Pengertian Psikologi Keluarga dan 9 Manfaatnya untuk Memahami Anak

Posted on

Pengertian Psikologi Keluarga

Pengertian Psikologi Keluarga dan 9 Manfaatnya untuk Memahami Anak

Dahulu, tepatnya di abad pertengahan, anak-anak dianggap sama seperti orang dewasa hanya saja dengan fisik yang lebih kecil. Mereka diperlakukan sama seperti orang dewasa, dan memakai pakaian yang sama seperti yang dikenakan kakak-kakaknya yang sepuluh tahun lebih tua darinya.

Seiring berjalannya waktu, ilmu pengetahuan semakin berkembang. Perlahan kita tau bahwa masa kanak-kanak adalah masa yang berpengaruh bagi masa depan setiap orang. Ada keterkaitan erat antara masa kanak-kanak, remaja, dan saat dewasa. Meski sesuatu yang terjadi dahulu tampaknya remeh, namun terasa dampaknya pada apa yang dirasakan saat dewasa.

Pengertian psikologi keluarga dalam memahami anak berkaitan dengan bagaimana memahami mentalitas dan tingkah laku anak. Pengetahuan ini juga penting untuk membedakan bagaimana memperlakukan anak saat masih kanak-kanak, remaja, dan saat dewasa.

Pengertian psikologi keluarga dalam memahami anak tidak lepas dari perkembangan anak mulai lahir sampai dengan akhir dari masa remajanya. Tidak kalah penting dari semua itu adalah kesadaran orang tua tentang bagaimana seorang anak berbeda antara satu dengan yang lainnya.

Dalam ruang lingkup bahasan keilmuan yang lebih spesifik, ada yang disebut dengan child psychology. Ranah keilmuan ini berhubungan dengan anak-anak dan remaja dalam kaitannya dengan tingkah laku dan emosionalnya, seperti kesulitan belajar, hiperaktif, depresi, susah fokus, dan sebagainya.

Salah satu cara mengatasi masalah psikologi anak adalah dengan menghubungi mereka yang expert dalam hal ini. Pakar psikologi anak meng-evaluasi adanya keterlambatan perkembangan, autisme, dan hal lain yang mempengaruhi perkembangan si kecil. Disini, pemahaman psikologi sangat penting untuk memaksimalkan potensi anak dan menekan terjadinya kelainan pada diri anak.  Ada setidaknya 9 manfaat pengertian psikologi keluarga yang menjadi alasan orang tua wajib memahami ranah keilmuan yang satu ini.

Manfaat Psikologi Keluarga dalam Memahami Anak

1. Memahami Perkembangan Anak

Study mengenai perkembangan anak dibedakan menjadi tiga area penting, yaitu area kognitif, area fisik, dan socio-emosional. Perkembangan kognitif berhubungan dengan proses anak dalam memperoleh pengetahuan, kemampuan bahasa dan kemampuan berfikir, kemampuan ber-argumen ber-imaginasi.

Social dan Emosional adalah dua area yang sering bersinggungan satu dan yang lain. Inilah yang menjadi alasan kenapa dua area ini digabungkan menjadi satu. Social adalah aspek dimana anak menjalin interaksi satu dengan yang lain, sedangkan perkembangan emosional berhubungan dengan perasaan dan bagaimana cara anak mengungkapkannya, seperti rasa takut, percaya diri, bangga, persahabatan, dan sebagainya.

Pada dasarnya, perkembangan fisik, socio-emosional, dan perkembangan kognitif anak saling terkait satu dengan yang lain. Seperti saat menulis, seorang anak menggunakan kemampuan kognitifnya dan sekaligus kemampuan fisiknya.

Memahami area bahasan psikologi tersebut, berpengaruh pada bagaimana cara kita peduli akan anak, bagaimana cara memahami mereka, memberikan perlakuan yang baik dan mendidiknya.

2. Memahami Ada Tidaknya Penanda Khusus pada Usia Tertentu

Pengertian psikologi keluarga dalam hal ini membantu menemukan ada tidaknya penanda khusus yang dialami anak pada usia tertentu. Penanda tersebut menjadi pegangan bagi Anda mengenai ke-optimal-an perkembangan anak, apa yang dapat mereka lakukan, dan apa potensi gangguan perkembangan yang mereka alami pada usia tersebut.

Contohnya saja, seorang anak yang pada usia 12 bulan umumnya sudah bisa berjalan baik itu sambil berpegangan tangan ibunya atau dengan sendirinya. Jika ada anak berusia 18 bulan tetapi belum bisa berjalan, berarti ada masalah yang harus dijawab disini dan segera dicarikan jalan keluar agar masalah yang dipahami tidak semakin parah.

Ada empat parameter dalam mengukur perkembangan anak:

  • Fisik

Berhubungan dengan perkembangan motorik anak.

  • Kognitif

Berhubungan dengan kemampuan anak dalam belajar, berfikir, dan menyelesaikan masalah.

  • Sosial-emosional

Berhubungan dengan kemampuan merespon dan mengungkapkan emosi dalam interaksi sosial.

  • Komunikasi dan bahasa

Berhubungan dengan kemampuan komunikasi anak baik itu kemampuan verbal maupun non verbal.

3. Memahami Tingkah Laku Anak

Seorang anak mungkin nakal, kerap menentang, suka membantah, dan melakukan sesuatu sesuka hatinya. Sebagai dampaknya, konflik antar anak dan keluarga tidak terhindarkan. Fase tersebut adalah saat dimana anak ingin mendapatkan kebebasan dan menunjukkan identitas dirinya (serta mendapat pengakuan dari orang tuanya). Itu adalah hal yang lumrah dan umum terjadi pada setiap proses menuju dewasa.

Namun, pada saat tertentu, dimana tingkah laku anak melebihi batas wajar anak seusianya, orang tua membutuhkan bantuan dari para ahli. Sesuatu yang berdampak pada kelainan tingkah laku anak yang ekstrem diantaranya adalah karena alasan kelahiran saudara dan pemberian perhatian yang tidak merata, perceraian orang tua, dan kematian salah satu anggota keluarga. Ada sesuatu yang traumatis dan terasa sakit disini yang dialihkan dalam bentuk kelainan tingkah laku yang ekstrem.

4. Memahami Emosi Anak

Perkembangan emosi anak berhubungan dengan apa yang dinamakan perasaan, memahami kenapa perasaan tertentu terjadi, memahami bagaimana perasaan diri sendiri dan perasaan orang lain, dan mengembangkan cara yang baik untuk mengatur perasaan dan memberikan respon terhadap perasaan seseorang. Proses memahami emosi dan perasaan bermula dari saat masih bayi hingga dewasa. Penyebabnya berubah-ubah dan strategi yang digunakan untuk mengatasinya pun bermacam-macam.

Beberapa tipe anak memerlukan penanganan yang intens terkait dengan emosinya. Salah satunya adalah tipikal anak yang gampang emosi, reaktif, dan sulit untuk ditenangkan. Tipikal anak yang seperti ini umumnya adalah anak yang mudah khawatir. Temukan alasan kenapa anak berperilaku demikian, dan temukan bagaimana cara mengatasinya dengan ahlinya.

5. Memahami Kemampuan Sosialisasi Anak

Pengertian Psikologi Keluarga dan 9 Manfaatnya untuk Memahami Anak2

Sangat erat hubungan antara emosi dan proses sosialisasi anak. Sosialiasi melibatkan pengetahuan, nilai dan keterampilan yang menghubungkan antara anak dengan keluarga, sekolah dan masyarakat di sekitarnya.

Proses sosialisasi berlangsung sejak kanak-kanak sampai dewasa. Walau demikian, menanamkan proses sosialisasi yang baik pada saat masih kanak-kanak adalah sesuatu yang penting.

Peran orang tua sebagai agen sosialisasi primer sangat penting karena kualitas hubungan orang tua dan anak yang dibentuk saat masih kanak-kanak sangat signifikan pengaruhnya saat anak-anak memasuki usia dewasa.

Saat bersosialisasi dengan teman-temannya, seorang anak belajar bagaimana cara berinteraksi dengan mereka yang melibatkan bagaimana cara memulai berinteraksi, dan bagaimana cara meredakan konflik. Anak yang pandai sosialisasi tau berinteraksi yang baik. Mereka paham cara kapan harus mengambil bagian dalam percakapan dan kapan harus diam, bagaimana cara kompromi dan kapan harus berunding.

Faktor yang mempengaruhi mampu tidaknya seorang anak memaksimalkan bakat sosialnya adalah cinta kasih yang diberikan orang tuanya. Seorang anak yang gagal dalam sosialisasi merasa kesulitan dalam memulai sebuah hubungan baik dengan orang lain dan menjaganya. Efek kegagalan membentuk hubungan baik tersebut akan dirasakan hingga dewasa.

6. Memahami Karakter dan Keunikan Anak

Orang tua wajib menyadari adanya sesuatu yang unik pada diri anak. Sesuatu tersebut adalah karakter pribadinya yang konsisten di tampakkan selama hidupnya.

Bagaimana mengetahui ciri khas tersebut? Anda bisa amati bagaimana saat mereka tidur, bermain, dan saat mereka sedang makan. Lihat bagaimana kebiasaan mereka. Apa kebiasaan yang paling disukainya. Apakah anak-anak mudah untuk mengubah kebiasaan itu, ataukah butuh usaha ekstra untuk melakukan perubahan?

Sebisa mungkin usahakan membangun komunikasi yang intens dengan anak-anak untuk mendapatkan informasi mengenai hal-hal yang disukainya. Anda tidak perlu banyak menggunakan bahasa non verbal, bahasa isyarat, atau bahasa tubuh yang over untuk memahami bagaimana pikiran dan perasaannya.  Anda bisa bertanya langsung pada mereka dan mereka akan senang hati bercerita kesana-kemari tentang apa yang mereka rasakan saat ini.

7. Meningkatkan Harga Diri Anak

Rasa percaya diri adalah kunci sukses mengarungi kehidupan. Mengembangkan kepribadian positif, rasa percaya diri dan harga diri anak penting bagi kebahagiaan dan kesuksesan anak di masa mendatang.

Hubungan yang baik antara orang tua dan anak, dan dukungan yang diberikan orang tua berpengaruh pada cara pandang anak terhadap dirinya sendiri dan orang lain. Luangkan waktu untuk bermain bersama anak-anak agar mereka merasa spesial dan tidak terabaikan.

8. Komunikasi dengan Pakar

Pengertian psikologi keluarga dalam membangun hubungan baik dengan anak adalah dengan berkomunikasi dengan ahlinya. Di Children’s Support Solution, pengarahan psikologis yang diberikan kepada anak dan remaja dimulai dari memahami karakter anak dan bagaimana cara mereka berinteraksi dengan lingkungan.

Untuk mengatasi masalah anak-anak, komunikasi antara pakar dan orang tua dibangun dengan pertemuan antar keduanya yang membahas tentang masalah apa yang dihadapi anak dan bagaimana strategi yang tepat untuk mengatasinya. Para pakar mengarahkan bagaimana menciptakan situasi keluarga yang cocok untuk perkembangan psikologis anak.

Untuk masalah yang dihadapi remaja, pakar akan meminta orang tua untuk mengisi questionaire mengenai kebiasaan anak. Orang tua memerankan peran yang penting dalam hal ini. Dengan masukan dari para pakar, mereka akan melakukan treatment untuk mengatasi masalah psikologis yang dihadapi anak. Ada teknik yang harus dikembangkan untuk mengatasi masalah tersebut.

9. Memberikan Tindakan yang Tepat

Problem psikologi yang dialami anak harus diatasi dengan cara yang tepat. Masalah psikologi tersebut seperti depresi, dan rasa khawatir. Anda bisa membantu anak mengatasinya dengan menerapkan pengertian psikologi keluarga dengan baik. Cobalah hubungi pakar psikologi anak untuk mendapatkan masukan yang tepat mengenai strategi yang cocok untuk Anda lakukan.

Strategi pemecahan masalah yang tepat membantu anak mengatasi masalah pribadinya yang berhubungan dengan bullying, kekerasan, tingkah laku seksual yang berbahaya dengan memberikan pengarahan yang tepat.

Anda bisa antisipasi bagaimana agar perceraian, kehilangan, dan perasaan tersakiti itu perlahan pulih. Ada pula tindakan pencegahan yang bisa Anda terapkan yakni dengan menerapkan program khusus dari ahli untuk mencegah kekerasan dan juga kehamilan remaja.

Pengertian psikologi keluarga yang berkaitan dengan anak memiliki peran yang sangat penting. Ada lima elemen yang menjadi fokus disini, yaitu elemen fisik, mental, emosional, sosial, dan bahasa yang harus dikembangkan sesuai dengan usia anak. Ada penanda di masing-masing usia. Jika anak mengalami kelainan baik itu dari segi cara berfikirnya, motorik anak, emosinya, hubungan sosialnya, maupun sosialnya, berarti anak tersebut mengalami kelainan yang harus segera dicarikan solusinya yang tepat untuk mengatasinya. Semakin dini sebuah permasalahan ditangani, semakin kecil potensi kelainan tersebut untuk meningkat. Bekerjasama dengan pakar adalah cara efektif mengatasi kelainan psikologis itu.

Referensi:

https://googleweblight.com/i?_e_pi_=7%2CPAGE_ID10%2C9281481921

https://googleweblight.com/i?_e_pi_=7%2CPAGE_ID10%2C2858840933

http://googleweblight.com/i?u=http://childrensupportsolutions.com/professions/clinical-psychology/&hl=en-ID

http://googleweblight.com/i?u=http://www.portobelloinstitute.ie/administration/blog/the-importance-of-child-development-psychology&hl=en-ID

http://work.chron.com/responsibilities-duties-child-psychologist-13447.html

 

 

One thought on “Pengertian Psikologi Keluarga dan 9 Manfaatnya untuk Memahami Anak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.