Fungsi Foto Keluarga: 13 Alasan Pentingnya Miliki Foto Keluarga

Posted on

Fungsi foto keluarga

Fungsi Foto Keluarga 13 Alasan Pentingnya Miliki Foto Keluarga2

Saat rumah tiba-tiba terbakar, apa yang Anda selamatkan terlebih dahulu? Jawabannya adalah anggota keluarga yang berada di dalamnya, hewan piaraan, dan foto atau album keluarga. Fungsi foto keluarga memang signifikan.

Seringkali kita tidak menyadari pentingnya fungsi foto keluarga hingga kita benar-benar terlambat menyadarinya. Banyak dari kita tiba-tiba mencarinya karena telah benar-benar kehilangan salah satu anggota keluarga, entah karena pergi sementara atau selamanya. Kita memandanginya untuk mengingat keceriaan mereka dulu saat masih berada di dekat kita. Rasa rindu dengan orang yang dikasihi karena terpisah jarak adalah sesuatu yang natural.

Memandang foto keluarga adalah salah satu cara membuat kita tersenyum dan mengingat perubahan seseorang yang kita cintai yang saat ini tidak lagi ada di dekat kita. Adapun detail fungsi foto keluarga berikut ini bisa menjadi alasan kenapa Anda harus menyewa fotografer profesional, menge-print foto tersebut sekarang juga dan memajangnya di dinding ruang tamu. Simak ya!

1. Memberikan Kesan Tersendiri

Saat memandangi foto keluarga, ada dua kemungkinan rasa yang muncul, yaitu perasaan kecewa dan perasaan bahagia. Kita merasa kecewa saat kita tidak melihat foto tersebut secara teknik tidak memuaskan seperti blur, background yang ramai, dan kualitas foto yang kurang bagus. Sebaliknya, kita merasa bahagia saat hasil foto tersebut memuaskan. Bagus tidaknya kualitas foto tentu tidak lepas dari usaha kita.

Ada sesuatu yang kita rasakan saat kita melihat foto keluarga. Kita merasa bangga pada suami atau anak-anak kita, dan ingin menunjukkan rasa bangga itu pada setiap orang. Kita menjelajah waktu lalu dan mendapati detail kenangan masa lalu yang lama terlupakan. Kita diingatkan pada momen penting di masa lampau dan bagaimana waktu berjalan begitu cepat. Dengan mengingat kenangan itu, kita akan lebih menghargai waktu yang kita miliki sekarang.

2. Foto Merupakan Cerita dan Kenangan yang Menjadi Bagian dari Warisan Keluarga

Fungsi foto keluarga tidak lain adalah seperti kenangan dan cerita. Foto keluarga adalah salah satu bagian dari “harta berharga” yang kita persembahkan kepada generasi selanjutnya. Ini adalah hadiah yang akan kita persembahkan kepada orang yang kita cinta, dalam bentuk dokumentasi kejadian dengan  personel dan background tertentu. Ada kilatan cahaya kebahagiaan saat kita berkaca pada momen yang diabadikan foto tersebut yang sedang Anda pegang saat ini.

3. Menghubungkan Kita dengan Para Pendahulu

Foto keluarga menghubungkan kita dan anak cucu kita dengan para pendahulu. Dengan membiarkan si kecil melihat foto kedua orang tuanya dulu saat masih muda, mereka merasa terhubung dengan bagian cerita kehidupannya sendiri. Mereka tau anggota keluarga dan juga nenek moyang yang menyebabkan mereka ada di dunia saat ini dan di lingkungan seperti apa mereka berinteraksi saat ini.

4. Mengabadikan Momen

Waktu cepat berlalu. Momen penting yang ingin kita abadikan bisa kita manifestasikan melalui foto keluarga. Emosi dalam momen itu bisa terekam dengan baik yang tidak bisa diungkapkan dengan kata-kata.

5. Mengabadikan Waktu yang Paling Berharga

Saat Anda memiliki anak, Anda akan mengalami masa dimana anak tumbuh besar tanpa benar-benar Anda sadari. Salah satu cara mengabadikan setiap momen berharga dalam kehidupan adalah dengan foto keluarga.

Keluarga adalah lembaga sosial terkecil yang tumbuh, berkembang, dan senantiasa berubah. Mungkin itu adalah alasan kenapa seseorang mencintai dunia fotografer. Dengan banyaknya klien yang berfoto dari satu waktu ke waktu bersama keluarga, ada sesuatu yang spesial saat menangkap gambaran foto keluarga klien dari tahun ke tahun.

Pihak keluarga tidak bisa hanya sekali ambil foto lalu dijadikan panduan untuk mengukur harmonis tidaknya sebuah keluarga untuk selamanya. Ini dikarenakan keluarga membutuhkan waktu yang sangat singkat untuk berubah.

6. Dokumentasi Momen yang Menyenangkan

Seringkali, mengambil foto keluarga menjadi momen yang menegangkan dan menakutkan. Ini dikarenakan orang-orang mengambil foto keluarga di mall, di dalam ruangan yang kecil, banyak mata yang melihat melalui dinding kaca dan banyak pula mengantre di luaran sana. Terdengar seperti proses pengambilan gambar di film-film dan terasa tidak menyenangkan.

Perlu diingat bahwa, pengambilan foto keluarga tidak selamanya dalam kondisi yang demikian menegangkan. Anda bisa utarakan keinginan untuk dipotret dalam kondisi yang sesuai dengan harapan Anda.

Anda bisa melakukan foto di dalam rumah, di luar, di dalam gedung, dan sebagainya sesuai dengan selera dan background foto yang Anda inginkan. Sebelumnya, Anda  bisa diskusikan apa kostum yang sebaiknya Anda kenakan untuk mendukung kesan alami yang ingin Anda dapatkan selama foto.

Anda bisa bicarakan mengenai pose-pose yang mendukung saat pemotretan sehingga hasil gambarnya smooth dan tampak natural. Semua sesi pemotretan berlangsung santai dan menyenangkan dan memastikan Anda mendapatkan apa yang Anda inginkan.

7. Waktunya Anda Sekeluarga Berfoto Bersama

Fungsi Foto Keluarga 13 Alasan Pentingnya Miliki Foto Keluarga

Kebanyakan foto keluarga diambil dengan gaya “selfie” menggunakan kamera smartphone. Pertanyaannya adalah, seberapa luas angle foto yang bisa Anda ambil dengan kamera yang kapasitasnya cukup terbatas itu.

Saat Anda mengambil gambar dengan cara itu, dengan total personel yang ada adalah 9 orang, salah satu dari kalian akan menjadi juru potret sehingga tidak semua anggota keluarga bisa tercover. Lain halnya saat Anda mem-booking fotografer handal yang akan mengabadikan momen kebersamaan Anda dengan hasil foto yang memuaskan dan cocok untuk dipajang di dinding atau menjadi isi dari album keluarga.

8. Sarana Menunjukkan Ekspresi Terbaik

Tidak ada satu hadiahpun yang lebih berharga dibandingkan dengan foto keluarga. Tidak ada cara lain untuk menunjukkan kebahagiaan tersebut kecuali dengan menunjukkan ekspresi yang paling menyenangkan saat pengambilan gambar.

Sungguh, ekspresi yang natural dan senyum tulus yang Anda tunjukkan saat foto menjadi alasan kenapa kakek  dan nenek mengapreasi kenangan indah yang diabadikan dalam momen tersebut. Begitu juga dengan anak cucu Anda kelak yang melihat foto tersebut dengan ekspresi yang natural dan bahagia.

9. Foto Keluarga Membuat Rumah Menjadi Lebih Istimewa dan Menjadi Hiasan Kantor

Apakah dinding rumah Anda tampak membosankan? Pajang foto keluarga yang Anda ambil dengan jasa fotografer handal di dinding ruang tamu. Memang mudah mengambil gambar via smartphone lalu menge-print-nya dan menempelnya di dinding, namun dari segi estetika hasilnya akan jauh berbeda dengan yang dikerjakan secara serius oleh fotografer ternama, entah itu dari pose, dari pemilihan baju yang Anda kenakan sekeluarga, dari background foto yang diambil, dari ekspresi yang Anda tunjukkan, dan sebagainya.

Semakin menarik foto yang Anda pajang, semakin manis ruangan yang dihias oleh foto keluarga tersebut. Anda bisa meletakkannya tidak hanya di rumah, tetapi juga di kantor.

10. Foto Keluarga adalah Sebuah Investasi

Sejujurnya saja, jika Anda melakukan foto keluarga dengan menyewa profesional, Anda akan membayar lebih daripada saat menggunakan jasa fotografer pemula atau bahkan foto dengan menggunakan smartphone pribadi.

Jika Anda berinvestasi lebih dengan menyewa fotografer ternama, akan lebih bermanfaat bagi Anda dalam jangka waktu yang lama karena secara kualitas lebih bagus. Kualitas yang bagus akan tahan lama dan bisa disaksikan dengan jelas oleh generasi selanjutnya.

11. Dokumentasi dari Masa ke Masa

Fungsi foto keluarga salah satunya adalah untuk dokumentasi yang akan merekam momen-momen penting dari masa ke masa. Seringkali kita lupa akan masa lalu karena terlalu sibuk membangun masa depan yang cemerlang.

Anak-anak kita tumbuh begitu cepat. Rasanya baru kemarin kita menggendongnya dan sekarang mereka sudah menjadi mahasiswa dengan tubuh tinggi semampai dan berprestasi. Sejak masih anak-anak, Anda bisa mendokumentasikan perkembangan si kecil dari masa ke masa. Disitu Anda bisa amati progres si kecil sehingga setiap detail momen-nya bisa Anda jadikan kenangan hingga sekarang mereka tumbuh dewasa.

Seiring berjalannya waktu, anak-anak menemukan kehidupannya sendiri dan mulai berpindah. Hari-hari dimana Anda sekeluarga bisa berkumpul bersama mulai menghilang. Anda bisa abadikan kebersamaan itu dengan menyewa fotografer profesional. Foto keluarga adalah kenangan termanis yang mengabadikan momen kebersamaan bersama keluarga meski saat ini anak-anak sudah sibuk dengan kehidupannya sendiri.

12. Penanda dalam Melalui Fase Kehidupan

Kita mungkin tidak menyadarinya, namun perubahan terjadi tanpa pemberitahuan dan tiba-tiba orang yang kita cintai pergi menjauh untuk melanjutkan fase kehidupan selanjutnya. Tidak ada alasan untuk tidak mengabadikan moemen bersama dalam foto keluarga karena mungkin setelah ini kita tidak akan menjumpai momen kebersamaan ini lagi. Kita memiliki saudara yang saat ini telah pergi meninggalkan kita dan tinggal bersama istri dan anaknya. Di rumah, bahkan tidak ada satupun foto kita bersamanya. Serasa hampa!

13. Sebagai Kenang-kenangan

Foto pada umumnya membawa kita kembali pada saat tertentu di masa lalu. Misalkan saat ini kita memandang foto adik yang mengenakan toga dengan senyum bahagia, segera kita akan ingat bagaimana bahagiannya keluarga yang merayakan momen kelulusan itu bersama-sama. Saat ini, mungkin si adik tidak sedang berada  di rumah. Dia sedang merantau dan menikmati karirnya karena masih muda.

Ya, foto keluarga memiliki power yang kuat, menjadi kenangan dan menjadi barang berharga yang akan kita wariskan secara turun temurun kepada generasi selanjutnya. Saat kakek-nenek atau para cucu bertanya mengenai siapa saja anggota keluarganya secara keseluruhan, Anda bisa tunjukkan foto keluarga yang Anda miliki. Disini, fungsi foto keluarga tidak lain adalah membantu menyatukan anggota keluarga untuk berkumpul secara keseluruhan.

Jika dalam benak Anda terbersit keinginan untuk foto keluarga, lakukan itu segera. Jangan tunggu nanti. Ini penting demi anak-anak Anda. Anak-anak mungkin tidak paham apa alasan Anda, kenapa Anda memintanya berdandan seperti ini dan seperti itu, tersenyum di depan kamera, dan membayar fotografer ternama untuk foto keluarga Anda. Mereka baru akan menyadari pentingnya fungsi foto keluarga setelah beranjak tua dan tidak ada satupun foto yang bisa mereka bagikan dengan anak-anaknya.

Jangan biarkan waktu berlalu dan Anda menyesal karena tidak pernah sekalipun mengambil foto keluarga. Anda belum tentu bisa mengulangi kesempatan berfoto bersama di masa mendatang. Sebelum menyesal, maksimalkan fungsi foto keluarga saat ini juga dengan memilih fotografer profesional dan berekspresi senatural mungkin untuk hasil memuaskan.

Referensi:

The Importance of Family Photos

3 Reasons Family Portrait Photography is Important

http://www.northstarphoto.com/family-portrait-reasons/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *