11 Tips Hidup Sehat Ala Mahasiswa

Posted on

Hidup sehat

11 Tips Hidup Sehat Ala Mahasiswa

Seringkali kita meng-identik-kan masalah kesehatan sebagai masalah orang tua. Remaja termasuk di dalamnya mahasiswa belum waktunya fokus pada masalah itu. Benarkah yang demikian? Tentu saja tidak. Menjaga kesehatan harus dilakukan sejak dini. Masalah kesehatan adalah akumulasi dari gaya hidup tidak sehat yang dilakukan terus-menerus dalam rentang waktu yang lama. Kita yang saat ini duduk di bangku kuliah, disebukkan dengan berbagai tugas dan kegiatan. Hal itu yang seringkali menyebabkan kita lupa menjaga kesehatan.

Di bangku kuliah, kita disibukkan dengan tugas setiap harinya. Ada pula praktikum, kerja kelompok, kegiatan ekstra di dalam maupun di luar kampus, dan sebagainya. Meski mayoritas mahasiswa pada umumnya belum terlalu fokus pada masalah kesehatan, namun membiasakan diri untuk menerapkan gaya hidup sehat sejak dini akan sangat bermanfaat bagi kehidupan di masa mendatang. Yuk, intip tips hidup sehat ala mahasiswa berikut ini.

1. Cukupi Nutrisi Tubuh dengan Konsumsi Makanan yang Tepat

Terpenuhinya nutrisi tubuh adalah syarat hidup sehat. Kekurangan nutrisi disebabkan intensitas konsumsi makanan yang rendah, atau karena kandungan gizi yang ada di dalam makanan itu yang harus ditinjau ulang.

Mencukupi kebutuhan nutrisi tubuh bantu tingkatkan sistem imun tubuh agar lebih kebal terhadap beragam penyakit sekaligus untuk meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan. Tubuh yang sehat tentunya lebih fokus mengikuti perkuliahan dan kegiatan yang bermanfaat selama kuliah. Nyamankah kalian beraktivitas saat kondisi tubuh sedang down? Tentu tidak!

Sedikit disayangkan, sebagai mahasiswa kita seringkali dihadapkan pada pilihan menu yang tidak sehat di cafeteria. Kita lebih akrab dengan menu makanan cepat saji dan menu minuman bersoda. Langkah praktis yang sebaiknya dilakukan setiap hari adalah:

  • Jangan lupa sarapan. Ya, sarapan memberikan cukup energi bagi kita yang akan bertempur di meja perkuliahan. Sarapan yang disarankan tentu saja sarapan yang sehat dan bukan sarapan yang kaya lemak jahat. Sarapan bantu menghindari konsumsi makanan berlebihan di siang harinya yang menjadi penyebab obesitas. Menu sarapan yang direkomendasikan seperti gandum utuh dan susu rendah gula.
  • Menu makanan sehat di malam hari. Kalian bisa coba menu makanan yang lebih sehat seperti pizza yang berisi potongan buah, parutan keju, sayur dan kacang. Kombinasi bahan-bahan tersebut bantu menghindari konsumsi makanan yang tidak sehat.
  • Jadikan salad sebagai menu makanan yang harus ada setiap hari. Entah itu salad buah maupun salad sayur. Di waktu senggang, potong kecil-kecil buah dan sayur yang telah di kupas dan di cuci. Tambahkan mayonaise dan susu rendah lemak untuk bekal.

Singkatnya, kaitannya dengan nutrisi yang dikonsumsi setiap hari, ada tiga hal yang wajib kalian pertimbangkan, yaitu:

  • Selalu konsumsi makanan sewajarnya,
  • Konsumsi makanan yang bervariasi,
  • Perhatikan keseimbangan menu makanannya.

Beberapa jenis makanan yang disarankan untuk dikonsumsi setiap hari adalah gandum utuh, susu, protein, buah dan sayur.

2. Perbanyak Olahraga

Makanan sehat dan olahraga secara teratur adalah kunci kesehatan yang berlaku secara global. Kalian yang saat ini duduk sebagai mahasiswa, sebaiknya menjaga kesehatan dengan cara yang mudah, praktis dan ekonomis.

  • Carilah tempat kos atau kontrakan yang sedikit agak jauh dari kampus. Jarak yang cukup jauh itu kita tempuh dengan jalan kaki. Berjalan kaki setidaknya 10 sampai 20 menit dalam sehari dengan tujuan mengikuti kelas tampaknya tidak terasa seperti sedang olahraga.
  • Beberapa kampus mengadakan senam sehat gratis setiap minggu. Cobalah mengikuti kegiatan tersebut secara rutin. Atau, manfaatkan pusat kebugaan yang ada di kampus masing-masing.

3. Tidur yang Cukup

Kalian mungkin tidak memiliki cukup waktu untuk tidur karena begitu banyaknya tugas yang harus diselesaikan. Atau, kalian yang hobby nonton menyaksikan film hingga larut malam. Boleh saja jika itu dilakukan sekali-kali. Namun, jangan sampai menjadi kebiasaan.

Banyak sekali dampak negatif yang dialami jika kurang tidur. Diantaranya adalah fungsi otak semakin menurun, kehilangan berat badan, sakit kepala, dan mudah lelah. Kondisi fisik yang demikian tentu saja menghambat proses perkuliahan. Dari segi emosional, mereka yang kurang tidur cenderung lebih temperamen.

Cukupi waktu tidur setidaknya 8 jam semalam. Langkah praktis mengontrol waktu tidur agar tercukupi adalah:

  • Usahakan untuk tidur siang walau hanya sebentar.
  • Fokus pada jadwal yang sudah di buat.
  • Kondisikan ruangan senyaman mungkin sebelum tidur. Matikan lampu jika perlu dan pastikan ruangan dalam kondisi tenang.
  • Hindari kopi, dan perbanyak minum air sebelum tidur untuk memenuhi cairan tubuh.

Tidur bukan berarti kita tidak produktif. Namun tidur adalah cara kita untuk menjaga kesehatan fisik agar mampu beraktivitas secara maksimal. Tubuh adalah media kita untuk beraktivitas dan kita wajib memberikan haknya untuk istirahat.

4. Rajin Cuci Tangan

Cara hidup sehat yang sangat sederhana adalah dengan rajin cuci tangan. Setelah mengucek mata, sebelum makan, dan setelah menyentuh benda apapun sebaiknya cuci tangan. Di kampus, interaksi dengan teman sangat intens. Entah saat mengikuti perkuliahan di kelas, saat beirentaksi dengan teman sekamar di kos, maupun saat berjalan berkeliling kampus sebelum dan sesudah mengikuti perkuliahan.

Virus sangat mungkin menyebar melalui rutinitas harian itu apalagi saat tiba musim batuk dan flu. Kendalikan kemungkinan jatuh sakit dengan rajin mencuci tangan. Terbukti, cuci tangan efektif cegah datangnya penyakit berbahaya.

5. Hindari Rokok dan Rokok

Nah, gaya hidup kurang sehat yang umumnya dimulai sejak masuk kuliah adalah merokok. Katanya nih, kalau nggak ngrokok nggak keren. Faktanya, merokok tidak memberikan keuntungan apapun. Merokok menguras uang saku, menyebabkan paru-paru, jantung, dan masalah kesehatan kronis yang lain.

Datangi pusat kesehatan yang ada di kampus masing-masing. Minta mereka untuk membantu terbebas dari candu rokok. Selain dorongan dari faktor eksternal. Perlu dorongan yang kuat dari dalam diri disertai dengan komitmen.

Pendamping rokok adalah kopi. Tidak lengkap rasanya ngerokok tanpa ngopi. Di sekitaran kampus berjibun warung kopi yang biasanya dijadikan tempat tongkrongan mahasiswa hingga larut malam. Ngopi dengan tambahan gula memang nikmat rasanya dan membuat terjaga lebih lama. Cocok sekali bagi mahasiswa yang sedang mengerjakan tugas hingga larut malam.

Sayangnya, kombinasi kopi gula yang di konsumsi dalam rentang waktu yang lama berbahaya bagi kesehatan. Untuk mengatasinya, cobalah mengganti konsumsi makanan yang tinggi kadar proteinnya atau dengan memperbanyak konsumsi makanan berserat. Cukupi kebutuhan protein dan serat tubuh jika ingin terjaga lebih lama dengan cara yang sehat.

6. Konsumsi Air Putih yang Cukup

Bicara tips hidup sehat tidak lepas dari yang namanya air putih. Kita disarankan untuk konsumsi air putih setidaknya 8 gelas dalam sehari. Manfaat air putih diantaranya adalah untuk meningkatkan konsentrasi saat belajar, mencegah konsumsi makanan dalam jumlah besar, mencukupi energi tubuh yang digunakan untuk beraktivitas sepanjang hari. Siapkan galon air isi ulang untuk menghemat pengeluaran.

7. Hindari Stres

Relax adalah kebutuhan dan bukan berarti malas-malasan. Tubuh yang dibiarkan dalam kondisi tertekan karena tugas dan materi perkuliahan menyebabkan masalah serius bagi kesehatan. Hindari stres dengan membuat schedule harian untuk istirahat meski hanya sebentar. Di akhir pekan, manfaatkan waktu tersebut untuk kongkow bersama teman-teman. Atau, nonton film new release di bioskop kesayangan.

8. Jaga Kesehatan Kulit dengan Memakai Sunscreen

Ada yang bilang memakai sunscreen itu ribet, tidak praktis, dan sok cantik. Wajar saja orang berkomentar. Faktanya, sengatan matahari yang terik seperti sekarang ini berpotensi menyebabkan kanker kulit. Kalau ditanya, mau nggak kena kanker kulit? Tentu jawabannya NO!

Sebelum beraktivitas, pertimbangkan apakah kalian akan beraktivitas di bawah terik matahari dalam durasi waktu yang lama. Lindungi sel kulit dengan memakai sunscreen agar kulit terlindungi dari risiko penyakit kanker kulit.

9. Prioritaskan Kewajiban

Sebagai mahasiswa dengan semangat dan stamina yang membara, sering kali kita ingin mengikuti dan menjalani semua kegiatan sekaligus. Baik itu kegiatan pokok perkuliahan, maupun kegiatan ekstra dan intra kampus.

Saat dihadapkan pada dua aktivitas yang menurut kalian sama-sama penting, kembalikan kebingungan itu pada tujuan awal kalian berangkat kuliah. Kuliah tujuan utamanya adalah mencari ilmu yang sesuai dengan bidang yang diminati itu. Jika ada kegiatan intra maupun kegiatan ekstra kampus yang bersamaan dengan kegiatan akademik, jangan enggan untuk berkata tidak dan lebih mengutamakan kewajiban sebagai seorang mahasiswa.

Berada dalam dunia antara terus-menerus menyebabkan kebingungan. Kondisi bingung tersebut  menyebabkan tertekan dan berpengaruh pada kesehatan. Selalu kembalikan pilihan itu pada apa yang menjadi prioritas dan alasan keberangkatan kita.

10. Taat pada Jadwal yang Telah Dibuat

Bisa dikata, menjadi mahasiswa adalah manusia yang paling sibuk. Apalagi mahasiswa yang mengambil dua jurusan sekaligus, atau mahasiswa yang sambil bekerja. Perkuliahan padat akan diskusi, ujian, penelitian, tugas, dan bikin paper.

Jadwal yang padat jika tidak di imbangi dengan manajemen waktu yang baik lambat laun berpengaruh pada hasil yang di dapat. Selain itu, berpengaruh pula pada kesehatan. Gaya hidup sehat yang harus kita jalankan adalah dengan taat pada schedule yang sudah kita buat.

Kerjakan tugas pada waktunya, kongkow bersama teman pada waktunya, belajar pada waktunya, dan rekreasi pada waktunya. Sekali saja kita menyalahi jadwal tersebut, kita akan menghadapi masalah saat di kampus dan dengan kesehatan tubuh.

Fokus pada jadwal yang sudah di buat. Dan biasakan diri untuk disiplin mengikuti panduan jadwal tersebut. Awalnya mungkina agak berat. Namun jika sudah terbiasa akan terasa ringan.

11. Jangan Lupa Bahagia dengan Menjalani Hobby di Tengah-Tengah Kesibukan

Fokus mempelajari materi perkuliahan memang perlu. Fokus mengerjakan tugas memang penting. Namun, bahagia juga harus. Di tengah-tengah padatnya jadwal kuliah, yuk break sejenak dan mengisinya dengan melakukan hobby masing-masing. Seperti dengan karaoke, pencak silat, yoga, shopping, dsb. Energi yang kita dapat dari melakukan aktivitas yang kita gemari membuat pikiran lebih fresh. Kita pun lebih bersemangat menjalani perkuliahan tanpa beban.

Mahasiswa memiliki segudang aktivitas kogitif dan psikomotorik. Jika tidak di imbangi dengan gaya hidup sehat, sangat mungkin fisiknya terganggu dan prestasi akademiknya kurang maksimal. Tips di atas bantu kalian jalani masa-masa menjadi mahasiswa dengan lebih sehat, smart dengan prestasi akademik yang memuaskan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.