Ruang Tamu Minimalis? Percantik dengan 17 Tips Berikut Ini!

Posted on

Ruang tamu minimalis

Ruang Tamu Minimalis Percantik dengan 17 Tips Berikut Ini!3

Saat Anda ditanya mengenai ruang tamu minimalis, apa yang Anda pikirkan? sebagian dari Anda mungkin terbayang ruangan yang didominasi warna putih, ruangan yang berisi furniture kekinian, ruangan yang dipenuhi warna-warna cerah, atau ruangan yang dipenuhi hiasan dengan rak dinding yang menarik.

Itu adalah jawaban umum yang kita lontarkan saat ditanya mengenai ruang tamu minimalis. Kata minimalis tidak hanya merujuk pada cara tertentu mendesain ruang tamu, tetapi lebih kepada mentalitas yang mementingkan sesuatu yang esensial, lebih selektif dalam memilih mana barang yang dibutuhkan dan mana yang tidak.

Saat ini, banyak sekali hunian dengan desain minimalis karena lahan yang tersedia semakin sempit. Rumah yang indah dan menawan tidak melulu kediaman yang berdiri di lahan yang luas dan dengan konstruksi bangunan yang besar. Rumah yang kecil mungil pun tampak menarik dan estetis saat dipandang jika kita menerapkan pengaturan yang tepat. Penasaran bagaimana cara mengubah ruang tamu minimalis agar tampak lux dan spektakuler? Berikut caranya!

1. Saring Mana yang Penting dan Yang Tidak

Sebelum memulai proyek membangun ruang tamu minimalis, mempertimbangkan kira-kira mana obyek yang Anda perlukan dan mana yang tidak. Tanamkan prinsip less is more untuk mewujudkan sisi minimalisnya. Minimalis tidak berarti kosong, dan tidak bermanfaat sama sekali. Prinsip minimalis adalah menyeleksi begitu banyak benda yang ada dan memilih hanya yang penting-penting saja.  

Jika Anda ingin mendesain ruangan yang minimalis, singkirkan obyek-obyek yang tidak dibutuhkan. Coba amati benda dalam ruangan tersebut, temukan mana yang diperlukan dan mana yang tidak. Segera gudangkan barang-barang yang tidak dibutuhkan saat ini juga.

2. Pertimbangkan Skala Ruangan

Selanjutnya, pertimbangkan skala ruangan dengan baik. Ruangan yang kecil tidak lantas di isi dengan furniture dan aksesoris yang serba mini. Anda bisa mainkan ritme disini dengan memilih ukuran yang variatif untuk furniture maupun aksesoris-nya. Jika ruangan minimalis diisi dengan benda-benda yang serba kecil akan terasa kaku.

Jenis kursi yang cocok untuk ruangan minimalis adalah kursi L-shape yang bisa menampung banyak orang sekaligus dengan tetap menyisakan space yang luas yang bisa Anda isi dengan furniture lain atau aksesoris yang menarik. Atau, pilih sofa setengah lingkaran yang hemat tempat untuk memaksimalkan fungsi dari ruangan yang ada.

3. Nuansa Go Green

Suasana bersih dan fresh bisa diciptakan dari konsep go green yang di usung ke ranah indoor khususnya living room. Siapkan dua atau tiga tanaman hias kemudian letakkan di ruangan tersebut. Pilih jenis pot yang lucu, unik dan menarik agar lebih eye catching.

Pertimbangkan seberapa banyak cahaya yang masuk saat memilih jenis tanaman yang akan diletakkan dalam ruangan. Mengingat, ada beberapa jenis tanaman yang pertumbuhannya sangat cepat saat terkena cahaya sehingga memungkinkan Anda untuk menggantinya dengan tanaman yang baru.

4. Pasang Rak Dinding

Ruangan terasa hampa saat kita lupa memasang aksesoris di ruangan tersebut. Agar aksesoris tersebut lebih terorganisir, ada baiknya jika Anda memasang rak dinding yang berfungsi sebagai tempat buku, tanaman, dan pernak-pernik yang lain. Dengan rak itu, ruangan tampak lebih tertata, lebih bersih, lebih terang, dan tampak kekinian.

5. Warna dalam Ruangan

Ruang tamu minimalis identik dengan warna-warna tertentu yang digunakan. Sebut saja warna putih untuk dinding rumah, warna cream untuk sofanya, dan beberapa warna aksesoris yang dominan putih yang memberikan kesan yang lebih cerah dan tidak pengap.

Jika Anda merasa warna furniture putih cukup mengkhawatirkan sebab memiliki banyak hewan piaraan, Anda bisa pilih furniture dengan pilihan warna netral yang lain. Letakkan buku di rak dengan cara mengelompokkan sesuai warnanya. Ini membuat ruangan tampak rapi dan nyaman saat di pandang. Akan lebih baik jika Anda memilih warna furniture senada dengan warna dinding ruangan.

6. Letakkan Meja Kaca

Meja bisa Anda manfaatkan untuk meletakkan asbak, buku atau majalah yang selesai Anda baca. Ini berarti meja adalah furniture yang Anda perlukan dan tidak seharusnya di skip dari ruang tamu minimalis Anda.

Adapun jenis meja yang sebaiknya Anda gunakan untuk mengisi ruangan adalah meja dengan bahan kaca. Bahan tersebut memberikan kesan yang luas, transparan, dan tidak penuh sehingga cocok untuk ukuran ruang tamu yang sempit. Usahakan untuk memilih bentuk atap meja yang tidak memiliki banyak sudut agar tidak terkesan kaku. Bentuk meja oval lebih disarankan disini.

7. Taruh Karpet

Salah satu aksesoris kekinian yang tidak boleh ketinggalan adalah karpet. Fungsi karpet tidak selalu dimanfaatkan sebagai tempat duduk semisal saat ibu-ibu sedang pengajian di rumah. Karpet bisa menjadi alas meja yang memberikan nuansa hangat dan estetis dalam ruangan karena motif yang dimilikinya. Sebisa mungkin pilih motif karpet yang sesuai dengan warna dinding atau warna-warna netral agar terkesan lebih menyatu.

8. Pilih Furniture Multifungsi

Bijak dalam memilih furniture adalah PR tersendiri bagi Anda yang memiliki desain rumah dengan ruang tamu minimalis. Dalam memilih furniture yang compatible, Anda bisa mencari referensi dari buku atau internet jika memang Anda minim pengetahuan dalam bidang ini.

Atau, tanyakan kepada pihak penjual kira-kira manakah furniture yang cocok untuk ruang tamu minimalis. Atau, Anda  bisa tanyakan kepada ahlinya mengenai tipe atau ciri-ciri furniture untuk ruang tamu berukuran kecil dan sekaligus meminta sarannya.

Agar lebih praktis, selain kesesuaian antara ukuran furniture dengan ruangannya, Anda bisa pilih jenis furniture multifungsi yang tidak hanya berguna untuk satu keperluan saja, tetapi untuk fungsi yang lain juga.

Jenis furniture multifungsi antara lain adalah double bed, almari pakaian yang sekaligus berfungsi sebagai meja rias, bed yang sekaligus bisa digunakan untuk shoe storage, dan masih banyak lagi. Furniture multifungsi secara harga lebih terjangkau, lebih praktis, dan lebih hemat ruang jika dibandingkan dengan furniture yang hanya memiliki single function.

9. Desain Ruangan yang Terbuka

Ruang Tamu Minimalis Percantik dengan 17 Tips Berikut Ini!

Kekurangan ruang tamu minimalis adalah ruangannya yang kecil mungil. Salah satu cara praktis mengatasinya adalah dengan membuat desain ruangan yang sedikit terbuka. Salah satu tipsnya adalah dengan menghilangkan sekat agar ruangan tampak semakin luas.

Jangan membuat batasan yang strict antara ruang tamu dengan ruangan yang lain agar tidak terkesan kaku. Hindari pemilihan furniture ukuran besar yang justru akan mem-blocking ruangan dan tampak seperti sekat yang kaku. Atau Anda bisa sharing dengan ahlinya bagaimana kira-kira cara mewujudkan keinginan Anda itu dengan metode arsitektural yang tepat.

10. Kamuflase Ukuran Jendela

Trik cerdas agar ukuran ruang tamu tampak lebih besar adalah dengan menyiasati ukuran jendelanya. Anda bisa meletakkan batang korden sedikit lebih tinggi daripada bingkai jendela yang biasanya terbuat dari kayu. Atau sedikit lebih di bawah dari atap ruangan. Ini akan memberikan efek ruangan yang lebih luas dan lebih longgar.

11. Gunakan Warna-warna yang Cerah

Ruang yang sebenarnya sempit tampak lebih luas dengan penggunaan warna-warna yang cerah. Warna terang tersebut bisa Anda aplikasikan untuk area dinding, atap, lantai maupun untuk furniture dan elemen penghias yang Anda pilih. Agar lebih enak dipandang, coba konsultasikan dengan desainer interior ruangan supaya tepat dalam mix and match warnanya.

Adapun salah satu furniture yang direkomendasikan adalah longue yang cukup praktis, tidak memakan banyak tempat, dan terasa lebih rileks meski dalam ruangan yang terbatas.

12. Perhatikan Kohesivitas

Keselarasan, keserasian dan keseimbangan perlu Anda pertimbangkan termasuk dalam mendesain ruangan yang minimalis. Cobalah untuk membuat desain ruang yang menyatu dan saling melengkapi. Anda bisa manfaatkan layer atau sekat non permanen dengan ukuran yang sesuai dengan skala ruangan. Warnai layer tersebut dengan warna yang senada dengan ornament penghiasnya sehingga kesannya tampak menyatu satu dengan yang lain.

13. Jenis Pintu

Memberikan efek ruangan yang lebih luas bisa Anda usahakan dari pemilihan desain pintu yang tepat. Desain pintu untuk ruang tamu tersebut bisa dari material berupa kaca, triplek maupun dari bahan aluminium. Anda bisa gunakan jenis pintu 2 daun atau pintu geser yang lebih praktis dengan material yang terbuat dari kaca agar lebih terkesan luas.

14. Gunakan Hiasan Dinding yang Sesuai

Keterbatasan ruang tidak berarti Anda harus kehilangan sisi estetis dari ruangan tersebut. Salah satu cara meningkatkan estetika ruangan adalah dengan mengoptimalkan elemen dindingnya. Anda bisa menempatkan rak dinding dengan ukuran yang sesuai dengan skala ruangan.

Fungsi dari rak dinding tersebut tidak hanya untuk dekorasi tetapi untuk mendukung manfaat fungsional dari sebuah ruangan seperti untuk menempatkan buku-buku, untuk menaruh bunga-bunga atau tanaman hias, menata ornamen agar tampak lebih rapi, dan masih banyak lagi. Rak tempel dinding adalah solusi bagi Anda yang ingin agar ruangan tampak lebih luas lagi namun kebutuhan fungsional ruangan tetap terpenuhi.

15. Manfaatkan Pencahayaan Ruangan yang Maksimal

Pencahayaan yang terang memberikan efek ruangan yang hidup, menyatu, kuat, hangat, bersih, dan membuat siapa saja yang ada di dalamnya menjadi lebih bersemangat. Pencahayaan yang maksimal memperjelas padu padan warna dalam ruangan.

Anda bisa manfaatkan pencahayaan alami yang bersumber dari cahaya matahari di siang harinya. Cahaya yang masuk dalam ruangan semakin maksimal jika ruang tamu minimalis tersebut dirancang dengan jumlah ventilasi yang cukup. Sedangkan, untuk malam harinya, Anda bisa gunakan sumber pencahayaan dari lampu dengan desain minamalis sesuai dengan warna dominan dalam ruangan.

16. Model Tirai dengan Pita

Tirai dengan pita adalah salah satu model tirai yang cocok untuk mendekorasi ruang tamu minimalis. Tirai ini cocok menjadi penghias jendela dengan ukuran yang kecil, sedang maupun besar. Letakkan batang tirai di atas bingkai jendela dan pasanglah tirai dengan dua layer untuk menghiasinya.

Layer pertama adalah layer dasar yang biasanya berwarna putih dengan material transparan. Sedangkan untuk layer kedua adalah layer hiasan yang dirapikan dengan pita di bagian tengahnya untuk memberikan cukup ventilasi ke dalam ruangan.

17. Manfaatkan Wallpaper

Anda mungkin jenuh dengan warna dinding yang ada saat ini. Solusinya, carilah wallpaper dengan tema sesuai dengan kebutuhan. Pilih warna-warna yang cerah dengan motif yang besar agar ruangan tampak lebih luas.

Trik mendesain ruang tamu minimalis menjadi ruang tamu yang longgar dan estetis bisa Anda lakukan dengan cara diatas. Cara tersebut membantu Anda mendapatkan desain ruang tamu yang hangat, bersih, nyaman dan kekinian.

 

One thought on “Ruang Tamu Minimalis? Percantik dengan 17 Tips Berikut Ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.