10 Ide Lapangan Kerja yang Cocok Dikembangkan Mama Muda di Rumah

Posted on

Lapangan Kerja

10 Ide Lapangan Kerja yang Cocok Dikembangkan Mama Muda di Rumah2

Bagi wanita, mencari nafkah memang bukan termasuk kewajiban. Itu adalah tugas utama suami yang seyogyanya memenuhi kebutuhan keluarga. Memang betul demikian. Wanita sebaiknya fokus pada ranah domestik dan menemani tumbuh kembang si kecil.

Sedikit cerita, ada salah satu teman saya yang adalah seorang ibu rumah tangga tulen. Bisa saya bilang, dia adalah tipikal ibu muda yang mudah minder, dan ketika ingin memulai bisnis untuk menopang perekonomian keluarga, teman saya ini ragu-ragu, lalu mundur. Itu sudah beberapa kali di lakukan. Dan, kebetulan dia berjodoh dengan suami yang agak ekstrim karakternya, sangat perhitungan, dan mudah sekali mengungkit-ungkit pemberian.

Singkatnya, teman saya merasa hidupya tertekan, tidak bebas, dan terbebani. Dia merasa serba takut dan tidak happy. Mama muda sekalian tentu tidak ingin merasakan pengalaman pahit seperti yang teman saya rasakan, bukan begitu?

Di era milenial seperti sekarang ini, menjadi ibu muda yang mengurus anak sambil bekerja sangatlah mudah, Ada banyak lapangan kerja yang bisa dioptimalkan sambil mengurus si kecil di rumah. Anda bisa manfaatkan keterampilan, dan peralatan teknologi yang siap Anda operasikan. Kuncinya adalah pada keberanian untuk memulai dan adanya semangat untuk membantu perekonomian keluarga. Meski tujuannya tidak untuk kesana, setidaknya kita bisa memenuhi kebutuhan diri sendiri dan tidak mengandalkan suami untuk sekedar membeli baju yang ingin kita miliki saat itu juga.

Ada banyak sekali lapangan kerja yang bisa kita ciptakan di rumah. Sudah banyak ibu rumah tangga yang sukses menjalankan bisnis rumahan dan merektrut puluhan karyawan. Mereka mendapatkan pemasukan tanpa harus meninggalkan rumah. Mereka tetap bisa fokus memantau tumbuh kembang anak sambil bekerja tanpa harus meninggalkan rumah.

Cari ide lapangan kerja yang bisa di kembangkan di rumah? Berikut beberapa tips yang bisa Anda coba saat ini juga.

1. Membuka Bimbingan Belajar

Ibu rumah tangga saat ini rata-rata memiliki gelar sarjana, bukan begitu? Di desa, saat melihat wanita yang sudah menempuh pendidikan di perguruan tinggi lalu menjadi IRT, seringkali masyarakat berkomentar:

Hem, sarjana kok nganggur, percuma sekolah tinggi-tinggi.

Ya, profesi ibu rumah tangga memang mulia, namun secara material di rasa kurang bergengsi karena tidak menghasilkan. Anda bisa mencoba membuka usaha bimbingan belajar di rumah yang di buka saat sore dan malam hari.

Di tempat saya, saat ini sedang marak bimbingan belajar yang di buka untuk anak SD/MI. Para siswa datang ke rumah dengan membawa uang 2ribu rupiah untuk setiap kali pertemuan. Jika datang 10 siswa setiap harinya, kita sudah bisa menghitung pemasukan yang di dapat.

Membuka usaha bimbingan belajar tidaklah sulit. Anda bisa manfaatkan fasilitas WA untuk promosi. Pasang status WA untuk promosi bimbingan belajar, promosi secara manual dari mulut ke mulut, atau promosi dengan membuat selebaran dan di sebar ke beberapa sekolah terdekat.

Tekuni berapapun siswa yang hadir di awal-awal proses pembukaan bimbingan belajar. Dengan tetap mempertimbangkan layanan yang memuaskan dan fasilitas yang memadai, lapangan kerja yang Anda buka di rumah ini dari hari ke hari akan semakin mendapatkan perhatian publik.

2. Membuka Bisnis Kue

Usaha di bidang kuliner adalah usaha yang memiliki prospek yang bagus. Kue biasanya di pesan untuk acara hajatan, untuk dikonsumsi pribadi maupun untuk di jual di sekolah-sekolah. Untuk tahap awal, Anda tidak harus menyediakan banyak modal atau memproduksi banyak jenis kue.

Anda bisa membuat satu atau dua jenis kue terlebih dahulu seperti kue molen, atau donat dan di produksi dalam jumlah terbatas. Titipkan ke kantin-kantin sekolah dan promosikan ke tetangga kanan kiri rumah, Jika dalam waktu satu bulan permintaan konsumen cenderung konsisten dan bahkan semakin meningkat, tingkatkan jumlah produksi dan membuka jasa pemesanan untuk acara yang besar. Anda bisa menambah varian kue yang Anda jual agar konsumen memiliki lebih banyak pilihan.

3. Dropship Baju Online

Lapangan kerja  bagi ibu rumah tangga yang nyaris tanpa modal adalah dengan sistem dropship. Anda cukup bergabung di grup wa supplier baju lalu melakukan promosi di media sosial dan HP. Harga dari pihak supplier bisa Anda up sendiri untuk margin profit yang Anda inginkan. Anda cukup lakukan promosi via WA dengan membuat grup WA fashion Anda dengan mengundang teman-teman terdekat.

Rutin posting gambar dari supplier setiap harinya, dan tunggu respon dari customer. Jika ada pesanan, Anda bisa memesannya ke pihak supplier lalu mengirimkan ke alamat pemesan atas nama Anda setelah proses pembayaran selesai. Identitas supplier dirahasiakan sehingga Anda tidak kehilangan pelanggan. Banyak sekali ibu rumah tangga yang saat ini memilih berjualan baju dengan sistem dropship online untuk mengisi waktu luang dan margin profitnya pun tidak tanggung-tanggung. Ini adalah lapangan bisnis yang mudah dijalankan dan siap di mulai saat ini juga tanpa modal sama sekali.

4. Agen Hijab

Idonesia mayoritas penduduknya adalah muslim. Bisnis hijab menjadi salah satu lapangan kerja rumahan yang menjanjikan. Banyak ibu rumah tangga yang sukses meraup keuntungan besar dengan menjadi agen hijab. Supplier hijab saat ini cukup banyak dengan pilihan produk yang bervariasi mulai dari low class, middle, sampai high class.

Anda bisa membaca bagaimana kemampuan pasar dan jenis produk yang bagaimana yang sedang sangat diminati. Bicara hijab dan muslimah memang hampir tidak bisa dipisahkan. Daya beli masyarakat cukup tinggi dan setiap wanita mayoritas up date dengan model jilbab terbaru yang saat ini sedang nge-trend dan memiliki warna jilbab sesuai dengan warna bajunya. Inilah alasan kenapa bisnis hijab cukup menjanjikan.

5. Bisnis Cemilan

Selain hijab, bisnis lain yang saat ini sedang booming adalah bisnis cemilan. Cemilan yang dimaksud adalah cemilan yang memiliki ciri khas. Misalnya macroni yang tersedia dengan berbagai level rasa, dari rasa original, biasa, pedas, hingga super pedas. Cemilan biasanya di bawa saat sedang bepergian, dan cemilan juga dipakai untuk oleh-oleh. Saat sedang luang pun, kita biasanya bersantai sambil ngemil.

Anda bisa membeli cemilan kiloan ke supplier lalu mengemasnya sendiri sesuai takaran. Atau, Anda bisa membeli bahan mentahnya, menggorengnya sendiri lalu mengemasnya. Contohnya adalah, membeli mie lidi mentah, menggorengnya sendiri, lalu di kemas dengan taburan balado aneka rasa sesuai takaran yang diinginkan. Dengan harga 1000,- per bungkus, jajanan ini cukup laku di pasaran, baik itu di jual di kantin sekolah, maupun di warung-warung.

6. Bisnis Pulsa

Sekarang, hampir setiap orang memiliki hape. Hape digunakan untuk komunikasi, bisnis dan untuk akses informasi via mesin pencari. Singkatnya, mobile phone saat ini sudah menjadi bagian dari diri sendiri.

Ini adalah peluang besar bagi para Bunda yang ingin bisnis pulsa. Bisnis pulsa tidak harus dengan membuka konter pulsa secara offline. Margin yang di dapat memang tidak banyak namun real-nya bisnis ini cukup tinggi peminatnya.

Ada dua pilihan, membuka bisnis pulsa tanpa harus membuka konter, atau sekalian membuka konter offlinenya. Bagi Anda yang tidak ingin mengeluarkan biaya yang cukup besar, Anda tidak perlu membuka konter offline terlebih dahulu. Cukup siapkan hape untuk transaksi. Promosikan via WA atau secara manual kepada teman dan tetangga.

Sedangkan untuk membuka konter offline, Anda bisa sediakan etalase kecil untuk tempat kartu perdana dan kuota internet. Siapkan banner untuk promosi dan sebagai penanda bahwa Anda sedang membuka bisnis pulsa di rumah. Saat ini, cukup banyak konter hape yang di lengkapi dengan jasa pembayaran listrik, BPJS, dsb. Itu bisa Anda coba karena akan memperluas jangkauan pasar Anda.

7. Hand Made

Lapangan kerja yang cukup menjanjikan bagi para Bunda dan berkesempatan merekrut banyak karyawan adalah membuat kreativitas di rumah. Anda bisa mengembangkan keterampilan yang Anda miliki saat ini seperti dengan membuat bros, tas, sepatu, dsb.

Langkah pertama Anda bisa browsing model bros, tas, dan jenis produk yang diinginkan via internet. Seleksi mana model yang saat ini sedang hit, lalu cek cara pembuatannya via youtube. Tiru dan promosikan via offline dan online.

Biasanya, promosi kerajinan tangan via online seperti media sosial cukup cepat reaksinya. Cukup dengan memposting gambar produk, menerima pesanan model sesuai keinginan klien, dan dengan harga yang cukup kompetitif, produk handmade yang Anda promosikan akan mendapatkan respon yang cukup baik dari calon pembeli. Usahakan agar produk handmade yang Anda buat memiliki keunikan tersendiri sehingga meningkatkan daya beli masyarakat.

8. Jasa Penulisan Artikel

Yup, memiliki keterampilan menulis cocok sekali jika Anda kembangkan untuk membuka lapangan kerja di rumah. Sambil mengawasi si kecil, Anda bisa join penyedia jasa penulisan artikel untuk mendapatkan job. Salary akan di transfer ke rekening Anda sesuai tanggal yang ditentukan. Ada cukup banyak jasa penulisan artikel saat ini, selektif dalam memilih penyedia jasa sangat penting untuk memastikan bahwa partner kerja Anda adalah pihak yang bertanggung jawab.

Jika dirasa margin profit cukup kecil jika Anda join company tertentu, Anda berkesempatan untuk membuka jasa penulisan yang Anda handle sendiri. Untuk proses awal perintisan, Anda bisa tulis sendiri job dari klien yang jumlahnya masih sangat terbatas, sedangkan untuk selanjutnya jika job sudah cukup banyak,  Anda bisa rekrut penulis lain yang bekerja dari tempat masing-masing.

9. Tailor

Tailor memang tidak ada sepinya. Aktivitas yang terkait dengan jahit-menjahit dan permak baju sangat diminati karena masyarakat umumnya mengikuti trend fashion yang sedang berkembang. Ada memang yang lebih suka membeli produk jadi. Namun tidak jarang yang memilih menjahit di tailor agar ukurannya lebih pas dan lebih terjangkau. Keterampilan ini bisa Anda dapatkan dengan mengikuti kursus menjahit selama beberapa bulan saja. Setidaknya meskipun tidak untuk merekrut pelanggan, Anda yang memiliki keterampilan ini bisa membuat desain pakaian sendiri untuk keluarga tercinta.

10. Jasa Pembuatan Website

Mengelola website memang cukup menjanjikan dan banyak sekali peminatnya saat ini. Website digunakan untuk lapak online, dimanfaatkan untuk posting konten dengan niche tertentu, untuk profil lembaga, dst. Bagi Bunda yang memiliki keterampilan di bidang ini, tidak ada salahnya membuka jasa pembuatan website yang marginnya cukup menjanjikan.

Lapangan kerja tidak harus kita dapatkan di luar rumah. Kita bisa ciptakan lapangan kerja di rumah masing-masing dengan beberapa ide kreatif di atas. Sambil mengawasi tumbuh kembang anak, kita tetap bisa produktif ya Bun.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.