Kerja dari Rumah? Ini 10 Alasan Para Mommy Sebaiknya Bekerja dari Rumah!

Posted on

Kerja dari rumah

Kerja dari Rumah Ini 10 Alasan Para Mommy Sebaiknya Bekerja dari Rumah!

Bicara kerja dari rumah, apa yang ada dalam pikiran Anda? bagi saya pribadi, kerja dari rumah adalah kesempatan yang tepat bagi para ibu yang ingin menjalankan fungsinya di ranah domestik dengan baik namun tetap mandiri secara finansial.

Frase “kerja dari rumah” adalah ide yang menyenangkan untuk dijalani. Namun tidak banyak yang berani mengambil keputusan sebesar ini, apalagi sampai resign dari kantor yang menjanjikan gaji yang mantap setiap bulannya. Namun, bagi mereka yang menginginkan kebebasan, keputusan untuk kerja dari rumah adalah keputusan yang berani dan harus dimulai saat ini.

Dahulu, bekerja identik dengan keluar rumah, harus ngantor, seragam necis lengkap dengan sepatu high heels dan tas classy. Berangkat jam 7 pagi, pulang jam 7 malam. Capek? Jangan ditanya lagi!

Seiring berkembangnya teknologi, ada banyak kesempatan untuk mendapatkan income dari rumah masing-masing. Disini kecanggihan teknologi sangat membantu khususnya bagi para ibu yang tidak ingin meninggalkan buah hatinya di rumah.

Selain teknologi, kreativitas sangat berperan disini. Ibu-ibu yang mendayagunakan kreativitasnya bisa menjadi sumber pendapatan yang melimpah dengan modal minim dengan bekerja dari rumah.

Atau bagi Anda para ibu yang sekaligus berprofesi sebagai wanita karir dan sedang galau memilih antara “kantor” dan “rumah”, Anda bisa pertimbangkan alasan berikut ini. Simak ya!

1. Mengontrol Jadwal Sendiri

Hal pertama yang menarik dari konsep kerja dari rumah adalah berkesempatan untuk mengontrol jadwalnya sendiri. Contohnya, adik sepupu saya yang baru lulus dari jurusan Elektronika Instrumentasi universitas ternama di Jogjakarta.

Meski masih fresh gaduate dan kerja dari rumah dengan job membuat aplikasi untuk gadget, dia mampu mengantongi puluhan juta setiap bulannya. Apa yang dia lakukan? Yang jelas dia break saat sedang capek, tidak lupa tidur siang, saat jenuh dia jalan-jalan dan refreshing. What a nice day!

Apakah  Anda berkesempatan tidur siang di kantor? tentu tidak!. Saat ngantuk Anda harus berusaha bagaimana caranya agar rasa ngantuk itu hilang hingga waktunya jam pulang. Kerja dari rumah memungkinkan Anda untuk memenuhi kebutuhan personal dan juga kebutuhan keluarga Anda, terutama si kecil. Jika Anda tidak menyelesaikan deadline hari ini, segera re-schedule, dan patuhi jadwal baru yang sudah Anda buat agar tidak menumpuk di akhir bulan.

2. Punya Banyak Waktu untuk Parenting dan Melakukan Hal-hal yang Sifatnya Pribadi

Jelas sekali!, saat Anda bekerja seharian penuh di kantor, apakah Anda leluasa menggendong si kecil saat sedang menangis? Apakah Anda bisa tidur siang saat sedang mengantuk? Tentu tidak!

Kerja dari rumah memberikan kesempatan bagi Anda untuk melakukan itu. Anda bisa mengedukasi si kecil dengan wawasan parenting yang Anda miliki. Anda tidak kehilangan momen tumbuh kembang anak. Sebagai seorang ibu, Anda tidak mengalihkan pekerjaan mulia itu pada asisten rumah tangga yang entah bagaimana karakter, keilmuan dan etikanya.

Saat Anda bosan, kerja dari rumah memberi kesempatan bagi Anda untuk melakukan hal menyenangkan yang Anda inginkan saat itu juga. Ini adalah cara untuk menyegarkan mood agar kembali bersemangat saat bekerja.

Penting bagi ibu muda seperti Anda yang tidak ingin kehilangan momen parenting untuk menjalankan ide cerdas ini. Parenting yang baik memiliki efek jangka panjang pada pembentukan karakter anak dan tidak bisa diwakili oleh asisten rumah tangga masing-masing.

Begitu juga dengan kebahagiaan personal Anda. Life is only once. Yang hanya sekali itu sebaiknya kita manfaatkan dengan menemukan kebahagiaan diri dan tidak senantiasa tertekan dan berada di bawah kendali orang lain.

3. Mendapatkan Uang dari Sesuatu yang Menyenangkan yang Anda Lakukan

Saat mencari kerja di luar, salah satu pertimbangannya adalah Anda mencari pekerjaan yang sesuai dengan jurusan atau passion Anda. Banyak pula yang memilih pekerjaan tertentu karena kebutuhan finansial dan akhirnya tidak nyaman menjalaninya.

Selain faktor tersebut, faktor lain yang berpengaruh pada nyaman tidaknya Anda saat bekerja  adalah kondusif tidaknya lingkungan tempat Anda bekerja. Entah dari faktor teman, fasilitas yang tersedia, dan karakter dari big boss yang tidak selamanya staf cocok menjadi bawahannya.

Kerja dari rumah membuka kesempatan bagi Anda yang ingin mendapatkan income sesuai dengan hobby atau bakat masing-masing. Hobby nulis? Anda bisa make money online dengan menjadi content writer, penerjemah, blogger, dan masih banyak lagi. Atau, Anda bisa membuka bisnis offline maupun online dengan produk atau jasa yang dijual sesuai dengan passion masing-masing.

4. Mengontrol Pendapatan Pribadi Anda

Banyak orang memilih untuk tidak memulai bisnis atau kerja dari rumah karena mereka khawatir tidak mendapatkan income bulanan yang konsisten, dan takut akan kerugian bisnis yang baru saja di rintis. Terkait dengan hal itu, pada dasarnya Anda sedang menghadapi teka-teki yang harus dipecahkan dan dicarikan jawabannya.

Dibalik teka teki tersebut, ada dua kemungkinan. Anda akan mengalami defisit seperti yang diprediksi. Atau, jika Anda optimis dan konsisten menjalankan bisnis tersebut, lambat laun income yang Anda dapatkan akan naik berkali-kali lipat.

Anda tidak lagi dipusingkan dengan income yang pas-pasan. Anda bisa mengontrol seberapa pendapatan yang Anda peroleh dengan mempertimbangkan faktor produksi, proses produksi, branding, dsb.

5. Memilih Busana Sesuai dengan Keinginan

Saat berangkat ngantor, Anda perlu mengenakan pakaian formal mulai dari kerudung, baju, rok, kaos kaki hingga sepatu. Anda berseragam sebagaimana yang staf lain kenakan pada hari itu.

Anda  mungkin tidak sepenuhnya nyaman mengenakan costum tersebut tetapi Anda mengenakannya karena tuntutan profesi. Mungkin saja Anda merasa tidak nyaman dengan modelnya, dengan bahannya, dan merasa tertekan karena harus mengenakan baju yang tidak sesuai dengan keinginan Anda.

Saat kerja dari rumah, Anda bisa mengenakan kostum sesuai dengan yang Anda inginkan. Ya, untuk produktif Anda tidak perlu tertekan. Anda bisa kenakan kostum apa saja sesuai dengan keinginan.

Bagi ibu rumah tangga, sepertinya daster adalah pilihan kostum yang menyenangkan. Atau, kaos lengan pendek dengan celana olahraga yang menyerap keringat menjadi kostum favorit Anda saat kerja dari rumah. Perlu Anda ketahui jika pemilihan kostum berhubungan dengan tingkat produktivitas Anda selama bekerja.

6. Boss bagi Diri Sendiri

Kerja dari Rumah Ini 10 Alasan Para Mommy Sebaiknya Bekerja dari Rumah!2

Big boss di kantor yang diktator dan cerewet membuat Anda malas pergi ke kantor. Dalam kondisi seperti itu, produktivitas kerja pun menurun. Kita dihadapkan pada dua kemungkinan, yaitu memilih tetap bekerja karena memerlukan imbalan finansialnya, atau memilih resign dan beralih mencari pekerjaan lain yang dirasa lebih pas. Pertanyaanya, iya kalau langsung dapat pekerjaan, kalau tidak kunjung dapat, gimana? Dilema pastinya.

Nah, alternatif yang bisa Anda mulai saat ini juga adalah kerja dari rumah. Anda bisa menjadi boss bagi diri sendiri. Keuntungannya adalah, Anda tidak perlu calling atasan saat sedang sakit untuk meminta ijin. Atau, saat sedang ingin membangun quality time bersama keluarga, Anda bisa off sejenak dari pekerjaan.

Tidak ada seorangpun yang memerintah untuk bekerja dengan cara seperti ini dan seperti itu. Tidak ada lagi orang yang selalu mengawasi proses kerja dan hasil kerjaan Anda. Anda pun tidak perlu khawatir atau merasa bersalah saat datang terlambat. Di kantor, telat dua tiga kali saja, Anda akan langsung mendapatkan teguran dari atasan.

7. Mencapai Kepuasan dan Kebahagiaan

Kepuasaan dan kebahagiaan saling berkorelasi satu dengan yang lain. Saat Anda tertekan atas instruksi big boss, apakah Anda puas dan bahagia? Yang jelas tidak. Ketika Anda menjalani hari-hari dengan pekerjaan yang tidak sesuai dengan passion, apakah Anda merasa bahagia? Jawabannya sama. Anda tidak akan merasa bahagia.

Memilih pekerjaan yang sesuai dengan passion, mengerjakannya di rumah tanpa tekanan memberikan kepuasan tersendiri bagi Anda. Sewaktu kita menjalani pekerjaan yang kita sukai dan mencapai target yang kita harapkan, otomatis kita akan merasa bahagia.

Kepuasaan dan kebahagiaan akan menyebar ke semua area kehidupan kita. Kita akan menunjukkan kesabaran saat berada di tengah orang lain, dan menjadi pribadi yang menyenangkan saat berinteraksi dengan pribadi yang lain. Faktanya, siapa saja yang merasa bahagia, akan hidup lebih lama.

8. Mempelajari Keterampilan yang Baru dan Perlahan Menjadi Profesional

Kerja dari rumah salah satu manfaatnya adalah menghindari kebosanan. Di kantor, Anda mungkin menjalani rutinitas yang sama setiap hari. Bekerja dari rumah meski tampaknya rutinitas yang dikerjakan sama saja, namun Anda selalu berusaha bagaimana caranya agar bisnis yang Anda kelola semakin berkembang.

Anda mempelajari banyak hal baru terkait proses produksi, cara branding yang tepat  dan bagaimana berkompetisi dengan pebisnis lain yang lebih sukses. Anda mempelajari itu secara otodidak, dari pengamatan, dari sharing dengan pihak yang sudah berpengalaman, dan masih banyak lagi. Informasi yang Anda dapatkan Anda mix up untuk kemajuan bisnis rumahan yang Anda kelola.

9. Fleksibel

Saat bekerja di kantor bersama big boss, Anda terperangkap dalam mesin waktu yang dimulai dari jam 8 pagi hingga jam 8 malam (tergantung jam operasional kantor). Waktu tidak lagi menjadi milik Anda tetapi milik mereka yang meng­­-hire kita, yaitu big boss.

Lain halnya saat Anda memilih kerja dari rumah dimana Anda memiliki waktu yang fleksibel. Anda bisa mengerjakan job lebih banyak untuk hari ini jika keesokan harinya Anda ingin refreshing atau me time bersama keluarga. Fleksible yang dimaksud adalah fleksible yang bertanggung jawab. Yang berarti keleluasan itu tetap berdasarkan pada kesadaran akan deadline yang harus dipenuhi.

10. Minim Gangguan

Bekerja bersama banyak orang dan bertatap muka setiap hari, besar kemungkinan kita mengalami gesekan karena perbedaan karakter. Ada tipikal pribadi yang tahan terhadap konflik dan ada tipikal pribadi pemikir yang sekali mendengar kata-kata kasar saja langsung baper. Ada pula tekanan dari big boss yang memiliki ekspektasi tinggi atas kinerja kita. Intinya, hal-hal yang seperti itu adalah gangguan yang berpotensi menyebabkan stres.

Kerja dari rumah minim akan gesekan itu karena Anda adalah owner atas kerja yang Anda jalankan sendiri. Tidak heran jika mereka yang memilih menjalankan perekonomian kreatif lebih santai, minim stres, dan minim keluhan. Masih ragu juga? Yuk praktikan ide cerdas ini dan rasakan kebebasan finansial Anda dalam waktu singkat. Anda akan merasa puas dan bahagia dengan kerja dari rumah.

 

 

 

One thought on “Kerja dari Rumah? Ini 10 Alasan Para Mommy Sebaiknya Bekerja dari Rumah!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.