6 Makanan Sehat Kesukaan Nabi untuk Berbuka Puasa

Posted on

Makanan sehat

6 Makanan Sehat Kesukaan Nabi untuk Berbuka

Mau tetap sehat saat puasa? Ada lho tipsnya! Salah satunya adalah dengan konsumsi menu makanan sehat ala Nabi untuk menjaga kesehatan. Saat ini, masalah kesehatan yang menjangkiti banyak orang adalah kolesterol dan diabetes. Dua penyakit itu hanyalah sebagian kecil dari banyaknya penyakit yang ada.

Bagi Anda yang ingin tetap sehat saat berpuasa, jangan abaikan 6 menu makanan sehat yang digemari Nabi karena khasiatnya. Makanan tersebut senantiasa menjadi pilihan dan ada bersamaan dengan air putih yang dikonsumsi dengan cukup saat berbuka untuk menjaga kesehatan.

1. Kurma

Bisa dikata buah ini adalah buah yang fenomenal. Dari segi rasanya manis tetapi tidak menyebabkan diabetes, baik bagi yang sedang diet maupun yang ingin menggemukan badan. Sedikit kontradiktif manfaatnya namun itulah ajaibnya kurma, buah yang sangat digemari Nabi dan menjadi icon lebaran Haji.

Kurma kaya akan kandungan berupa mineral. Ini adalah menu takjil favorit Nabi yang merupakan supply energi terbaik, mudah bikin kenyang di siang hari meski hanya di konsumsi beberapa butir saja. Sediakan selalu kurma saat berbuka disamping air mineral yang cukup.

2. Anggur

Kecil bentuknya namun besar khasiatnya. Itulah buah anggur. Sedikit rasa asam yang dimilikinya adalah indikasi bahwa buah ini kaya akan vitamin C yang baik untuk tingkatkan daya tahan tubuh saat puasa. Adapula nutrisi penting lain berupa potassium untuk mengendalikan lejitan tensi darah.

Rasa manis yang ada dalam buah ini bantu cukupi kebutuhan energi sehingga Anda memiliki kecukupan tenaga untuk beraktivitas di siang harinya. Dapatkan manfaat lain anggur berupa mencegah penuaan dini, menjaga kesehatan otak, dan bantu cegah penyakit kanker.

3. Susu

Susu adalah bagian dari makanan sehat yang harus ada saat berbuka dan saat sahur. Kenapa? karena susu kaya akan kandungan kalsium dan protein yang bagus untuk menjaga kesehatan tubuh, dan vitamin yang diperlukan untuk menjaga kebugaran saat sedang puasa. Rajin konsumsi susu saat buka dan sahur bantu Anda tetap semangat menjalani puasa di siang harinya.

4. Semangka

6 Makanan Sehat Kesukaan Nabi untuk Berbuka2

Semangka tidak hanya sekedar buah yang segar saat dikonsumsi. Semangka kaya akan mineral yang bantu cukupi cairan tubuh di siang harinya. Kandungan lain yang ada dalam buah yang mayoritas berwarna merah atau kuning ini adalah vitamin dan antioksidan yang efektif menjaga tubuh agar tetap dalam kondisi fit saat menjalani puasa.

5. Madu

Madu adalah bahan makanan alami yang memiliki seribu manfaat. Selain seringkali dipakai sebagai pengganti gula dengan rasanya yang tidak terlalu menyengat manisnya, madu bantu Anda jaga kadar gula darah, cegah sembelit, diare, cegah kanker dan penyakit jantung. Anda bisa mengonsumsi dua sendok madu setiap berbuka atau Anda bisa jadikan pemanis takjil yang aman bagi kesehatan.

6. Delima

Entah kenapa setiap kali menyebut makanan sehat yang satu ini, rasanya ada yang cute habis. Entah karena warnanya, bentuknya, atau karena rasanya. Nabi sering mengonsumsi delima saat sedang berbuka sebab buah ini mengandung manfaat yang luar biasa.

Beberapa manfaat konsumsi delima diantaranya adalah sebagai pembersih perut dan lambung. Selain itu, buah delima kaya akan antioksidan yang cocok dikonsumsi di jaman sekarang dimana radikal bebas sudah tersebar dimana-mana.

Makanan sehat diatas adalah rekomendasi menu yang cocok sekali Anda konsumsi saat berbuka. Tidak hanya menurut riset, tetapi makanan tersebut menjadi menu andalan Nabi saat berbuka.  Dengan konsumsi makanan sehat, manfaat puasa sebagai pengontrol kesehatan semakin Anda rasakan. Selamat mencoba ya.

 

2 thoughts on “6 Makanan Sehat Kesukaan Nabi untuk Berbuka Puasa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.