Keluarga Sakinah

Posted on

Keluarga Sakinah – Apa sih, keluarga sakinah itu? Bagaimana cara membangunnya? Kita bahas satu persatu, ya. Karena memang keluarga sakinah ini sangat diidam-idamkan oleh setiap pasangan. Sebelumnya saya membahas keluarga sakinah lebih lanjut, saya akan memaknai arti dari keluarga, dan sakinah secara sendiri-sendiri.

Baiklah, langsung saja. Keluarga adalah mempersatukan dua makhluk individu yang berbeda. Tentunya berbeda jenis, berbeda keluarga, berbeda sifat, berbeda kebiasaan bahkan berbeda daerah. Dalam proses penyatuan ini tentunya melalui berbagai proses yang ketat. Karena dalam setiap membentuk kelurga baru tentunya tujuan kita adalah menuju keluarga sakinah. Tidak mungkin kan, kita akan membangun keluarga tapi tujuan bukan ke keluarga sakinah.

Keluarga SakinahSedang arti sakinah sendiri adalah sebuah ketenangan, ketentraman, damai. Jadi, arti dari keluarga sakinah adalah menyatukan dua makhluk individu yang berbeda dengan ketenangan dan ketrentamanan. Maksudnya, dalam sebuah keluarga sakinah itu pasti ada suasana yang tenang, tentram damai. Bukan dalam keluarga itu sebuah percekcokan, itu namanya bukan keluarga sakinah lagi. Untuk mewujudkan keluarga kita agar menjadi keluarga sakinah tentunya ada cara-cara tersendiri, agar tidak salah jalan.

Lalu, bagaimana caranya membangun keluarga sakinah ini? Tentu untuk membangun sebuah keluarga sakinah adalah dengan cara kita harus menikah. Agar dalam pernikahan itu kita saling mengerti tentang keluarga sakinah tentunya sebelum menikah kita harus mememahami tentang arti dan cara membangun keluarga sakinah dengan benar.

Sesuai dengan arti keluarga sakinah yang menyatukan dua makhluk individu dengan sebuah ketenangan, ketentraman, maka, cara-cara untuk membangunnya adalah :

  1. Pilihlah seorang pasangan yang tingkat pemahaman tentang keluarga sakinah ini baik.
  2. Setelah menikah, agar keluarga sakinah ini dapat terwujud dengan baik, tentunya kedua pasangan harus saling mengerti satu sama lain.
  3. Jangan memaksakan kehendak kita kepada pasangan, karena tidak semua kehendak itu harus dituruti. Sebagai pasangan keluarga sakinah tentunya bisa saling memahami mana kehendak yang harus dipenuhi oleh pasangan.
  4. Terus pelajari setiap kekurangan dari pasangan, setelah kekurangan ini kita mengerti, terima setiap kekurangannya. Insya Allah, keluarga sakinah yang selalu diinginkan setiap pasangan akan terwujud dengan mudah.
  5. Jika kita sebagai suami, bersikaplah baik kepada istri, berilah kasih sayang yang tulus, cinta kasih secara nyata. Tegurlah istri dengan baik jika istri salah. Karena tidak mungkin dalam keluarga sakinah menegur istri dengan cara membentak.
  6. Andai kita sebagai istri, jadilah istri penurut, yang tidak membentak perintah suami dengan benar. Tapi, tegur suami dengan baik pula jika suami salah. Dalam keluarga sakinah tidak ada istri yang menentang suami. Seperti diawal dalam keluraga sakinah kita sudah memilih seorang suami yang benar secara agama, tentunya perintah dari suami itu tidak akan bertentangan dengan keluarga sakinah.
  7. Andai dalam sebuah keluarga sakinah itu timbul perselisihan. Jadilah, suami yang bijak akan keputusannya. Jangan gegabah dalam mengambil keputusan. Seorang istri pun harus mampu mengendalikan segala emosinya, agar segala pertengkaran ini akan membaik dengan sendirinya, dan keluarga sakinah mampu dapat dipertahankan dengan baik, bahkan semakin baik.
  8. Buatlah suami betah dekat-dekat dengan istri, Karena kedekatan antara suami istri ini akan menambah benih cinta yang akan berimbas kepada keluarga sakinah.
  9. Berilah istrimu nafkah yang baik. Nafkah yang baik tentunya nafkah yang halal. Karena keluarga sakinah adalah keluarga yang tenang, jadi pastinya dibentuk dan diawali juga dengan sebuah kebaikan. Setelah ada kebaikkan, keluarga sakinah akan menjadi semakin baik dengan prosesnya.

Itulah tadi, sedikit cara sederhana membangun keluarga sakinah. Semoga bermanfaat untuk keluarga sakinah berikutnya. Selalu semangat untuk mewujudkan sebuah keluarga sakinah, ya.

One thought on “Keluarga Sakinah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.