Tips Diet Sehat 10 Tips Diet Sehat Alami Turunkan Berat Badan

Posted on

Tips diet sehat

Tips Diet Sehat 10 Tips Diet Sehat Alami Turunkan Berat Badan2

Tips diet sehat—informasi tentang diet mudah kita akses di internet. Tips turunkan barat badan itu terus bermunculan mulai dari tips yang paling aman dan sederhana hingga yang paling rumit, ekstrim dan membahayakan.

Apapun itu, yang jelas, saat seseorang berambisi mendapatkan sesuatu (katakanlah tubuh yang langsing), cara apapun akan dilakukan. Entah cara tersebut sehat dan aman, atau ekstrim dan membahayakan. Diet ekstrim sudah banyak memakan korban. Obsesi terkadang membutakan seseorang untuk memilih cara yang terbaik demi kebaikan dirinya sendiri. Tentu kita tidak menginginkan hal ini. Bukan begitu?

Selain kejadian yang tidak diinginkan (yang paling parah adalah kematian), tips diet yang banyak kita dapat saat ini adalah diet yang menurunkan berat badan secara instan namun tidak mampu menjaga kelangsingan tubuh secara permanen. Oke lah dalam satu-dua minggu berat badan turun drastis 10-20 kilo, setelah itu? banyak kasus diet dimana berat badan turun dengan cepat tetapi hasilnya tidak kontinyu. Justru berat badan meningkat drastis setelahnya dan tidak bisa dikontrol.

Dari gambaran diatas bisa kita tarik kesimpulan bahwa tips diet sehat yang kita perlukan untuk membantu menyempurnakan performa tubuh adalah diet yang bebas dari cara-cara yang ekstrim dan membahayakan diri sendiri. Selain itu, diet tersebut harus memberikan hasil jangka panjang sehingga tubuh tidak kembali melar setelah tidak lagi melakukan diet.

Tips diet sehat yang memenuhi kriteria tersebut bisa Ladies jadikan referensi dan terapkan untuk mendapatkan tubuh yang langsing ideal secara permanen dengan cara yang sehat. Sulit ‘kah? Tentu tidak! Ini nih tipsnya, coba Yuk!.

1. Perkaya Makanan yang Mengandung Serat

Makanan berserat membantu tubuh kenyang lebih lama. Jenis makanan itu adalah sayur, buah, gandum utuh dan kacang-kacangan. Menurut riset, bahan makanan yang kaya serat adalah tips diet sehat yang direkomendasikan dan sudah seharusnya menjadi rutinitas para pelaku diet. Kandungan serat mampu menjaga tubuh agar tetap langsing dan agar berat badan tidak kembali meningkat seperti sediakala.

Perbanyak konsumsi kacang-kacangan untuk snack, gandum untuk sarapan, dan konsumsi buah dan sayur secara rutin untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh. Konsultasikan dengan pihak medis apa saja buah yang mengenyangkan jika kalian ingin diet namun tidak merasa lapar.

2. Makanan yang Kaya Gula

Noted: sebelum konsumsi makanan, yuk baca kandungan nutrisi yang ada di dalamnya ya Ladies. Biasakan membaca apa saja kandungan makanan yang ada dalam makanan. Salah satu sumber makanan yang tidak sebaiknya dikonsumsi para pelaku diet adalah makanan yang kaya gula.

Gula murni tidak direkomendasikan, apalagi gula yang terdapat dalam minuman bersoda dan permen. Makanan tersebut rendah nutrisinya dan tinggi kalori. Bagi kesehatan, makanan yang tinggi kadar gulanya berpotensi tingkatkan obesitas, diabetes, dan serangan jantung. Cukup berisiko. Jangan mudah tergiur dengan label “sehat” atau “alami” dalam makanan. Kurangi konsumsi gula sebab ini adalah cara efektif turunkan berat badan dengan hasil yang tahan lama.

3. Jangan Tinggalkan Konsumsi Lemak Sehat

Lemak tidak selamanya buruk. Bagi Anda yang ingin menjaga kesehatan, atau yang sedang diet, makanan yang mengandung lemak sehat disarankan untuk menjadi salah satu bagian dari menu makanan sehari-hari.

Penelitian menyebutkan bahwa, konsumsi lemak sehat seperti buah apokat dan kacang-kacangan bantu optimalkan proses penurunan berat badan. Selain itu, lemak sehat menjadikan tubuh merasa kenyang lebih lama, tidak mudah lapar dan memperkecil kemungkinan gagal melakukan diet karena rendahnya komitmen.

4. Perkecil Gangguan

Bagi anak hiperaktif, gangguan yang cukup berpengaruh pada tingkah laku anak adalah TV, play station, dan smartphone. Anak sulit dialihkan dari barang-barang elektronik tersebut dan menjadi lebih  moody. Faktanya, itu bukan hanya distraksi bagi anak hiperaktif saja, tetapi merupakan gangguan bagi para pelaku diet sehat.

Ngemil adalah salah satu pantangan selama diet. Ngemil menambah jumlah kalori yang masuk dan berpotensi menggagalkan program diet yang dijalani. Apa hubungannya dengan TV dan smartphone?

Ngemil boleh-boleh saja asal tetap menakar kadarnya. Sayangnya, saat sedang di depan televisi sering kali kita tidak bisa mengontrol ngemil apalagi saat sedang asyik-asyiknya menikmati program televisi yang sedang berlangsung. Bisa-bisa satu toples emping melinjo habis dalam satu jam tanpa kita sadari.

Sama halnya, saat kita aktif mengoperasikan smartphone sewaktu makan. Kita tidak bisa mengontrol kadar makanan yang masuk karena pikiran kita melebur dengan aktivitas di gadget itu, seperti asyik baca percakapan WAG, scrolling facebook, lihat produk yang dijual di marketplace, dan masih banyak lagi.

Solusinya?  Kembali pada fungsi dasar ruangan. Tidur di tempat tidur, masak di dapur, dan makan di ruang makan. Cara ini cukup efektif mengontrol berapa banyak kalori yang dikonsumsi. Kita saling terhubung dengan orang-orang yang dicintai secara fisik dan psikis. Yang tidak kalah penting adalah kita tidak terpengaruh dengan program-program yang disiarkan televisi.

5. Jalan Kaki, Solusi Mudah Turunkan Berat Badan

Tips Diet Sehat 10 Tips Diet Sehat Alami Turunkan Berat Badan

Jenis olahraga untuk diet? Eits, hilangkan dulu mindset tips diet sehat turunkan berat badan dengan olahraga harus dilakukan dengan pilihan olahraga yang ekstrim dan menakutkan. Faktanya tidak semenakutkan itu ya Ladies, noted!

Salah satu olahraga simple yang merupakan cara efektif turunkan berat badan adalah dengan jalan kaki secara rutin setiap hari. Ini adalah aktivitas yang menyenangkan yang bisa kita lakukan baik saat di luar atau di dalam ruangan. Kita bisa melakukannya sembari menjalankan tujuan yang lain, seperti berbelanja, silaturahim, ke sawah, antar anak ke sekolah, dan masih banyak lagi.

Yuk, jalan kaki secara rutin setiap hari selama 30 menit. Berat badan tubuh menurun drastis dalam waktu singkat. Ini adalah cara mudah dan ekonomis turunkan berat badan dan agar berat tubuh tidak kembali seperti sedia kala.

6. Perbanyak Konsumsi Sarapan yang Kaya Protein

Tips diet sehat selanjutnya ada pada komposisi sarapan yang dikonsumsi setiap pagi. Sarapan pagi adalah wajib hukumnya bagi kalian yang sedang menjalankan diet ya Ladies (yang sedang puasa tentunya perkecualian ya).

Salah satu manfaat penting sarapan adalah untuk menjaga tubuh agar tetap dalam kondisi kenyang di siang harinya. Perut yang kenyang mencegah ngemil di siang hari dimana ngemil memungkinkan meningkatnya kadar kalori tubuh setiap harinya.

Apakah semua komposisi sarapan bagus untuk dijadikan menu sarapan di pagi hari? Tentu tidak! Sarapan yang direkomendasikan adalah yang kaya akan protein. Protein membantu tubuh mencegah dari rasa lapar di siang hari dan untuk mencegah agar berat badan tidak meningkat secara signifikan.

Sangat disarankan bagi kita para pelaku diet dan yang ingin menjaga pola hidup sehat agar menyiapkan makanan sendiri di rumah. Dari segi keuangan, ini jauh lebih ekonomis. Tidak hanya itu, kalian bisa kombinasi komposisi makanan yang disukai dengan tetap mempertimbangkan sisi kesehatannya. Kitapun tau bagaimana cara pengolahan makanan dan terjamin kebersihannya.

7. Pertimbangkan Kadar Kalori yang Dikonsumsi

Kalori tidak hanya terdapat pada soda dan milkshake yang menjadi minuman favorit banyak orang khususnya saat dalam keadaan dingin. Rasanya enak dan segar, tetapi ini tidak disarankan untuk para pelaku diet dan yang ingin menjaga kesehatan.

Selain minuman yang sudah disebutkan itu, jenis minuman yang sifatnya meningkatkan kesadaran dan stamina tidak disarankan untuk dikonsumsi. Sebut saja minuman penambah stamina dan kopi yang selalu ada agar terhindar dari ngantuk. Jenis minuman tersebut adalah minuman penambah kalori yang cepat sekali meningkatkan berat badan.

Untuk mencegah dehidrasi, dan agar cairan tubuh terpenuhi sepanjang waktu, yuk biasakan konsumsi air mineral setiap hari. Air mineral yang dikonsumsi setidaknya 8 gelas sehari atau setara dengan 2 liter. Atur jadwal agar konsumsi minuman tersebut terpenuhi mulai dari akan tidur hingga kembali tidur lagi.

Oya, jus buah adalah minuman yang di gadang-gadang bermanfaat bagi kesehatan. Betul memang selama tidak ditambah dengan gula. Akan tetapi, bagi pelaku diet sehat yang ingin menjaga berat badan agar tetap langsing, hindari konsumsi jus buah terlalu sering sebab ini berdampak pada meningkatnya kalori dan berpengaruh pada naiknya berat badan.

8. Selektif Saat Berbelanja

Ada lho Ladies cara berbelanja khusus bagi kalian yang ingin jalani diet sehat. Kuncinya ada pada daftar belanjaan yang kita buat. Coba buat apa saja daftar belanjaan yang akan dibeli. Barang-barang yang dibeli adalah yang masuk dalam kategori sehat, rendah kalori dan mendukung program diet kita. Di luar kategori tersebut, bisa di eliminasi dari daftar belanja. Patuhi apa saja daftar belanja yang sudah dibuat dan fokus untuk membeli barang-barang itu saja.

Cara tersebut cukup ampuh untuk mengarungi konsumsi makanan tidak sehat. Jika perlu, siapkan cemilan dan bawa saat shopping agar kita tidak tergiur memasukkan menu makanan tidak sehat itu pada daftar belanjaan kita.

Yuk, Ladies, sebelum memutuskan belanja kita buat dulu daftar belanjaannya ya. Shopping list tidak hanya bermanfaat untuk menjaga agar makanan yang dikonsumsi senantiasa sehat dan bagus untuk diet, tetapi daftar belanjaan tersebut juga efektif mengontrol keuangan selama pergi ke grocery.

9. Cukupi Kebutuhan Mineral Tubuh

Tips diet sehat selanjutnya yang efektif cegah naiknya berat badan dan menjaga agar tubuh tetap sehat adalah dengan memenuhi kebutuhan mineral tubuh. Seperti disebut dimuka bahwa kebutuhan mineral tubuh dipenuhi setidaknya dengan mengonsumsi 8 gelas minuman setiap harinya.

Riset membuktikan bahwa mereka yang minum cukup air dan mengonsumsinya sebelum makan mencegah meningkatnya kadar kalori yang dikonsumsi. Minum air yang cukup mencegah lapar lebih lama dan mencegah obesitas.

10. Nikmati Momen Makannya

Saat sedang di kejar deadline, atau saat waktu istirahat hampir habis, kita cenderung makan dengan terburu-buru. Makan dengan cara ini sepertinya hanya menggugurkan rutinitas saja dan pengaruhnya pada kebiasaan over eating. Kelebihan makan akibatnya adalah pada potensi obesitas yang menggagalkan program diet kita. Nikmati setiap momen makan dengan baik, kunyah perlahan hingga halus agar kita bisa merasakan kapan tubuh benar-benar kenyang dan mengurangi makan dalam jumlah banyak.

Masih banyak lagi tips diet sehat yang bisa kita gali dan kita praktikkan saat ini juga. Cantik perlu, dan sehat pun tidak kalah penting. Tips diet sehat diatas bantu Ladies mendapatkan tubuh langsing ideal dengan tetap mempertimbangkan sisi kesehatannya bagi tubuh. Salam sehat selalu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.