Rumah Sehat Bebas Bakteri? Mulai dengan 5 Cara Sederhana Ini!

Posted on

Rumah sehat

Rumah Sehat Bebas Bakteri Mulai dengan 5 Cara Sederhana Ini!2

Rumahku benar-benar menjadi istanaku jika keadaan rumah senantiasa bersih dengan tatanan yang rapi. Apa jadinya jika Anda temukan banyak perabot berserakan disana-sini, sampah berserakan dan debu menempel di setiap sudut ruang? Yang pasti, Anda akan merasa amat sangat tidak nyaman, bukan begitu?

Sekalinya masuk rumah, kita merasa semakin stres dan tidak nyaman beristirahat. Kondisi rumah yang berantakan picu pertumbuhan bakteri dengan cepat yang berpengaruh bagi kesehatan. Sungguh, jika Bunda miliki baby kecil saat ini? Bunda perlu lakukan ekstra proteksi. Yuk, mulai ciptakan rumah sehat bebas bakteri dengan cara sederhana berikut!

1. Hindari Penggunaan Pembersih Berbahan Kertas

Memang lebih mudah saat Anda membersihkan jendela maupun kaca pintu dengan memakai pembersih berbahan kertas. Namun ini bukan cara yang terbaik sebab penggunaan material tersebut menimbulkan goresan pada kaca sehingga rumah tampak lebih tidak bersih. Solusinya? Pakai pembersih berbahan microfiber yang lebih mudah menyerap kotoran tanpa meninggalkan bekas.

2. Bersihkan Kaca Mobil dengan Pembersih Khusus

Rumah Sehat Bebas Bakteri Mulai dengan 5 Cara Sederhana Ini!

Di bagian garansi rumah, ada mobil yang harus selalu dalam keadaan bersih agar rumah sehat Anda selalu sedap dipandang. Kaitannya dengan mobil, salah satu bagian yang sering tampak kotor adalah kacanya.

Pastikan kaca mobil Anda bersihkan dengan tepat dengan menggunakan pembersih busa sehingga tidak ada lagi bekas tetesan melekat di kaca yang menggangu tampilan mobil kesayangan Anda.

3. Pastikan Menutup Mesin Cuci saat Sudah Kering

Memang, mesin cuci tampak rapi saat dalam kondisi ditutup. Boleh Anda menutupnya namun hindari melakukannya saat bagian dalam mesin cuci masih dalam kondisi basah. Biarkan mesin cuci terbuka hingga bagian dalamnya benar-benar kering agar tidak menyebabkan jamur dan bau.

Ya, mesin cuci yang dalam kondisi lembab sebabkan munculnya jamur sehingga pakaian yang Anda cuci jadinya bau. Biarkan mesin terbuka sebentar saja dan pastikan body luar mesin cuci selalu dalam keadaan bersih dari noda.

4. Ganti Spons Dapur Seminggu Sekali

Rumah sehat tidak hanya bebas dari kotoran yang tampak tetapi juga terhindar dari tumpukan bakteri membandel. Usahakan Anda mengganti spons dapur setiap seminggu sekali. Riset membuktikan bahwa bagian yang paling kotor di rumah dan menjadi sarang dari bacteri adalah spons dapur.

Apalagi jika spons tersebut direndam dalam air. Setelah membersihkan panci yang kaya akan bakteri dengan spons lalu Anda menggunakan spons tersebut untuk membersihkan peralatan masak yang lain, sama halnya Anda sedang proses penyebaran bakteri ke peralatan yang lain.

5. Bersihkan Body Handphone secara Rutin

Mungkin Anda akan kaget jika riset mengatakan bahwa barang yang paling banyak kumannya adalah ponsel, ya ponsel. Smartphone yang biasa menemani hari-hari Anda saat sedang santai maupun sibuk kaya akan kuman yang harus selalu dibersihkan.

Bingung cara membersihkannya? Silahkan bawa ke counter terdekat dimana Anda dulu membeli perangkat elektronik tersebut untuk proses pembersihan yang lebih aman.

Handphone adalah bagian dari privacy kita yang intens frekuensi interaksinya dengan kita. Selalu jaga kebersihannya agar kesehatan kita senantiasa terjaga.

Cara diatas adalah cara sederhana dan praktis dalam menciptakan rumah sehat mulai dari hal yang paling sederhana yaitu diri sendiri dengan membersihkan handphone sampai pada pembersihan rumah untuk skala yang lebih besar, sebut saja kaca rumah, dan mobil. Selalu update tips menjaga rumah sehat selalu agar rumah senantiasa menjadi istana bagi Anda. Semoga bermanfaat ya dan semakin rajin bersih-bersihnya ya.

 

One thought on “Rumah Sehat Bebas Bakteri? Mulai dengan 5 Cara Sederhana Ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.