Pentingnya Manajemen Bisnis untuk Mendongrak Popularitas Bisnis Anda

Posted on

Manajemen Bisnis

Pentingnya Manajemen Bisnis untuk Mendongrak Popularitas Bisnis Anda

Manajemen bisnis pada dasarnya adalah konsep yang mudah dipahami jika dipertimbangkan dari segi teorinya. Lain halnya jika diterapkan untuk mengembangkan industri yang Anda kelola. Bisa dibilang cukup rumit karena berhubungan dengan tingkah laku manusia yang cukup sulit diperkirakan. Manajemen bisnis mengarah pada proses yang harus kita tempuh untuk mencapai tujuan yang di inginkan dalam mengelola bisnis. Ini erat kaitannya dengan kedisiplinan yang dimiliki masing-masing individu dalam lingkungan kerja masing-masing.

Lebih jauh lagi, manajemen bisnis merupakan seperangkat peraturan yang dipatuhi yang berhubungan dengan proses mencapai tujuan dalam berbisnis yang telah dirancang sebelumnya. Apa saja yang sebaiknya kita lakukan, dan dengan siapa kita berinteraksi diatur dalam cakupan manajemen bisnis. Ini berarti manajemen  bisnis berperan penting dalam mengembangkan bisnis yang Anda rintis dan kembangkan saat ini. Segera lengkapi bisnis yang Anda kelola dengan manajemen yang baik. Hire ahli manajemen yang akan membantu berkembangnya perusahaan dengan lebih cepat lagi.

Apakah Anda sudah memiliki gambaran yang jelas mengenai apa itu manajemen bisnis? berikut karakter yang ada di dalam cakupan bahasan tersebut.

  • Berhubungan dengan proses yang terus menerus, terjadi interaksi sosial di dalamnya, dan terdapat keunikan

Manajemen bukanlah sesuatu yang stagnan. Ada proses yang kontinyu disini. Mulai dari proses start up yang tidak mudah, dilanjutkan dengan proses pengembangannya, dan apa saja yang terkait dengan klien dan staf. Berbeda klien, berbeda pula masalah dan berbeda juga cara menghadapinya. Perbedaan case tersebut di dalamnya menuntut adanya kecermatan, ketepatan dan inovasi dalam menghadapi masalahnya.

Manajemen adalah sesuatu yang bersifat sosial. Dalam rumpun ilmu, manajemen masuk dalam bahasan ilmu sosial yang identik dengan hubungan antar manusia. Manajemen bisnis berkaitan dengan interaksi dengan klien, memberikan pengarahan kepada staf, bertukar pikiran dengan teman kerja, dan sebagainya.

Karakter unik juga ada dalam manajemen bisnis. Ada interaksi yang tidak terduga dengan variabel yang bermacam-macam. Bisa jadi terjadi antara Anda dengan klien, antara Anda dan staf, antar klien, antar Anda dengan kompetitor, dan masih banyak lagi. Ada sebab dan akibat yang tidak terprediksi sehingga nantinya memberikan pengalaman yang lebih banyak lagi untuk kemajuan perusahaan. Semakin banyak pengalaman yang dialami, semakin “dewasa” kita dalam mengelola perusahaan.

Tidak hanya science, tetapi juga seni masuk dalam jajaran salah satu profesi

Apa yang dimaksud dengan ilmu pengetahuan? Ilmu pengetahuan adalah metode yang diterapkan secara mendunia. Bukan metode parsial yang hanya berlaku pada wilayah dan kurun waktu tertentu saja. Umumnya, science disampaikan secara resmi di lembaga pendidikan sesuai dengan jurusan masing-masing.

Science di bagi menjadi dua, yaitu soft skill dan hard skill. Untuk manajemen bisnis, masuk dalam kategori soft skill karena berhubungan dengan tingkah laku manusia dalam lingkungan kerja tersebut. Tingkah laku itu bukan tingkah laku biasa, tetapi lebih kepada tingkah laku yang berhubungan dengan skill yang dimiliki dan menjadi alasan kenapa pemilik usaha tertentu meng-hire kita.

Lalu, apa maksud manajemen bernilai seni? Manajemen berhubungan dengan konsep yang dibuat secara matang. Konsep tersebut kita baca, dan kita sampaikan kepada para staf. Masing-masing dari staf memiliki cara yang berbeda dalam menerapkan bagaimana aturan yang di buat itu dalam lingkungan kerja.

Perkiraan tersebut sifatnya bermacam-macam dan inilah yang disebut dengan seni dalam manajemen. Tidak semua staf memahami peraturan tersebut dengan baik sebagaimana yang kita harapkan. Perbedaan pemahaman yang dibarengi dengan perbedaan tingkah laku inilah yang kemudian disebut dengan seni.

Disini ada penilaian orang lain atas tingkah laku yang kita lakukan. Seperti halnya saat ada dua pasien yang sakitnya sama, mendapatkan resep obat yang sama namun hasilnya berbeda. Hasil yang tidak terprediksikan itu adalah seni dalam lingkungan kerja.

Memberikan Pengaruh dan Dipengaruhi oleh Lingkungan Kerja

Manajemen bisnis tidak hanya berkutat dengan lingkungan internal saja. Tetapi juga lingkungan eksternal yang berada di dalam lokasi kerja tersebut. Lingkungan internal kaitannya dengan sistem yang ada di dalam perusahaan yang kita kelola. Di dalamnya terdapat staf, manajer dan owner yang menjalankan proses kerja di lingkungan itu. Untuk lingkungan eksternal kaitannya dengan beberapa faktor yang ada di luar lingkungan kerja. Diantaranya adalah

  • Teknologi
  • Ekonomi
  • Ekologi
  • Politik
  • dan etika serta aturan yang berlaku dalam masyarakat.

Konsekuensinya, lingkungan internal di dalamnya mencakup apa saja kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh sebuah lembaga. Sedangkan lingkungan eksternal berkaitan dengan apa saja kesempatan yang ada untuk meningkatkan progres bisnis Anda dan apa tantangan yang sedang dihadapi saat ini.

Menyadari apa kelebihan dan kekurangan yang dimiliki lingkungan internal saat ini, dan mengetahui apa saja kesempatan dan tantangan yang ada di luar sana, sebuah perusahaan mampu mengambil strategi apa yang dibutuhkan untuk mengembangkan bisnis yang dikelola.

Ada Tujuan di dalamnya

Bicara manajemen bisnis dimanapun itu, selalu di awali dan di akhiri dengan tujuan yang jelas. Sebelum merancang manajemen untuk bisnis yang kita kelola, pastinya ada goal yang ingin dicapai. Manajemen dimulai dengan tujuan yang jelas dan berakhir dengan pencapaian yang ingin dicapai sebelumnya. Pencapaian yang sesuai dengan tujuan awal berarti masuk dalam kategori sukses. Sedangkan yang melenceng dari tujuan tersebut berarti proses yang kita jalankan kurang maksimal.

Kriteria manajemen bisnis seperti yang sudah tersebut diatas memiliki fungsi yang sangat signifikan dan menjadi alasan kenapa bisnis sebaiknya dilengkapi dengan manajemen yang baik. Berikut pentingnya manajemen bisnis untuk usaha Anda.

1. Perencanaan

Fungsi yang pertama adalah fungsi perencanaan. Perencanaan sangatlah penting dalam mengembangkan bisnis yang besar untuk mencapai tujuan yang kita inginkan. Aktivitas yang tidak direncanakan dengan baik sangat mungkin dalam praktiknya tidak bisa optimal. Dalam proses perencanaan itu ada visi dan misi yang jelas, ada strategi yang terdapat di dalamnya, ada taktik, dan ada rencana operasional untuk mencapai tujuan tersebut. Beberapa hal yang ditekankan pada proses perencanaan adalah menganalisa lingkungan kerja sekitar yang di dalamnya mencakup lingkungan internal dan eksternal, memprediksi bagaimana gambaran bisnis ke depannya, membuat rencana bisnis yang jelas, dan juga proses pengambilan keputusan selama proses perencanaan. Tahap ini adalah tahap ide yang selanjutnya direalisasikan dalam lingkungan kerja tersebut.

2. Pengorganisasian

Pentingnya Manajemen Bisnis untuk Mendongrak Popularitas Bisnis Anda2

Hal penting lain yang menjadi alasan kenapa manajemen bisnis sangat penting adalah fungsi pengorganisasian. Dalam proses pengorganisasian, sebelumnya ada proses mengidentifikasi tanggung jawab apa yang akan dilakukan. Identifikasi ini memberikan kita kemudahan dalam mengetahui job apa yang sebaiknya dilakukan saat ini juga dan harus diselesaikan dalam waktu yang secepatnya.

Selain proses identifikasi tersebut, ada pula proses pengelompokan tugas dengan penanggung jawab masing-masing. Siapa yang akan bertanggung jawab pada pengorganisasian itu, dan akan menyampaikan laporannya kepada siapa. Menjalankan perencanaan dengan efektif dan efisien dengan biaya yang minimum.

Selanjutnya, selain proses pengorganisasian, ada pula proses peng-staf-an. Ini adalah saatnya perencanaan tersebut dilaksanakan dan menjadi rutinitas. Rutinitas tersebut berkaitan dengan operasional industri yang di dalamnya mencakup rekrutmen, training, seleksi, pemberian salary, dan sebagainya.

3. Pengarahan

Manajemen bisnis salah satu cakupannya adalah memaksimalkan peran pimpinan dengan sebaik-baiknya. Pemimpin kepada staf memberikan pengarahan atau panduan dalam menyelesaikan tugasnya.

Pemimpin tidak hanya menuntut hasil kerja yang bagus dari para staf. Tetapi para pimpinan juga memberikan motivasi agar para staf semakin semangat dalam bekerja dan termotiviasi untuk memperbaiki kinerjanya agar mendapatkan reward, dan menjalin komunikasi yang intens terkait rutinitas dan problem yang ada di perusahaan. Dan, untuk peran yang terakhir adalah dengan memberikan supervisi.

Pemantauan tersebut dilakukan secara berkala oleh pimpinan sebuah bisnis. Dalam melakukan supervisi, selaku leader tidak sebaiknya kita hanya fokus pada kekurangan dan kelemahan yang dimiliki oleh staf, tetapi juga memberikan masukan yang membangun, serta tidak sungkan memberikan apresiasi dalam bentuk pujian dan juga dalam reward sesuai usaha yang dilakukan.

4. Mempercepat Tercapainya Tujuan

Manajemen bisnis mengolah sumber daya alam dan sumber daya manusia yang ada secara maksimal dalam bisnis tersebut. Jika belum perlu mengambil dari luar, maka sebaiknya alternative tersebut di hindari. Selanjutnya, sumber daya tersebut dikelola dengan baik bagaimana caranya agar tujuan perusahaan bisa segera tercapai.

Organisasi dikerahkan untuk mencapai tujuan sesuai dengan planning yang sudah di buat  pihak manajer. Perencanaan yang tepat sasaran minim kemungkinan buang-buang waktu, tenaga, dan uang. Seluruh sumber daya yang ada itu dikontrol dengan baik, di planning dengan baik, diarahkan dengan baik, dan dikoordinasikan dengan baik sehingga tujuan tersebut segera tercapai karena seluruh elemen terhubung dengan baik.

5. Menekan Biaya

Anda yang tidak ingin membuang banyak biaya apalagi untuk bisnis pemula yang baru saja di rintis. Manajemen bisnis efektif menekan banyaknya biaya yang harus dikeluarkan. Pada dasarnya, manajemen bisnis adalah bagaimana caranya agar kita mengeluarkan modal sekecil-kecilnya untuk mendapatkan profit yang maksimal. Pihak manajemen mengelola dengan baik sumber daya manusia yang dimiliki, modal yang ada, dan sumber daya alam yang tersedia dengan penuh perencanaan untuk mendapatkan profit sesuai harapan. Semakin besar profitnya, semakin besar pula bisnis yang Anda kelola itu.

6. Mewujudkan Keseimbangan

Keseimbangan dalam berbisnis berkaitan dengan kepekaan kita dalam membaca apa produk atau jasa yang saat ini sedang banyak diminati masyarakat. Darisitu, selalu ada yang berubah. Dengan aktif membaca apa yang diharapkan masyarakat, dan beradaptasi dengan harapan itu, besar kemungkinan profit yang di dapat cenderung meningkat.

7. Menyejahterakan Kehidupan Masyarakat

Pada dasarnya, dengan adanya manajemen, nantinya bisnis yang kita kelola memberikan kemudahan bagi masyarakat. Produk atau jasa dari bisnis tersebut menjadi solusi bagi masyarakat secara keseluruhan. Semakin besar bisnis itu, semakin banyak staf yang diperlukan sehingga membuka lapangan pekerjaan yang baru.

Manajemen bisnis penting adanya dalam sebuah bisnis yang dikelola. Planning berguna untuk mengurangi kemungkinan membuang-buang waktu, tenaga, dan dana yang bisa dimanfaatkan untuk kepentingan produktif yang lain.

Perencanaan yang mencakup pengelolaan dana, pengelolaan sumber daya alam dan manusia sangat diperlukan dalam sebuah bisnis agar target yang sudah kita buat segera tercapai. Yuk, amati kembali apakah bisnis Anda sudah ter-manage dengan baik atau masih asal jadi?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.