12 Kiat Sukses di Bidang Perdagangan, Begini Caranya!

Posted on

Perdagangan

12 Kiat Sukses di Bidang Perdagangan, Begini Caranya!

Memiliki pekerjaan formal dengan fasilitas pensiunan memang enak. Namun, income kita terprediksi setiap bulannya. Income yang tetap, saat masih single dan tidak banyak keperluan tampaknya aman-aman saja. Lain halnya saat kebutuhan menghimpit dari arah mana saja, income yang pas-pasan itu jauh dari kata cukup.

Salah satu cara agar lebih cepat makmur adalah melalui perdagangan. Baiklah, pada bahasan kali ini kita tanggalkan dulu bahasan kebangkrutan dalam berdagang ya. Mari kita berkaca pada kesuksesan para pebisnis yang dahulu merintis karirnya dari 0. Apa yang mereka lakukan untuk meraih kesuksesan di bidang perdagangan itu.

Perusahaan yang bergerak di bidang produksi barang atau jasa sederhananya bisa kita sebut sebagai pedagang. Mereka menjual kembali barang atau jasanya kepada klien, hanya saja cakupannya lebih luas jika dibandingkan dengan pedagang kaki lima, atau pemilik toko kecil di sebuah pedesaan. Saya rasa kita setuju dengan gambaran saya tentang perdagangan ini.

Rumus perdagangan adalah, mengambil laba dari produk atau jasa yang dijual. Mengambil laba tidak harus banyak. Semakin banyak yang terjual, semakin banyak laba yang di dapat. Jika menjadi staf di lembaga formal itu incomenya terprediksikan, tidak begitu dengan perdagangan. Di awal proses perintisan bisa jadi pendapatan kita defisit, namun saat mulai berjalan, dan paham strategi apa saja yang harus dikembangkan, bisnis yang kita kelola akan melejit secepat kilat.

Tidak heran jika dara muda saat ini banyak yang menekuni bidang perdagangan dengan jujur dan tekun. Proses berkembangnya perdagangan umumnya tidak lama. Dalam jangka waktu dua tiga tahun sudah tampak progresnya asal strategi yang Anda terapkan tepat. Bagaimana caranya? Kira-kira begini!

1. Buat visi yang jelas

Visi yang kita miliki adalah pengarah bagi kita untuk berjalan lebih jauh lagi. Saat ada yang salah dengan proses yang kita jalani, kita ingin beralih pada yang lain, dan berhenti di tengah perjalanan, kita akan mengingat visi tersebut.

Visi akan memperkuat perjalanan kita agar tetap berada pada track yang tepat. Visi tersebut merupakan fondasi dalam menjalankan bisnis, menjadi pencerah, dan menjadi penunjuk arah saat kita salah jalur. Visi tidak sekedar imajinasi, visi adalah pencerah yang akan kita wujudkan untuk mencapai cita-cita tersebut.

2. Tekun meraih visi dan misi itu

Visi dan misi tersebut harus dijalankan dengan tekun. Apapun yang terjadi di depan, entah itu kita akan mendapatkan kemenangan, atau sebaliknya kita akan dirundung kekalahan, kita harus tetap maju agar bidang perdagangan yang kita tekuni sampai pada tujuan yang diinginkan. Keinginan untuk maju inilah yang harus mengalahkan rasa takut akan tidak sukses, dan rasa tidak nyaman yang mengelilingi proses pencapaian visi tersebut.

Saat merintis sebuah bisnis perdagangan, beberapa orang di sekitar kita akan berkomentar dengan mudah. Ada yang mencoba mengatur dan mencampuri, ada yang menurunkan semangat dan menakut-nakuti. Apapun itu, kembalikan pada visi awal bergelut di dunia perdagangan. Bersikaplah tekun dalam meraih apa yang ingin di cita-citakan, berfikir positif dan usaha semaksimal mungkin, serta sertai dengan doa.

3. Buat rencana, tapi fleksible aja ya

Berkecimpung dalam dunia bisnis dan perdagangan sudah pasti kita membutuhkan perencanaan yang matang. Perencanaan tersebut mengarahkan kita untuk mempermudah mengambil apa langkah selanjutnya yang akan kita ambil, mengurangi potensi kerugian, dan mempercepat tercapainya visi yang ingin kita capai.

Libatkan seseorang untuk membantu membuat perencanaan. Seseorang tersebut adalah orang yang berpengalaman di bidang manajemen dan pengelolaan keuangan. Untuk tahap awal, cobalah membuat perencanaan dalam bentuk garis besar saja.

Sementara jangan membuat perencanaan yang terlalu detail. Kemungkinan di tengah perjalanan kita membutuhkan banyak pembaharuan yang disesuaikan dengan situasi dan kondisi yang sedang dihadapi. Be flexible di tahap awal perencanaan. Buatlah gambaran proses perjalanan dalam garis besar terlebih dahulu sebelum membuat rincian detailnya.

Bisa jadi, di tahap awal ini akan ada banyak perubahan yang tidak hanya dalam bentuk perubahan kecil, tetapi merubah kerangka rencana proses secara keseluruhan. Akan sangat banyak waktu dan tenaga yang terbuang jika sampai itulah yang terjadi.

4. Maksimalkan Keahlian

Sebagai manusia kita sadar bahwa, kita tidak bisa menekuni segala bidang sendirian dalam keterbatasan waktu yang kita miliki. Ini harus kita sadari, jangan sampai kita merengkuh semua pekerjaan sekaligus dengan hasil yang kurang maksimal dalam setiap elemen bisnis yang sedang kita kembangkan.

Sadari bahwa dengan bekerja sama, usaha perdagangan kita akan maju dengan pesat. Maksimalkan keahlian dan perkuat sisi unggul tersebut agar semakin terasah. Hire staf untuk handle bidang yang kurang dikuasai agar kemajuan bisnis perdagangan Anda semakin pesat. Hindari keinginan untuk ingin melakukan segala sesuatu sendirian sebab ini akan mengurangi fokus Anda dan akibatnya kita tidak akan mahir di bidang apapun.

5. Hindari Meng-forsir Pikiran

Kesehatan adalah hal terpenting dan utama dalam kehidupan. Jika kita merancang bisnis sebaik-baiknya namun kita mengalami masalah dengan jantung, masalah dengan lambung, dan organ tubuh yang lain, kita tidak bisa menikmati jerih payah tersebut selayaknya manusia sehat pada umumnya.

Selalu perhatikan kebiasan makan makanan yang sehat. Biasakan konsumsi makanan yang kaya sayur dan serat, hindari jenis makanan yang kaya lemak jahat, dan biasakan tidur cukup setiap harinya. Selalu miliki quality time bersama keluarga dengan melempar canda tawa bersama kids dan wife, serta sharing cerita-cerita lucu meski hanya sebentar saja.

Percayalah, mengorbankan kesehatan fisik dan mental hanya untuk mengembangkan perdagangan yang kita agendakan, menjadikan fikiran terforsir dan kesehatan terganggu. Ada satu hal yang kita abaikan disini, yaitu kebahagiaan dan menikmati hidup senyaman mungkin.

6. Tetap Humoris

12 Kiat Sukses di Bidang Perdagangan, Begini Caranya!

Jika kita melewatkan hari-hari tanpa senyum dan canda tawa, sama halnya kita sedang bersiap untuk stres. Hello, ini hanya kehidupan yang sementara yang semestinya kita jalani dengan rileks dan riang gembira guys. Ingat apa kejadian lucu yang terjadi pada hari itu. Ceritakan pada istri atau keluarga di rumah menjelang tidur. Abaikan kejadian yang menyedot banyak tenaga dan pikiran.

Tertawa adalah cara mudah dalam mengatasi kepenatan, mengobati stres dan menyadari fakta bahwa ini hanyalah kehidupan yang tidak semestinya kita menyikapinya dengan amat sangat serius. Usahakan agar di lingkungan bisnis perdagangan yang sedang dirintis, Anda tampak sebagai pribadi yang cool dan berwibawa, tidak emosional, dan memiliki mentalitas yang kuat dan layak untuk menjadi seorang pemimpin. Selain kriteria kepemimpinan profesional tersebut, selipkan karakter yang hangat dan menyenangkan bahwa Anda tidak hanya tegas dan berwibawa, tetapi juga humoris dan hangat.

7. Teroganisir

Rencana yang sudah dibuat baiknya di organisir dengan baik. Tentukan penanggung jawab kegiatannya, bagaimana proses berlangsugnya aktivitas tersebut, dan kapan akan dilaksanakan. Dengan memberi penanggung jawab untuk masing-masing kegiatan, kegiatan tersebut akan terlaksana dengan baik. Rencanakan segala sesuatunya dengan matang dan terorganisir agar tujuan dari bisnis perdagangan semakin cepat tercapai.

Beri penanggung jawab untuk masing-masing elemen yang ada. Mulai dari pihak marketing, pihak produksi, quality control, dan sebagainya. Kita tidak bisa menghandle segala sesuatunya sendirian dan perlu tim yang solid dan terorganisir untuk mewujudkan hal itu.

8. Analisis Pesaing Anda

Saat ini, perdagangan baik produk maupun jasa yang kita kelola mungkin sedang sepi. Untuk itu, Anda perlu cara bagaimana agar bisnis yang sepi itu mendapatkan apresiasi publik. Salah satunya adalah dengan menganalis tips dan trik dari pesaing masing-masing.

Cobalah untuk menganalisis apa kelebihan pesaing baik itu dari website yang dimiliki atau dari membaca produk atau jasa yang disediakan. Tidak masalah kita mengimitasi trik yang mereka gunakan agar produk atau jasa dari bisnis perdagangan kita naik popularitasnya.

9. Kreatif

Ya, sebagai pebisnis, apalagi jika produk atau jasa yang kita tekuni tersebut memiliki tema yang sama dengan pebisnis lain yang kebetulan berada pada area yang sama, sangat disarankan agar kita memiliki keunikan tersendiri dalam menjual produk atau jasa.

Usahakan agar produk atau jasa yang kita jual itu tidak sama dengan milik orang lain. Atau, usahakan agar ada sisi kreativitas yang Anda tonjolkan sehingga produk atau jasa Anda tawarkan tampak unik di depan publik. Kreativitas tersebut bisa jadi dari sisi produk atau jasa yang saat ini Anda jual, atau bisa jadi dari sisi cara marketingnya yang unik sehingga masyarakat terkesan, dan membeli barang tersebut.

10. Fokus dan Konsisten

Dua kunci sukses yang utama adalah fokus dan konsisten.  Ada saatnya mungkin barang dan jasa yang Anda tawarkan sedang up dan sedang down. Fokus pada satu produk terlebih dahulu dan konsisten mempromosikannya apapun hasilnya di awal. Jika sudah stabil kondisinya, kita bisa mengembangkannya ke produk atau jasa lain yang serumpun. Atau, kita bisa memproduksinya dengan kuantitas yang lebih banyak dan lebih bervariasi lagi.

11. Pelayanan Maksimal

Sebagai penyedia produk maupun jasa di bidang perdagangan, kita tentu wajib memberikan pelayanan yang maksimal. Ini adalah cara agar bisnis yang kita tekuni berjalan dengan lancar. Berikan pelayanan terbaik saat berinteraksi langsung dengan para pembeli. Pastikan produk maupun jasa yang kita jual dalam kondisi bagus, tidak banyak cacat, menerima return jika barang memang tidak sesuai dengan ekspektasi pelanggan (khususnya untuk penjualan via online).

Pelayanan yang maksimal yang Anda berikan ini nantinya berpengaruh pada keinginan pembeli untuk ingin kembali membeli barang atau jasa yang Anda jual. Pembeli yang puas dengan pelayanan Anda akan repeat order dan mempromosikan barang Anda kepada teman atau kepada kerabatnya. Kekuatan pembeli yang puas dengan produk atau jasa yang ada pada bisnis perdagangan Anda secara tidak langsung mendatangkan konsumen baru sehingga semakin banyak konsumen yang bertandang ke bisnis Anda.

12. Bersiaplah untuk Berkorban

Salah satu cara menimang hati konsumen adalah dengan sesekali berkorban untuk mereka. Di momen-momen tertentu, usahakan untuk memberikan diskon, memberikan reward, bagi konsumen setia dan yang kebetulan membeli pada momen diskon itu. Ini merupakan trik yang umum diberikan pada setiap bisnis perdagangan untuk mendongkrak penjualan. Kita tidak harus selalu mendapatkan profit yang besar untuk menimang hati konsumen. Sesekali rugi tidak masalah untuk menjamin eksistensi dan kontinyuitas dalam bidang perdagangan yang Anda rintis dan kembangkan saat  ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.