Kecantikan Alami Terpancar dari Dalam? Ini 9 Cara Mudah Mewujudkannya!

Posted on

Kecantikan

Kecantikan Alami Terpancar dari Dalam Ini 9 Cara Mudah Mewujudkannya!

Inner beauty, sebagai wanita tentu kita sudah tidak asing lagi dengan istilah asing yang satu ini. Kecantikan dari dalam yang memancar melebihi kecantikan fisik yang dipoles dengan make up tebal dengan harga yang mahal. Apakah ini berarti memunculkan inner beauty membutuhkan biaya yang besar dan sulit untuk mencapainya? Tentu tidak!

Banyak cara sederhana memunculkan kecantikan alami ini. Tidak perlu make up mahal, fashion modis, dan aksesoris mewah. Sering kita mendengar bahwa kecantikan tidak lepas dari penilaian orang yang memandang. Ya, kecantikan sangatlah relatif. Inner beauty yang dimiliki bisa didefinisikan sebagai kombinasi antara pesona kepribadian seorang wanita dan sikap positif dalam menjalani kehidupan.  Inner beauty semakin tampak saat kita bisa menyalurkan energi positif kepada orang lain. Gambaran tentang kecantikan dari dalam tersebut, bisa Ladies dapatkan melalui berbagai cara alami berikut ini. Yuk, simak dan terapin bersama!

1. Catat Karakter Positif Siapapun yang Menginspirasi

Setiap hari, kita melakukan pengamatan atas apapun yang kita saksikan. Pengamatan tersebut berbeda intensitasnya tergantung dari seberapa tinggi tingkat ketertarikan kita pada obyek yang diamati. Sewaktu melihat seorang teman, kerabat atau publik figur dengan karakter positif, tidak jarang kita akan berdecak kagum dan ingin menirunya.

Sesuatu yang menginspirasi yang berupa karakter positif dari para wanita hebat itu bisa kita catat dalam buku diary. Sewaktu membuat list tersebut, kita mungkin menemukan banyak sekali kekurangan yang dimiliki oleh masing-masing dari mereka, tidak masalah!. Setiap orang memiliki kekurangan dan kita tidak perlu fokus pada kekurangan itu ya, Ladies. Yuk, catat sifat positif tersebut satu per satu dan kita praktikkan.

Perlu kita ingat bahwa parameter kecantikan sangatlah dinamis tergantung dari konteks sosial- budayanya. Tidak perlu terobsesi untuk menjadi sangat baik seperti pemain film atau sinetron yang ada di media elektronik—umumnya apa-apa yang ditampilkan dalam media tersebut adalah perfect dan terlalu ideal.

2. Fokus pada Inner Beauty dan Bukan Penampilan Fisik

Jika saat ini kita merasa tidak baik, bukan berarti kita tidak bisa menjadi baik. Alihkan fokus dari yang semula sifatnya fisik ke arah kecantikan yang memancar alami dari dalam. Yuk, Ladies, kita kurangi pikiran negatif yang membebani dengan  memperbanyak berfikir dengan sudut pandang yang positif. Kurangi perkataan negatif dan tingkatkan energi positif. Ini tidak lain tujuannya adalah untuk mengurangi depresi dan membuang-buang waktu atas sesuatu yang tidak perlu.

Cara praktisnya, mari kita tulis tiga hal yang kita sukai dari diri sendiri yang sama sekali tidak ada hubungannya dengan fisik. Kembangkan hal baik tersebut dan mari kita jadikan reminder saat akan bertingkah laku negatif. Bisa kita coba sesekali berdiri di depan kaca sambil tersenyum dan puji diri sendiri atas sikap yang menurut kita positif, seperti sikap sopan santun, ramah, baik hati, dan masih banyak lagi.

Cara ini secara tidak langsung mendorong kita untuk gemar berfikir, dan bertingkah laku positif baik dalam lingkungan keluarga, masyarakat, maupun sekolah. Tidak lupa kita tunjukkan rasa percaya diri dengan berjalan tegap, berjabat tangan dengan tegas dan hangat, serta berkata dengan suara yang jelas dan penuh rasa percaya diri.

3. Menjadi Diri Sendiri

Menjadi diri sendiri adalah bagian penting dari tahap memunculkan inner beauty dari dalam. Ya, inner beauty berhubungan dengan keyakinan dan kejujuran kita dalam mengungkapkan siapa diri kita sebenarnya saat berada di tengah-tengah keluarga dan masyarakat.

Tunjukkan bagaimana kepribadian kita sesungguhnya dengan fokus pada apa yang terjadi di masa mendatang. Tidak perlu merenungkan terus menerus apa yang terjadi di masa lalu. Fokus pada masa depan agar pribadi kita semakin berkembang.

Kontemplasi sesekali perlu dilakukan. Lakukan ini sebagai tahap evaluasi diri. Jika dirasa perlu ada perubahan, lakukan perubahan tersebut sebagai bentuk upaya untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Menjadi fleksibel dengan gejolak emosional yang naik turun adalah bagian dari pengalaman untuk memperbaiki diri yang harus selalu kita evaluasi.

4. Perkaya Wawasan dan Kesadaran

Sering kita dengar bahwa seseorang yang memiliki inner beauty adalah Ladies yang luas wawasannya dan cerdas. Wanita multi-talent memunculkan aura inner beauty-nya. Semakin talent tersebut di asah, semakin tampak bahwa wanita itu telah berupaya sekuat tenaga untuk menggali potensi yang ada di dalam dirinya. Ini berarti mereka telah bekerja keras untuk meningkatkan kualitas diri sehingga memiliki nilai jual yang tinggi.

Praktisnya, untuk mewujudkan itu, sebagai wanita kita bisa mencoba tes kepribadian yang menggambarkan dimana potensi kita yang sebenarnya. Mengetahui bakat dan potensi pribadi sangatlah penting agar nantinya saat beraktivitas di tempat kerja, kita merasa nyaman dan happy sehingga perlahan-lahan kecantikan akan muncul dari dalam. Bukankah seseorang yang hatinya merasa bahagia tampak cantik  di luarnya?

Cara lain yang bisa dicoba adalah dengan mencoba hal-hal baru dan ide yang baru. Singkatnya, semakin banyak potensi yang kita miliki semakin kecantikan batin itu keluar. Sesuatu yang dulunya asing, yang dulunya sulit untuk dilakukan, bisa kita coba untuk menaklukkannya. Semisal, dahulu kita kurang akrab dengan dunia tulis menulis (tetapi pada dasarnya kita menyukainya), lalu sekarang kita mengakrabinya, akan ada rasa puas, dan kita pun memiliki nilai lebih sehingga inner beauty lebih tampak.

Mari kita coba gagasan-gagasan baru yang dahulu hanya jadi angan-angan dan sekarang coba kita realisasikan. Proses mengubah sebuah konsep atau teori menjadi praktik yang real adalah pengalaman tersendiri yang dimiliki. Satu ketika, pengalaman itu bisa kita share dengan orang lain yang membutuhkan.

5. Seleksi Mana Aktivitas yang Akan Diteruskan dan Mana yang Tidak

Masing-masing dari kita adalah yang paling tau apa yang disukai dan yang tidak disukai oleh diri kita sendiri.  Suka dan tidak suka yang dirasakan tentunya berdasarkan passion yang ada dalam diri. Kembangkan aktivitas positif yang meningkatkan makna hidup, kualitas, dan kepuasan menjalani kehidupan karena kontribusi yang kita berikan pada orang lain.

Praktisnya mari kita coba untuk melakukan refleksi atas apa yang sudah kita lakukan dalam sehari ini. Kira-kira manakah aktivitas yang perlu dilanjutkan dan diperbaiki di hari kemudian. Setidaknya untuk memutuskan apakah keberlangsungan aktivitas tersebut perlu dijaga adalah dengan mempertimbangkan parameter apa yang dipegang, seperti meningkatkan intelektualitas dan moralitas, serta menjadikan potensi dalam tubuh menjadi semakin berkembang.

Sebaliknya, aktivitas yang sekiranya berpengaruh negatif bisa kita tanggalkan. Seperti aktivitas yang menurunkan nilai dan norma yang dimiliki, serta menggangu hubungan sosial dengan orang lain. Kecantikan dari dalam adalah sesuatu yang memancar dari dalam. Tidak perlu bagi kita untuk meminta pengakuan dari orang lain. Nikmati momen berproses itu dengan fokus pada proses dan kebahagian dari dalam diri, dan bukan yang lain.

6. Lakukan Perawatan Fisik dengan Tiga Hal Ini

Memunculkan inner beauty tidak berarti kita harus mengabaikan perawatan fisik sama sekali. Jaga kesehatan tubuh agar kecantikan luar dalam memancar dengan cara:

  • Memperbanyak konsumsi makanan sehat dan bernutrisi. Makanan sehat kaya nutrisi mengandung vitamin, protein, mineral, dan lemak baik yang diperlukan untuk menjaga kesehatan tubuh. Kecantikan luar dalam memancar dari pribadi yang sehat jasmani rohani. Jangan abaikan sarapan, perbanyak makan sayur dan buah, dan cukupi kebutuhan mineral tubuh agar tubuh tetap terhindrasi dengan baik.
  • Olahraga adalah aktivitas rutin yang harus kita lakukan. Tidak perlu lama dan tidak perlu mewah. Kita hanya perlu melakukannya secara rutin mulai dari jenis olahraga yang sederhana, seperti jalan-jalan santai, berenang, bersepeda, atau balap lari setiap pagi. Metabolisme tubuh meningkat jika kita rajin olahraga. Olahraga secara rutin adalah aktivitas yang membantu tubuh memproduksi endorfin. Manfaat olahraga secara spesifik diantaranya adalah bantu memperbaiki sel kulit mati, mencegah penuaan dini, mengurangi selulit, dst.
  • Banyak dari kita beranggapan bahwa semakin banyak waktu yang kita gunakan untuk hal yang produktif, semakin bermanfaatlah hidup kita. Hal itulah yang umumnya ada di pikiran kita ya Ladies. Ada satu hal yang dilupakan, yaitu kesehatan tubuh.

Seperti seringkali di singgung bahwa, tubuh manusia tidak ubahnya sebuah mesin yang perlu istirahat. Cukup tidur mencegah diri dari mudah marah-marah, gampang tersinggung, sedih, dan tubuh menjadi lebih rileks. Tidur yang cukup di siang dan malam hari dan kontrol keinginan untuk terjaga demi pekerjaan.

7. Rutin melakukan Perawatan Diri

Kecantikan Alami Terpancar dari Dalam Ini 9 Cara Mudah Mewujudkannya!2

Kecantikan dari dalam perlu di dukung dengan melakukan perawatan diri secara intens. Tujuan dari perawatan ini adalah untuk menjembatani antara kesehatan fisik dan mental. Cobalah untuk lakukan sesuatu yang membuat diri bahagia, seperti dengan makan bersama teman-teman di restaurant, pergi spa, jalan-jalan, shopping dan hal lain yang disenangi.

Sebisa mungkin hindari melakukan perawatan fisik dengan menggunakan tindakan medis. Operasi plastik yang di jalani memungkinkan seseorang ingin melalui hal-hal negatif seperti bunuh diri dan minder serta pesimis saat operasi tersebut tidak berhasil. Untuk menyesuaikan antara penampilan fisik dan mental, rutin jalani treatment alami di atas agar tidak berpengaruh negatif bagi kesehatan mental.

8. Berpakaian yang Pantas

Kepribadian seseorang di nilai dari caranya berpakaian.  Pilih pakaian yang sesuai dengan karakter diri dan cocok dengan situasi dan kondisi saat ini. Setidaknya pakaian tersebut rapi, wangi dan pas saat dikenakan entah dari modelnya atau dari warna yang sesuai dengan kulit. Pakaian yang sesuai dan kita nyaman memakainya akan meningkatkan rasa percaya diri.

9. Partisipasi di Lingkungan yang Lebih Besar

Wanita yang memiliki peranan baik di bidang pendidikan, ekonomi, kesehatan dan bidang apapun itu, di pandang sebagai wanita yang memiliki kecantikan luar dalam. Kecantikan tersebut bisa juga didefinisikan sebagai banyaknya kontribusi yang kita berikan pada masyarakat secara luas. Semakin kita dibutuhkan, semakin banyak potensi positif yang kita miliki yang bisa kita bagi dengan orang lain, baik itu berupa keterampilan, kecerdasan, dan jiwa sosial yang tinggi yang kita dedikasikan untuk orang lain dalam lingkup yang lebih luas lagi.

Setiap wanita ingin cantik. Namun kecantikan itu tidak selamanya berupa cantik fisik, tetapi inner beauty yang bisa kita munculkan dengan strategi ampuh di atas.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.