Manfaat Miliki Asuransi Kesehatan Keluarga dan 8 Tips Praktis Memilihnya!

Posted on

Asuransi kesehatan

Manfaat Miliki Asuransi Kesehatan Keluarga dan 8 Tips Praktis Memilihnya!2

Kesehatan mahal harganya. Ini adalah fakta yang tidak bisa kita pungkiri lagi. Ada pasien yang mulanya kaya raya, setelah terserang penyakit tertentu, di rawat di rumah sakit dan di lanjutkan rawat jalan di kediaman masing-masing, harta kekayaannya perlahan habis. Memang benar, mencegah lebih baik daripada mengobati. Selain dari faktor nominalnya, saat jatuh sakit, fisik dan psikis pasien tentu merasa tidak nyaman dan pesimis menjalani hidup.

Kesehatan adalah elemen primer yang harus selalu di jaga dengan sebaik-baiknya. Selain olahraga fisik, menenangkan psikis, mengurangi tekanan di dalam diri, memperbanyak konsumsi makanan bergizi, dan positif thinking yang kita terapkan setiap hari, rahasia hidup sehat tersebut seharusnya disempurnakan dengan langkah antisipasi, yaitu dengan menyiapkan asuransi kesehatan keluarga yang manfaatnya antara lain adalah sebagai berikut:

  • Mendapatkan Biaya Opname di Rumah Sakit

Biaya opname tentu tidak sedikiit, mulai dari jutaan hingga puluhan dan bahkan ratusan juta. Tanpa asuransi, banyak sekali pengeluaran yang harus Anda siapkan untuk membiayai itu. Memiliki asuransi kesehatan, berarti Anda terbebas dari sedikit beban yang menggelayut itu saat jatuh sakit. Jangan-jangan yang membuat kit drop saat opname bukanlah penyakitnya, tetapi bayang-bayang nominal yang harus kita bayarkan.

Ada banyak kasus terkait biaya opname rumah sakit yang tinggi. Seseorang yang semula memiliki banyak tabungan dan banyak aset akhirnya bangkrut karena opname berbulan-bulan di rumah sakit.

Biaya rawat inap tersebut di tanggung oleh pihak asuransi dengan catatan rumah sakit yang Anda pilih adalah rekanan asuransi. Selain biaya rawat inap, biaya obat, biaya cek laboratorium, biaya konsultasi medis, semuanya di tanggung oleh pihak asuransi kesehatan.

  • Bebas Biaya Rawat Jalan

Ada memang tipikal pasien yang lebih cepat sembuh saat di rumah dibandingkan saat harus opname di rumah sakit. Bau obat-obatan dan setiap hari mengamati lalu lalang orang sakit seringkali membua pasien merasa down. Pemegang polis asuransi berhak mendapatkan biaya rawat jalan di rumah dengan catatan membayar premi yang lebih tinggi. Beberapa keperluan yang di cover oleh pihak asuransi antara lain adalah biaya pemanggilan dokter,  pengobatan, dan konsultasi medis sama seperti saat di rumah sakit.

  • Mendapatkan Biaya Persalinan

Manfaat asuransi kesehatan salah satunya adalah membantu membiayai proses persalinan. Memang, untuk mendapatkan fasilitas ini pemegang polis harus membayar premi yang lebih tinggi. Dengan asuransi kesehatan, Anda yang saat ini sedang menghadapi masa-masa melahirkan bisa memanfaatkan asuransi yang memang menyediakan fasilitas itu.

Anda tidak perlu fokus pada biaya rumah sakit. Siapkan psikis setenang mungkin untuk menyambut kehadiran si kecil. Bagi Anda yang sedang mengikuti program Keluarga Berencana tidak disarankan mengikuti asuransi dengan fasilitas yang satu ini sebab sama halnya dengan membuang-buang uang dan Anda tidak akan memetik manfaatnya.

  • Mendapatkan Biaya Perawatan Mata

Mata adalah jendela dunia. Mata perlu perawatan intens agar terbebas dari katarak, rabun jauh, rabun dekat, dsb. Keberadaan gadget saat ini, dan intensitas interaksi dengan gadget membuat mata lebih cepat lelah dan bermasalah. Salah satu solusinya adalah dengan pemakaian kaca mata. Pihak asuransi kesehatan keluarga menyediakan fasilitas penggantian kacamata yang hanya bisa dilakukan sekali dalam satu tahun.

  • Memperoleh Biaya Perawatan Gigi

Malu pastinya saat berinteraksi dengan orang lain dan ternyata gigi tampak kuning dan bau mulut tidak sedap. Masalah gigi berlubang, karang gigi, sakit gigi, dsb mendapatkan perhatian khusus dari pihak asuransi kesehatan dengan membayar biaya premi yang sedikit lebih tinggi.

Biaya perawatan gigi memang tergolong mahal. Dulu, asuransi kesehatan menjamin biaya pemasangan kawat gigi yang berfungsi untuk mempercantik penampilan dan juga biaya bleaching. Namun karena biaya yang dilkeluarkan dikata sangat mahal, fasilitas itu akhirnya dihentikan.

Keuntungan memiliki asuransi kesehatan keluarga seperti yang sudah tersebut di atas adalah benefit yang berlaku secara spesifik pada penyakit atau gangguan kesehatan tertentu. Dan, bagi Anda yang saat ini sedang mencari asuransi kesehatan keluarga yang terbaik, berikut tips memperolehnya. Jangan sampai salah pilih ya!

Manfaat Miliki Asuransi Kesehatan Keluarga dan 8 Tips Praktis Memilihnya!

1. Miliki Asuransi Sejak Dini

Memiliki asuransi tidak harus menunggu sakit dulu atau menunggu nanti saja kalau sudah tua. Tidak demikian. Buatlah asuransi kesehatan saat Anda masih dalam keadaan sehat. Banyak orang berfikiran singkat. Saat masih muda dan sehat tidak membuat antisipasi kesehatan, namun saat mulai sakit dan usia sudah semakin tua pasien barulah membuat asuransi kesehatan.

Pihak asuransi kesehatan tentunya tidak mau merugi. Pasien yang memegang premi asuransi saat sedang sakit sangat mungkin masuk dalam pengecualian jika sakitnya itu akut, dan terlambat mendaftar asuransi. Maksimalkan manfaat asuransi dengan mendaftar sebagai pemegang polis sejak saat  ini juga.

Perlu di ingat bahwa, semakin tua seseorang mendaftarkan diri pada asuransi tertentu, semakin besar biaya premi bulanan yang harus dibayarkan. Logikanya, semakin tua seseorang, maka risiko untuk terserang penyakit lebih tinggi lagi dibandingkan dengan mereka yang baru berusia di bawah 30 tahun. Akumulasi gaya hidup tidak sehat membuat tubuh rawan terserang penyakit seperti asam urat, kolesterol, dan jantung.

Jika pasien pemegang polis tersebut mendaftar dalam kondisi sudah tua, risiko pembiayaan lebih besar. Lain halnya dengan mereka yang mendaftar premi sejak masih muda.

2. Pahami Bagaimana Ketentuan Opname-nya

Biaya rawat inap tentunya tidak sedikit. Tidak heran jika pihak asuransi memberikan ketentuan yang rinci mengenai prosedur rawat inap di rumah sakit rekanan. Ketahui atau tanyakan secara mendetail mengenai prosedur rawat inap yang meliputi pengajuan klaim, berapa lama waktu opname yang ditanggung pihak asuransi, dan masih banyak lagi. Tanyakan pula mengenai kelengkapan administrasinya seperti bukti kuitansi apakah harus yang asli ataukah cukup dengan foto copy saja.

3. Pilih Jenis Asuransi Murni

Seperti namanya, asuransi kesehatan diperuntukkan untuk proteksi masalah kesehatan saja dan bukan yang lain. Itu adalah gambaran sekilas yang ditangkap dari nama asuransi kesehatan. Asuransi saat ini semakin beragam fungsinya agar semakin menarik perhatian nasabah. Semisal asuransi yang sekaligus digunakan untuk  tabungan atau investasi jangka panjang.

Memang sih, saat kita memiliki cukup dana untuk membayar premi yang tinggi setiap bulannya, semakin banyak manfaat dari asuransi kesehatan yang kita pilih, maka akan semakin baik. Anda bisa sekaligus melakukan proteksi yang disertai dengan tabungan atau investasi untuk masa depan yang lebih baik. Sedangkan bagi Anda yang ingin berhemat dengan biaya premi minimal yang Anda keluarkan setiap bulannya, pilihlah jenis asuransi murni yang manfaatnya fokus pada masalah kesehatan dan premi yang dibayarkan pun terjangkau.

4. Selektif Memilih Asuransi Kesehatan yang Sesuai dengan Kebutuhan

Pilih jenis asuransi yang sesuai kebutuhan. Asuransi kesehatan adalah produk finansial yang mengharuskan pemegang polis untuk membayar premi secara teratur setiap bulannya. Pengajuan klaim yang berarti merasakan manfaat dari pembayaran premi yang kita bayarkan, hanya bisa kita ajukan sewaktu jatuh sakit.

Karena alasan tersebut jangan sampai kita salah dalam memilih asuransi kesehatan yang kurang tepat yang tidak terjamin kredibilitasnya. Bandingkan antara satu perusahaan dan perusahaan yang lain yang menyediakan kebutuhan Anda. Jika dirasa sulit melakukannya, memanfaatkan jasa pihak ketiga adalah solusi yang tepat agar Anda mendapatkan asuransi kesehatan yang sesukai harapan.

5. Kerucutkan Kebutuhan Anda

Berbicara kesehatan tentunya sangat global. Ada begitu banyak penyakit dan banyak sekali cara penanganannya. Belilah asuransi yang sesuai kebutuhan, misalkan untuk kesehatan gigi, untuk  fisioterapi, untuk melahirkan, untuk menjaga kesehatan mata dan masih banyak lagi.

Jika Anda sudah mengetahui kebutuhan Anda secara spesifik, Anda akan semakin mudah menemukan mana diantara sekian banyak asuransi yang berkembang di pasar itu yang cocok untuk kebutuhan Anda. Jangan sampai asal pilih agar proses Anda mendapatkan asuransi semakin cepat.

6. Siapkan Anggaran dan Pahami Manfaatnya

Setelah menyampaikan apa kebutuhan yang Anda inginkan dari asuransi tersebut, segera Anda akan tau berapa banyak premi yang harus dibayarkan. Besaran premi bergantung pada banyaknya timbal balik yang Anda dapatkan, seperti cakupan manfaat yang banyak, metode perawatan yang meliputi rawat inap dan rawat jalan sekaligus, dan masih banyak lagi.

Atau, seperti di singgung di muka bahwa pemegang polis yang mendaftar saat usianya tergolong tua, berarti sedikit berisiko kesehatannya. Tidak heran jika yang bersangkutan dikenakan anggaran premi yang lebih mahal.

Pahami bagaimana kondisi dan keadaan Anda saat mendaftar, ketahui apa saja manfaat yang Anda peroleh saat mendaftar dan ketahui besaran premi yang harus di bayar dari manfaat tersebut. Anggarkan biaya premi yang terjangkau oleh pendapatan sehari-hari agar tidak merepotkan nantinya.

7. Dapatkan Produk Asuransi yang Tepat

Langkah selanjutnya setelah menentukan apa yang Anda butuhkan dengan pertimbangan kesiapan dana, ini adalah saatnya bagi Anda untuk memilih produk yang tepat. Produk yang tepat tersebut sesuai dengan kebutuhan dan tidak melebihi anggaran dana yang Anda miliki. Faktanya, dengan menentukan apa kebutuhan Anda, Anda akan jauh lebih fokus dan lebih mudah dalam menentukan apa produk asuransi terbaik sesuai kebutuhan Anda.

8. Bekerjasama dengan Perusahaan Asuransi Profesional

Profesionalitas pihak asuransi kesehatan keluarga tidak hanya di lihat dari sesuainya kebutuhan dan anggaran dana yang Anda miliki dengan polis yang harus dibayarkan. Ada pertimbangan lain yang harus dikedepankan seperti layanan yang diberikan apakah memuaskan ataukah sebaliknya.

Pertimbangkan dari sisi rumah sakit rekanan asuransi apakah memerlukan waktu yang lama untuk mengaksesnya, dan pahami bagaimana track record perusahaan asuransi yang bersangkutan. Jika kesemua pertimbangan tersebut responnya positif, Anda bisa menjadikan perusahaan asuransi tersebut sebagai perusahaan mitra untuk atasi mengantisipasi gangguan kesehatan keluarga Anda.

Kesehatan adalah faktor penting dalam hidup yang harus kita jaga dan antisipasi sejak dini. Kesehatan melebihi berapapun harta yang kita miliki. Selain menerapkan gaya hidup sehat setiap harinya. Cobalah untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak di inginkan di kemudian hari dengan menyiapkan asuransi kesehatan keluarga sejak dini. Manfaat dan tips di atas bantu Anda memantapkan pilihan dalam memilih perusahaan asuransi terpercaya. Yuk, siapkan yang terbaik untuk kesehatan keluarga Anda. sejak dini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.