10 Ciri Khas Kuliner yang Disukai Keluarga Indonesia

Posted on

Keluarga Indonesia

10 Ciri Khas Kuliner yang Disukai Keluarga Indonesia

Keluarga Indonesia memang totalitas dalam memasak dan juga memilih kuliner untuk disantap. Ya, apa guna bekerja hingga lupa waktu jika makanan tidak terasa lezat di lidah. Momen makan adalah momen memanjakan diri dengan beragam kuliner yang ada di nusantara baik itu yang didapat dengan cara membeli ataukah dengan cara dimasak sendiri . Serunya menjadi keluarga Indonesia adalah, Anda akan temukan beragam kuliner yang ada mulai dari Sabang hingga Merauke. Kuliner tersebut memiliki cita rasa tersendiri sesuai dengan tempat asalnya masing-masing.

Keluarga Indonesia menyukai makanan dengan cita rasa tertentu. Makanan ini menjadi makanan khas yang bahkan saat Anda sekeluarga melancong ke luar negeri akan selalu merindukan makanan Indonesia. Banyak turis yang jatuh cinta dengan masakan khas Indonesia baik saat berada sementara disini atau memilih menetap di Indonesia. Nah, ngomong-ngomong mengenai makanan khas Indonesia, Anda akan temukan cita rasa masakan keluarga Indonesia seperti berikut ini;

 1.   Banyak Bumbu

Indonesia adalah negara yang berada di garis katulistiwa, memiliki dua musim yaitu musim panas dan musim dingin dengan beragam rempah yang menjadi incaran penjajah jaman dulu. Lidah orang Indonesia segera bisa mendeteksi makanan yang kurang bumbu, makanan yang pas racikan bumbunya, atau makanan yang kebanyakan bumbu. Harga bumbu di Indonesia khususnya di daerah pedesaan cukup terjangkau. Apalagi jika rempah tersebut ditanam sendiri di pekarangan masing-masing, gratis!. Ungkapan masyarakat pedesaan yang sering terlontar adalah “nggak pegang uang nggak apa-apa yang penting ada beras dan lengkap bumbunya”. Begitulah pentingnya bumbu yang meski tidak ada lauknya sekalipun bisa digunakan untuk sambal sebagai pemberi rasa pedas pada nasi.                                

Gemah ripah loh jinawe, Indonesia adalah negara yang penuh berkah beragam tanaman karena tanahnya yang subur. Bumbu apapun ada disini.  Keluarga Indonesia dengan ibu yang pandai memasak mencoba mengkombinasikan beragam bumbu untuk memberikan cita rasa yang lezat pada masakan. Yang jelas, kurang bumbu rasanya akan hambar. Mayoritas keluarga Indonesia suka totalitas dalam meracik, pas pedasnya, pas gurihnya, dan pas manisnya. Bahkan, ibu-ibu rumah tangga yang gemar masak mampu mendeteksi apa bumbu yang kurang dari masakan itu, karena memang setiap bumbu memberikan cita rasa yang berbeda-beda. Semakin banyak bumbunya, semakin terasa nikmat masakannya, tentunya dengan tetap mempertimbangkan porsinya.

2.   Totalitas Rasa

Selain bumbu yang banyak , ada cita rasa yang total yang ditonjolkan. Baik itu rasa manis yang mantap, rasa pedas yang luar biasa, dan rasa gurih yang bikin nagih. Tidak ada kata setengah-setengah di lidah keluarga Indonesia. Untuk itu, cara masaknya pun tidak boleh setengah-setengah. Jika setengah-setengah, segera keluarga Indonesia akan complain dengan berkata “masakanya kurang mak nyus!”. Jika seharusnya masakan tertentu diolah dengan rasa yang pedas, masakan tersebut akan disebut nikmat jika diolah dengan rasa pedas yang lekat. Kue yang identik dengan rasa manis harus diolah dengan tambahan gula yang banyak agar terasa nikmat dan tidak setengah-setengah manisnya, dan peyek yang biasa disajikan dengan rasa gurih harus disuguhkan dalam keadaan yang demikian pula. Itu baru yang dinamakan masakan mantap khas keluarga Indonesia.

3.    Bersantan

10 ciri khas kuliner yang disukai keluarga Indonesia 2

Masakan bersantan cukup digemari oleh keluarga Indonesia. Masakan ini terasa nikmat saat disantap dan ada sedikit rasa gurih. Kue yang ditambahkan santan ke dalamnya terasa lebih nikmat dan gurih. Sayur yang biasanya disajikan dengan tambahan bahan santan terasa lebih lezat, dan minuman yang bersantan semacam es campur kurang lengkap tanpa santan.  Santan adalah bahan masakan alami yang meningkatkan rasa nikmat pada menu masakan yang Anda kelola. Mereka yang cenderung menyukai makanan bersantan mulai dari makanan berat hingga makanan ringannya akan memilih makanan yang terdapat bahan dasar makanan yang satu ini dan tidak ingin beralih pada yang lain.

4.   Berlemak

Santan yang dikonsumsi dengan porsi yang cukup dan intensitasnya tidak sering tidak akan menyebabkan penyakit. Namun saat dikonsumsi berlebihan, akan menyebabkan penyakit seperti asam urat misalnya. Itulah fakta mengenai makanan bersantan, meski tidak begitu disarankan oleh dunia kesehatan, namun tidak seorangpun yang kuasa menolak rasa nikmatnya, termasuk saya, hehe. Selain makanan bersantan, jenis makanan lain yang juga berpotensi menyebabkan penyakit jika dikonsumsi secara berlebihan adalah makanan berlemak. Ya, makanan berlemak adalah makanan yang nikmat saat disantap, sebut saja bakso, kikil, rendang, gulai, dan sebagainya. Semua dari kita pasti terbayang nikmatnya menyantap makanan berlemak. Bakso adalah salah satu makanan berlemak favorit keluarga Indonesia yang juga membuat para turis asing jatuh cinta. Memang itulah daya pikat makanan berlemak.

5.    Kombinasi Banyak Bahan

Ciri khas kuliner Indonesia yang satu ini relatif, sebagian ada yang suka makanan yang simple dan sebagian yang lain ada yang suka kombinasi dari banyak bahan sekaligus. Salah satu makanan yang mengandung kombinasi banyak bahan di dalamnya adalah gado-gado. Ya, gado-gado adalah salah satu contoh makanan yang di dalamnya mengandung banyak campuran bahan makanan dengan bumbu khas rempah Indonesia. Selain gado-gado, rujak adalah jenis makanan yang dibuat dengan banyak kombinasi bahan makanan seklaigus .

6.    Gorengan

Siapa yang tidak suka dengan menu makanan yang satu ini. Makanan ini adalah makanan ringan favorit mayoritas keluarga Indonesia. Gorengan adalah cemilan yang paling banyak diburu utamanya saat bulan puasa. Meski gorengan bukan makanan yang menyehatkan, namun nyatanya makanan ini tetap laris manis di pasaran. Penjualnya biasanya berjajar di trotoar dengan membawa gerobak, di warung-warung, di kios-kios, dan sebagainya. Menu gorengan menyesuaikan dengan daerah masing-masing, namun yang pasti, menu gorengan yang tidak boleh ketinggalan adalah tempe goreng, pisang goreng, tahu isi, dan tahu goreng. Untuk jenis gorengan yang gurih, biasanya dikonsumsi dengan ditambah cabe dan petis yang dicampur bumbu agar lebih terasa. Makanan ini berfungsi tidak hanya sebagai cemilan, tetapi juga sebagai  sarapan pengganjal perut di pagi hari. Gorengan akan sangat nikmat jika dikonsumsi dalam keadaan hangat-hangat kuku.

7.   Rempah-rempah Indonesia sebagai Andalan

Selanjutnya, ada perbedaan yang mencolok antara masakan Indonesia dan makanan luar negeri. Makanan Indonesia identik dengan bumbu rempah Indonesia, sebut saja cabe, bawang merah, bawang putih, jinten, lengkuas, jahe, kunyit, dan sebagainya. Inilah yang memberikan cita rasa yang komplit dan nikmat luar biasa saat dikonsumsi. Rempah-rempah khas Indonesia itu akan memberikan aroma sedap, dan cita rasa yang gurih pada masakan favorit keluarga Indonesia. Rempah tersebut selalu ada di dapur ibu-ibu Indonesia dengan harga yang cukup ekonomis.

8.   Tidak hambar

Keluarga Indonesia saat mengonsumsi makanan yang hambar rasanya akan segera berkomentar bahwa masakan tersebut hambar dan tidak cocok di lidah. Kenapa demikian? karena keluarga Indonesia tidak lepas dari penggunaan bumbu dapur yang total dalam setiap masakan. Jika masakan tertentu diolah dengan rasa yang pedas, akan total pedasnya, demikian juga jika diolah dengan rasa yang asin maupun yang manis. Makanan yang rasanya hambar kurang diminati.

9.   Mengenyangkan

Keluarga Indonesia apalagi yang tinggal di daerah pedesaan lebih suka makanan yang mengenyangkan. Meski tidak begitu nikmat, namun jika mengenyangkan akan terasa penuh di perut dan supply energi akan bertambah seketika. Energi ini digunakan untuk bekerja. Mereka yang terbiasa dengan mata pencaharian di ladang, sawah, atau pekarangan umumnya lebih memilih makanan yang mengenyangkan sebab akan banyak tenaga yang dikuras untuk mata pencaharian itu. Makan dengan porsi nasi yang banyak lebih dicari dibandingkan makan makanan khas kelas elite namun sedikit dan tidak mengenyangkan.

10. Penampilan yang Menarik

Penampilan menu makanan yang menarik akan memberikan kesan tersendiri bagi siapa saja yang menyaksikan. Salah satu ciri khas makanan keluarga Indonesia khususnya makanan tradisionalnya adalah memiliki tampilan yang menarik dan enak untuk dipandang. Salah satu contohnya adalah makanan khas tumpeng yang disajikan pada saat ada hajatan. Tumpeng menjadi semakin menarik dengan hiasan lauk pauk, kombinasi warna dari sayuran yang disusun manis, dengan unsur nutrisi yang komplit. Tidak hanya rasanya saja yang nikmat, namun nilai seni juga dipertimbangkan disini. Saat membuat aneka kue dari bahan dasar tepung-tepungan misalnya, warna yang dipilih pun disesuaikan dengan nilai estetika yang dimunculkan. Nasi goreng yang sangat digemaripun, ada cara tersendiri agar membuat tampilannya semakin menarik, seperti dengan menambahkan bahan makanan lain seperti timun, cabe merah besar, udang, dan sebagainya.

Kuliner Indonesia yang Banyak Diminati

  • Menu makanan favorit keluarga Indonesia cukup banyak, salah satunya katakanlah bakso yang ditemukan di hampir setiap provinsi di Indonesia. Bakso identik dengan daging yang dihaluskan lalu ditambahkan tepung dan bumbu, setelah itu dibentuk menjadi bulat atau sesuai selera. Saat ini, bakso hadir dengan beragam bentuk dan juga inovasi, sebut saja bakso kecil, bakso jumbo, bakso beranak, bakso mercon, dan sebagainya. Jika tubuh masih dalam kondisi sehat, asam urat dan kolesterol masih normal, setiap orang gemar sekali menyantap bakso.
  • Selain bakso, ada pula nasi goreng dengan bahan dasar nasi yang digoreng dengan tambahan bumbu. Nasi goreng yang terasa biasa menjadi istimewa jika paduan bumbu yang digunakan pas, tampilannya menarik dan campuran lauknya sesuai selera, misalkan suwiran ayam, telur, atau daging.
  • Sate adalah makanan yang praktis. Sate diolah dari bahan dasar daging baik itu daging sapi, daging kambing maupun daging ayam yang di olah dengan cara dipanggang. Yang membuat sate terasa lezat adalah bumbunya, dimana bumbu itu merupakan kombinasi kacang, kecap, dengan tambahan bumbu lain yang diramu dengan pas sehingga meningkatkan cita rasa sate.
  • Keluarga Indonesia tentunya familiar dengan makanan yang satu ini, soto namanya. Soto identik dengan kuahnya yang segar dengan warna yang bening. Ada banyak suwiran ayam, daging sapi, atau kulit sapi sesuai dengan jenis sotonya. Biasanya dikonsumsi dengan ditambah nasi atau lontong agar lebih kenyang.
  • Keluarga Indonesia menjadikan kuliner rawon untuk menu hajatan. Bumbu yang wajib ada pada masakan ini adalah kluwek dan jinten yang memberikan warna hitam dan aroma yang kuat. Rawon biasanya berisi daging kambing atau daging sapi.

Bicara kuliner keluarga Indonesia tidak akan habis dalam sekali obrolan. Kuliner Indonesia sangat kaya dengan cita rasa yang kuat. Di waktu senggang, mencicipi kuliner Indonesia akan menjadi ide yang menarik. Coba rencanakan tour kuliner saat liburan bersama keluarga agar waktu liburan Anda semakin berwarna.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.