Tabungan Pendidikan Anak: Manfaat dan Cara Praktis Mewujudkannya

Posted on

Tabungan pendidikan anak

Tabungan Pendidikan Anak Manfaat dan Cara Praktis Mewujudkannya

Tulisan kali ini saya buka dengan sedikit cerita. Saya punya seorang teman yang berprofesi sebagai guru dan telah mendapatkan sertifikasi sekaligus impassing. Suaminya, seorang pebisnis dengan seorang anak laki-laki yang masih duduk di kelas 4 SD.

Tinggal di desa, income mereka saya yakin sudah jauh lebih dari cukup. Anehnya, setiap kali mampir ke rumah, si istri sering kali cerita bahwa dirinya punya banyak hutang. Setelah saya usut, faktor penyebabnya adalah kebiasaan hidup boros dan gaya hidup mewah yang diterapkan. Saya  kira, pendapatan seberapapun jika dipakai untuk gaya hidup tersebut tidak akan cukup.

Kebutuhan dalam berumah tangga tidak bisa diprediksi. Terkadang kebutuhan sangat banyak di hari yang sama dan terkadang menurun jumlahnya di hari yang lain. Jika Anda memiliki dua atau tiga orang anak sekaligus, yang satu masuk SMP, satunya lagi masuk SMA, dan satunya lagi masuk perguruan tinggi, Anda perlu siapkan banyak dana untuk membiayai pendidikan mereka.

Jika tidak disiapkan sejak dini melalui tabungan pendidikan anak, besar kemungkinan alternatif yang kita pilih adalah berhutang. Dan ini membuat perekonomian keluarga tidak sehat. Perkecil risiko hutang dengan merencanakan tabungan pendidikan anak sejak dini.

Manfaat Tabungan bagi Kesehatan Psikis

Moms sekalian tentu saja paham bahwa tabungan akan menambah saldo uang Anda di bank. Pertanyaannya adalah, apakah jika saldo dana bertambah ada efek lain yang kita rasakan? Apakah tabungan pendidikan anak misalnya bisa mempengaruhi mood atau pikiran kita? bagaimana tabungan mempengaruhi tingkat stres, cara pandang, dan kepribadian kita? Jika Anda rajin menabung, entah untuk tabungan pendidikan anak maupun untuk tabungan yang lain, berikut manfaat psikis yang Anda peroleh.

  • Disiplin

Perlu Moms tandaskan lagi bahwa saldo tabungan dalam bank tidak meningkat karena kebetulan. Mereka yang rajin menabung lebih banyak berkata “tidak” dibandingkan dengan berkata “iya” pada gaya hidup konsumerisme dan saat berhadapan dengan barang-barang yang sebenarnya mereka inginkan. Ada trik kedisiplinan yang kita terapkan yang berpengaruh pada setiap unsur kehidupan kita.

Satu contoh, saya punya seorang teman, dengan ibu yang sangat perhitungan. Setiap kali akan membeli baju dia mesti mikir seribu kali. Pasalnya, ibunya telah me-mandiri-kan dirinya dan tidak memberi uang sama sekali.

Meski baru selesai kuliah dan berkesempatan mengajar di sekolah swasta dengan gaji yang terbatas, dia selalu menabung dan tabungan itu dia gunakan untuk menjalankan bisnis online yang saat ini sudah mulai kelihatan hasilnya.

  • Pikiran Damai

Miliki banyak hutang atau memegang uang dalam jumlah yang amat sangat terbatas sudah pasti membuat saya dan Moms sekalian stres. Bagi par ibu, ini adalah kondisi yang cukup menggemaskan. Sebaliknya, jika Anda membiasakan diri menabung maka akan merasa damai.

Tidak hanya mereka para pengikut Zen yang bisa melakukannya dan akan mendapatkan kedamaian dari kebiasan itu. Semua orang dengan niat yang mantap dan usaha yang keras bisa menjalaninya yang akan mendatangkan kedamaian. Jika dijalani dengan penuh kesadaran ini sama sekali tidak menyakitkan. Tabungan (termasuk tabungan pendidikan anak) adalah asuransi pribadi yang menjamin kedamaian pikiran. Yuk, buktikan!

  • Pede

Dengan nominal tabungan di bank yang terus bertambah, Anda akan merasa lebih percaya diri. Ada dua manfaat utamanya. Pertama, Anda bisa mencapai apa yang Anda cita-citakan selama ini. Kedua,  Anda bisa meyakinkan diri sendiri bahwa masalah tertentu yang memerlukan dana cukup banyak saat ini juga akan selesai dengan tabungan yang Anda miliki. Termasuk biaya pendidikan si kecil melalui tabungan pendidikan anak yang Anda usahakan sejak dini.

Selain pede, Moms akan lebih tegas dalam memutuskan apakah tabungan tersebut akan Anda manfaatkan untuk kepentingan lain yang lebih besar manfaatnya sehingga modal akan lebih berkembang.

  • Optimis

Moms yang rajin menabung otomatis merasa lebih optimis. Tidak peduli seberapa kecil rupiah yang Anda simpan, namun ini akan memberikan kesan bahwa Moms sedang menuju sesuatu yang lebih besar dan ada daya tarik yang selalu membawa kita untuk ingin menabung lebih banyak dan lebih cepat lagi.

Tabungan pendidikan anak dengan jumlah yang semakin besar tentu akan memberikan ruang bernafas bagi Moms untuk memasukkan si kecil di tempat perkuliahan favorit yang selama ini mungkin tidak pernah Anda prediksikan.

  • Miliki Kebebasan

Menghabiskan sedikit uang untuk kebutuhan konsumtif dan senantiasa meningkatkan saldo tabungan bantu Anda mendapatkan kebebasan dalam karir, hubungan, dan tujuan hidup yang ingin dicapai. Tanpa banyak berkata dan mungkin Moms terpojok merasa disudutkan pada satu kesempatan (karena tidak memakai baju yang mewah dan elegan), Moms bisa jadikan hal tersebut sebagai kekuatan untuk mengumpulkan pendapatan lebih banyak lagi.

Kaitannya dengan tabungan pendidikan anak, semakin banyak tabungan yang Moms miliki, pendidikan anak semakin terjamin dan Anda tetap memiliki ruang bernafas yang cukup saat anak mulai mengenyam bangku pendidikan kelak.

Salah satu aspek kehidupan yang membutuhkan biaya yang cukup besar adalah aspek pendidikan. Pendidikan yang ada saat ini berjenjang mulai dari pra TK hingga perguruan tinggi. Biaya yang dikeluarkan tentu tidak sedikit dan kontinyu. Tujuan pendidikan tidak lain adalah agar si kecil lebih berkembang di kemudian hari, lebih mandiri dan lebih optimal kemampuannya. Berikut tips mudah wujudkan tabungan pendidikan anak sejak dini. Nothing imposible. Coba Yuk Moms.

1. Perkirakan Kapan Anak akan Memulai Pendidikannya

Anak Moms mungkin baru lahir dua hari yang lalu. Namun ini tidak berarti Anda harus menunggu si kecil dewasa baru menyiapkan tabungan pendidikan anak untuk kuliahnya. Lakukan sedini mungkin bahkan sejak si kecil masih bayi sekalipun.

Sebelum itu, Anda bisa pertimbangkan apakah tabungan pendidikan anak itu akan digunakan untuk biaya pendidikan jenjang paud, tk, SD, SMP, SMA ataukah saat kuliah. Tentunya nominal yang Moms harus tabung untuk memenuhi biaya pendidikan SMA lebih sedikit dibandingkan saat Anda harus menabung untuk kepentingan perkuliahan.

Jika Anda fokus pada tabungan pendidikan anak untuk kuliahnya yang akan berlangsung 10 tahun lagi, berarti Moms harus mulai mencari informasi mengenai biaya perkuliahan saat ini sesuai dengan bidang yang sekiranya diminati anak-anak. Anda pun harus mengantisipasi akan terjadinya inflasi yang berpengaruh pada biaya pendidikan anak.

Rentang waktu 10 tahun ke depan adalah waktu yang harus Anda maksimalkan untuk menabung. Moms bisa sesuaikan nominalnya dengan pendapatan yang keluarga dapatkan saat ini. Jika pendapatan keluarga besar, boleh lah menabung dengan nominal yang besar pula.

Jika kebetulan anak tertarik untuk masuk ke jurusan yang sekiranya sudah cukup mahal biayanya saat ini, Moms bisa usahakan bagaimana agar dengan pendapatan tersebut tabungan pendidikan anak terpenuhi selama rentang waktu itu.

2. Buat Target

Target sangatlah penting untuk memastikan apakah biaya pendidikan anak yang Anda butuhkan cukup atau meleset dari perkirakan. Buat target yang berhubungan dengan waktu dan yang berkaitan dengan nominal yang Anda tabung setiap bulannya.

Target waktu berhubungan dengan seberapa lama Anda bisa mencapai target nominal tabungan sesuai dengan pendapatan yang Anda dapatkan.  Misalkan anak akan berkuliah 8 tahun lagi, berarti nominal tabungan harus Moms capai dalam rentang waktu tersebut.

Faktor pendapatan, besaran dana yang akan ditabung setiap bulan, dan rentang waktu yang Anda miliki untuk mengumpulkan nominal tersebut, saling terhubung satu dengan yang lain.

3. Tingkatkan Saldo Tabungan

Tabungan Pendidikan Anak Manfaat dan Cara Praktis Mewujudkannya3

Ada banyak kemungkinan di masa mendatang yang tidak bisa saya dan Moms prediksi. Kemungkinan tersebut meliputi:

  • Anak ingin bersekolah di sekolah yang lebih bonafid atau berkuliah di jurusan yang lebih tinggi passing grade-nya.
  • Selama rentang waktu tersebut, banyak kemungkinan yang akan terjadi seperti adanya gangguan kesehatan, keinginan renovasi rumah, musibah yang tidak diinginkan, dan hal penting lain yang datang tiba-tiba dan membutuhkan pendanaan.
  • Turunnya nilai mata uang beberapa tahun ke depan.
  • Gaya hidup anak.

Dari situ, cara efektif mengatasinya adalah dengan meningkatkan saldo tabungan pendidikan anak. Anda bisa meningkatkan saldo tabungan dengan cara memperbanyak saving, mengontrol gaya hidup, memperbanyak pintu pemasukan, dan masih banyak lagi.

Cara tersebut mempercepat bertambahnya nominal dalam tabungan pendidikan anak yang bisa Anda manfaatkan untuk banyak kebutuhan.

4. Ubah Gaya Hidup

Gaya hidup yang tidak sehat salah satunya adalah hedonisme. Gaya hidup ini bertentangan dengan sikap hemat dimana kelebihan income yang dimiliki dimanfaatkan untuk tabungan pendidikan anak. Hedonisme pada dasarnya mengalokasikan dana tetapi tidak untuk memenuhi kebutuhan, hanya karena menuruti keinginan.

Seberapapun income yang Anda dapat, gaya hidup hedon tidak ada batasnya karena keinginan manusia sifatnya tidak terbatas. Kontrol gaya hidup mulai sekarang juga. Membeli barang hanya yang dibutuhkan dan bukan yang diinginkan, dan dapati tabungan pendidikan anak Anda meningkat dalam waktu singkat.

5. Investasi

Selain dalam bentuk tabungan pendidikan anak yang Anda titipkan di bank, di lembaga keuangan, di sekolah, dan sebagainya, Anda bisa mewujudkannya dalam bentuk investasi. Investasi tersebut bisa berupa emas, tanah, pekarangan dan lain sebagainya yang sekiranya dalam kurun waktu 10 tahu n mendatang nilai jualnya menjadi lebih tinggi. Investasi ini bisa menjadi simbol kemakmuran keluarga juga.

6. Bandingkan dan Pilih Fasilitas yang Paling Banyak

Banyak pihak yang menyediakan fasilitas tabungan pendidikan anak. Tidak hanya bank milik pemerintah maupun swasta, adapula asuransi pendidikan yang bisa Anda manfaatkan untuk persiapan biaya pendidikan si kecil.

Penting bagi Moms sekalian untuk terlebih dahulu mengetahui apa saja fasilitas yang disediakan. Mulai dari berapa biaya setoran bulanannya, berapa limit nominal yang bisa dicairkan, berapa bunga-nya, berapa besar biaya administrasinya, dan masih banyak lagi. Ini akan membantu Moms mendapatkan gambaran kira-kira apa kemudahan yang akan Anda dapatkan jika bekerjasama dengan pihak tersebut.

Tabungan pendidikan anak banyak sekali manfaatnya. Manfaat yang paling utama adalah sebagai persiapan dana yang dibutuhkan selama pendidikan si kecil di masa mendatang. Manfaat lain adalah kesiapan, ketenangan, dan kematangan Anda secara psikis saat anak-anak masuk di tempat pendidikan yang diidamkan. Yuk, siapkan tabungan pendidikan anak sejak dini demi masa depan si kecil yang lebih baik lagi. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.