Manfaat Penting Parenting Anak untuk Anak dan Orang Tua

Posted on

Parenting Anak

Manfaat Penting Parenting Anak untuk Anak dan Orang Tua

Parenting anak—Mendapatkan anugrah berupa kehadiran anak di tengah-tengah rumah tangga yang di bangun adalah kebahagiaan yang tidak terukur. Tanggung jawab sebagai parent tidak berhenti sampai si kecil lahir. Kita diharuskan untuk mendidik anak hingga mereka secara kognitif pandai, secara afektif peka, dan secara psikomotorik aktif, sehingga anak terbentuk sebagai pribadi yang sempurna.

Para pasangan muda tentu sudah familiar dan mulai mengakrabi apa itu parenting anak. Parenting anak memiliki peran penting dalam membentuk pribadi yang sempurna dengan tiga kriteria di atas. Ada pijakan dasar yang digunakan dalam parenting anak, yaitu nilai-nilai yang berkembang dalam masyarakat, etika yang baik, norma yang berlaku, prinsip keagamaan, dan sebagainya.

Besar sekali kontribusi parenting anak bagi orang tua dan anak. Orang tua yang mempelajari parenting anak akan merasa lebih percaya diri saat menghadapi anak. Proses pengajaran ini di dukung dengan teacher berpengalaman dan di  support oleh riset yang mendukung. Ada hasil yang obyektif yang bisa kita amati dari penelitian tersebut. Dari informasi penelitian itu kita akan tau apa kiranya dampak baik buruk dari rangsangan yang kita berikan kepada anak.

Fakta Seputar Parenting Anak

Ada banyak fakta menarik seputar parenting anak. Diantaranya adalah:

  • Dunia parenting bukanlah dunia yang penuh dengan formula. Sebagai orang tua, kita belajar parenting dari pengalaman sehari-hari yang kita lalui selama proses pengasuhan. Orang tua yang sengaja tidak mengambil kelas parenting anak lebih mengandalkan pengalaman empiris yang diperoleh saat berinteraksi dengan anaknya. Ada proses pemahaman karakter melalui proses pengamatan yang dilakukan.
  • Parenting anak bersifat subyektif. Yang berarti perlakuan yang kita terapkan kepada satu anak tidak selamanya sama dengan perlakuan yang kita terapkan pada anak-anak lain. Masing-masing anak unik, dan kita sebagai orang tua tidak bisa menggunakan cara yang sama tegasnya, atau yang sama halusnya kepada semua anak yang sedang kita hadapi.
  • Beberapa dari orang tua beranggapan bahwa parenting anak bisa dilakukan sendiri tanpa bantuan dari pihak lain. Faktanya, kelas parenting hadir dengan bantuan expert, dengan bantuan para ahli di bidangnya. Apa yang dikatakan expert tersebut di dukung dengan penelitian yang real yang kemudian hasilnya disampaikan dalam kelas, dan untuk menjawab pertanyaan masing-masing klien yang mengalami masalah saat menghadapi anak.
  • Mengikuti kelas parenting tidak berarti Anda kurang expert dalam mendidik anak. Namun ini bertujuan untuk meningkatkan skill mengasuh anak agar lebih mahir, agar referensi yang kita miliki lebih kaya, dan lebih fleksible dalam menghadapi beragam keunikan yang dimiliki si kecil. Yup, kelas parenting anak ada untuk bersama-bersama menjadikan diri sebagai pribadi yang mahir dalam mendampingi tumbuh kembang anak.
  • Sering kali orang tua ragu saat akan mengambil kelas parenting untuk anak. Mayoritas beranggapan bahwa itu tidak ubahnya mengikuti pelajaran yang menggambarkan rutinitas diri setiap harinya. Tujuan mengikuti kelas pengasuhan anak ini adalah untuk membangun skill menjadi orang tua yang handal dari referensi yang kita dapat dalam kelas.

Sudahkah Anda mengambil kelas parenting anak saat ini? Atau Anda masih ragu untuk mengikuti kelas pengasuhan anak itu? berikut uraian mengenai manfaat parenting bagi anak dan orang tua yang menjadi alasan kenapa Anda sebaiknya mengambil kelas parenting anak ini.

Bagi Orang tua

1. Merasa lebih percaya diri

Mengikuti kelas parenting anak bantu tingkatkan rasa percaya diri Bunda. Ada ya orang tua yang merasa  minder menghadapi anaknya sendiri? tentu saja.

Gambarannya seperti ini. Saat orang tua belum memahami bagaimana cara menghadapi tingkah laku anak yang seperti ini atau seperti itu, parent akan kebingungan. Bingung bagaimana cara menghadapinya sehingga sewaktu akan bersikap mulai kebingungan dan maju mundur.

Begitu juga saat anak bersikap di luar dugaan. Kita yang belum pernah memprediksi bahwa anak akan melakukan hal itu, akan kaget dan bingung dengan respon yang harus kita tunjukkan.

Atau, kita mungkin merasa minder saat anak akhirnya tumbuh menjadi pribadi yang tidak sesuai dengan harapan lingkungan dan masyarakat. Masyarakat umumnya melakukan justifikasi dengan mengomentari pola pengasuhan yang dilakukan orang tua anak. Tidak jarang saat anak-anak tumbuh tidak sesuai harapan, parent yang menjadi sasaran kritik tersebut. Anak-anak yang mendapatkan penilaian kurang bagus di lingkungan atau masyarakat sekitar akan berpengaruh pada image orang tua di hadapan masyarakat. Wajar jika kemudian orang tua merasa minder.

Menekan kemungkinan minder salah satunya dengan mengikuti kelas parenting sehingga kita mendapatkan banyak kemudahan di dalamnya. Ada rasa lebih berenergi, lebih kuat, lebih positif thinking, dan merasa lebih punya skill untuk mengatasi masalah pada pengasuhan anak.

2. Mendapatkan banyak referensi

Yup, kelas parenting adalah kelas belajar. Gambaran umum proses belajar tidak luput dari adanya teacher yang expert, adanya media ajar, adanya teman, dsb. Di dalamnya kita saling terhubung satu dengan yang lain. Ada banyak sekali referensi yang kita dapat. Referensi tersebut tidak hanya dalam bentuk buku real, tetapi berupa case studies yang di kupas secara mendetail selama kelas berlangsung.

Kita akan lebih mudah mendapatkan link untuk mengatasi masalah pengasuhan anak yang pelik sekalipun. Seperti menggenggam kotak ajaib, mengikuti kelas parenting anak berarti kita siap terkoneksi dengan berbagai referensi, penelitian, expert, dan memiliki gudang referensi yang sangat kaya.

Kita menjadi tidak lebih mudah khawatir ketika menghadapi masalah dengan anak. Kita punya banyak pisau untuk mengatasinya dalam bentuk banyaknya referensi yang di dapat selama kelas parenting berlangsung.

3. Mendapatkan dukungan dari orang tua lain

Menghadapi anak bermasalah tidak lantas harus merasa pesimis. Perasaan pesimis ini yang terkadang membuat kita merasa kesal dan minder atas diri sendiri. Mengikuti kelas parenting anak berarti kita berkesempatan untuk memperoleh dukungan kepada orang tua lain yang pernah mengalami hal yang sama. Mereka adalah teman yang sama-sama belajar dengan kita untuk mengatasi masalah yang sedang dihadapi saat ini.

Saat sedang down, setidaknya kita  mendapatkan support dan menjadikan hal tersebut sebagai bagian dari tantangan untuk menjadi orang tua. Tantangan tersebut harus dihadapi dengan kuat, berani dan positif. Kemampuan untuk menjadi kuat, untuk menjadi berani, dan untuk menjadi positif salah satunya kita dapat dari dukungan orang tua yang lain di kelas tersebut.

4. Mudah dalam memecahkan masalah yang dihadapi

Referensi yang banyak itu, yang kita kumpulkan selama mengikuti kelas itu, bisa kita manfaatkan untuk memudahkan kita dalam menghadapi tingkah laku anak yang kurang sesuai dengan etika dan norma. Wawasan yang kita miliki bermanfaat untuk memberikan pengarahan agar anak tumbuh menjadi pribadi yang sesuai harapan.

5. Tujuan Mendidik Anak Tercapai dengan Lebih Mudah

Sebagai orang tua, kita ingin yang terbaik bagi anak. Tidak ada sesuatu yang lebih menjadi fokus di bandingkan mendidik anak untuk menjadi pribadi yang lebih baik, yang lebih maju, dan bahagia masa depannya.

Tujuan mendidik anak tercapai dengan lebih mudah jika kita memiliki tool untuk melakukannya. Salah satunya adalah dengan mengikuti proses pembelajaran berupa kelas parenting anak bersama expert.

6. Mendapatkan Pendampingan, Feedback, dan Pengarahan

Dekat dengan para ahli terasa mendapat support tersendiri saat membimbing anak. Ketika ada keraguan untuk memberikan respon pada sikap yang ditunjukkan anak, kita bisa diskusikan dalam grup wa, atau call the expert saat itu juga. Kita merasa lebih mantap, lebih yakin atas setiap tindakan yang kita lakukan terhadap anak yang nantinya akan membawa kebaikan padanya.

Kita mendapatkan feedback dari apa yang kita praktikkan dalam berinteraksi dengan anak. Dan kita pun mendapatkan pengarahan selama berinteraksi dengan anak. Pengarahan tersebut menjadi dukungan dan juga koreksi atas proses interaksi kita dengan anak.

Manfaat parenting anak bagi orang tua sangat banyak. Tidak hanya orang tua yang merasakan manfaat tersebut, namun anak pun akan merasakan keuntungannya. Diantaranya adalah:

1. Beraktivitas Sesuai dengan Norma dan Etika yang Berlaku

Idealnya, orang tua memiliki kapasitas mendidik anak untuk menjadi lebih baik. Wawasan tersebut semakin kaya saat mengikuti kelas parenting. Apa yang di dapat selama di kelas di aplikasikan dengan baik. Anak menjadi partner interaksi yang merupakan tujuan dari kelas parenting tersebut.

Hal positif yang di dapat selama kelas yang di praktikkan secara kontinyu sejak dini akan menjadi kebiasaan, akan menjadi karakter, sehingga nantinya anak akan tumbuh dengan kebiasaan positif tersebut.

2. Lebih Terarah

Manfaat Penting Parenting Anak untuk Anak dan Orang Tua2

Bayangan karakter-karakter yang baik yang melekat pada anak sangat mungkin diwujudkan melalui orang tua yang paham betul bagaimana cara mendidik anak. Perlu pembiasaan beberapa tahun di awal untuk membentuk karakter anak yang sesuai dengan harapan.

Anak menjadi lebih fokus, beretika sesuai norma yang berlaku, rajin belajar, memiliki kecerdasan kognitif yang baik, sehingga apa yang di cita-citakan di kemudian hari akan tercapai. Energi positif yang berkumpul sejak dini memberikan kemudahan bagi anak untuk memiliki karakter positif di masa mendatang.

3. Potensi yang Ada di Dalam Diri Berkembang Maksimal

Wawasan parenting tidak berarti kita akan memaksakan keinginan sebagai orang tua agar di ikuti anak. Tidak ada sikap otoriter yang memberikan kenyamanan bagi orang lain. Dalam kelas parenting, orang tua akan lebih terbuka cara berfikirnya bahwa setiap anak adalah unik. Setiap anak memiliki ciri khas tersendiri yang tidak bisa disamakan antara satu anak dan yang lain. Hal itu yang kemudian kita eksplor, agar bakat anak semakin berkembang, dan semakin maksimal.

Memiliki anak adalah anugrah tersendiri. Tidak semua pasangan berkesempatan untuk menjadi orang tua dari anak kandungnya sendiri. Parenting anak adalah kelas yang kita butuhkan sebagai orang tua dalam meng-up grade skill agar semakin maksimal dalam proses pengasuhan anak.

Anak-anak yang terarah, anak-anak yang mendapatkan pengarahan yang tepat dari orang tua yang paham parenting akan tumbuh menjadi pribadi yang maksimal secara afektif, psikomotorik, dan kognitif. Kebahagiaan tersendiri bagi kita selaku orang tua yang memiliki anak dengan berbagai kelebihan tersebut.

One thought on “Manfaat Penting Parenting Anak untuk Anak dan Orang Tua

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.