4 Menu Buka Puasa Ini Direkomendasikan bagi yang Sedang Diet

Posted on

Menu buka puasa

4 menu buka puasa recommended bagi yang sedang diet2

Siapa sih yang tidak ingin tampil dengan berat badan proporsional? Setiap wanita menginginkannya entah yang masih gadis maupun yang sudah berumah tangga.  Untuk mencapai target berat badan ideal, banyak orang berlomba mencapainya saat bulan puasa.

Mengingat momen puasa adalah saat dimana Anda hanya konsumsi makanan di malam hari saja. Cukup efektif tentunya untuk menyukseskan program diet alami yang Anda jalankan.  Namun, tidak jarang, banyak orang yang berpuasa justru berat badannya meningkat. Alih-alih langsing, justru tampilannya semakin tambun. Untuk itu, berikut menu buka puasa yang cocok Anda coba. Apa saja? Simak Yuk!

1. Kurma

Kurma adalah makanan yang identik dengan bulan puasa dan musim haji. Ya, kurma adalah hidangan wajib yang harus ada di lemari es Anda selama puasa. Kurma merupakan sumber gula yang efektif mengembalikan energi Anda yang hilang selama puasa di siang hariny.

Setiap cup kurma,  terkandung setidaknya 1,18 gram serat yang bagus untuk sistem pencernaan. Jumlah tersebut memenuhi lebih dari setengah serat yang Anda perlukan setiap hari.

Selain kurma, konsumsi buah-buahan berair sangat direkomendasikan, sebut saja buah anggur, melon, semangka, dan buah jeruk. Anda bisa siapkan kurma dan beberapa buah berair tersebut setiap kali buka puasa sebagai makanan pembuka.

2. Sup

Sup adalah menu buka puasa yang cocok bagi Anda yang sedang diet. Fakta menunjukkan sebaliknya, banyak orang yang lebih memilih gorengan dan es buah yang dirasa lebih mak nyus untuk hidangan berbuka. Padahal, tubuh lebih membutuhkan sup daripada itu apalagi untuk menyukseskan program diet.

Tiga manfaat utama sup saat berbuka adalah;

  • Efektif memberikan cairan pada tubuh setelah sehari lamanya berpuasa
  • Menghangatkan perut
  • Mencegah rasa tidak nyaman di perut seperti kembung.

Anda bisa konsumsi sup ayam, sup jagung, sup kacang merah, dan sayur bening sebagai menu buka puasa pilihan Anda.

3. Salad

4 menu buka puasa recommended bagi yang sedang diet

Menu buka puasa tentunya harus dilengkapi dengan makanan pembuka yang tidak terlalu berat, seperti halnya salad. Tujuannya adalah agar perut lebih mudah beradaptasi setelah sehari penuh tidak mengonsumsi makanan apapun. Perut pun tidak akan terasa begah dengan makanan pembuka yang smooth seperti halnya salad.

Beberapa manfaat salad, baik salad sayur maupun buah adalah;

  • Memenuhi kebutuhan serat tubuh selama puasa
  • Efektif menurunkan kolesterol jahat
  • Ampuh mencegah sembelit saat puasa.

Salad merupakan makanan yang rendah kalori dan tinggi serat sehingga membantu Anda tetap kenyang dan sehat selama berpuasa. Perlu diingat, salad biasanya tampil dengan dressing manis  diatasnya. Pilih dressing yang sehat dan tidak menimbulkan timbunan lemak jahat karena ini akan menggagalkan program diet Anda selama berpuasa.

4. Beras Merah

Diet tapi masih mengonsumsi nasi putih? Yuk, ganti dengan beras merah yang merupakan rahasia sukses diet agar tampil langsing mempesona.

Kenapa beras merah direkomendasikan? Karena kandungan serat yang ada di dalamnya cukup tinggi dengan indeks glikemik yang rendah jika dibandingkan dengan beras putih pada umumnya. Menu buka puasa ini efektif untuk mendukung program diet karena di dalamnya hanya terkandung sedikit kalori.

Bagi Anda yang ingin sukses menjalani diet alami, konsumsilah beras merah setiap harinya karena beras ini membuat kenyang lebih lama. Tambahkan sayur dan lauk yang sehat untuk menu buka puasa Anda. Selamat mencoba, semoga puasanya lancar, dietnya pun sukses dengan hasil tubuh yang proporsional.

 

3 thoughts on “4 Menu Buka Puasa Ini Direkomendasikan bagi yang Sedang Diet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.