Masalah Kesehatan Wanita: 12 Cara Atasi Telat Datang Bulan dengan Cara Alami

Posted on

Masalah kesehatan

Masalah Kesehatan Wanita Ini13 Cara Atasi Telat Datang Bulan yang Ampuh2

Antara laki-laki dan wanita memiliki ciri khas yang terkadang tidak dimiliki oleh gender yang lain. Laki-laki misalnya, mengalami masa tumbuhnya kumis dan jakun. Apakah perempuan mengalaminya? Jawaban mayoritas tentu saja tidak. Begitu pula yang terjadi pada perempuan. Mereka mengalami tumbuhnya payudara, hamil dan melahirkan serta menstruasi. Apakah laki-laki mengalaminya? Jawabannya sama, tidak!.

Ciri-ciri khusus itu yang menjadi ciri khas antara kedua gender itu, dan kenapa gender tersebut berbeda satu dengan yang lain. Terkait dengan datang bulan, biasanya fase ini terjadi saat seorang anak gadis beranjak remaja. Masa peralihan ke fase pubertas ini biasanya ditandai dengan menstruasi.

Masalah kesehatan yang seringkali dialami saat sedang menstruasi adalah telat datang bulan. Bagi pasangan muda yang mendambakan kehadiran buah hati, tentu riang gembira saat istri terlambat datang bulan. Ini membawa kabar bahagia kepada pasutri tersebut yang merupakan penanda akan hadirnya jabang bayi ke muka bumi ini.

Case tersebut tentu berbeda dengan apa yang dialami oleh para gadis yang belum memiliki suami. Ada cukup banyak faktor penyebab seseorang telat datang bulan. Diantaranya adalah:

  • Faktor stres. Ya, terkadang kita seringkali mengabaikan kondisi psikis saat mengaitkannya dengan kesehatan. Faktanya, banyak sekali penyakit yang disebabkan oleh kondisi psikis yang sedang labil. Kendalikan depresi, kendalikan stres agar kondisi hormon dalam tubuh tetap stabil sehingga masalah kesehatan wanita yang kaitannya dengan telat datang bulan segera teratasi dengan baik.
  • Faktor berat badan. Baik itu obesitas maupun kekurangan berat badan berpengaruh pada siklus datang bulan. Usahakan agar berat badan sesuai dengan kadar ideal-nya. Hitung berat badan ideal Anda, dan jaga agar berat badan tubuh tetap stabil untuk menghindari telat datang bulan.
  • Faktor makanan. Nutrisi yang kita konsumsi setiap harinya berpengaruh pada siklus menstruasi. Sebisa mungkin konsumsi makanan yang berserat dan memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh, utamanya untuk buah dan sayur. Hindari konsumsi makanan yang kaya lemak, dan junk food untuk menjaga agar siklus menstruasi tetap lancar.
  • Faktor pola hidup. Kebiasaan hidup sehat berpengaruh pada kesehatan tubuh secara keseluruhan. Pola hidup negatif seperti aktif merokok, konsumsi kafein dan alcohol, berpengaruh pada lancar tidaknya siklus haid. Perbaiki pola hidup sehari-hari dengan menghindari tiga kebiasaan di atas, dan ubahlah dengan kebiasaan hidup yang lebih positif.
  • Faktor olahraga yang berlebihan. Olahraga yang berlebihan menyebabkan munculnya kondisi amenore. Ini adalah kondisi tidak adanya menstruasi yang disebabkan oleh aktivitas fisik yang berlebihan. Kelelahan yang ekstrim menyebabkan masalah kesehatan utamanya telatnya datang bulan. Kenapa demikian, karena olahraga yang berlebihan berpengaruh pada kondisi hormon yang kaitannya dengan pelepasan sel telur serta berpengaruh pada menurunnya kadar estrogen dalam tubuh. Olahraga adalah aktivitas yang disarankan, namun alangkah lebih baik jika berolahraga dengan porsi yang pas sehingga tidak menjadi penyebab masalah kesehatan yang satu ini.

Tentunya masih banyak lagi penyebab telat datang bulan. Anda yang khawatir akan adanya masalah yang serius pada kesehatan karena tubuh mengalami telat datang bulan bisa mencoba tips berikut ini agar siklus bulanan kembali berjalan sebagaimana mestinya.

1. Hindari stres

Stres, dan depresi wajar terjadi apalagi di tempat kerja saat menghadapi begitu banyak deadline, atau di rumah karena mengalami friksi dengan anggota keluarga yang lain. Usahakan untuk mengendalikan stres dan depresi agar tidak berpengaruh pada masalah kesehatan khususnya telat datang bulan.

Ada beberapa cara menghadapi stres, diantaranya adalah dengan melakukan yoga, meng-suggesti diri untuk berfikir lebih positif, dan refreshing bersama keluarga saat musim liburan tiba. Pikirkan masalah atau beban hidup yang dihadapi sewajarnya saja dan segera beraksi untuk mencari solusi agar beban yang dialami tidak semakin berat.

2. Rutin Konsumsi Jus Wortel

Masalah Kesehatan Wanita Ini 12 Cara Atasi Telat Datang Bulan yang Ampuh

Cara mudah mengatasi masalah kesehatan telat datang bulan adalah dengan konsumsi jus wortel yang cukup. Jus wortel kaya akan kandungan vitamin A dan C di dalamnya. Selain itu, terdapat kandungan kalsium dan zat besi dalam jumlah yang cukup untuk membantu meng-stabilkan kadar hormon di dalam tubuh. Stabilnya kadar hormon tersebut berpengaruh pada lancarnya siklus haid setiap bulannya. Konsumsi jus wortel setiap pagi tanpa gula, atau dengan tambahan sedikit madu murni untuk melancarkan haid.

3. Rutin Konsumsi Air Kelapa Muda

Apa yang terbayang di kepala Anda saat mendengar nama kelapa muda disebut? Pastinya sangat segar apalagi jika dikonsumsi di saat musim panas seperti sekarang ini. Air kelapa muda kaya akan senyawa asam laurat. Ini adalah senyawa yang sangat dibutuhkan dalam menjaga kesehatan karena di dalamnya terkandung nutrisi anti virus, anti bakteri, anti jamur sehingga meningkatkan system imun tubuh. Begitu juga fungsinya dalam meningkatkan siklus haid agar lebih lancar setiap bulannya. Konsumsi air kelapa muda setiap hari di siang dan sore hari agar masalah kesehatan Anda khususnya terkait dengan telat datang bulan segera teratasi.

4. Manfaatkan Sari Kunyit

Di setiap ramuan jamu herbal, hampir selalu kita temukan bahan tumbuhan yang satu ini. Kunyit di dalamnya terkandung senyawa berupa kurkumin yang merupakan nutrisi penting untuk mengatasi rasa nyeri dan peradangan. Konsumsi sari kunyit juga efektif lancarkan datang bulan. Caranya sangat mudah, ambil beberapa ruas kunyit, lalu kupas dan cuci hingga bersih. Iris tipis-tipis lalu masukkan ke dalam rebusan air hingga mendidih. Biarkan hingga hanya tersisa setengahnya saja. Konsumsi sari kunyit secara rutin agar telat datang yang Anda alami selama 2-3 minggu segera teratasi.

5. Manfaatkan Sari Jahe

Memang betul bahwa alam menyediakan hampir semua keperluan yang dibutuhkan manusia. Diantaranya adalah tanaman jahe yang mengandung banyak sekali nutrisi penting di dalamnya. Sebut saja vitamin A, B2, C, minyak atsiri, serat, lemak, kalsium, niasin, fosfor, dst.

Nutrisi tersebut efektif membantu mengatasi masalah kesehatan secara umum, dan khususnya untuk mengatasi masalah telat haid. Anda bisa menyiapkannya dengan mudah yaitu dengan membersihkan dua ruas jahe, menumbuknya lalu menyeduhnya dengan air mendidih. Tambahkan sedikit madu murni ke dalamnya untuk memberikan cita rasa yang lebih nikmat.

Konsumsi sari jahe saat hangat-hangat kuku membantu lancarkan aliran darah dalam tubuh sehingga siklus haid berjalan lebih lancar.

6. Cukup Tidur

Kita sering kali mengidentikkan tidur dengan malas. Padahal faktanya tidak demikian. Tubuh memerlukan waktu yang cukup untuk istirahat agar dapat kembali berfungsi dengan baik. Cukupi waktu tidur setidaknya satu jam untuk istirahat siang dan 7 jam untuk istirahat malam. Cukup tidur berdampak pada cukupnya produksi hormone kortisol yang mengontrol stres. Semakin terkontrol stres, semakin tinggi potensi haid untuk lebih lancar lagi.

7. Olahraga secara Teratur

Apakah Anda membayangkan jenis olahraga yang dimaksud ini sebagai olahraga yang ekstrim? Tidak demikian kebenarannya. Anda bisa berolahraga secara teratur tanpa harus melakukan jenis olahraga yang ekstrim untuk tujuan yang satu ini. Contohnya adalah dengan rajin jogging, banyak berjalan kaki, berenang, bersepeda sehingga aliran darah dalam tubuh lancar. Aliran darah yang lancar berdampak pada lancarnya siklus bulanan. Lengkapi kostum olahraga Anda dan mulai berolahraga sekarang juga.

8. Jangan Lupakan Air Putih

Yap, jangan lupakan air putih. Air putih adalah solusi mudah, sederhana dan ekonomis untuk atasi masalah kesehatan yang salah satunya adalah telat datang bulan. Cukupi konsumsi air putih setidaknya 8 gelas air dalam sehari untuk melancarkan dan meng-stabilkan metabolisme dalam tubuh.  Semakin lancar siklus metabolisme tubuh, haid akan berjalan sebagaimana mestinya.

Selalu bawa serta botol minum kemanapun Anda pergi untuk memastikan bahwa stok air putih selalu ada bersama Anda. Tubuh yang cukup konsumsi air putih dari segi tampilan fisik tampak lebih segar dan system pencernaan pun berjalan lebih lancar.

9. Rutin Konsumsi Anggur Hitam

Siapa sangka dalam buah anggur hitam terkandung khasiat yang luar biasa untuk atasi telat datang bulan. Di dalam buah anggur, terdapat nutrisi penting yaitu zat besi yang dibutuhkan untuk mencukupi kadar darah dalam tubuh sehingga siklus haid berjalan lebih lancar. Rutin konsumsi anggur hitam entah itu dengan cara di konsumsi langsung setelah dicuci bersih atau dengan cara di  jadikan jus buah anggur dengan sedikit tambahan madu murni. Yap, ini adalah cara mudah atasi datang bulan yang bisa Anda lakukan di rumah.

10. Sari Biji Ketumbar

Bunda sekalian yang biasa beraksi di dapur pastinya tidak asing lagi dengan biji ketumbar untuk proses memasak. Biji ketumbar tidak hanya dimanfaatkan untuk masak-memasak, rupanya sarinya yang kita dapatkan dari proses perebusan beberapa sendok biji ketumbar yang lalu kita saring, efektif atasi masalah telat datang bulan. Cukup mudah bukan atasi telat datang bulan?

11. Sari Daun Papaya

Sari daun papaya umumnya kurang diminati karena cita rasanya yang pahit. Faktanya, banyak sekali nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh, diantaranya adalah vitamin A, B, C, D, E dan tingginya kadar kalsium yang dimiliki.

Umumnya, daun papaya dimanfaatkan untuk bumbu sayur. Bagi mereka yang bisa mengolahnya, rasa pahit tersebut akan berubah menjadi rasa yang nikmat. Ya, untuk mengolah daun papaya kita perlu skill tersendiri bagaimana caranya agar daun papaya menjadi menu makanan yang nikmat saat di santap.

Untuk mengatasi masalah kesehatan telat haid, ambil beberapa daun papaya muda yang sudah dicuci sampai bersih. Lalu, rebus dengan empat gelas air. Untuk meningkatkan cita rasanya, dan agar khasiatnya semakin maksimal, tambahkan sedikit asam jawa dan garam secukupnya. Rebus hingga hanya tersisa dua gelas saja. Minum selagi hangat untuk atasi telat datang bulan, dan juga untuk mengatasi nyeri dan peradangan.

12. Lidah Buaya

Dalam dunia kesehatan dan kecantikan, lidah buaya adalah tanaman yang banyak digunakan untuk bahan dasar pembuatan produk kosmetik dan untuk bahan dasar obat. Untuk mengatasi masalah kesehatan khususnya telat datang bulan, Anda bisa ambil gel lidah buaya, lalu mencampurnya dengan sedikit madu. Nutrisi penting ini bermanfaat untuk menyembuhkan dan membuat siklus datang bulan kembali lancar.

Masalah kesehatan seperti telat datang bulan, bukanlah masalah yang sepele. Selain kehamilan, ada banyak penyebab telat datang bulan yang harus segera dicarikan bagaimana cara mengatasinya. Tidak sulit, cukup terapkan beberapa tips menjaga kesehatan di atas  dimana bahan herbal tersebut bisa kita dapatkan dengan mudah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.