Ingin Pemasaran Produk Anda Sukses di Pasaran? Begini Caranya!

Posted on

Pemasaran produk

Ingin Pemasaran Produk Anda Sukses di Pasaran Begini Caranya!

Bisnis tidak hanya menyediakan stok produk siap jual. Pemasaran produk adalah kemampuan khusus yang harus dimiliki yang berkaitan dengan menggaet pelanggan untuk membeli produk  atau jasa yang disediakan. Ada cukup banyak cara pemasaran produk yang siap dipraktikkan. Jika gagal di satu metode, bisa kita terapkan metode yang lain.

Pemasaran produk adalah seni dalam berbisnis. Enterpreneur sukses—yang menjual produk yang pada dasarnya sama dengan yang di jual di pasaran—memiliki skill khusus dalam pemasaran produk. Anda sama seperti saya yang sedang merintis bisnis online dan ingin agar produk Anda di apresiasi publik. Yuk, bersama kita coba tips pemasaran produk berikut. Semoga sukses bareng ya!

1. Promosi Via Blog

Hari gini pemasaran produk dilakukan secara offline? Hasilnya tentu tidak semaksimal promosi produk via online. Blog adalah media pemasaran di dunia maya yang terbukti efektif dalam memasarkan produk. Jangkauannya yang luas, dan tidak terbatas waktu menjadi alasan kenapa Anda sebaiknya beralih ke mode pemasaran yang satu ini.

Tulis konten berkualitas terkait produk yang ingin Anda jual. Sertakan apa pendapat dan kuotasi dari para ahli seputar produk tersebut. Teknik ini berguna untuk meyakinkan publik bahwa produk Anda layak di apresiasi. Share konten yang meyakinkan di blog masing-masing. Nantinya publik yang mengunjungi blog tersebut yakin akan kualitas produk yang di jual dan tidak menutup kemungkinan akan nge-share konten tersebut ke teman-temannya.

Pilih gambar produk berkualitas untuk meyakinkan publik akan keunggulan produk Anda. Produk yang memberikan solusi atas permasalahan yang dihadapi saat ini cenderung laris manis di pasaran dengan proses pemasaran yang tepat.

2. Marketing Blog

Salah satu tanda bahwa blog yang kita kelola hidup adalah bertambahnya pengunjung setiap hari. Blog yang sudah di desain cantik, dengan fitur yang menarik di dalamnya harus di evaluasi agar visitor semakin bertambah.

Bagaimana cara meng-evaluasi blog kita sendiri? Caranya adalah dengan mengadakan lomba di blog dimana peserta yang menang akan mendapatkan hadiah. Akan banyak email masuk pada proses perlombaan itu. Setelah kompetisi selesai, manfaatkan list email untuk marketing produk yang berpotensi meningkatkan penjualan.

Usahakan setiap akun email yang mendaftar tidak berkunjung secara cuma-cuma di blog Anda. Buat kompetisi bersyarat seperti pembelian produk tertentu bagi yang ingin mengikuti kompetisi tersebut. Usahakan agar siapapun yang mengikuti kompetisi itu mendapatkan hadiah.

Jangan sampai partisipan lomba kecewa karena tidak mendapatkan hadiah seperti info yang mereka dapatkan. Pilih juara pertama, kedua, ketiga, dan biarkan partisipan lain mendapatkan hadiah sebagai runner up dengan nilai hadiah yang kecil dari total profit yang Anda dapat setiap produknya.

Partisipan yang terkesan dengan fasilitas lomba yang Anda berikan otomatis menunggu lomba yang diadakan selanjutnya. Selenggarakan lomba bersamaan dengan peluncuran produk terbaru dari toko Anda. Meskipun blog bisnis online yang Anda luncurkan tergolong baru, cara ini mempercepat popularitas blog di mata pengguna internet.

3. Kepuasaan Konsumen Nomor 1

Pemasaran produk dikatakan sukses ketika konsumen repeat order dan menjadi pelanggan setia setiap produk yang Anda rilis. Ada banyak manfaat ketika konsumen merasa puas dengan pelayanan Anda. Mereka membeli produk Anda seterusnya  untuk dipakai sendiri. Pelanggan setia juga membantu mempromosikan barang kepada teman, kerabat, dan siapa saja yang membutuhkan barang yang sama seperti yang Anda jual saat ini.

Memiliki konsumen yang loyal perlu usaha. Diantaranya adalah dengan memberikan reward, diskon, kupon, dan penawaran spesial untuk produk yang akan segera di rilis. Sertakan tawaran khusus bagi konsumen yang baru saja membeli produk Anda dengan memberikan diskon bagi konsumen yang repeat order untuk produk selanjutnya.

Cara ini cukup efektif meningkatkan pemasaran produk yang Anda jual. Pemasaran lisan yang dilakukan pelanggan setia menjadi zona lingkaran pembeli yang tidak terprediksi jumlahnya. Semakin banyak konsumen yang loyal, semakin minim biaya marketing yang Anda keluarkan, dan semakin cepat pemasaran produk tersebut sukses menembus pasar.

4. Berikan Penawaran Spesial

Sebagai pebisnis, Anda tentu ingin mendapatkan profit yang sebanyak-banyaknya. Untuk mendapatkan profit yang banyak, kita tidak harus meraup keuntungan yang besar untuk setiap penjualan produk.

Adakalanya kita sedikit merugi untuk mendapatkan keuntungan yang sebesar-besarnya. Kita mengambil start yang slow untuk menyisakan energi yang sebanyak-banyaknya di akhir kompetisi.

Trik pemasaran produk ini bisa Anda terapkan dengan memberikan penawaran spesial kepada para pelanggan. Berikan diskon khusus untuk pembelian setiap tanggal dan bulan sekian. Momen diskon tersebut memberikan kesan konsumen diuntungkan. Mereka menanti momen diskon tersebut setiap waktu.

Selain diskon, berikan tawaran voucher, free delivery, garansi untuk produk dengan harga yang terbilang mahal, diskon untuk pelajar, dan sebagainya. Perkuat tampilan blog dengan dukungan pict yang sesuai dengan tema bisnis agar lebih mengena, seperti background telefon untuk jual beli gadget, sepasang celana dan kemeja untuk produk fashion dan masih banyak lagi. Cara ini bantu konsumen mempermudah mendefinisikan apa niche blog dan produk yang Anda sediakan.

5. Mulai dengan Niche yang Spesifik

Tampaknya setiap pebisnis ingin menjual produk yang beragam. Setiap pebisnis ingin memiliki banyak produk siap jual di online store-nya seperti yang kita temui di marketplace besar saat ini. Untuk sampai pada tahap itu, ada tahapan yang harus dilewati. Pertama-tama, buatlah promosi produk yang spesifik untuk mengetahui respon klien.

Setelahnya, dengan mengamati respon dan menjawab pertanyaan klien, kita akan tau apa jenis produk yang banyak di minati dan seberapa luas cakupannya. Perkuat platform penjualan pada produk yang spesifik. Darisini, Anda akan tau apa kiranya produk yang sebaiknya di tingkatkan unitnya, dan mana yang sebaiknya di kurangi. Kategori produk apa yang harus di tambah agar toko online Anda perlahan tumbuh besar.

Logikanya, semakin banyak kategori produk yang tersedia dalam sebuah online store, semakin luas jangkauan pasarnya, dan semakin besar pula toko yang dikelola. Mulai dengan menjual produk tertentu dan lambat laun tambahkan produk sesuai respon pasar.

6. Perbaiki Hubungan dengan Konsumen yang Puas maupun yang Tidak Puas dengan Online Store Anda

Pada dasarnya puas dan tidak puas adalah masalah selera. Saat membeli produk di online store, kualitas kamera yang digunakan terkadang berpengaruh pada produk real-nya. Ada konsumen yang puas dengan produk yang sudah diterima dan ada konsumen yang tidak bahagia dengan barang yang sudah di order.

Siapapun Anda, dan apapun produk yang Anda jual, jika Anda memutuskan menjadi pebisnis online, Anda akan berhadapan dengan dua tipe konsumen ini. Jaga hubungan baik dengan konsumen baik yang menyatakan puas maupun tidak dengan pelayanan yang Anda berikan.

Konsumen yang menyatakan tidak puas ada rasa penyesalan dalam diri karena telah membuang sekian uangnya untuk membeli produk yang kurang dia sukai. Pelanggan yang kecewa perlu dirayu dan perlu dicairkan kondisi hatinya agar bahagia. Tawarkan refund, gift, cash back, dan apapun yang sekiranya membuat pelanggan kembali bahagia.

Bukan tidak mungkin pelanggan yang menyatakan kurang puas akan mengabarkan ketidakpuasannya itu kepada calon pembeli yang lain. Menjaga hubungan baik dengan pelanggan yang demikian perlu sedikit usaha dan mengeluarkan cukup biaya. Ini adalah risiko pebisnis.

Sama halnya dengan konsumen yang menyatakan puas dengan produk yang mereka beli. Anda sebaiknya menjaga loyalitasnya agar senantiasa repeat order dan dengan suka rela membantu mempromosikan produk kepada calon pelanggan yang lain.

Berikan diskon untuk pembelian kedua atau pembelian per sekian item. Tawarkan kupon belanja, kartu member, gift, dan sebagainya agar semakin terkesan dan ingin kembali membeli produk di online store Anda. Hubungan baik yang terjalin menimbulkan hubungan batin yang dekat. Tanpa Anda minta sekalipun, mereka akan mempromosikan produk kepada calon konsumen baru, entah kerabat atau teman dekatnya.

7. Ceritakan Produk Anda secara Mendetail dan Jujur

Ingin Pemasaran Produk Anda Sukses di Pasaran Begini Caranya!2

Pemasaran produk yang jitu salah satunya adalah dengan bercerita mengenai apa yang sebenarnya tentang produk tersebut. Ceritakan kelebihan produk secara rinci mulai dari bahannnya yang alami, cara pembuatannya yang higienis, dan memiliki banyak kelebihan.

Apa yang Anda ceritakan kepada calon pembeli adalah yang sebenarnya. Jangan sampai ada cela di mana pembeli mematahkan claim produsen atas produk itu. Menceritakan secara natural mengenai deskripsi produk sangat membantu meyakinkan calon pembeli dibandingkan dengan bombardir keunggulan yang tidak di dukung dengan bukti fisik yang nyata.

8. Hindari Argumen yang Melawan Claim Produk Anda

Penggunaan kalimat pertentangan pada satu kalimat bukanlah cara pemasaran produk yang benar, walau kalimat tersebut faktanya adalah benar. Ungkapkan ungkapan yang searah dan tidak bertentangan. Misalkan:

Humberger ini rasanya sungguh nikmat. Dibuat dari bahan yang sehat dengan kombinasi yang sesuai. Sayangnya, makanan ini tidak menyebar di seluruh dunia. Hanya di kawasan tertentu saja seperti di Rusia, dst.

Ungkapan di atas adalah ungkapan promosi yang disertai dengan negasi (kalimat pertentangan) di dalamnya. Ini membuat calon konsumen bertanya-tanya kenapa produk tersebut tidak menyebar secara merata. Apakah ada yang salah dengan produk itu dan layak kah produk tersebut di konsumsi.

9. Cobalah Strategi yang Belum Dilakukan oleh Pebisnis Lain

Ketika menemui sesuatu yang unik, keunikan itu di ingat oleh siapapun yang melihat. Seringkali kita di claim mencontoh, dan menjiplak strategi orang lain karena kita melakukan hal yang sama dengan yang sudah mereka lakukan. Carilah strategi baru yang mengesankan, dan mengena sehingga calon konsumen tergerak untuk membeli produk Anda. Perlu riset untuk temukan strategi pemasaran yang pas.

10. Pasarkan Produk pada Pelanggan Setia

Memasarkan produk pada member atau pelanggan setia melalui email list mempercepat pemasaran produk Anda. Pelanggan setia umumnya paham betul bagaimana kualitas produk yang Anda jual dan sesuai dengan seleranya. Mereka akan menambah koleksinya lagi dan tidak menutup kemungkinan mempromosikannya kepada teman, dan kerabatnya.

Pemasaran produk meski tampaknya hanya sekedar menjual barang, namun ini adalah tahapan yang penting dan rumit dalam berdagang. Perlu wawasan khusus mengenai pemasaran produk atau jasa yang bisa Anda lakukan dengan cara di atas.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.