Langsing Setelah Melahirkan: 17 Cara Cepat Kembali Ramping Setelah Melahirkan

Posted on

Langsing Setelah Melahirkan

Langsing Setelah Melahirkan 17 Cara Cepat Kembali Ramping Setelah Melahirkan

Perlu usaha ekstra agar tubuh kembali langsing setelah melahirkan. Tidak jarang ibu mengalami tekanan psikis karena kesulitan mengembalikan berat badan. Berikut cara alami yang bisa Anda jalani agar kembali langsing setelah melahirkan.

1. Memperbanyak Aktivitas Fisik

Seorang exercise physiologist di Covington, Renee M. Jeffreys, mengatakan bahwa mayoritas ibu belum siap melakukan latihan fisik khususnya 6 minggu pasca kelahiran si kecil. Mereka umumnya kekurangan waktu tidur yang berpengaruh pada kesulitan melakukan olahraga fisik secara teratur.

Jeffrey menyarankan para ibu yang sekiranya siap melakukan aktivitas fisik segeralah berolahraga. Adapun waktu olahraga yang direkomendasikan adalah jam 8 pagi.

2. Breastfeeding

Menyusui tidak hanya bermanfaat untuk memberikan nutrisi bagi bayi, namun menyusui juga efektif mengembalikan berat badan ibu setelah melahirkan. Ini adalah cara ampuh menurunkan berat badan alami, cepat dan aman karena menyusui membantu membakar kalori tubuh. Adapun kisaran waktu menyusui yang direkomendasikan adalah antara 500 hingga 700 hari atau sekitar 16 sampai 24 bulan.

3. Sebisa Mungkin Hindari Makanan yang Berlemak dan Berkalori

Langsing setelah melahirkan salah satu kuncinya adalah menghindari makanan yang mengandung lemak dan kalori. Menurut seorang Registered Dietition di Phoenix, bernama Tammy Baker, M.S menyatakan, cara efektif mempercepat penurunan berat badan tubuh adalah dengan mengurangi konsumsi makanan berkalori seperti keripik dan soda yang memperlambat kembalinya berat badan pada kondisi semula.

Anda bisa mengganti produk  tersebut dengan konsumsi protein seperiti biji-bijain dan kacang-kacangan, sayur dan buah segar, serta susu yang rendah kadar lemaknya. Riset membuktikan makanan yang mengandung banyak kalsium bisa Anda jadikan alternatif dalam menurunkan berat badan.

Adapun contoh makanan yang efektif menurunkan berat badan adalah seperti seledri, wortel, sereal gandum, susu tanpa lemak, salad dengan kombinasi telur atau ayam, roti gandum, selai kacang, telur matang, kacang almond, dan apel.

4. Lakukan Pernafasan dengan Baik

Bernafas dengan baik adalah cara mudah mengecilkan perut setelah melahirkan. Anda bisa lakukan latihan ini tiga kali sehari masing-masing selama 10 menit. Coba hirup udara melalui hidung lalu tahan di perut dan keluarkan.

Bernafas dengan baik memperbaiki kinerja otak dan menjadikan tubuh terasa lebih santai. Lakukan perlahan sambil merasakan gerak paru dan temukan manfaatnya pada kulit, otak, dan juga pada ketenangan tubuh. Lakukan ini di tempat terbuka di tengah lingkungan yang alami agar udara yang Anda hirup terjamin kebersihannya.

5. Makan dengan Porsi Kecil namun Sering

Makan dengan porsi kecil namun sering berbeda dampaknya pada tubuh dibandingkan jika Anda makan dalam porsi besar namun hanya beberapa kali saja.

Makanan dalam jumlah yang terbatas berarti kadar lemak dan kadar kalorinya pun terbatas. Cara ini efektif dalam mengurangi penumpukan lemak dan kalori dalam tubuh. Namun, untuk menghindari kekurangan kalori yang nantinya diolah menjadi energi, makanlah dengan frekuensi yang sering.

Jeda antara waktu makan sebelum dan sesudahnya memungkinkan tubuh memproses kalori yang ada agar siap untuk menampung masukan kalori selanjutnya tanpa terjadi akumulasi. Makanan yang dikonsumsi dalam porsi besar memungkinkan tubuh mengalami penumpukan lemak dan kolesterol.

6. Banyak Konsumsi Air Putih

Air putih memiliki fungsi penting dalam membersihkan organ tubuh dari racun dan penyakit, seperti pada organ saluran pencernaan. Adapun beberapa fungsi penting lain dari air putih adalah untuk proses hidrasi yang membantu efektifnya proses pencernaan dalam tubuh. Tubuh pun kembali langsing dengan sistem pencernaan yang berjalan lancar.

Air putih efektif dalam membantu menahan rasa lapar dan juga meningkatkan konsentrasi sodium sehingga air keluar bersama toksin yang ada dalam organ pencernaan dalam bentuk urine.

7. Rajin Lakukan Latihan Otot Perut

Metode alami dan simple agar kembali langsing setelah melahirkan adalah dengan melakukan latihan otot perut. Latihan ini dilakukan saat sedang duduk, berbaring, maupun saat sedang berdiri. Caranya? Lakukan latihan penarikan otot perut ke arah dalam dengan cara mengkontraksikannya secara berulang-ulang. Latihan shoulder lift adalah cara efektif melatih otot perut. Untuk melakukannya, Anda hanya perlu alat bantu berupa matras lalu melakukan beberapa tahapan sebagai berikut:

  • Gelar matras, baringkan tubuh diatasnya.
  • Tekuk kaki sekaligus telapaknya dengan ujung jempol menyentuh lantai; hembuskan nafas perlahan dan fokuskan kontraksinya pada otot perut; angkat bagian pundak dan juga dada secara perlahan;
  • Tahan selama beberapa detik pada posisi tersebut, lalu coba turunkan kepala dan pundak tersebut secara perlahan.
  • Ulangi setidaknya 5 kali setiap sesi dan lakukan latihan ini secara rutin.

8. Konsumsi Buah dan Sayur

Langsing setelah melahirkan bisa Anda coba dengan memperbanyak konsumsi buah dan sayur. Buah dan sayur merupakan sumber serat yang membantu mengusir kalori dan lemak menumpuk dalam tubuh. Dokter biasanya merekomendasikan ini untuk ibu hamil pasca melahirkan.

9. Latihan Gerakan Pelvic Tits

Langsing Setelah Melahirkan 17 Cara Cepat Kembali Ramping Setelah Melahirkan3

Jika dokter mengizinkan Anda untuk melakukan gerakan pelvic tits, Anda bisa melakukannya secara rutin agar tubuh kembali langsing setelah melahirkan. Ini bisa dilakukan saat tubuh benar-benar dalam kondisi sehat. Cara melakukannya mudah.

Siapkan matras, lalu berbaringlah di atasnya. Setelah itu letakkan telapak tangan di sebelah kanan dan kiri perut menghadap ke tanah. Tekuk lutut dan angkat pantat hingga sejajar dengan lutut. Jika dilihat hampir menyerupai huruf U terbalik. Tahan selama 10 menit dan lakukan secara rutin.

10. Konsumsi Rebusan Kayu Manis

Riset membuktikan bahwa kayu manis adalah bahan alami yang efektif mengecilkan lemak di bagian perut. Akumulasi lemak di perut bisa Anda basmi dengan bahan alami yang satu ini.

Caranya, siapkan 2 liter air, 3 cengkeh, dan 3 inchi kayu manis. Rebus secara bersamaan hingga mendidih dan hanya tersisa setengahnya saja atau kurang lebih selama 10 menit. Minum saat hangat selama 40 hari berturut-turut. Untuk menambah cita rasanya, coba tambahkan madu murni.

11. Konsumsi Sayur dan Sup

Sayuran dan sop adalah dua makanan yang direkomendasikan pasca melahirkan. Sayuran yang disarankan adalah seperti sop, kubis, kale, wortel, dan sebagainya. Sedangkan supnya adalah sayuran berkaldu.

Di dalam sayur dan sup, terdapat nutrisi penting berupa fitonutrien. Kandungan tersebut efektif dalam mengecilkan lemak perut, dan bisa menjadi alternatif pilihan Anda untuk mengecilkan perut selepas melahirkan.

12. Pakai Korset

Ada banyak model korset, mulai dari korset tradisional hingga modern. Tujuan pemakaian korset ini adalah untuk membantu mengecilkan perut para ibu setelah melahirkan.  Pemakaian korset efektif mengecilkan perut, menjaga otot perut kembali ke bentuk semula dan mengurangi pembengkakan. Biasanya, korset dipakai selama 3 bulan setelah melahirkan dengan tujuan mendukung fungsi punggung dan meratakan perut di masa-masa awal pasca melahirkan.

13. Senam Kegel

Untuk mengencangkan otot panggul bagian bawah, jenis senam yang bisa Anda lakukan adalah senam kegel. Senam ini bagus sekali untuk mengencangkan otot pada kantong kemih, usus besar dan juga bagian bawah rahim.

Anda bisa lakukan senam yang mudah ini di rumah, caranya:

  • Ketahui dimanakah lokasi otot panggul bagian bawah Anda. Caranya adalah, hentikan keluarnya urine untuk mendeteksi lokasinya. Otot yang fungsinya sebagai penahan urine tersebut adalah otot panggul bawah.
  • Kosongkan kantung kemih dengan menyelesaikan pembuangan urine. Berbaringlah, dan coba kencangkan otot panggul bagian bawah. Tahan selama 5 detik lamanya dan lakukan sampai 5 kali. Jika sudah terbiasa, Anda bisa meningkatkan durasi tersebut sampai dengan 10 detik atau bahkan lebih.
  • Coba selalu menjaga pernafasan dengan baik saat proses ini dilakukan dan usahakan agar Anda tidak mengencangkan otot bagian pantat, paha, maupun otot bagian perut.
  • Langsing setelah melahirkan bisa Anda rasakan setelah rutin melakukan senam kegel ini selama 10 hari dengan frekuensi 3x per hari.

14. Konsumsi Ramuan Kunyit Asam

Kunyit asam adalah bahan herbal yang kaya akan manfaat. Salah satunya adalah untuk membantu tubuh kembali langsing setelah melahirkan. Anda bisa menambahkan bahan herbal asam agar lebih manjur.

Bahan-bahan yang harus disiapkan adalah 4 ruas kunyit yang telah di kupas dan di cuci bersih. Setelah itu, parut dan peras hingga Anda dapatkan sarinya saja. Tambahkan asam secukupnya dan 4 gram gula jawa. Rebus dengan air hingga mendidih lalu biarkan hangat. Saring dan minumlah sarinya saja. Jika Anda ingin agar perut langsing dengan cepat, Anda bisa mengonsumsinya setiap hari dan rasakan perubahannya.

15. Lulur Kulit Pisang

Bahan alami yang efektif membantu mengecilkan perut pasca melahirkan adalah dengan menggunakan lulur kulit pisang. Cara pembuatannya cukup mudah, yaitu dengan:

  • Siapkan kulit pisang (pisang jenis apapun) lalu cucilah sampai bersih. Tidak usah terlalu banyak. Anda bisa menyiapkan secukupnya saja.
  • Kukus kulit pisang lebih kurang selama 25 menit lalu siram dengan menggunakan minyak kayu putih atau dengan menggunakan air perasan jeruk nipis.
  • Setelah selesai proses pengukusan, letakkan kulit pisang di sebuah wadah, lalu tumbuk hingga halus. Balurkan lulur pisang tersebut pada perut Anda.

16. Konsumsi Teh Hijau Tawar

Anda bisa manfaatkan teh hijau tawar untuk menurunkan berat badan dengan cepat setelah melahirkan. Riset membuktikan bahwa teh hijau tawar efektif menurunkan berat badan dan mempercepat metabolisme lemak dalam tubuh sehingga tubuh tidak mengalami penumpukan lemak di dalamnya. Otomatis, lemak yang menumpuk di area perut perlahan kabur. Dalam teh hijau tawar, terdapat zat antioksidan yang efektif dalam mencegah kanker, menjaga kulit, dan juga mengusir kolesterol jahat dalam tubuh.

17. Kombinasi Teh dan Jeruk Nipis

Tidak hanya teh hijau, Anda bisa memanfaatkan perpaduan antara teh tawar dan jeruk nipis. Anda bisa masukkan sari jeruk nipis pada secangkir teh hangat yang Anda seduh. Bagaimana cara pembuatannya? Siapkan 3 sendok teh, 1 buah jeruk nipis dan segelas air.

Adapun cara menyeduhnya adalah dengan menyeduh teh terlebih dahulu. Biarkan hangat lalu masukkan sari perasan jeruk nipis. Usahakan untuk tidak mencampurnya saat teh dalam kondisi panas agar vitamin yang terdapat dalam jeruk nipis tidak rusak. Tunggu beberapa waktu hingga agak dingin. Minum ramuan herbal ini 2x sehari secara rutin untuk kembali langsing setelah melahirkan.

Para ibu tentu ingin kembali menawan setelah melahirkan. Langsing setelah melahirkan bisa Anda usahakan dengan cara alami tersebut. Bentuk tubuh yang ideal tentu membuat Anda lebih percaya diri pada setiap kesempatan.

 

 

One thought on “Langsing Setelah Melahirkan: 17 Cara Cepat Kembali Ramping Setelah Melahirkan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.