Sofa Ruang Keluarga

Posted on

Sofa-ruang-keluargaSofa Ruang Keluarga – Rumah adalah sebagai tempat ternyaman bagi sebuah keluarga. Rumah juga adalah tempat berlindung oleh setiap keluarga dari berbagai macam cuaca. Setiap keluarga pasti menginginkan rumah yang nyaman, besar.  Mereka juga pasti menginginkan ada penataan ruang yang nyaman dan bagus untuk setiap furniturenya, seperti sofa ruang keluarga. Bagaimana jika rumah kita itu sempit, sedang kita menginginkan dalam sebuah ruangan itu ada sofa yang nyaman, misalnya sofa di dalam ruang keluarga. Pastinya kita akan sangat ribet sekali, jika rumah sempit tapi masih saja di ingin di kasih sofa. Berasa tambah sumpek, kan. Untuk bernafas pasti juga kita tidak merasakan nyaman. Ah, pengap. Tenang ada solusi, kok untuk rumah yang sempit, tetapi masih menginginkan adanya sofa dalam rumah itu.

Tips memilih sofa, untuk rumah yang sempit :

  1. Pilihlah sofa yang tidak berukuran besar, ukuran kecil ini sangat cocok untuk ukuran rumah seperti ini. Sofa berukuran kecil ini akan bisa menyesuaikan rumah yang juga sempit. Sebab rumah yang sempit pasti akan mempunyai space ruang tamu atau ruang keluarga yang sempit juga.
  2. Pilih sofa yang simpel, semisal sofa yang polos atau minimalis. Sofa seperti ini tidak akan terlihat penuh di ruang keluarga yang sempit. Karena memang bentuk dan corak ini juga sangat mempengaruhi sebuah ruangan.
  3. Carilah warna sofa yang terang, mengapa terang? Karena warna terang akan memperlihatkan ruang yang tadinya sempit akan terlihat luas. Wah, keren sekali kan, jika rumah kita sempit tapi bisa terbantu menjadi terlihat luas hanya dengan warna sofa yang terang.
  4. Sofa yang unik, sofa-sofa yang unik, tapi janganl sofa yang tradisional karena jika sofa tradisional dia akan lebih memenuhi ruangan jadi ruang kita yang sempit akan terlihat semakin sempit. Tetapi sofa unik yang tidak tradisional.

Jika dalam sebuah ruang sudah terdapat sofa, tentunya setiap anggota kelaurga pasti akan merasa nyaman di dalamnya. Tidak perlu bingung mau duduk di mana. Tapi, kalau andai kita sudah memilih sofa tapi ruangan kita masih terasa sumpek dan sempit, apa yang harus kita lakukan. Pemilihan karakteristik sofa kita jangan-jangan salah, ya? Tenang. Mungkin ada beberapa faktor yang belum kita perhatikan dari penataan ruangnya. Ini ada tips lagi, cara menata ruang yang sempit, tapi kita tetap ada sofa, hal-hal apa saja yang perlu kita perhatikan :

  1. Perhatikan masalah Penataan cahaya, mengapa pencahayaan sangat penting, karena ruang dengan cahaya yang terang akan membuat rumah itu terlihat tidak sempit. Tentunya jika ada di dalamnya kita tidak merasa susah bernapas karena merasa sumpek. Cahaya yang terang akan membuat suasana menjadi lebih fresh dan tentunya lebih jelas melihat sekitar.
  2. Warna cat dari suatu ruangan, warna cat yang lebih muda akan membuat ruangan semakin luas. Jadi misal ada sofa sekalipun, ruangan kita tidak akan sempit. Karena terbantu dengan warna cat yang muda.
  3. Taruhlah perabot yang multifungsi dalam ruangan yang sempit itu. Jadi tidak akan memakan tempat yang banyak. Karena perabot yang kita gunakan bisa untuk kegunaan lain, misal meja yang di bawahnya di taruh rak buku. Jadi kan simpel.
  4. Tekankan bentuk vertikal, untuk penataan ruang sempit kita harus melupakan penataan yang horizontal. Gunanya untuk apa? agar mata kita tertuju ke atas dengan penataan ruangan yang vertikal.
  5. Isi sudut dengan hiasan yang tidak menggunakan space banyak. Isi bunga dengan pot-pot kecil. Tapi, jangan semua sudut ruangan kita taruh bunga, ya. Salah satu saja, karena kalau semuanya maka ruangan akan terlihat sempit, tapi jika salah satu sudutnya saja maka ruangan tersebut akan terlihat lebih luas tentunya.

Kadang setelah kita memilih sofa dan menempatkannya di sebuah ruangan rumah kita, kadang kita berpikir tidak, sebenarnya sofa ini gunakanya untuk apa sih? atau pernahkah kita berpikir, pemilihan sofa ini sebenarnya sesuai tidak dengan karakteristis diri kita. Untuk setiap ruangan pun harus mempunyai sifat yang berbeda dalam pemilihan sofa. Misalnya pemilihan sofa untuk ruang tamu dan ruang keluarga, tentunya berbeda. Untuk ruang tamu, kita biasanya melihat sofa itu dari sifat formalnya, karena kalau di ruang tamu, sofa ini harus terlihat formal bukan santai seperti di ruang keluarga. Di ruang tamu sofa juga harus terlihat menggambarkan karakter yang kuat si pemilik rumah. Inilah yang menyebabkan berbeda. Kalau di ruang keluarga sofanya, apa saja yang penting keluarga bisa nyaman.

Nah, itulah beberapa cara memilih sofa ruang keluarga, meski lebih saya tekankan untuk ruang atau rumah yang sempit. Untuk ruang yang luas atau rumah yang luas, saya rasa kita tidak perlu memilih dan memilah sofa sedetail untuk ruang yang sempit.

 

Baca juga :

Lembaga Keluarga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.