Tips Kesehatan Reproduksi Berikut Bantu Atasi Masalah Kesuburan

Posted on

Tips kesehatan

Tips Kesehatan Reproduksi Berikut Bantu Atasi Masalah Kesuburan

Bicara tips kesehatan cakupannya sangat luas. Salah satunya adalah membahas tips kesehatan reproduksi yang berhubungan dengan lahirnya buah hati. Bagi pasangan suami istri, tips ini menjadi asupan referensi yang penting yang harus dibaca, dan dipraktikkan.

Sistem reproduksi atau disebut juga genital system adalah sistem yang berhubungan dengan organ seks yang saling bekerja sama satu dengan yang lain untuk tujuan reproduksi seksual.

Organ reproduksi secara fisik berhubungan dengan terjalinnya hubungan intim antar pasangan yang sah. Hubungan intim tersebut adalah salah satu faktor penentu harmonis atau tidaknya rumah tangga yang dijalin. Semakin berkualitas hubungan intim, semakin harmoni hubungan yang terjalin antar pasangan. Selain fungsi fisik tersebut, organ reproduksi memiliki fungsi yang sangat signifikan dalam melestarikan keturunan.

Tujuan utama pernikahan  selain melepas masa lajang dengan pasangan terkasih dalam ikatan pernikahan yang sah, adalah untuk mendapatkan keturunan. Setiap pasutri tentu menginginkan kehadiran buah hati yang sayangnya tidak semua pasangan berkesempatan untuk mendapatkannya.

Selain faktor takdir, ada alasan lain kenapa pasangan tidak memiliki keturunan. Salah satunya adalah karena faktor kesehatan organ reproduksi yang sedang mengalami gangguan. Menjaga kesehatan organ reproduksi sangatlah penting agar terhindar dari masalah kesehatan yang berkaitan dengan ketidak-hadiran keturunan.

Yuk, atasi kekhawatiran seputar kesehatan alat reproduksi dengan tips kesehatan yang mudah diterapkan berikut ini. Siapa tau setelah Anda membaca dan mempraktikannya, kita akan diberi kemudahan untuk mendapatkan momongan. Keluarga menjadi semakin lengkap, cinta semakin utuh, dan ikatan pernikahan semakin kuat dengan buah hati di tengah-tengah hubungan kita dan pasangan.

Menjaga Kesehatan Organ Reproduksi Wanita

Organ reproduksi wanita cukup rentan terhadap infeksi, trauma, ketidakseimbangan hormon dan PH yang berdampak pada ketidaksuburan. Tidak hanya itu, organ genital  wanita pun cukup rentan rentan terserang penyakit. Meskipun tidak ada cara yang benar-benar efektif menangkis datangnya penyakit tersebut, namun setidaknya kita bisa melakukan pencegahan agar kesehatan organ reproduksi tetap terjaga dengan baik dengan tips kesehatan berikut.

1. Lakukan Kebiasaan Baik sebagai Berikut

Makan teratur, konsumsi makanan yang sehat dan kaya nutrisi, cukupi waktu istirahat, dan aktif mengontrol berat badan adalah cara efektif menjaga agar kesehatan organ reproduksi tetap terjaga. Kurang selektf dalam memilih makanan seperti dengan banyak mengonsumsi makanan berlemak atau junk food, akan berdampak pada meningkatnya berat badan yang secara tidak langsung berhubungan dengan kesuburan.

Berat badan yang meningkat drastis menyebabkan obesitas yang berpengaruh pada kesehatan organ produksi wanita. Selain kontrol berat badan, Anda pun disarankan untuk mengontrol stres. Kondisi tubuh yang sedang stres berpengaruh pada menurunnya kekebalan sistem imun tubuh dan rentan menyebabkan infeksi. Dampak lain saat sedang stres adalah siklus menstruasi terganggu dan terjadi perubahan hormonal yang sangat mungkin menyebabkan masalah kesehatan lain di kemudian hari.

Jaga pola makan, konsumsi makanan bernutrisi seperti buah dan sayur yang kaya serat, olahraga secara rutin agar berat badan tubuh terjaga, dan cukupi waktu tidur.

Anda mungkin punya segudang kesibukan. Anda ingin menyelesaikan banyak hal sekaligus agar tidak terbebani. Itu bagus. Namun jika tubuh sudah merasa lelah dan mengantuk, lebih baik Anda rehat sejenak karena tubuh perlu waktu istirahat untuk kembali berfungsi dengan baik.

Banyak sekali manfaat tidur bagi kesehatan yang termasuk di dalamya adalah untuk menjaga kesehatan reproduksi. Tidur kaitannya dengan regenerasi sel, memperbaiki mood agar kembali fresh, dan menjaga agar tidak stres. Saat tubuh mengalami stres, seperti yang disebut di awal bahwa stres menyebabkan menurunnya sistem imun tubuh sehingga tubuh mudah terserang stres dan rawan terserang infeksi.

2. Berhenti Merokok

Salah satu kebiasaan yang tabu jika dilakukan oleh perempuan adalah kebiasaan merokok. Tidak ada efek positif sama sekali yang kita dapat dari kebiasaan negatif ini.  Racun nikotin dalam rokok menyebabkan kecanduan, menyebabkan masalah jantung, dan memicu kanker. Riset membuktikan bahwa wanita yang aktif merokok menyebabkan sistem organ reproduksinya mengalami perubahan, seperti ovarium, uterus, dst.

Dan,  bagi para Bunda hamil yang merokok, akan berpengaruh negatif pada janin yang dikandungnya, seperti mengalami cacat fisik yang dialami oleh bayi sewaktu lahir, yang bahkan sifatnya permanen.

Jika Anda sebagai Bunda ingin agar organ reproduksi terjaga, dan ingin agar bayi lahir dalam keadaan sehat, hindari rokok dan asap rokok. Alihkan kebiasaan negatif ini dengan banyak mengonsumsi air putih, makan permen, atau nge-teh.

3. Lakukan Hubungan Intim yang Aman

Tips kesehatan menjaga organ reproduksi wanita bisa kita lakukan melalui hubungan seks yang aman. Hubungan seks yang aman memiliki beberapa kriteria, diantaranya adalah:

  • Dilakukan dalam keadaan organ intim dalam kondisi bersih.
  • Tidak sedang mengalami menstruasi
  • Gaya bercinta yang sesuai dengan rekomendasi kesehatan
  • Membersihkan organ intim setelah berhubungan
  • Mengetahui ada tidaknya masalah kesehatan yang dialami dan yang dialami pasangan.
  • Gunakan alat pengaman yang tepat untuk menghindari kemungkinan terjangkitnya masalah kesehatan tertentu.

Hubungan intim yang aman yang kita lakukan berpengaruh pada kesehatan organ reproduksi. Perhatikan tips kesehatan organ reproduksi yang satu ini untuk memastikan kesehatan organ reproduksi dan sebagai proses pencegahan terhadap beragam penyakit yang mungkin muncul.

4. Perbanyak Konsumsi Air Putih

Air putih menjaga kondisi tubuh agar tetap terhidrasi dengan baik. Ini adalah satu dari sekian banyak cara untuk menjaga kesehatan reproduksi. Kondisi alat vital yang kering, atau menjadi lebih parah lagi karena masalah dehidrasi menjadi penyebab ketidaknyamanan saat sedang menjalani hubungan seksual. Hal itu juga berpotensi meningkatkan kemungkinan infeksi. Cukupi konsumsi air putih setidaknya 8 gelas air dalam sehari atau bahkan lebih untuk menjaga kesehatan organ reproduksi agar tetap terhidrasi.

Selain air, sempurnakan asupan mineral tersebut dengan memperbanyak konsumsi buah yang mengandung kadar mineral tinggi, diantaranya adalah semangka, melon, dan papaya. Jadikan buah tersebut sebagai pencuci mulut yang dimakan secara langsung atau dengan dibuat jus tanpa gula. Rutinkan konsumsi air dan buah berkadar air tinggi untuk atasi masalah dehidrasi.

5. Hindari Toksin Sejak Dini

Apakah Anda adalah wanita yang ingin menjaga kesehatan organ intim dan suatu hari nanti ingin menimang momongan? Pastinya mayoritas wanita akan menjawab iya. Hindari toksin sedini mungkin. Saat ini banyak toksin yang di campur ke dalam beberapa makanan, seperti ikan, daging, susu kemasan, dan beberapa jenis makanan yang lain. Adapula toksin yang dicampur ke dalam beberapa produk kecantikan yang harus Anda waspadai.

Pilih makanan atau produk kecantikan yang berbahan alami agar lebih aman dan bagus untuk menjaga kesehatan organ intim Anda. Ini juga penting untuk menjaga kesehatan janin dalam kandungan agar lahir normal.

Kita tentu sudah tidak asing lagi dengan istilah mencegah lebih baik daripada mengobati. Selalu pastikan organ kesehatan reproduksi selalu dalam kondisi higienis dengan tips kesehatan di atas.

Menjaga Organ Reproduksi Laki-laki

Menjaga kesehatan bagian tubuh adalah bagian dari rutinitas harian yang harus kita lakukan secara kontinyu. Laki-laki berperan penting dalam meng-supply benih berkualitas untuk lahirnya si kecil melalui hubungan intim yang dilakukan dengan cara yang tepat.

Seperti yang kita tau, penyebab tidak hadirnya momongan tidak hanya karena kondisi kesehatan wanita saja, tetapi juga karena organ reproduksi laki-laki yang tidak berfungsi dengan baik. Kita mungkin sudah familiar dengan istilah obat kuat yang dipakai untuk mengatasi masalah lemah syahwat, ejakulasi dini, gairah lemah, dsb. Salah satu penyebabnya adalah karena kekurang maksimal-an dalam menjaga organ reproduksi laki-laki. Berikut tips kesehatan untuk menjaga organ vital agar tetap berstamina.

1. Lakukan Pengecekan

Mengantisipasi sesuatu yang negatif agar tidak terjadi lebih baik daripada terlanjur basah mengalami sesuatu yang tidak kita harapkan. Lakukan pengecekan kesehatan organ reproduksi secara intens untuk mengetahui ada tidaknya masalah kesehatan yang dialami. Tisp kesehatan yang satu ini sering kali lalai dilakukan dan akibatnya cukup fatal. Ketahui lebih dini ada tidaknya masalah kesehatan pada organ reproduksi untuk memastikan hubungan intim yang kita lakukan berjalan dengan baik dan proses prokreasi berjalan sesuai harapan.

Tidak hanya Anda sebagai pria yang melakukan pengecekan, Anda pun harus mengecek bagaimana kondisi kesehatan pasangan untuk memastikan hubungan intim yang aman. Anda bisa gunakan alat pelindung saat melakukan hubungan intim untuk memastikan keamananannya.

2. Jaga Kebersihan Organ Reproduksi

Tips kesehatan yang sepertinya sepele namun pengaruhnya sangat besar adalah menjaga kebersihan organ reproduksi dengan rutin. Bersihkan organ genital dengan sabun atau pembersih yang direkomendasikan. Cuci organ genital hingga bersih dan selalu kenakan celana dalam  yang bersih. Ganti celana dalam saat sudah merasa tidak nyaman mengenakannya. Atau, ganti secara periodic tiga kali dalam sehari.

3. Konsumsi Makanan Bernutrisi

Makanan bernutrisi efektif tingkatkan fungsi organ reproduksi agar mencapai puncak efisiensinya. Kombinasikan kebiasaan positif konsumsi makanan yang bernutrisi dengan memperbanyak makan buah dan sayur atau yang sesuai dengan rekomendasi dari dokter. Kurangi makanan berlemak, dan lakukan olahraga teratur untuk fungsi organ reproduksi yang maksimal. Konsultasikan kepada pihak medis sebelum Anda memutuskan untuk memulai diet nutrisi yang tepat.

4. Jauhi Rokok

Ya, tidak hanya perempuan, laki-laki pun sebaiknya menghindari asap rokok dan menghindari merokok. Rokok berpotensi menyumbat pembuluh darah yang mengalirkan darah ke organ vital sehingga organ tersebut tidak bisa terangsang secara sempurna. Ini juga menyebabkan masalah keperjakaan lain yang menyebabkan hubungan intim tidak berjalan sesuai harapan. Hindari asap rokok dan hindari rokok untuk meningkatkan kesehatan organ reproduksi.

5. Konsultasikan dengan pihak medis

Mendatangi ahli untuk konsultasi masalah kesehatan organ reproduksi adalah langkah yang tepat. Dokter ahli memiliki kompetensi dan memiliki perlengkapan yang membantu mendeteksi kondisi kesehatan. Jika ternyata terjadi masalah kesehatan yang tidak di inginkan, Anda bisa segera mengantisipasinya sebelum lebih parah. Atau, Anda bisa konsultasi mengenai apa masalah kesehatan yang sedang Anda hadapi saat ini agar segera mendapatkan jalan keluarnya.

Tips kesehatan organ reproduksi adalah sesuatu yang vital yang perlu diperhatikan dengan baik. Reproduksi kaitannya dengan proses prokreasi yang merupakan tujuan utama dalam sebuah pernikahan.

Yuk, terapkan tips kesehatan di atas untuk organ reproduksi yang sehat agar hubungan intim berlangsung memuaskan tanpa adanya masalah kesehatan yang mengkhawatirkan. Segera konsultasikan masalah kesehatan organ reproduksi kepada ahlinya untuk menghindari hal-hal yang tidak di inginkan. Selamat hidup sehat ya.

2 thoughts on “Tips Kesehatan Reproduksi Berikut Bantu Atasi Masalah Kesuburan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.