Ruang Tamu: 10 Strategi Ampuh Mengubah Ruang Tamu Biasa Menjadi Istimewa

Posted on

Ruang tamu

Ruang Tamu 10 Strategi Ampuh Mengubah Ruang Tamu Biasa Menjadi Istimewa2

Memiliki rumah idaman adalah mimpi setiap orang. Adapun definisi rumah idaman antara satu orang dan yang lain jelas berbeda. Ada yang mendefinisikan rumah idamannya sebagai rumah yang megah, ada yang lebih suka model minimalis, dan ada yang menggandrungi model kekinian seperti konsep rumah open house.

Rumah terdiri dari beberapa ruangan. Mulai dari yang paling depan dan yang paling open terhadap kedatangan siapapun adalah ruang tamu. Selain itu, ada ruangan yang sangat private yang hanya bisa di akses oleh pemilik kamar. Ada larangan besar bagi orang luar untuk keluar masuk ruangan tersebut.

Rumah idaman direpresentasikan melalui semua elemen yang ada di dalamnya. Termasuk desain ruang tamu yang sesuai dengan harapan pemiliknya. Dari ruangan ini, orang lain bisa menilai selera, style, gaya hidup, dan status sosial pemilik rumah. Ya, ruang tamu adalah lokasi utama tempat Anda menerima tamu dan menyambut mereka dengan baik.

Kepribadian dan selera pemilik rumah tampak dari desain ruang tamu yang Anda tampilkan. Bingung cara mendesain ruang tamu agar tampil memikat? Yuk intip cara praktis mengubah ruang tamu yang flat menjadi seperti apa yang Anda inginkan.

Desain Ruang Tamu Mewah

Parameter mewah antara satu dan lain orang berbeda tergantung dari referensi yang dimiliki dan kemampuan finansialnya. Secara garis besar desain ruang yang mewah memiliki ciri-ciri elegan, menonjol, cantik, classy, canggih, kekinian, classic, dan semua yang serba paling bagus.

Perlu di ingat bahwa, apa yang Anda miliki saat ini tidak harus ditunjukkan dalam satu waktu. Anda bisa pertimbangkan musim saat menata ruangan ini agar tetap tampak mewah. Saat musim panas Anda disarankan menciptakan suasana ruangan yang didominasi oleh warna-warna kontras. Saat musim dingin, ciptakan suasana yang dominan gelap dan dalam untuk menjiwai suasana musim ini.

Jika Anda memiliki banyak dekorasi, Anda bisa memajangnya secara bergilir dan tidak tumpah ruah dalam satu waktu. Ini akan sangat mengganggu apalagi untuk desain rumah minimalis. Atau, jika Anda membuat tema musiman, gantilah dekorasi tersebut secara berkala.

Pertanyaanya, apakah untuk membuat desain ruang tamu yang mewah, perlu biaya  yang mahal? Tidak juga! banyak lho ide kreatif yang bisa Anda coba untuk mengubah ruang tamu yang semula sederhana menjadi mewah.

1. Barang Ekonomis untuk Kesan Ruang Tamu Mewah

Ya, trik mudah mengubah ruang tamu yang sederhana menjadi berkelas adalah dengan meletakkan furniture yang tepat di dalamnya. Furniture mewah harganya sudah pasti mahal. Namun Anda bisa menyiasatinya dengan membeli barang bekas yang memberikan kesan mewah. Sebut saja gelas kaca, tempat lilin dari material kaca, meja kaca, lampu gantung dari material yang mengkilap, korden sutra, dan masih banyak lagi.

Mewah identik dengan kilauan. Mengkilau tidak berarti banyak blink-blink atau pernak-pernik yang over. Carilah barang yang memberikan efek tersebut untuk mendukung suasana ruangan yang mewah. Membeli barang baru sudah pasti mahal.

Dapatkan barang-barang second secara online atau Anda bisa mencarinya di toko offline penyedia barang bekas. Butuh kecermatan untuk memilih barang-barang bekas yang layak pakai dan terkesan baru. Untuk itu, pastikan Anda cermat dalam memilih barang bekas tersebut. Jika membeli secara online, mintalah pict produk dari berbagai sisi, cek siapa produsennya dan apa nama brand-nya. Setidaknya dari elemen tersebut Anda bisa mengamati bagaimana kualitas produknya.

2. Produk Berkualitas dengan Model yang Sederhana

Kostum yang dipakai artis seringkali menjadi sorotan. Meski tampaknya simpel, biasa, dan sederhana, namun saat di cek harganya tidak main-main, mulai dari jutaan, puluhan dan ratusan juta, hingga miliaran rupiah.

Kenapa seseorang lebih suka membeli barang yang simpel namun mahal dibandingkan dengan barang yang ekonomis dengan model yang menarik? Jawabannya adalah sesuai dengan selera, dan kelas sosial masing-masing.

Lebih dari itu, pada dasarnya, produk berkualitas dengan model yang sederhana umumnya terbuat dari bahan yang bagus. Bahan yang bagus nyaman saat dipakai. Yang terpenting adalah barang dengan model sederhana selalu up to date dan tidak lekang oleh waktu. Beda dengan barang musiman yang saat musimnya habis Anda harus ganti. Kalau tidak ganti dikatain kuno.

Isi ruang tamu Anda dengan furniture sederhana namun berkelas mulai dari satu set sofa dan mejanya, rak dekorasi, rak tempel dinding, korden yang lux hingga karpet classy yang terjamin kualitasnya.

3. Kombinasi Warna Dekor dan Warna Furniture yang Sesuai

Saat Anda memilih menggunakan jasa profesional, hanya dengan menyampaikan keinginanAnda, mereka akan mewujudkan ide ruang tamu mewah yang Anda inginkan. Sebagai profesional, mereka tahu betul apa furniture yang mendukung suasana ruang yang  mewah, seperti beludru dengan warna emerald, gold dan purple.

Untuk warna lantainya, Anda bisa pilih warna putih dan biru. Sedangkan untuk korden , Anda bisa pilih material yang halus berwarna gold atau silver dengan kombinasi logam atau lapisan kuningan berkilau untuk mendukung nuansa mewah dalam ruangan itu.

Cari informasi mengenai warna dekor dan juga furniture yang mendukung kemewahan sebuah ruangan. Anda bisa belajar dari majalah, website atau dengan konsultasi dengan pihak penyedia jasa profesional.

Desain rumah Open Plan

Dari desain rumah yang mewah, kita beralih ke konstruksi ruangan open plan. Saat ini, desain rumah open plan banyak diaplikasikan di kota-kota besar dimana mayoritas ukuran kediamannya cukup kecil dan berdiri di atas lahan yang serba terbatas.

Intinya, saat membangun kediaman, ada banyak hal yang harus dipertimbangkan. Mulai dari ketersediaan lahan, model yang diinginkan, dan fungsi kediaman yang dapat dipenuhi secara optimal.

Jenis ruang tamu open plan memiliki ciri-ciri keterbukaan antara ruang satu dan ruangan yang lain. Tidak ada batasan yang kaku disini. Ruangan tersebut tersusun dari beberapa ruangan yang terkoneksi satu dengan yang lain.

Biasanya model ini berdiri pada lahan yang terbatas. Untuk memberikan efek yang luas, desain open plan adalah desain yang paling cocok. Lakukan cara berikut untuk membangun ruang tamu dengan tema yang satu ini.

4. Perhatikan Partisi Ruangan

Ruang Tamu 10 Strategi Ampuh Mengubah Ruang Tamu Biasa Menjadi Istimewa

Anda mungkin merasa kurang nyaman jika tidak ada pembatas sama sekali antara ruang satu dan ruang yang lain. Apalagi saat Anda kedatangan tamu. Tentu Anda ingin menjaga privasi ruangan pribadi Anda.

Letakkan partisi non permanen berupa rak atau almari yang berfungsi untuk display dekorasi yang sekaligus sebagai pembatas antara satu ruang dan yang lain. Atau, Anda bisa gunakan desain mini bar sebagai partisi yang smooth dengan tetap mempertimbangkan fungsi masing-masing ruangan namun tetap estetis saat di lihat.

5. Manfaatkan Sofa

Sofa memiliki fungsi dasar untuk duduk dan menjamu tamu dengan baik. Anda bisa manfaatkan sofa dengan model yang tepat untuk desain ruang tamu model open plan. Jenis sofa  yang disarankan adalah sofa letter L yang bisa Anda letakkan menyudut di dinding dan menghadap rak dekorasi atau televisi yang menjadi pusat dari ruangan tersebut.

Ya, usahakan agar sofa berbentuk L itu tidak membelakangi rak dinding yang di display. Anda bisa poisisikan sofa membelakangi ruangan yang lain sebagai penanda batas ruangan antara ruang tamu dan yang lain.

6. Letakkan Karpet yang Sesuai

Karpet saat ini hadir dengan banyak motif dan terbuat dari bahan yang berbeda. Fungsi karpet tidak hanya sebagai alas duduk atau alas meja ruang tamu. Karpet juga berfungsi meningkatkan nilai estetis dalam ruangan dan menjadi pembatas antara ruang satu dan ruangan yang lain.

Penting bagi Anda untuk menjaga keselarasan dan kesatuan dalam ruang tamu dengan cara memilih karpet dengan corak dan motif yang selaras dengan furniture yang ada di ruangan tersebut.

7. Perpaduan Warna yang Menyatu Satu dengan yang Lain

Salah satu konsep yang di usung ruangan open plan adalah  keselarasan dan keseimbangan antara satu ruangan dengan ruangan yang lain. Perpaduan warna perlu dipertimbangkan agar tidak sampai melenceng terlalu jauh.

Usahakan agar keselarasan tersebut tetap terjaga. Jika ingin memunculkan sentuhan yang kontras, Anda bisa menampakkannya melalui warna furniture yang kontras seperti warna sofa, rak dinding yang dijadikan penyekat, pilihan warna korden, dsb.

Desain Ruang Tamu Minimalis

Ruang tamu minimalis saat ini menjadi desain ruangan yang sangat diminati. Ruangan ini identik dengan kata praktis, efektif dan efisien dimana setiap elemen yang ada di dalamnya di letakkan berdasarkan pertimbangan yang matang. Manfaat menerapkan ruangan minimalis adalah hemat waktu, hemat energi, mengontrol stres, dan ruangan tampak rapi dan bersih. Cara mewujudkannya adalah:

8. Selektif Memilih Furniture

Tidak sembarang furniture bisa Anda letakkan disini. Jenis furniture yang disarankan adalah yang secara ukuran sesuai dengan skala ruangan. Tidak  perlu banyak tidak perlu besar asal fungsi dasar furniture tersebut terpenuhi dan sisi estetika ruanganpun terjaga. Beberapa furniture yang diletakkan di ruangan minimalis adalah seperti sofa dengan model L shape, meja kaca, karpet bulu sebagai alas, rak dinding, dan beberapa dekorasi tambahan.

9. Manfaatkan Dinding

Jika semua benda di letakkan atau berdiri di lantai, ruangan akan terkesan sumpek dan tidak lega. Solusinya adalah memanfaatkan dinding untuk memasang rak secara menempel. Rak tersebut bisa dimanfaatkan untuk memajang buku bacaan yang sudah disusun rapi berdasarkan warna, sebagai tempat ornament ruangan, dan masih banyak lagi fungsinya. Ruangan tetap terkesan rapi, lega, dan estetis.

10. Green Effect

Ruangan kontemporer tampak lebih natural dan segar jika Anda menerapkan green effect di dalamnya. Letakkan beberapa tanaman dengan ukuran yang sesuai dengan skala ruangnya. Anda bisa meletakkannya di masing-masing sudut untuk menjaga ruangan agar tetap segar dan bersih.

Udara dalam ruangan semakin terjaga dan Anda merasa lebih nyaman saat berada di dalamnya. Pertimbangkan seberapa banyak pencahayaan yang masuk untuk memilih jenis tanaman yang sesuai dengan kadar banyak sedikitnya cahaya.

Bosan dengan konsep ruang tamu yang biasa? Anda bisa mengubahnya menjadi luar biasa dengan menerapkan konsep ruang tamu yang minimalis, yang open plan, atau desain ruang tamu yang mewah sesuai keinginan masing-masing.

 

One thought on “Ruang Tamu: 10 Strategi Ampuh Mengubah Ruang Tamu Biasa Menjadi Istimewa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.