Bingung Pilih Furniture Ruang Tamu Minimalis? Ini 7 Tipsnya!

Posted on

Furniture Ruang Tamu Minimalis

Bingung Pilih Furniture Ruang Tamu Minimalis Ini 7 Tipsnya!

Bicara hunian pribadi, tidak sempurna rasanya jika kita tidak memikirkan setiap sudutnya matang-matang. Saat ini, hunian minimalis menjadi idola bagi mayoritas orang. Hunian ini memiliki banyak keunggulan diantaranya adalah berdiri di lahan yang tidak perlu luas, memiliki desain yang beragam, mulai dari tradisional hingga modern,  dan secara perawatan cukup mudah.

Di perkotaan dengan luas tanah yang terbatas,  hunian minimalis adalah hunian yang direkomendasikan bagi Anda. Anda bisa me-manage setiap ruangan dengan maksimal mulai dari ruang tamu, kamar pribadi, ruang keluarga, dapur dan ruangan lain yang ada di dalam kediaman itu. Biasanya, agar desain hunian tersebut maksimal, Anda bisa komunikasikan itu dengan ahlinya.

Kesan bagaimana orang lain memandang hunian kita, sengat ditentukan oleh bagian eksterior dan ruang tamu-nya. Mengingat, setiap kali ada tamu yang datang, kita akan menjamunya di ruangan ini, dan bukan di ruangan yang lain. Agar ruang tamu minimalis yang Anda desain penampilannya maksimal, Anda bisa memilih furniture ruang tamu minimalis yang tepat dengan mempertimbangkan beberapa hal berikut:

1. Perhatikan Tata Letak Ruangannya

Langkah pertama adalah dengan memperhatikan tata letak ruangannya. Anda harus tahu betul berapa ukuran sisi ruang tamu tersebut, jangan sampai Anda membeli furniture yang ternyata lebih besar ukurannya dibandingkan dengan porsi ruangan yang ada. Ukur secara pasti berapa panjang masing-masing sisinya sehingga Anda bisa memutuskan kira-kira seberapa ukuran furniture yang Anda beli sehingga ruangan tidak tampak terlalu penuh. Pertimbangan itu mencakup bagaimana agar ukuran furniture tersebut proporsional saat mengisi ruangan.

Selain ukuran ruangan, hal penting lain yang harus Anda pertimbangkan adalah penataan ruangannya. Jangan sampai ruangan tersebut terlalu penuh karena penataan furniture yang sebenarnya bisa tampak lebih longgar. Ruangan yang minimalis tidak sebaiknya menggunakan banyak aksen. Pilih furniture dengan ukuran yang tidak terlalu besar, dan tatalah dengan baik agar ruang tamu Anda tampak lebih luas. Letakkan furniture seperlunya saja, dan untuk pemanis, boleh Anda tambahkan aksen yang ditempel di dinding ruangan satu dua saja.

2. Material Furniture yang Digunakan

Selanjutnya, pertimbangkan furniture ruang tamu minimalis yang Anda gunakan. Anda bisa letakkan furniture yang memberikan kesan ringan saat ditampilkan sehingga ruangan tidak begitu bervolume. Atau, jika furniture yang Anda pilih adalah dari bahan yang berat seperti kayu jati misalnya, tidak masalah, asalkan ukurannya memang sesuai dengan porsi ruangan. Material furniture yang digunakan berpengaruh pada penuh dan tidaknya kesan yang ditimbulkan dalam ruangan tersebut.

Selain itu, pertimbangkan dari segi proses pembersihannya. Apakah furniture itu cukup sulit cara perawatannya ataukah tidak. Furniture dari bahan kayu tentunya berbeda cara merawatnya dibandingkan dengan furniture yang dibuat dari kaca dan aluminium. Jika Anda memiliki cukup banyak kegiatan di luar, lebih baik pergunakan material bahan yang mudah dibersihkan agar tidak menghabiskan waktu.

3. Pertimbangkan Background Warna Ruangan

Tentunya, Anda ingin ruangan yang terbatas luasnya itu memiliki kesan yang lebih longgar dan tidak penuh sesak. Kombinasikan warna-warna yang memberikan kesan lebih luas yaitu warna-warna netral. Jika ingin menambahkan kesan ceria, Anda bisa pilih aksesoris dengan warna yang berani untuk memberikan efek yang lebih ceria. Pertimbangkan terlebih dahulu apa warna background ruangan yang Anda inginkan, dan kombinasikan dengan warna  furniture ruang tamu minimalis yang cocok dengan selera Anda.

Untuk memberikan efek lebih luas, biasanya kombinasi warna yang digunakan adalah warna putih dan abu-abu seperti yang saat ini banyak diaplikasikan  pada jenis rumah minimalis. Apakah ini berarti hunian Anda tampak amat soft saat dilihat? Belum tentu, pemilihan warna kapet meja yang mencolok atau aksesoris dengan warna yang terang membuat suasana ruangan lebih hidup.

4. Pertimbangkan Apa Furniture yang Anda Butuhkan

Cukup mudah bagi kita untuk memilih mana furniture yang kita mau yang kita letakkan dalam sebuah ruang tamu yang luas. Namun bagi Anda yang memiliki ruang tamu yang sempit, furniture ruang tamu minimilis yang dipilih harus benar-benar yang sesuai dengan kebutuhan. Furniture tersebut haruslah furniture yang penting dan harus ada dalam ruangan tersebut. Akan ada proses seleksi disini hingga Anda benar-benar memilih mana furniture yang Anda butuhkan.

Untuk ruang tamu, paling tidak harus ada satu set meja dan kursi. Jika ingin kesan yang lebih luas, Anda bisa ciptakan ruang tamu minimalis dengan karpet bulu dan meja lantai yang rendah untuk lesehan. Anda bisa letakkan rak tempel di dinding agar lantai tetap luas seperti sediakala. Pilih jenis rak yang simple namun tetap estetik yang benar-benar sesuai dengan fungsinya namun tetap nyaman di pandang.

Untuk pencahayaan, pastikan ruang tamu tersebut mendapatkan cukup ventilasi agar tidak terkesan penuh sesak.  Pasang lampu dengan desain yang simple dan praktis agar ruang tamu Anda mendapatkan kecukupan cahaya dan tidak terkesan terlalu penuh.

5. Pastikan Furniture yang Anda Pilih Selaras dengan Ruang Tamunya

Furniture ruang tamu minimalis yang Anda pilih harus selaras dengan ruang tamu minimalis Anda. Menyelaraskan antara ruang tamu minimalis dan furniture minimalis perlu mempertimbangkan beberapa kriteria sebagai berikut:

  • Ukuran furniture, dari segi ukuran furniture, ruangan yang sempit sudah seharusnya tidak di isi dengan furniture yang terlampau besar. Alasannya sudah jelas sepertinya, agar ruangan tidak semakin penuh. Pun demikian ini tidak berarti Anda harus memilih furniture dengan ukuran yang super mini namun tidak proporsional dengan ukuran ruangannya. Pilih furniture dengan ukuran yang proporsional, tidak terlalu besar sebab ini mengganggu keselarasan ruangan secara keseluruhan. Pertimbangkan ukuran yang proporsional dengan tetap menitikberatkan pada rasa, apakah kombinasi ruang dan furniture ruang tamu minimalis itu selaras atau tidak dengan ruanganya. Pemilihan furniture yang terlalu besar justru akan mengakibatkan pada membengkaknya anggaran untuk mendesain ruang tamu yang minimalis ini.
  • Pertimbangkan dari segi kombinasi warnanya. Furniture ruang tamu minimalis sudah seharusnya hadir dengan kombinasi warna yang selaras. Furniture yang Anda pilih setidaknya memiliki keselarasan dengan warna dominan yang ada di dalam ruangan. Hindari kombinasi terlalu banyak warna sebab ini akan menyebabkan ruangan terkesan ramai dan menjadi lebih sempit.
  • Pertimbangkan desain furniturenya. Ya, selalu pertimbangkan bagaimana desain furniture yang menurut Anda selaras dan mewakili tema dari ruangan yang Anda usung. Selain pertimbangan tersebut, cobalah untuk mempertimbangkan model-model yang up to date sehingga tidak mudah termakan waktu. Model yang up to date tentunya akan jauh lebih menghemat budget jika dibandingkan dengan model yang hanya booming di sementara waktu saja.
  • Kesesuaian fungsi ruangan dengan model furniture-nya. Penting sekali bagi Anda untuk mengetahui kesesuaian antara furniture yang Anda pilih dengan fungsi ruangannya. Ruang tamu tentunya bukanlah ruangan yang formal. Walau demikian, kita harus tetap menjaga totalitas desain ruangannya sebab ruang tamu adalah ruangan dimana orang lain akan memberikan penilaian pada tempat tinggal kita.

Ruang tamu berperan untuk tempat ngumpul bersama sanak saudara dan teman-teman. Tentunya ruangan yang minimalis itu harus berisi furniture yang nyaman untuk digunakan, seperti sofa yang empuk, dengan warna yang selaras dan nyaman.

Dari segi bahannya, pilih bahan yang mudah dibersihkan sebab saat Anda berada di dalam ruangan itu dan ngobrol bersama teman-teman, tentu ada jamuan yang dihidangkan. Kotoran dan noda sisa makanan sangat mungkin tumpah dan itu bisa kita antisipasi dengan memilih bahan furniture yang mudah dibersihkan. Abaikan keinginan untuk ingin meletakkan furniture ruang tamu minimalis yang besar, mewah dan elegan sebab ini tidak balance dengan ukuran ruang tamu tersebut. Terlebih lagi, furrniture dengan ukuran yang besar dan mewah itu tidak dibeli dengan harga yang murah, yang berati kita perlu keluarkan budget yang agak banyak untuk furniture tersebut.

6. Pertimbangkan Material Bahan yang Dipakai

Penting bagi Anda untuk mempertimbangkan material bahan yang digunakan untuk mengisi furniture ruang tamu minimalis tersebut. Furniture tersebut seyogyanya adalah furniture yang terbuat dari material yang awet sehingga Anda tidak perlu membeli berulang kali dalam jangka waktu berdekatan. Untuk mengetahui awet tidaknya furniture tersebut, cobalah untuk browsing apa saja material yang awet untuk dijadikan bahan dari furniture ruang tamu minimalis.

Atau, Anda bisa konsultasikan ini secara langsung dengan ahlinya sehingga Anda paham apa material yang bagus untuk mengisi ruang tamu Anda. Tentunya pihak ahli akan mempertimbangkan dan memberi masukan tidak hanya dari segi materialnya saja, tetapi juga dari segi desain, ukuran dan kesesuaian antara fungsi ruang dengan model furniturenya. Anda cukup meng-komunikasikan itu dan Anda akan mendapatkan masukan sesuai dengan yang Anda harapkan.

7. Pertimbangkan Anggaran yang Diperlukan

Bagaimanapun desain yang Anda inginkan, entah itu desain yang simpel,  atau desain yang rumit sekalipun, pasti tidak lepas dari apa yang namanya budget. Membuat desain ruang tamu minimalis lengkap beserta furniturenya tentunya tidak lepas dari berapa anggaran yang Anda sediakan. Apakah tidak sebaliknya menyiapkan anggaran harus disesuaikan dengan desaina agar lebih puas. Lalu, jika desain dan pilihan furniture yang kita gunakan mengisi ruang tersebut lebih dari nominal yang kita miliki, apakah kita akan memaksakan diri untuk itu? jawabannya tentu saja tidak.

Pertimbangkan berapa anggaran yang Anda sediakan. Rencanakan bagaimana model yang Anda inginkan dengan total anggaran tersebut dan tidak melampauinya. Konsultasikan dengan ahlinya bagaimana desain ruang dan furniture ruang tamu minimalis yang bisa Anda dapatkan dengan anggaran yang sudah disediakan. Memiliki ruang tamu idaman adalah impian setiap orang. Namun impian tersebut harus tetap mempertimbangkan kapasitas keuangan agar tidak merepotkan di kemudian hari.

Ruang tamu adalah tempat dimana kita menjamu para tamu. Bagaimana penilaian mereka, dan nyaman tidaknya mereka saat berada di hunian kita tergantung dari ruang tamu yang Anda desain dengan isi furniture yang sesuai. Selain mempertimbangkan dari segi desain furniture, pertimbangkan pula warnanya, bahan yang digunakan dan anggaran yang Anda sediakan jangan sampai melebihi batasnya. Banyak cara membuat ruang tamu minimalis tampak indah dan selaras, salah satunya adalah dengan tepat dalam memilih furniture untuk mengisinya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.