Ruang Keluarga: 10 Cara Menyulap Ruang Keluarga yang Sederhana Menjadi Luar Biasa

Posted on

Ruang Keluarga

Ruang Keluarga 10 Cara Menyulap Ruang Keluarga yang Sederhana Menjadi Luar Biasa2

Ruang KeluargaRumahku istanaku. Salah satu ruangan yang penting untuk menjalin keharmonisan anggota keluarga adalah ruang keluarga. Di ruangan ini para anggota keluarga biasanya menghabiskan waktu bersama-sama entah untuk berdiskusi, sharing, atau untuk bersantai bersama.

Ruang keluarga seringkali disejajarkan dengan ruang tamu. Banyak orang yang salah tafsir bahwa ruang keluarga (family room) sama dengan ruang tamu (living room) dan seringkali menggunakan keduanya dengan saling bergantian. Faktanya tidak demikian. Ada perbedaan mendasar antara ruang tamu dan ruang keluarga. Apa itu?

  • Secara Lokasi

Anda  bisa membedakan keduanya dari lokasi masing-masing. Secara lokasi, ruang tamu biasanya terletak di depan atau bisa juga disebut dengan front room. Ruangan ini biasanya terhubung dengan ruang makan. Lain halnya dengan ruang keluarga yang secara lokasi biasanya terhubung dengan dapur dan ada akses menuju taman keluarga, halaman, dan teras.

  • Secara Fungsi

Perbedaan kedua ruangan ini bisa dilihat dari fungsinya. Secara fungsi, living room digunakan untuk menjamu para tamu dan ada kesan formal. Para tamu bisa menilai bagaimana kepribadian kita dari ruang tamu ini. Sedangkan family room bermanfaat untuk menjadi spot berkumpul keluarga dengan fungsi yang lebih beragam. Fungsi tersebut antara lain adalah untuk gathering, dan membangun quality time bersama anggota keluarga yang lain . Ruangan ini kesannya informal dan bisa pula digunakan untuk menyelesaikan pekerjaan.

  • Secara Desain

Berdasarkan desainnya, family room memiliki desain yang melibatkan adanya elemen hiburan di dalamnya. Ruangan ini dihias dengan elemen-elemen hiasan yang fungsinya hanya untuk menghias atau mempercantik ruangan, dan bukan untuk fungsi mendasar yang lain. Beda lagi dengan desain yang ada di family room dimana tempat ini dimanfaatkan untuk berbagai aktivitas dengan hiasan dinding berupa foto keluarga, foto pernikahan, dst.

Bagaimana menurut Parent? Sudah jelas bukan perbedaan antar keduanya? Antara family room dan living room jelas berbeda jika dilihat dari segi desainnya, dari segi fungsinya, dan dari segi lokasinya. Ruang keluarga adalah ruangan dimana kita akan menghabiskan waktu bersama-sama anggota keluarga yang lain di dalam ruangan itu.

Ruangan ini ada untuk menjadi media pencipta kebersamaan dan keharmonisan antar anggota keluarga di rumah. Karena pentingnya peran ruang keluarga itu, penting pula bagi kita untuk menciptakan ruangan berkumpul bersama keluarga yang memberikan rasa nyaman. Bagaimana caranya? Berikut yang harus Anda lakukan sekarang juga!

1. Pasang Mural di Dinding

Tips pertama untuk menghilangkan kesan monoton saat berada di dalam family room adalah dengan memasang gambar mural sesuai dengan selera. Mural tersebut akan menghidupkan suasana apalagi jika tema mural itu sesuai dengan yang kita inginkan. Sesuaikan ukuran dan jumlah mural yang akan di pasang di dinding ruang keluarga sehingga porsinya pas. Dengan adanya mural, ruangan akan semakin menarik dan hidup.

2. Letakkan Meja Permainan di Dalamnya

Salah satu cara mengusir penat selama berada di ruang keluarga adalah dengan bermain game. Anda bisa memainkan game itu di meja permainan yang tersedia di ruangan ini. Game ini akan semakin menarik jika kebetulan Anda sekeluarga memiliki hobby bermain game yang sama. Sebut saja dengan bermain catur, bermain kartu, bermain puzzle dst yang bisa dilakukan di spot meja permainan yang ada di dalam ruangan ini. Ide permainan yang dilakukan bersama di ruangan keluarga membantu membangun quality time yang menyenangkan bersama anggota keluarga yang lain.

3. Jangan Lupa Memasang Papan Tulis di Dinding

Ruang keluarga adalah ruangan dimana Anda sekeluarga dengan usia yang berbeda-beda itu mendapatkan fasilitas untuk beraktivitas bersama saat berada di dalam ruangan ini. Bagi anak-anak yang masih duduk di bangku sekolah, memasang papan tulis di dinding adalah ide bagus untuk ruang keluarga agar ruangan ini semakin multifungsi.

Pilih papan tulis dengan ukuran yang pas sesuai dengan ukuran ruangannya. Usahakan agar papan tulis tersebut juga bisa dimanfaatkan untuk menggambar (jika memang si kecil menyukai aktivitas ini). Jikapun tidak dimanfaatkan untuk kepentingan belajar anak, papan tulis bisa Anda manfaatkan untuk kepentingan lain seperti memberikan dukungan dalam bentuk kata-kata mutiara dan kata motivasi. Di papan ini juga Anda bisa gunakan sebagai tempat untuk menulis agenda keluarga di akhir pekan sehingga anak-anak bisa menjadikannya motivasi untuk melalui hari-harinya dengan lebih semangat lagi.

4. Gunakan Furniture dengan Warna-warna yang Menarik

Rasa jenuh dalam ruangan tidak lepas dari elemen warna yang dimiliki di dalamnya. Warna tersebut tidak hanya berasal dari warna dasar yang ada di dinding, lantai, dan atapnya saja, melainkan juga berasal dari seluruh elemen yang ada di dalam ruangan tersebut, seperti furniture dan dekorasi.

Pilih furniture dan hiasan ruangan dengan kombinasi warna yang menarik sehingga ruang keluarga menjadi lebih hidup. Mulai dari perabot seperti almari, kursi, meja permainan, hingga karpet dan lampu gantung yang Anda letakkan di dalamnya. Pertimbangkan matang-matang apa tema yang ingin Anda hidupkan dalam ruangan itu. Cobalah berbagai cara agar tema tersebut bisa sampai dengan kombinasi warna yang menarik dari pilihan furniture yang ada di dalamnya.

5. Boleh Nih Pasang Foto Keluarga di Dinding

Ruang Keluarga 10 Cara Menyulap Ruang Keluarga yang Sederhana Menjadi Luar Biasa

Ruang keluarga akan semakin hidup dengan adanya foto keluarga yang di pajang di dinding. Foto keluarga yang dimaksud tidak hanya yang formal saja, tetapi foto kebersamaan yang Anda ambil saat sedang berwisata, atau pada momen-momen tertentu yang membahagiakan. Rasa saling menyayangi dan memiliki hadir saat Anda memandang foto tersebut.

Manfaat yang kaitannya dengan keselarasan hubungan anggota keluarga yang di dapat melalui foto ini bisa Anda imbangi dengan dukungan desain bingkai foto yang menarik dan sesuai dengan kesan yang ingin Anda bangun. Pilih desain bingkai yang memiliki ukuran variatif mulai dari yang kecil, sedang, hingga yang berukuran besar. Letakkan dengan posisi yang bervariasi pula seperti secara vertical maupun horizontal agar ruangan tampak lebih indah dan lebih hidup.

6. Pasang Cermin

Karena keterbatasan ruangan, seringkali kita tidak bisa mewujudkan konsep ruang keluarga seperti yang ada dalam pikiran kita. Ruangan yang sempit tidak berarti Anda tidak bisa mewujudkan apa yang Anda inginkan ya Parent. Salah satunya adalah dengan memasang cermin dalam ruangan itu. Bagi mereka yang biasa berkutat dengan dunia desain interior, untuk menciptakan ruangan yang lebih luas mereka akan memasang cermin di dalam ruangan itu.

Cermin tersebut diletakkan di tempat yang strategis dan terfokus. Umumnya di letakkan dengan sumber cahaya yang ada di depannya atau berseberangan langsung dengan jendela. Trik penempatan lokasi cermin yang seperti ini memberikan ilusi agar ruangan terkesan lebih lebar dan lebih luas lagi. Ruangan yang terkesan luas adalah upaya untuk menghilangkan kesan sesak, pengap dan memberikan efek lebih leluasa saat berada di dalamnya. Meski tidak sebenarnya luas, namun ini akan menyugesti kita bahwa ruangan tersebut luas.

7. Fokus Perhatian Ke Atas dan Pilih Dekorasi yang Skalanya Lebih Kecil

Bagi Anda yang ingin memberikan efek ruangan yang lebih luas dan lebih lapang, boleh nih coba membuat kamuflase dengan menggunakan tirai yang dipasang dengan lebih tinggi. Meski ruangan terasa sempit, namun pemasangan tirai yang lebih tinggi memberikan efek langit-langit yang lebih tinggi dari biasanya.

Atau, jika Anda ingin membuat komparasi porsi dalam ruang keluarga, bisa coba letakkan furniture dengan ukuran yang kecil dan ramping untuk memberikan efek ruangan yang lebih luas lagi. Tentu tidak sekedar kecil, tetapi sebisa mungkin pertimbangkan sisi estetikanya. Dengan mempertimbangkan pemasangan tirai yang demikian, dan dengan memilih ukuran dekorasi yang tepat, Anda akan mendapatkan keseimbangan sisi vertikal dan horizontalnya.

8. Warna Netral untuk Memberikan Kesan Ruangan yang Lebih Luas

Berada di dalam ruangan yang lebih luas tentu terasa lebih nyaman. Ruangan yang luas tersebut bisa jadi secara fisik memang benar-benar luas atau hanya merupakan efek ilusi semata. Meski hanya ilusi, kesan yang kita tangkap mempengaruhi perasaan dan pikiran kita.

Adapun warna yang direkomendasikan untuk memberikan kesan ruangan yang lebih luas adalah warna-warna yang netral, seperti putih, abu-abu, dan krem. Warna dinding, atap dan lantai yang didominasi oleh warna tersebut memberikan kesan  memperpanjang batasan sehingga ruangan terkesan lebih longgar.

Untuk memberikan kesan yang terang dan tenang, pilih warna dinding yang soft dimana warna ini jika diaplikasikan pada dinding atap akan memberikan kesan kontemporer.

9. Selektif Memilih Furniture

Penting bagi Anda agar lebih selektif dalam memilih furniture. Untuk ruang keluarga dengan ukuran yang minimalis, pilih furniture yang sekiranya ringan saat dilihat, dipegang dan dirasakan. Efek ringan tersebut bisa Anda ketahui dari pemilihan warnanya yang cenderung terang, desainnya yang simpel, dan kombinasi bahannya yang ringan.

Bahan-bahan yang berat seperti kayu kurang cocok jika diletakkan di dalam ruang minimalis apalagi dengan ukurannya yang besar. Lain halnya dengan bahan-bahan yang tampak ringan saat dipandang seperti bahan kaca, aluminium atau kuningan. Bahan tersebut memberikan kesan yang lebih simple dan cocok untuk ruangan yang sempit.

10. Furniture untuk Ruangan yang Sempit

Ruang keluarga yang sempit sebaiknya menggunakan furniture dengan ukuran yang kecil. Model sofa yang cocok adalah sofa pojok dimana furniture ini memiliki daya tampung yang banyak namun tetap tampak luas. Untuk jenis kursi yang diplih, coba pilih kursi dengan model tanpa lengan yang memberikan kesan lebih ringan. Jika Anda tidak menggunakan keduanya, Anda bisa manfaatkan karpet bulu motif kekinian untuk mengisi ruang tamu Anda dan sebagai tempat duduk.

Family room memiliki fungsi yang sangat penting dalam menjalin quality time bersama anggota keluarga saat sedang di rumah. Meski sebagai Parent Anda memiliki begitu banyak kesibukan, minimnya waktu bersama anggota keluarga yang lain bisa Anda bayar dengan kebersamaan saat berada di ruangan ini. Jadikan momen berkumpul di family room menjadi momen yang istimewa dan selalu dirindukan oleh seluruh anggota keluarga. Jika saat ini Anda merasa bosan dengan desain family room yang begitu-begitu saja, terapkan strategi diatas untuk mengubah model ruangan yang simple menjadi luar biasa.

 

 

One thought on “Ruang Keluarga: 10 Cara Menyulap Ruang Keluarga yang Sederhana Menjadi Luar Biasa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.