Manfaat Internet untuk Masyarakat Modern dan Kekurangannya

Posted on

Manfaat internet

Manfaat Internet untuk Masyarakat Modern dan Kekurangannya2

Di era digital seperti sekarang ini, internet menjadi bagian dari kehidupan yang tidak bisa dipisahkan. Internet seperti dunia baru bagi peselancar dunia maya yang menerabas batas ruang dan membuat banyak hal yang semula tidak mungkin menjadi mungkin. Benarkah demikian? Tentu!

Gambarannnya seperti ini. Dulu kita kesulitan komunikasi dengan penduduk dari belahan benua yang lain. Namun dengan adanya internet, kita bisa berkomunikasi dengan menggunakan aplikasi tertentu. Itu adalah gambaran manfaat internet dari bidang komunikasi. Apakah itu saja? tentu tidak!. Internet merambah hampir setiap aspek dalam kehidupan. Kali ini kita akan mengupas sedikit apa saja sih manfaat internet. Apakah internet memiliki segudang manfaat tanpa kekurangan sama sekali?

Selain manfaat, ada pula kekurangan yang dimilikinya. Selama kita bisa bijak menggunakannnya, kita akan terhindar dari hal-hal yang tidak menguntungkan dari internet tersebut. Berikut list manfaat internet dan kekurangannya serta sedikit tips bijak pemakaian internet. Apa saja? simak ya!

Manfaat Internet

Manfaat internet diantaranya adalah:

1. Menyediakan Informasi Apapun

Memilah buku di perpustakaan satu persatu untuk menemukan informasi yang kita cari adalah sesuatu yang luar biasa melelahkan. Internet datang sebagai angin segar yang menawarkan solusi cepat, mudah dan bisa di akses di manapun juga. Dengan input keyword di mesin pencari, segera kita akan dapatkan informasi yang kita cari. Informasi tersebut amat sangat kaya dan mencakup segala aspek kehidupan.

Jika kita perlu waktu 2 jam untuk cari referensi di perpustakaan offline, dengan manfaat internet, kita hanya perlu mengaksesnya cukup dengan 1 menit saja. Dengan waktu sesingkat itu, solusi atas permasalahan apapun baik yang hubungannya dengan pendidikan, dengan bisnis, maupun masalah sehari-hari bisa kita atasi dalam tempo sesingkat-singkatnya.

2. Sebagai Media Bisnis Online

Bisnis butuh nyali besar untuk memulainya. Tidak hanya nyali, namun juga modal yang cukup besar. Itu dulu! Itu metode berbisnis konvensional yang membuat nyali kita ciut. Dengan manfaat internet, bisnis tidak lagi menjadi sehorror itu. Berbisnis terbuka untuk siapa saja baik yang punya model gede maupun yang mengalami kantong kering. Ada banyak peluang bisnis online yang bisa dijalani dengan modal terbatas. Tidak perlu nyali besar sebab kita bisa mengerjakannya di balik layar.

Sudah banyak sekali remaja, dan dewasa, laki-laki dan perempuan yang meraup keuntungan dalam berbisnis online. Tentunya ini tidak lepas dari media internet yang digunakan untuk me-mediasi terwujudnya kesempatan berbisnis online. Tidak hanya ratusan ribu, namun omset berbisnis online bisa mencapai ratusan bahkan miliaran rupiah.

3. Sebagai Media Hiburan

Jenuh, bosan, suntuk? Yuk, ambil smart phone di tas dan koneksikan internet. Kita siap berselancar di dunia maya dengan membuka fitur tertentu untuk mendengarkan lagu, menyaksikan live streaming, dan masih banyak lagi. Dengan internet, kita bisa menyaksikan apa saja aktivitas menarik yang dilakukan penyanyi atau pemain film favorit saat ini di belahan dunia yang lain. Suntuk segera hilang dan kita mulai ketawa-ketiwi sendiri di depan layar komputer, TV, maupun smart phone kecil yang canggih.

4. Sebagai Media Promosi

Dulu, salah satu biaya bisnis yang cukup besar adalah untuk marketing. Sekali tayang bisa puluhan bahkan ratusan juga. Padahal, belum tentu juga hasil penjualan produk atau jasa tersebut memuaskan. Dengan kehadiran internet yang me-mediasi adanya website, marketplace dan media massa online, promosi menjadi lebih mudah, murah, jangkauan luas, dan tanpa batas waktu. Ya, promosi via internet sangatlah terjangkau. Kita bisa memanfaatkannya untuk menunjang progres bisnis kita setiap harinya.

5. Sebagai Media Berkarya

Manfaat Internet untuk Masyarakat Modern dan Kekurangannya

Manfaat internet selanjutnya yang tidak kalah penting adalah sebagai media untuk menuangkan karya kita. Kita mungkin memiliki kemampuan menulis, kemampuan fotografi, dan skill lain yang tidak sembarang orang memilikinya. Namun kita sering kali bingung dimana kita akan menyalurkan bakat tersebut.

Miliki website pribadi, posting tulisan kamu, atau hasil fotografi kamu. Postingan yang kontinyu akan menarik pengunjung untuk membaca terus menerus apalagi jika postingan tersebut dirasa bermanfaat, dan menginspirasi. Dan, darisini website yang kita kelola menjadi menguntungkan secara finansial.

6. Sebagai Media Komunikasi

Aplikasi media sosial tidak akan bisa dinikmati tanpa adanya kuota internet, bukan begitu? Chatting, messaging, calling, video calling dan metode komunikasi yang lain melalui media sosial terbantu dengan adanya fasilitas internet. Komunikasi yang terjalin tidak hanya untuk skop lokal, tetapi bahkan nasional dan internasional. Menariknya lagi, untuk melakukan komunikasi dengan jangkauan yang luas itu tidak perlu mahal sama sekali.

7. Sebagai Media Pembayaran

Adanya internet bantu mempermudah dan mempercepat proses pembayaran. Saat ini smartphone telah dilengkapi dengan metode pembayaran internet banking yang akan memudahkan proses transfer dan proses pembayaran apapun termasuk listrik setiap bulannya. Intinya, kita semakin dimudahkan dengan manfaat internet yang di dalamnya termasuk juga sebagai media pembayaran yang mudah dan cepat.

8. Sebagai Tempat Belanja

Di internet, ada pelaku bisnis online yang menjual produk maupun jasanya dan adapula konsumennya. Ya, manfaat internet yang bisa kita apresiasi adalah sebagai tempat belanja online yang memberikan kesempatan bagi kita untuk belanja sepuasnya dengan praktis dan mudah.

Belanja secara online sangatlah mudah dan menyenangkan. Metode belanja ini cocok sekali bagi Anda yang super sibuk di tempat kerja dan jarang memiliki waktu untuk berbelanja meskipun di akhir pekan. Meski terkadang barang yang di jual tidak sesuai dengan aslinya, namun sebagai konsumen kita bisa lebih selektif dengan memilah dengan banyak cara. Seperti dengan menanyakan apakah barang tersebut KW atau original, menanyakan testimony dari para konsumen sebelumnya, mengamati pelayanannya, dst.

Menyenangkan memang saat kita berkesempatan belanja online dengan mudah dan praktis dengan tetap mempertimbangkan kualitas dari penjualnya.

Kekurangan Internet

Kekurangan Internet diantaranya adalah:

1. Spending Time untuk Hal yang Tidak Perlu

Ya, terkadang, kelemahan kita sebagai manusia adalah tidak bisa mempertimbangkan manakah yang benar-benar menjadi prioritas. Saat sedang googling, kita seringkali lupa waktu. Saat sedang nge-game online anak-anak sampai lupa mengerjakan PR, dan seterusnya. Biasanya, spending time yang demikian berhubungan dengan manfaat internet sebagai media hiburan. Yuk, bijak menggunakan internet dengan mempertimbangkan manakah yang menjadi prioritas dan mana yang seharusnya di tunda untuk kepentingan yang lebih urgent.

2. Mengalihkan Fokus dari yang Prioritas ke Sesuatu yang Remeh

Seperti di singgung di poin pertama bahwa salah satu kekurangan internet adalah mengalihkan perhatian kita. Tugas sekolah adalah hal yang penting, namun ini bisa teralih dengan mudah karena hiburan yang ada di internet. Keep focus pada apa prioritas kita saat ini dan jadikan media internet tersebut sebagai media hiburan yang sementara di waktu senggang.

3. Bahaya Konten yang Tidak Mendidik

Internet adalah milik umum. Siapa saja yang memiliki akses internet bisa melakukan apa saja sesuai dengan keinginannya. Termasuk memposting konten dengan kualitas isi yang kurang mendidik.  Ini adalah sesuatu yang sedikit rawan dan perlu pemantauan sebab internet bisa diakses secara personal. Bahaya konten yang tidak mendidik besar pengaruhnya bagi psikis users. Untuk itu selektif dalam memilih konten internet adalah cara kita untuk tetap terlindungi dari pengaruh konten negatif ini.

4. Penggunaan yang Intens Membahayakan Kesehatan

Ada istilah internet addict. Seseorang yang menggunakan internet tidak bisa lepas dari gadget entah itu smartphone, komputer, tablet, laptop, dan masih banyak lagi. Berinteraksi dengan layar kaca terus menerus berdampak buruk bagi kesehatan mata dan juga tulang belakang. Batasi penggunaan internet agar tidak bermasalah dengan kesehatan.

5. Rawan Penipuan

Internet adalah medianya lapak online. Salah satu kekurangannya adalah tidak bisa face to face dengan penjual produk atau jasa. Pihak tertentu yang tidak bertanggung jawab memanfaatkan kesempatan ini untuk mengambil untung bagi dirinya sendiri yaitu dengan melakukan penipuan.

Modus penipuan ini biasanya dilakukan melalui media sosial dimana yang bersangkutan berperan seolah-olah sebagai penyedia jasa dan penjual produk yang terpercaya. Saat sudah selesai di transfer, pihak penjual memblokir media sosial kita atau dengan cara barang tidak di kirim lalu menonaktifkan media sosialnya.

Ya, manfaat internet bisa kita rasakan bersamaan dengan kekurangan yang dimilikinya. Apakah itu berarti internet adalah jelek? Belum tentu!. Sebagai pengguna kita harus lebih selektif lagi dalam menggunakan internet, yaitu dengan cara:

  • Mengetahui tujuan berselancar di dunia maya

Penting bagi kita untuk mengetahui apa sebenarnya tujuan kita berselancar di dunia maya. Fokus pada tujuan tersebut agar kita tidak spending banyak waktu dengan mengunjungi konten atau tujuan yang tidak relevan.  Yuk, pertimbangkan prioritas yang harus didahulukan dan menanggalkan keinginan untuk nge-klik konten yang tidak ada hubungannya sama sekali dengan tujuan kita saat ini.

  • Menggunakan internet seperlunya

Manfaat internet memang tidak diragukan lagi. Mulai dari menyediakan informasi yang membludak hingga yang sifatnya menghibur. Darisini, kelemahan kita sebagai pengguna adalah larut dalam manfaat internet tersebut hingga lupa waktu. Apakah salah? Belum tentu! Namun bagaimana jadinya jika kita sedang memiliki kewajiban lain yang sifatnya lebih urgent? Yang jelas akan terbengkalai.

  • Orang tua perlu melakukan pengawasan kepada anaknya

Dunia anak-anak, adalah dunia dimana mereka ingin melakukan segala sesuatu sesuai dengan keinginannya. Untuk itu, bagi parent yang ingin agar anaknya tidak terkontaminasi dengan efek negatif internet maka perlu melakukan pengawasan secara intens saat anak menggunakan internet. Sebagai orang tua kita wajib memberikan edukasi kepada anak dan membatasi waktu berselancar di dunia maya.

  • Selektif dalam memilih konten internet

Ya, manfaat internet tidak lepas dari kekurangannya yaitu adanya konten negatif di dalamnya. Cegah akses atas konten negatif tersebut dengan wawasan akan apa yang perlu di akses dan yang tidak serta fokus pada tujuan positif berselancar di internet.

  • Mengambil yang baik dan meninggalkan yang buruk

Manfaat internet tidak lepas dari sisi baik dan buruknya. Filter dengan baik manakah yang sifatnya positif dan manakah yang negatif. Mari kita ambil sisi positifnya dengan benar-benar memanfaatkan fungsi dari internet dan meninggalkan sesuatu yang negatif dari keberadaan internet tersebut.

Manfaat internet saat ini memang sudah tidak diragukan lagi. Internet sudah menjadi bagian dari gaya hidup dan faktual adanya. Bijak menggunakan internet adalah cara kita untuk mengambil manfaat internet sepenuhnya dan meninggalkan pengaruh buruknya. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.