5 Tips Jaga Kesehatan Sistem Pencernaan Saat Berpuasa

Posted on

Tips jaga kesehatan

5 Tips Jaga Kesehatan Sistem Pencernaan Saat Berpuasa

Menjaga kesehatan saat puasa sangatlah penting, utamanya sistem pencernaan yang berkaitan langsung dengan aktivitas puasa. Bermasalah dengan sistem pencernaan sama artinya Anda bermasalah dengan aktivitas puasa yang berlangsung selama bulan ramadhan. Bulan Ramadhan bulan yang ditunggu-tunggu. Tips jaga kesehatan sistem pencernaan berikut ini bantu Anda jalani aktivitas puasa dengan menyenangkan. Apa saja? ini detailnya!

1. Cukupi Konsumsi Air Putih Setidaknya 8 Gelas Sehari

Tips jaga kesehatan pencernaan tidak luput dari tips klasik yang satu ini, yaitu mencukupi kebutuhan konsumsi air putih. Setidaknya Anda wajib minum air putih sebanyak 8 gelas setiap harinya. Saat puasa, kapan waktu yang tepat konsumsi air sejumlah 8 gelas itu? Anda bisa minum air dengan rincian;

  • Satu gelas saat azan maghrib
  • Satu gelas setelah sholat maghrib
  • Satu gelas setelah berbuka
  • Satu gelas setelah tarawih
  • Satu gelas sebelum tidur
  • Satu gelas saat bangun tidur
  • Satu gelas saat sahur

Nah, sudah tuntas 8 gelas ‘kan konsumsi air putihnya? Cukupi konsumsi air putih agar sistem pencernaan tidak berjalan lambat  sehingga proses buang air besar pun berjalan sebagaimana mestinya. Rajin konsumsi air putih menjaga Anda dari bahaya dehidrasi. Tubuhpun mendapatkan kecukupan cairan saat puasa sehingga tubuh tidak lemas.

2. Konsumsi Makanan Berserat

Makanan berserat dan air putih adalah 2 kunci menjaga kesehatan yang tidak terpisahkan satu dengan yang lain. Seorang ahli diet dari Marblehead Amerika Serikat, Maria Adams, MS, MPH, RD menyatakan bahwa tips jaga kesehatan yang ampuh saat puasa adalah dengan memperbanyak konsumsi makanan berserat.

Sistem pencernaan tubuh tetap dalam kondisi sehat dengan memperbanyak makan biji-bijian, kacang-kacangan, buah dan sayuran. Beberapa masalah kesehatan pun teratasi dengan memperbanyak konsumsi makanan berserat, sebut saja radang usus besar, wasir dan sembelit,

Dengan cara ini pula, berat badan ideal yang Anda harapkan saat sedang berpuasa akan Anda dapatkan. Puasa tidak selamanya menyebabkan kurus, karena sudah banyak bukti orang yang berpuasa semakin meningkat berat badannya.

 3. Batasi Konsumsi Makanan Berlemak

5 Tips Jaga Kesehatan Sistem Pencernaan Saat Berpuasa2

Saat sahur dan berbuka, coba kurangi konsumsi makanan berlemak. Kenapa? seperti yang kita tau, makanan berlemak bukanlah pilihan menu makanan yang bagus. Beberapa dampak negatif makanan berlemak adalah proses pencernaan makanan menjadi lebih lambat dan sembelit rawat dialami.

Memang, makanan berlemak berperan penting untuk supply  energi tubuh, namun sebaiknya imbangi makanan tersebut dengan konsumsi air putih dan makanan kaya serat.

4. Hindari Stres

Yep, jaga kesehatan pencernaan saat puasa dengan senantiasa mengontrol stres. Apa relasi antara stres dan sistem pencernaan? Riset membuktikan bahwa ada hubungan langsung antara stres yang menjadikan usus meradang. Ini berdampak pada sistem parasimpatis yang berpengaruh secara langsung pada gerakan usus. Hindari stres saat puasa agar Anda tidak mengalami gangguan serius pada sistem pencernaan.

5. Konsumsi Makanan Probiotik

Selalu sediakan makanan probiotik pada menu berbuka Anda. Beberapa makanan yang mengandung probiotik adalah seperti kimchi dan yoghurt. Makanan probiotik berperan penting dalam meringankan dan juga mencegah masalah yang ada pada usus.

Anda yang mengalami sembelit cocok sekali konsumsi makanan probiotik agar sari makanan lebih cepat dicerna oleh sistem pencernaan kita. Para ahli merekomendasikan agar Anda konsumsi makanan probiotik saat berbuka puasa.

Bermasalah dengan kesehatan pencernaan saat puasa? Yuk, praktikkan 5 tips jaga kesehatan yang mudah dan ampuh diatas. Sistem pencernaan sehat, ibadah puasa pun menyenangkan, dan Ramadhan Anda penuh berkah. Selamat mencoba.

 

 

 

 

One thought on “5 Tips Jaga Kesehatan Sistem Pencernaan Saat Berpuasa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.