebih suka wajah-wajah yang sehat, cantik alami, dan tidak berlebihan.

Sehat dan cantik yang menarik tentunya tidak hanya performa fisik saja. Agar lebih menarik, kecantikan tersebut sebaiknya merupakan kombinasi antara kecantikan luar dalam yang perlu di manage dengan cara yang tepat.

Apa ini penting? Tentu! tubuh yang sehat lebih mudah dan nyaman saat melakukan segala aktivitas, entah itu aktivitas ringan maupun berat. Dan, fisik yang cantik akan membuat kita lebih percaya diri dan lebih banyak bersyukur khususnya jika disertai dengan kecantikan yang keluar dari dalam.  Lalu, gimana nih cara mendapatkannya?

1. Pikiran dan Prasangka Positif

Percaya ‘kan kalau perasaan bahagia dalam hati bisa dirasakan orang lain saat kita berinteraksi dengan mereka? Untuk menjadi bahagia, kuncinya adalah menghilangkan pikiran atau prasangka negatif.

Apa yang ada dalam hati secara tidak langsung tampak melalui gesture, ekspresi wajah, dan pilihan kata yang kita ucapkan. Saat pikiran negatif, ekspresi wajah tidak akan tampak bebas, tetapi dipenuhi dengan kecurigaan yang menyebabkan kecantikan alami itu hilang.

Meskipun pikiran negatif tentang orang lain itu adalah fakta, namun tidak ada untungnya bagi kita untuk menyimpan pikiran negatif itu. Banyak energi, waktu dan stamina kita yang terbuang percuma jika kita memikirkan hal negatif.

Kita akan terjebak pada pikiran negatif itu saja dan tidak segera move on. Dalam kondisi batin dan pikiran yang demikian, sehat kah kita? Tidak. Lambat laun justru akan mendatangkan penyakit apalagi jika pikiran negatif itu dibiarkan hinggap hingga bertahun-tahun.

Wajah murung karena pikiran negatif dan kening yang senantiasa berkerut membuat orang lain enggan mendekat pada kita karena mereka berfikir kita sedang tidak bahagia. Dan, pastinya, kita sedang tidak cantik dan tidak enak di pandang dalam kondisi batin yang demikian.

2. Penuh Semangat

Saya pribadi pernah menjadi tempat curhat seseorang yang pada akhirnya saya kategorikan sebagai pribadi pesimistis. Kenapa begitu? Karena saban hari dia berkeluh kesah mengenai masalah domestiknya. Oke lah saya ber-empati pada masalahnya yang jauh lebih parah daripada saya. Tapi lama kelamaan saya berfikir dia cukup banyak buang waktu yang sebenarnya bisa dia lakukan untuk hal-hal positif.

Saya sempat terbawa arus obrolannya begitu lama dan lebih banyak memikirkan hal-hal traumatis yang saya alami. Akibatnya, tugas dan pekerjaan saya tidak ada progress sama sekali. Teman-teman saya menjuluki saya si gloomy.

Satu saat saya berkontemplasi lagi dan memilih alur perjalanan yang lain dimana saya harus lebih bersemangat, dan lebih optimistis. Wajah pun berubah ceria, banyak pekerjaan selesai, saya tidak terjebak dalam kondisi melo berkepanjangan yang mempengaruhi kondisi psikis orang lain. Spirit yang kita miliki memancarkan aura kecantikan tersendiri tentunya.

3. Perbaiki Relasi Sosial

Sepertinya, tidak ada relasi secara langsung antara sehat dan cantik dengan relasi sosial yang kita bangun. Faktanya, banyak riset yang menginformasikan jika seseorang yang memiliki relasi sosial yang buruk berpotensi tingkatkan hipertensi dan serangan jantung.

Perbaiki hubungan sosial sebab ini akan menurunkan potensi stres sehingga kesehatan tubuh tetap terjaga. Dalam kacamata orang lain, seorang wanita yang memiliki skill sosial yang bagus adalah wanita yang cantik. Perempuan tersebut bisa membaur dengan baik dan pandai memposisikan diri.

4. Kontrol Stres

Minim olahraga dan makanan tidak sehat yang dikonsumsi adalah penyebab menurunnya kualitas fisik tubuh kita. Namun, untuk jiwa kita, faktor yang berpengaruh adalah tekanan pikiran dan tekanan batin. Usahakan agar sebisa mungkin Anda tidak menjadikan masalah yang dihadapi dalam hidup sebagai beban.

Cara praktis kontrol stres adalah dengan cara;

  • Menerima masalah yang sedang dihadapi. Bukan dengan cara me-reject-nya apalagi disertai dengan banyak keluhan.
  • Jika mengalami banyak masalah sekaligus coba rinci masalah itu satu persatu dan carilah jalan keluarnya.
  • Kontrol ambisi atau keinginan diri.
  • Beraktivitas sesuai dengan porsinya. Saat lelah, jangan lupa istirahat.

Stres besar dampaknya bagi kesehatan fisik dan psikis. Kelola stres dengan baik agar tubuh tetap sehat dan cantik seperti yang diharapkan.

5. Perbanyak Olahraga

Minim olahraga dan konsumsi makanan rendah nutrisi terus-menerus adalah penyebab utama datangnya penyakit. Perbanyak olahraga agar tubuh tetap sehat.

Banyak sekali manfaat olahraga. Aktif bergerak tidak hanya bermanfaat untuk mencegah penuaan dini saja tetapi juga membantu tubuh agar tetap sehat sampai usia senja. Banyak sekali risiko penyakit yang bisa dihindari dengan memperbanyak olahraga. Sebut saja depresi, masalah jantung, insomnia, dan masih banyak lagi. Singkatnya, jika Anda ingin berusaha memperpanjang usia harapan hidup, solusinya adalah dengan olahraga.

Anda merasa sudah tua dan tidak ada gunanya lagi berolahraga? Salah besar! Mulai saat ini juga karena tidak ada kata terlambat untuk olahraga. Lakukan olahraga yang Anda senangi dan ringan sifatnya. Sebut saja dengan berlari, bersepeda, sesekali mengajak si kecil berenang saat weekend, panjat tebing, jalan santai di pagi hari, dan masih banyak lagi. Banyak lho sekarang para nenek yang usianya sudah memasuki 50an masih tetap tampak segar bugar. Salah satu kuncinya adalah dengan rutin olahraga.

6. Rajin Mandi dan Rutin Minum Air Putih

Sehat identik dengan bersih. Sesuatu yang kotor kerap kali menjadi tempat bersarangnya penyakit. Termasuk saat tubuh tidak mandi. Jaga kebersihan tubuh dengan rutin mandi tiga kali sehari. Gunakan sabun yang cocok untuk wajah dan untuk kulit, serta jenis shampoo yang sesuai.

Tubuh yang bersih akan lebih sehat jika ditunjang dengan mineral tubuh yang tercukupi. Perbanyak minum air putih setidaknya 8 gelas atau 2 liter dalam sehari. Atur jadwal minum air putih agar kebutuhan air  mineral tersebut terpenuhi setiap hari.

7. Bersihkan Wajah

Sehat dan Cantik Alami Luar Dalam Jangan Lewatkan 13 Tips Ampuh Ini!2

Wajah adalah aset berharga yang harus kita jaga.  Salah satunya adalah dengan cara membersihkannya setiap hari. Anda bisa gunakan susu pembersih yang cocok sekaligus dengan penyegarnya.

Tujuannya adalah agar kotoran yang menempel di wajah terangkat dan tidak mengalami penumpukan yang menyebabkan munculnya jerawat. Usahakan untuk mencuci muka secara rutin sebelum tidur agar wajah lebih bersih.

8. Jaga Kesehatan dan Kelembaban Kulit

Kulit adalah bagian terluar tubuh yang memudahkan orang lain mengidentifikasi apakah kita sehat dan cantik ataukah tidak. Kulit keriput, dekil, banyak selulit, tentu kurang sedap dipandang. Oleh sebab itu, menjaga kesehatan dan kelembaban kulit sangatlah penting.

Caranya, gunakan lotion yang cocok, sesuai dengan jenis kulit dan minim bahan kimia. Selain itu, lakukan perawatan dari dalam dengan memperbanyak konsumsi makanan seperti walnut dan salmon. Adapun suplemen yang cocok untuk menjaga kelembaban dan kehalusan kulit adalah suplemen A, C,  dan vitamin E. Rutin konsumsi suplemen tersebut untuk perawatan dari dalam dan jangan lupa melakukan perawatan dari luar dengan memakai busana yang tertutup saat matahari sedang terik.

9. Konsumsi Makanan Sehat

Makanan sehat besar pengaruhnya bagi kesehatan. Salah dalam memilih makanan menjadi pemicu masalah kesehatan. Sebut saja kolesterol, diabetes, asam urat, dan masih banyak lagi. Faktanya, banyak sekali penyakit yang disebabkan kesalahan dalam memilih makanan dan menerabas pantangan dari penyakit tertentu.

Adapun jenis makanan yang dianjurkan agar tubuh tetap sehat dan cantik adalah makanan alami yang kaya serat seperti sayur dan buah. Rajin mengonsumsi makanan tersebut memperbaiki jalannya proses pencernaan sehingga menurunkan potensi sembelit dan penumpukan toksin dalam tubuh.

Adapun jenis makanan pantangan yang tidak dianjurkan untuk dikonsumsi adalah makanan cepat saji, makanan olahan, makanan yang diawetkan, dan jenis minuman bersoda. Kurangi jenis makanan tersebut atau sebisa mungkin hindari agar tubuh tetap sehat dan cantik,

10. Cukup Tidur

Ya, jangan salah persepsi tentang tidur ya, Ladies. Tidur adalah bagian dari cara menjaga kesehatan tubuh yang harus rutin kita jadwalkan dan kita lakukan setiap hari. Tidur malam yang cukup setidaknya 8 jam sehari dan sebisa mungkin usahakan tidur siang setidaknya 1 jam setiap harinya.

Tidur yang cukup adalah upaya menjaga agar tubuh tetap fit, seimbang, dan tidak terforsir. Setelah tidur pikiran akan kembali fresh, mood membaik dan Anda akan merasa enjoy saat menjalani aktivitas. Cukup tidur membantu mencegah insomnia dan hipertensi. Jika ada indikasi bahwa tubuh sedang lelah, segera ambil jarak dari aktivitas yang Anda lakukan saat ini dan istirahatlah sejenak.

11. Kurangi Konsumsi Sodium

Sehat dan cantik berbanding terbalik dengan banyaknya konsumsi sodium setiap harinya. Riset membuktikan, terlalu banyak konsumsi makanan asin setiap hari menyebabkan kantung mata sehingga penampilan tidak lagi cantik.

Selain itu, banyak konsumsi makanan asin tidak baik bagi kesehatan tubuh dan memicu parahnya penyakit, seperti hipertensi dan jantung koroner. Batasi jumlah sodium yang harus dikonsumsi setiap hari dan ketahui batas konsumsi sodium setiap harinya dari konsultan medis keluarga Anda.

12. Jangan Lupa Tersenyum

Tersenyum adalah sedekah yang paling mudah dilakukan.  Saya sangat percaya itu. Dulu, saat masih SMA, saya belum paham betul jika raut wajah seseorang akan dibaca dengan baik oleh orang lain. Diam saat bertemu orang lain dikira angkuh, mengerutkan dahi ketika bertemu dengan sanak keluarga disangka marah, dan tersenyum sewaktu berpapasan dengan teman adalah simbol keakraban dan hubungan yang hangat. Tersenyum adalah elemen wajib yang harus kita miliki jika ingin tampil cantik. Tersenyum membantu mengurangi stres yang berpengaruh pada kesehatan tubuh.

13. Kenakan Pakaian yang Cocok

Yang terakhir, jangan lupa kenakan pakaian yang cocok. Ini adalah usaha luar yang harus Anda lakukan. Cantik, sehat tetapi pakaiannya tidak sesuai maka busana yang dikenakan akan jadi fokus perhatian. Kenakan busana yang nyaman, cocok, dan sesuai dengan norma yang berlaku agar Anda tampil semakin mempesona. Selain itu, busana yang dikenakan haruslah busana yang bersih agar tidak menyebabkan penyakit dan tubuh tetap sehat.

Anda, saya dan semua wanita tentu ingin tampil sehat dan cantik. Tidak perlu mahal karena alam telah menyediakan apa yang kita butuhkan. Dan, pengetahuan memberitau kita bagaimana cara praktis menjaga kesehatan dan kecantikan tanpa risiko yang membahayakan. Selamat mencoba tipsnya ya, Ladies.   

One thought on “Sehat dan Cantik Alami Luar Dalam? Jangan Lewatkan 13 Tips Ampuh Ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.