9 Ide Bisnis Rumah yang Cocok untuk Mama Muda

Posted on

Bisnis rumah

9 Ide Bisnis Rumah yang Cocok untuk Mama Muda

Sepertinya Anda semua akan setuju dengan statemen saya bahwa:

Cari uang jaman sekarang lebih mudah dan praktis.

Bagaimana tidak? Dulu, para mama yang memutuskan menjadi IRT berakhir dengan meminta uang belanja terus-menerus kepada suaminya. Ada tipikal suami yang welcome, berapapun permintaan istri dicairkan dari pendapatan harian atau bulanannya.

Sayangnya, tidak bisa kita pungkiri pendapatan suami tidak selamanya stabil. Ada saat perekonomian sedang surplus dan ada waktunya defisit. Saat perekonomian keluarga menurun, bukan tidak mungkin suasana dalam keluarga menjadi panas dan emosi menjadi tidak terkontrol.

Menghadapi kondisi tersebut, nyamankah kita sebagai mama muda yang hanya duduk dan diam saja  di rumah sambil momong baby? Kalau saya pribadi tidak ya! Saya cukup mudah baper saat pasangan berkata:

Beli baju lagi, Bun? Atau, Uang belanja yang kemaren belum waktunya habis kan ya.

Bunda di luaran sana tentu merasakan hal yang sama seperti yang saya rasakan.

Bahagianya, para Bunda saat ini punya seribu peluang untuk mendapatkan income dengan cara yang lebih praktis. Rerata para mama muda saat ini telah menyelesaikan studinya di perguruan tinggi dan melek teknologi. Mereka paham sosial media dan memiliki banyak teman baik di dunia maya maupun nyata.

Dengan memiliki faktor pendukung tersebut, berarti Bunda mengantongi kesempatan yang besar untuk mendapatkan income dari rumah dengan cara yang lebih praktis. Ada banyak ide bisnis rumah yang cocok dikembangkan dengan bekal tersebut. Apa saja? Simak yuk disini!

1. Menjadi Penulis Konten

Di area perkotaan, menulis di anggap sebagai profesi yang tidak main-main. Banyak mama-muda dan juga anak kuliahan yang menekuni bidang ini. Alasannya beragam, karena penulis konten bisa dilakukan dimana saja, tidak perlu ngantor, tidak terikat jam, income bulanan bisa di atur sesuai job yang diselesaikan, dan tidak perlu keluar rumah untuk bekerja sembari memakai seragam lengkap.

Beberapa keuntungan menjadi penulis konten seperti tersebut di atas akan Bunda dapatkan dengan syarat memiliki tekat yang kuat, adanya fasilitas berupa laptop, tablet, maupun smartphone, memiliki koneksi internet, dan yang paling penting adalah suka atau memiliki keahlian menulis.

Jika keahlian tersebut Bunda miliki, ada banyak lowongan penulis lepas di internet. Cari mana yang sesuai dengan tema yang Bunda suka dan salary-nya pun tidak mengecewakan. Dengan begitu, Bunda tetap bisa bermain bersama si kecil sembari mendapatkan pemasukan untuk kebutuhan pribadi.

Di area pedesaan, menjadi penulis konten masih sedikit asing. Mayoritas masyarakat beranggapan bahwa profesi haruslah keluar rumah dan memakai seragam. Padahal secara income, pendapatan yang diperoleh dari menjadi guru honorer misalnya, jauh di bawah penulis konten berpengalaman. Saya yakin, jika Bunda mengalami kendala dengan orang di sekitar saat menjalani profesi yang satu ini, Bunda bisa memberikan pengarahan yang tepat.

2. Menjadi Penerjemah

Sedikit cerita, salah satu teman saya dulu adalah pengajar di salah satu sekolah swasta. Masa kerjanya sudah cukup lama, telah memiliki NUPTK, dan sedang dalam proses pengajuan serifikasi. Karena satu dan lain sebab, akhirnya dia memilih mundur dan menjadi penerjemah di salah satu e-commerce ternama.

Awalnya dia mendapatkan cibiran karena berapa sih gaji penerjemah. Dalam kurun waktu dua tahun, dia mampu membeli tanah sekaligus membangun rumah di atasnya. Ini adalah gambaran menjadi penerjemah.

Bunda yang ingin tetap dekat dengan si kecil, dan tetap berpenghasilan, menjadi penerjemah adalah pilihan profesi yang disarankan. Profesi ini cocok bagi Anda yang menguasai bahasa asing, menyukai dunia tulis menulis dan hobby membaca.

Carilah lowongan kerja penerjemah dengan fee yang sepadan dengan pekerjaan Anda. Lakukan selagi luang dengan konsisten. Dan betul, banyak Bunda yang akhirnya beralih menjadi penulis konten lepas atau menjadi penerjemah dengan income yang tidak sedikit. Anda bisa memantau tumbuh kembang si kecil, sembari tetap mendapatkan pemasukan dari sini.

3. Membuka Jasa Web Developer

Teknologi tidak hanya identik dengan laki-laki, tetapi juga wanita. Bunda yang memiliki kemampuan di bidang web developer berpeluang besar meraup keuntungan setiap harinya. Peran website di era modern ini sangat besar. Diantaranya adalah untuk promosi produk atau jasa, memperkenalkan profil  lembaga kepada khalayak umum, dan membuat tulisan di website dengan niche tertentu, dan masih banyak lagi.

Peminat website sangat besar saat ini karena website di rasa menguntungkan. Bunda yang mempunyai kapasitas di bidang ini bisa membuka jasa web developer dari rumah dengan tambahan fitur yang menarik agar lebih mudah menjangkau pasar.

4. Reseller dan Dropshipper

Anda mungkin sering mengamati banyaknya promo pict baju di media sosial. Pict baju yang di posting ada yang memukau karena kamera edit atau ada yang real pict. Profesi ini meski sepertinya terlihat sekedar posting gambar, ternyata cukup menjanjikan.

Ada reseller dan ada dropshipper. Mama muda yang malang melintang di dunia bisnis rumah online, tentu terbiasa dengan kedua istilah tersebut. Reseller adalah pebisnis yang mengambil barang secara grosir di supplier untuk mendapatkan harga yang lebih murah.

Biasanya, barang yang dibeli bisa retur jika ada yang cacat. Selanjutnya, barang di jual per pcs dengan harga yang sudah di up sesuai profit yang diinginkan. Sedikit kelemahannya adalah jika tidak semua barang terjual habis, barang akan menumpuk di rumah dan modal tidak bisa di putar.

Untuk dropshipper, pebisnis tidak perlu menyetok barang. Otomatis modal yang diperlukan juga sangat minim. Cukup dengan cara bergabung di grup whatsapp supplier tertentu, share gambar di social media atau di grup wa yang baru.

Jika ada respon, pesan ke supplier dengan harga yang sudah di up sendiri. Pesanan akan di antar ke rumah atau ke konsumen langsung tanpa menyertakan nama supplier selaku pengirim. Sedikit kelemahannya, konsumen tidak bisa melihat barangnya secara langsung, mengeluh jika barang tidak sesuai dengan pict, dan kita sebagai dropshipper menghadapi kecurangan supplier.

Saya pribadi sejauh ini menikmati menjadi dropshipper. Hanya dengan modal hape, saya bisa berjualan dengan omset yang lumayan setiap harinya. Menuruti arahan dari saudara saya bahwa produk yang cukup di apresiasi adalah fashion. Saya coba join grup wa supplier, posting produk fashion di social media dan grup fashion pribadi, Alhamdulillah hasilnya tidak mengecewakan. Saya bisa memutar keuntungan yang di dapat untuk bisnis baru.

5. Membuka Les Privat

Mama muda yang ingin berbisnis di rumah, les privat dari level PAUD hingga SMA saat ini sangat menguntungkan. Umumnya, anak-anak enggan belajar dengan mamanya. Keluhannya karena sudah bosan, terlalu banyak instruksi dan berakhir dengan perang mulut.

Solusi mudah yang diambil adalah dengan memasukkan anak-anak ke lembaga bimbingan belajar. Bisnis rumah ini selain menghasilkan juga menyenangkan. Anda selalu bersinggungan dengan anak-anak. Ilmu yang di dapat selama bangku kuliah bisa Anda manfaatkan dengan baik disini.

Selain itu, les privat di rumah, bisa Anda rintis menjadi usaha mandiri yang besar dan menjanjikan. Buat modul, absensi, buku penghubung untuk mendisiplinkan proses kegiatan belajar mengajar di rumah.

Parent yang merasa anak-anaknya mendapatkan perhatian dari guru lesnya akan percaya sepenuhnya. Untuk mendongkrak popularitas lembaga bimbingan belajar, sebarkan pamphlet, pasang banner, dan antarkan anak untuk mengikuti kompetisi. Anak-anak bimbingan belajar yang memenangkan kompetisi tersebut adalah aset untuk mempromosikan bisnis Anda.

6. Bisnis Aksesoris

9 Ide Bisnis Rumah yang Cocok untuk Mama Muda

Bisnis rumah dengan membuat aksesoris hand-made pasarnya sangat luas. Bunda yang suka dengan bidang ini, dan kebetulan memiliki keahlian di bidang pembuatan aksesoris, bisa menjadikan ini sebagai kesempatan untuk membuka bisnis rumah-an.

Buatlah desain aksesoris yang cantik yang di buat dari bahan-bahan yang ekonomis. Buatlah aksesoris yang menarik untuk wanita, anak-anak dan juga untuk hiasan rumah. Promosikan karya Anda via sosial media atau di marketplace untuk mendapatkan respon pasar yang cepat.

Atau, jika Bunda merasa cukup ribet untuk membuatnya, carilah stockist aksesoris yang siap Anda distribusikan atau di pasarkan di dunia online. Mama muda yang punya hobby di bidang ini tidak sekedar menikmati proses pembuatannya, tetapi juga mendapatkan hasil dari penjualan aksesoris itu.

7. Membuka Jasa Foto Copy

Jasa foto copy  saat ini sangat dibutuhkan. Bisnis rumah yang cocok bagi Anda yang kebetulan berada di kawasan pendidikan adalah dengan membuka jasa print dan foto copy. Beli satu atau dua unit foto copy untuk membuka usaha di bidang ini.

Jika dirasa harganya terlalu mahal untuk membeli yang baru, Anda bisa membeli mesin bekas agar lebih ekonomis. Sediakan juga etalase untuk penjualan Alat tulis kantor, dan beragam kertas untuk kebutuhan lembaga pendidikan.

8. Bisnis Kuliner

Bisnis rumah dalam bidang kuliner sangat cocok untuk para mama muda. Para Bunda yang hobby masak bisa menyalurkan bakatnya di bidang ini. Buka bisnis kuliner dengan beragam menu makanan yang disiapkan. Buat tema khusus untuk bisnis rumah Anda, apakah menyediakan aneka jenis kue basah, kue kering, roti, nasi bungkus, nasi kotak, dan masih banyak lagi.

Pertimbangkan pula apakah Anda akan membuka bisnis rumah dengan menu ready dan siap jual, atau menerima pesanan. Mama muda biasanya sangat menyukai bisnis rumah ini, karena selain hobby dan dapat mengeskplor bakat memasak, pun menghasilkan profit yang tidak sedikit. Bisnis kuliner yang di tekuni lambat laun tumbuh besar dengan jangkauan pasar yang lebih luas lagi.

9. Bisnis Menjahit

Beruntung sekali bagi Bunda yang memiliki keahlian menjahit. Bunda bisa membuat desain fashion sesuai dengan keinginan baik untuk di pakai sendiri atau untuk dijual kembali. Atau, membuka bisnis menjahit untuk menerima konveksi, jahitan segala model baju, dan sebagainya.

Saat ini harga jasa menjahit cukup mahal. Anda bisa mengubah skill menjahit ini untuk memperoleh pendapatan baik untuk kebutuhan sendiri maupun keluarga. Sudah banyak jasa tailor yang awalnya hanya jasa penjahit kecil, beranjak menjadi besar dan memiliki banyak karyawan.

Ada banyak bisnis rumah yang siap Bunda kembangkan saat ini juga. Dukung perekonomian keluarga tanpa harus keluar rumah. Bisnis rumah bantu Anda tetap fokus pada tumbuh kembang anak, menjaga kedekatan dengan anggota keluarga yang lain, dan tetap produktif.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.