Tema Keluarga: 17 Ide Kreatif Rayakan Ulang Tahun Si Kecil

Posted on

Tema Keluarga

Tema Keluarga 17 Ide Kreatif Rayakan Ulang Tahun Si Kecil3

Setiap orang memiliki cara pandang masing-masing terkait pesta atau perayaan, termasuk perayaan ulang tahun. Walau begitu, pada dasarnya, masing-masing dari kita lebih suka bersenang-senang daripada sedih berlama-lama, apalagi anak-anak. Bagi si kecil, adakah perayaan yang lebih spesial daripada ulang tahunnya?

Ulang tahun merupakan momen bertambahnya usia satu tahun lebih tua. Bagi yang tidak lagi muda, ulang tahun bukanlah saat yang ditunggu dan merayakannya bukanlah hal yang menarik. Namun, bagi si kecil, hari ulang tahun adalah hari yang penting yang berisi banyak kemungkinan dan kesempatan baru. Bagi si kecil, ini adalah hari pertama dari langkah petualangannya di dunia.

Setelah perayaan berlangsung, ada banyak hal yang harus dia selesaikan, dan ada banyak impian yang ingin digapai. Bagi anak-anak, hari ulang tahun adalah hari yang paling ditunggu-tunggu, dan lebih penting sifatnya daripada liburan yang lain.

Anak-anak tidak berhenti menghitung bulan, minggu, hari, jam dan menit sampai tiba saat hari ulang tahunnya, lalu mereka bertanya pada ayahnya “Apakah hari ini ulang tahunku?”. Anda tidak bisa bersikap tenang dan tidak melakukan apa-apa pada hari spesial ini. Anda tentu ingin ulang tahun si kecil tahun ini menjadi ulang tahun paling mengesankan baginya. Cari tema ultah yang cocok sesuai dengan keinginannya.

Sebelum membahas tema keluarga tentang ulang tahun si kecil, yuk cari tahu alasan kenapa merayakan ulang tahun anak itu penting. Setidaknya, ada tiga manfaat yang diperoleh:

  • Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Bolehlah setahun sekali membiarkan si kecil menjadi pusat perhatian. Anak-anak merasa bahagia saat melihat seluruh temannya datang di hari spesialnya sambil membawa tas yang berisi kado untuknya. Bagi Anda (yang sudah dewasa), ini mungkin tampak berlebihan. Namun bagi si kecil, mereka senang dan merasa banyak teman yang perduli padanya sebagaimana dia juga peduli pada teman-temannya.

  • Menciptakan dan Memaknai Persahabatan

Tema keluarga yang menjadi perbincangan Anda dan pasangan terkait si kecil adalah bagaimana menanamkan nilai positif pada anak, salah satunya melalui perayaan ulang tahun yang berperan menciptakan dan memaknai persahabatan antara si kecil dengan teman-temannya.

Terserah apakah Anda amengundang teman dekat si kecil saja atau seluruh teman sekelasnya. Bagaimanapun kondisi perayaan tersebut, ini adalah media bagi si kecil untuk bersosialisasi. Sosialisasi dengan komunitas yang lebih besar tentu berbeda dengan berinteraksi dengan teman dekat saja.

Anak-anak harus mempertimbangkan perasaan teman-temannya yang hadir di acara ulang tahunnya. Tidak berbisik-bisik dengan teman dekat saja atau mengucilkan seseorang dalam perayaan itu. Anak-anak belajar berinteraksi dan bersosialisasi dengan orang lain dalam suasana yang santai. Mereka belajar menjadi tuan rumah yang baik dari sebuah event perayaan atau dengan menghadiri acara ulang tahun teman-temannya.

  • Dikenang Sepanjang Hidup

Saat si kecil sampai di rumah dalam keadaan bahagia, setelah menghadiri pesta ulang tahun teman-temanya, kitapun akan turut berbahagia. Mereka bercerita tentang keseruan acara tersebut dan membuka kembali memori tentang ulang tahunnya yang dirayakan 5 bulan yang lalu. Anak-anak ingat setiap detail perayaan dan membuat kita terharu karena sudah menjadi bagian dari memory anak yang menyenangkan itu.

Apakah Anda sedang menyiapkan perayaan ulang tahun si kecil? Masih bimbang apa tema keluarga yang Anda angkat untuk perayaan ini? berikut 17 ide kreatif rayakan ulang tahun si kecil. Simak yuk!

1. Princess

Ide rayakan ulang tahun dengan tema princess cocok bagi putri kecil Anda. Mereka yang menginjak usia 1 hingga 5 tahun merasa menjadi queen of the day dengan kostum yang didominasi bahan tulle, gold, dan glitter. Ketiga material tersebut adalah rahasia untuk menyukseskan perayaan ulang tahun si kecil dengan tema ini.   

2. Sherlock Gnome

Setelah di rilis tahun ini, tokoh fiktif Gnomes menjadi sangat populer di kalangan anak-anak. Siapa Gnomes sebenarnya? Saat orang di kebun tiba-tiba menghilang, cara cepat melacaknya adalah dengan memanggil detektif Gnomes. Dia adalah penyelamat kota tersumpah yang akan melacak teka-teki hilangnya seseorang atau sesuatu dari kebun.

Tema keluarga untuk perayaan anak yang satu ini lekat dengan snack bertema Gnome, topi Gnome hasil kerajinan tangan, dan kreativitas pendukung yang lain.

3. Spa

Spa adalah tema keluarga untuk rayakan ulang tahun si kecil yang paling mengesankan. Kali ini fokus kita pada tubuh anak. Siapa yang tidak ingin merayakan ulang tahunnya dengan treatment spa seluruh badan? Tidak hanya orang dewasa yang gemar spa, anak-anak merasa lebih rileks dengan treatment ini.

Masukkan beberapa potong mentimun ke dalam air, siapkan jubah mandi yang halus dan nyaman dikenakan sekalian sandal nya. Gulung rambut si kecil dan tutup dengan handuk. Manjakan anak dengan manicure, padicure, dan masker wajah.

4. Superhero Party

Siapkan kostum superhero untuk si kecil dan tamu undangan. Atau, Minta teman-teman si kecil untuk datang dengan mengenakan kostum super hero favoritnya. Terlebih dahulu, silahkan Anda cari referensi superhero yang banyak disukai dan diperbincangkan si kecil bersama teman-temannya.

5. Menghias Makanan

Anda ingin mengangkat tema kreativitas saat ulang tahun anak? Ide bagus!. Siapkan kue yang sudah matang terpisah dengan taburan yang berwarna-warni atau bahan penghias. Biarkan anak-anak berkreasi dengan bahan yang Anda sediakan. Siapkan celmek dan topi koki untuk mereka, atau Anda bisa minta teman-temannya untuk membawa kostum tersebut dengan motif sesuai selera.

6. Ilmuwan Ulung

Anak-anak sangat senang menghadiri perayaan ulang tahun dengan tema keluarga ilmuwan. Mereka merasa intelek namun tetap santai. Ulang tahun tema ini dihadiri anak-anak yang memakai jas lab warna putih dan kacamata pengaman saat eksperimen. Mereka minum dari gelas kimia dan mengadakan penelitian dengan memasukan permen ke dalam botol ukur lalu menuanginya coca cola.

7. Hutan atau Hewan-Hewan Di dalamnya

Tema alam bisa  Anda munculkan pada perayaan ulang tahun si kecil. Tidak perlu banyak, Anda cukup menyiapkan kostum tupai, serigala, dan burung hantu untuk si kecil dan teman-teman (kostum hewan dipilih sesuai selera). Atau, seperti biasa,  minta teman-temannya datang dengan mengenakan kostum hewan favoritnya. Cara ini lebih praktis jika dibandingkan Anda harus menyiapkan ruangan dengan tema kawasan hutan yang rimbun.

8. Pokemon

Surprize sekali jika tema keluarga untuk ultah si kecil yang Anda pilih adalah Pokemon. Popularitas Pokemon memang tidak perlu di sangkal lagi. Bahkan, banyak anak yang hobby pegang gadget dan main game pokemon sampai lupa waktu.

Ingin anak sedikit berjarak dari gadgetnya? Yuk, bikin kejutan ultah dengan tema Pokemon. Siapkan balon Pikachu, homamade Pokeballs, dan Pokemon billiards. Lalu, buatlah games Pikachu.

9. Shopkins

Tema Keluarga 17 Ide Kreatif Rayakan Ulang Tahun Si Kecil5

Anak-anak hobby nonton Shopkins dan koleksi mainannya? Nah, kali ini giliran Anda untuk “menghadirkan” shopkins saat ulang tahun si kecil. Anak-anak belajar mengenal buah, dan sayur dari mainan edukatif yang satu ini.

Bicara Snopkins tidak lepas dari segala bentuk makanan yang dihidangkan di meja, seperti ice cream cone yang di hias begitu cantik, sele dalam kendi kecil, kue mangkok, dst. Mudah sekali merayakan ultah dengan tema keluarga yang satu ini.  Tema ini tidak lepas dari makanan yang disajikan di atas meja.

10. Trolls

Seru sekali saat menyaksikan si kecil dan teman-temannya dengan rambut berwarna-warni, bernyanyi, berpelukan, sambil memegang kue mangkok. Siapkan treatment warna rambut si kecil dan tamu undangan, kue mangkok yang nikmat, permen dan makanan pencuci mulut yang disukai anak-anak.

11. Reptil dan Amfibi

Anak Anda pecinta hewan? Coba bantu si kecil mengapresiasi kecintaannnya dengan memilih tema reptil atau amfibi saat momen ulang tahunnya. Caranya?  Buatlah kue ulang tahun dengan ukuran medium. Lalu, bagian atasnya buatlah hiasan melingkar seperti ular merayap. Atau, buatlah tas souvenir ultah dengan sentuhan reptil dan amfibi pada permukaannya.

12. Art

Biarkan si kecil dan teman-temannya puas berkreasi. Baju yang kotor bisa di cuci namun kebahagiaan si kecil tidak seharusnya dihalangi karena keinginan Anda agar anak bebas noda membandel. Pesta art adalah salah satu ide kreatif untuk perayaan ini. Siapkan pistol mainan, telur berisi tinta, cream pencukur,  dan kanvas ukuran besar sebagai media.

13. Pelangi

Saat hujan tiba, tiada yang lebih indah dari pelangi. Anak-anak menyukai warna-warninya. Ide pelangi ini bisa Anda adopsi dalam bentuk sajian dengan sentuhan rainbow, sebut saja gulali rainbow, chocolate rainbow, ice cream rainbow,dst.

14. Camping

Apakah anak Anda menyukai kegiatan outdoor? Coba rayakan ultahnya dengan camping full music di lokasi yang asri. Siapkan makanan favorit si kecil dan kenakan baju seragam keluarga agar semakin kompak.

15. Mermaid

Kehidupan bawah laut merupakan ide kreatif yang menarik untuk ultah si kecil. Sajikan makanan dengan sentuhan dunia bawah laut seperti kue-kue berbentuk karang, kue bentuk remis, cake yang ditaburi  cracker atau hiasan seperti pasir putih.

16. Mancing

Ide unik lain yang seru untuk ultah si kecil adalah memancing. Pergilah ke kolam pancing sekeluarga, siapkan cacing sebagai umpan secukupnya, jangan lupa bawa cemilan kue lumpur, dan dapatkan ikan yang siap dipanggang di malam hari. Anak senang, Anda pun puas menyalurkan hobby memancing.

17. Mickey Mouse

Pecinta Mickey Mouse, boleh nih coba ide kreatif ultah yang satu ini. Hias ruangan dengan balon atau boneka Mickey. Warna ornamen ruang di dominasi oleh warna karakter ini. Siapkan kue dan souvenir Mickey yang spesial bagi pecinta karakter fiktif yang satu ini.

Tema keluarga yang Anda pilih tidak lepas dari ketertarikan si kecil entah pada karakter fiktif, ataupun hobby. Si kecil bebas memilih, apakah perayaan dilakukan di dalam atau di luar ruang.

Perayaan dengan berbagai ide kreatif diatas semakin bermakna jika tujuan Anda tercapai, yaitu rasa percaya diri anak meningkat, kemampuan sosialisasi dan pertemanannya semakin bagus, dan si kecil mengingat momen ultahnya sampai kapanpun. Selamat berkreasi dengan ide kreatif di atas dan silahkan berbagi ide kreatif yang Anda miliki dengan meninggalkan komentar di bawah ini.

Referensi:

https://googleweblight.com/i?u=https://m.huffpost.com/us/entry/4227366&hl=en-ID

http://redtri.com/most-popular-birthday-party-themes/amp/

https://www.womansday.com/home/crafts-projects/gmp2817/kids-birthday-themes/

https://googleweblight.com/i?u=https://wannabees.com.au/are-birthday-celebrations-important-for-child-development/&hl=en-ID

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.