9 Tips Diet Sehat Islami Ala Rasulullah yang Wajib Anda Tau!

Posted on

Diet Sehat

10 Tips Diet Sehat Islami Ala Rasulullah

Diet sehat—Ada tipikal pribadi yang mudah risau dengan penampilan dan ada tipikal pribadi yang cuek dengan tampilan fisiknya. Anda termasuk yang mana kira-kira, Moms? Yang jelas, menjaga penampilan dengan cara yang sehat adalah lebih baik daripada cuek pada kesehatan karena tubuh adalah amanah yang harus kita jaga.

Saya punya saudara perempuan. Saat akan keluar, perlu waktu agak lama di depan kaca untuk mengamati tampilan fisiknya. Dia begitu jeli saat pipinya agak sedikit tembem, saat pahanya sedikit membesar, dan perutnya mulai membuncit. Setelah berkaca, dia akan berkomentar, “kok pipiku agak tembem ya”, dst.

Bude saya yang meski sudah berusia 55 tahun selalu  menjaga penampilan fisiknya. Dia cukup peka saat berat badan saya naik sembari berkomentar “Sekarang kamu agak gemukan ya”. Saya pribadi kurang menyadari perubahan itu. Tidak bisa kita pungkiri penampilan sangatlah penting.

Saat pipi semakin tembem, paha membesar, perut membuncit dan mulai ketat baju-baju yang dikenakan, satu kata yang ada dalam pikiran kita adalah “diet”. Ada banyak metode diet baik itu dengan cara opeasi, konsumsi bahan kimia, maupun dengan cara alami. Jika saya tanya pada Anda, Moms? Mana metode diet yang Anda pilih? Apa jawaban Anda?

Saya pribadi ingin memiliki tubuh proporsional tanpa risiko kesehatan. Kuncinya tidak lain ada pada  pilihan diet sehat dan alami ala Rasulullah. Setiap kali sunnah yang dilakukan Rasul, selalu ada manfaatnya setelah diteliti, sebut saja bersiwak, makan dengan mengunyah secara perlahan, makan kurma setiap pagi 7 biji, konsumsi madu, dan sebagainya.

Diet sehat ala Rasul efektif sekali turunkan berat badan tanpa risiko gangguan kesehatan. Berat kah proses diet sehat ala Nabi? Tentu tidak! Cukup dengan lakukan hal-hal simpel dibawah ini dan dapatkan tubuh proporsional yang Moms impikan.

1. Makan Sebelum Lapar dan Berhenti Sebelum Kenyang

Saat dulu ngaji, dan disampaikanlah konsep pada judul sub ban ini, yang ada dalam pikiran saya adalah “Ternyata manusia itu tidak boleh keterlaluan dalam segala hal” atau tepatnya yang sedang-sedang saja.

Dalam artian, kita tidak boleh terlalu lapar dan tidak boleh terlalu kenyang. Kata “terlalu” disini berarti kita tidak bisa mengukur batas kapasitas diri sendiri. Memang, ada orang yang bisa menyadari batas maksimal dan minimal dirinya dan ada yang tidak. Namun apa salahnya selalu berproses untuk menyadari hal itu.

Dari uraian pihak medis, judul pada sub bab  ini betul 100 %. Saat tubuh sangat lapar asam lambung berpotensi meningkat. Sebaliknya, saat tubuh sangat kenyang, lambung berpotensi alami pemelaran dan memungkinkan pecahnya organ lambung. Yuk, Moms lebih peka dengan bertanya pada diri sendiri, apakah kita makan karena keinginan atau karena memang sudah waktunya makan.

2. Makan Sambil Duduk dan Meninggikan Kaki Sebelah Kanan

Dengan pemahaman yang terbatas, saat saya diingatkan agar tidak meninggikan kaki kanan saat makan, sayapun menurut. Alasannya karena perempuan kurang sopan makan sambil meninggikan kaki kanannya. Rupanya saya salah.

Makan sambil duduk dan mengangkat kaki kanan adalah sunnah. Secara ilmiah  manfaat yang didapatkan adalah:

  • Makanan masuk tepat pada lambung. Dari sisi anatomi tubuh, lokasi lambung berada di sebelah kiri. Saat kaki kanan di tinggikan, otomatis alur makanan akan masuk tepat ke lambung yang berada di sebelah kiri.
  • Saat makanan yang seharusnya menuju ke lambung tidak sampai di organ tersebut, akan terjadi pengendapan di daerah esofagus yang menyebabkan radang esofagus atau esofagitis.

3. Kunyah Makanan Perlahan

Tergesa-gesa adalah bagian dari tingkah laku syaiton. Pernahkah Moms berada di sebuah restoran, lalu menyaksikan seseorang yang makan dengan tergesa-gesa? Apakah yang bersangkutan menurut Moms bisa menikmati momen-nya? Yang jelas tidak. Terburu-buru adalah bagian dari perilaku syaiton yang dipandu oleh hawa nafsu dimana syaiton memecah pikiran kita agar tidak fokus di meja makan tetapi memikirkan yang lain.

Nabi SAW, utusan Allah untuk seluruh umat manusia, dengan kesibukan yang padat itu memberikan tauladan berupa mengunyah makanan secara perlahan. Jika dahulu belum ada riset ilmiah mengenai manfaat dari sunnah Nabi tersebut, alasan ilmiahnya bisa Anda baca sekarang. Mengunyah makanan perlahan setidaknya 32 kali untuk setiap kali suapan, memberikan manfaat diet sehat sebagai berikut:

  • Tekstur makanan menjadi sangat lembut
  • Sari makanan mudah diserap oleh tubuh
  • Ini adalah cara menyayangi organ pencernaan dengan tidak membiarkannya bekerja terlalu keras untuk menghancurkan makanan dan menyerap sari-sarinya
  • Metabolisme tubuh berjalan lebih baik.

4, Hindari Tidur setelah Makan

Dulu, orang tua saya sering menegur saat saya memilih tiduran setelah makan. Perut kenyang, ngantuk, enaknya ngapain kalau tidak tidur? Saya yakin orang tua Moms pun pernah menegur karena sebab yang sama “Habis makan jangan tidur, nggak baik”.

Sunnah Nabi yang satu ini, bukan tanpa manfaat biologis bagi tubuh. Ada sebuah hadist yang meriwayatkan bahwa, tidur setelah makan tidaklah baik sebab ini akan berakibat buruk pada kerasnya hati (sirosis).

Bicara sirosis saya jadi ingat ibu dengan gejala muntah dan berak darah, disertai dengan perut membesar. Semoga Allah menjauhkan kita semua dari penyakit tersebut ya, Moms. Salah satu cara mencegah sirosis ala Nabi adalah dengan menghindari tidur setelah makan. Belum yakin?

Begini logika ilmiahnya. Jika setelah makan kita lebih memilih tidur, usus akan bekerja lebih lambat daripada saat Anda melakukan aktivitas. Secara, tubuh kita pasif saat tidur. Proses pencernaan yang berlangsung lama menyebabkan proses fermentasinya pun membutuhkan waktu yang lebih lama yang berarti semakin besar potensi kuman untuk muncul dan bertambah banyak.

Kuman tersebut berkesempatan memproduksi zat yang berbahaya bagi kesehatan hati, sebut saja indole, skatol, dan nitrit. Disarankan bagi kita semua untuk memperbanyak sholat dan zikir setelah makan. Plis, hindari aktivitas tidur setelahnya jika ingin sehat.

5. Halal saja Belum Cukup, tetapi Harus Baik Juga

10 Tips Diet Sehat Islami Ala Rasulullah3

Halal dan baik adalah dua syarat yang harus dipenuhi oleh setiap makanan yang kita konsumsi. Jika ingin diet sehat Anda sukses, pastikan makanan tersebut terjamin ke-halal-annya. Jenis makanan yang halal dan haram tidak lepas dari pengetahuan syariat masing-masing, seperti khamr dan bangkai (kecuali bangkai ikan) adalah haram.

Adapun kriteria makanan yang baik tidak lepas dari tiga unsur yaitu cara mendapatkannya dengan cara yang baik (transaksinya baik), baik bagi kesehatan tubuh, dan baik pula proses pembuatannya. Pada dasarnya, lemak daging adalah halal. Namun bagi pengidap hipertensi makanan tersebut tidak baik karena menggangu kesehatan.

6. Menu Makanan di Pagi Hari

Sholat berjamaah bersama ibu-ibu di masjid, salah satu tradisi Rasul yang tidak ditinggalkan adalah bersiwaknya. Biasanya kayu siwak tersebut diikat dengan tasbih. Tarawih 20 rokaat, mereka bersiwak sebanyak 20 kali ditambah 2 kali pada witir. Yang jelas, saat saya berinteraksi dengan mereka, saya tidak mencium bau mulut sama sekali. Itu pertanda, organ mulut bersih dari kuman.

Di pagi hari, tips sehat ala Rasulullah khusus untuk organ mulut dan gigi adalah dengan menggunakan siwak. Kedua organ tubuh tersebut berperan penting sebagai entrance makanan yang dikonsumsi. Proses konsumsi makanan tidak akan terganggu jika organ gigi dan mulut sedang dalam keadaan sehat.

Selepas bersiwak, menu sarapan ala Nabi adalah segelas air yang sudah ditambahkan sesendok madu di dalamnya. Madu dalam Al-Qur’an disebut sebagai syifa’ atau obat untuk segala jenis penyakit, tidak spesifik satu atau dua penyakit saja.

Beberapa penyakit yang bisa diusahakan kesembuhannya dengan perantara madu contohnya adalah sembelit, wasir, dan inflamasi. Madu bagus untuk kinerja sistem pencernaan seperti untuk melancarkan penyerapan makanan oleh usus, dan menjadikan lambung lebih bersih.

7. Menu Makanan Siang Hari

Rasulullah makan di siang hari sewaktu dhuha. Pada saat tersebut, Nabi rutin konsumsi kurma ajwa sebanyak 7 butir yang fungsinya adalah untuk memproteksi diri dari racun. Bukti real-nya adalah, saat perang Khaibar, Nabiyullah Muhammad diracun oleh seorang wanita Yahudi melalui makanannya. Namun racun tersebut tidak bereaksi oleh karena Nabi telah mengonsumsi kurma ajwa. Sedangkan salah satu sahabat yang ikut berperang meninggal dunia karena mengonsumsi makanan yang sama.

Saya pribadi merasakan betapa kurma begitu bermanfaat di bulan puasa ini. Tahun kemaren, saya tidak aktif konsumsi kurma dan tubuh terasa lemas di siang harinya.  Berbeda dengan puasa tahun ini yang terasa lebih bersemangat, berenergi, dan saya bisa melakukan banyak aktivitas produktif di siang hari.

8. Menu Makanan Sore Hari

Menjelang sore hari, Nabi mengonsumsi makanan pokok berupa roti. Bukan sekedar roti, namun roti tersebut telah ditambah cuka dan olive oil. Terkadang saya bertanya-tanya, “Kok bisa ya satu jenis makanan memiliki sejuta manfaat dimana manfaat tersebut cenderung kontradiktif”, qodarullah.

Contohnya saja madu dan kurma, meski rasanya manis namun bagus untuk pengidap diabetes, sedangkan diabetes sendiri adalah penyakit yang berhubungan dengan kadar gula yang tinggi. Adapun bahan makanan lain yang membuat saya terkesan adalah minyak zaitun atau olive oil. Dunia kecantikan dan kesehatan mengakui manfaatnya. Minyak ini menjadi bagian dari menu makanan di sore Nabi.

Menurut riset, menu makanan yang demikian bermanfaat untuk mencegah kolesterol, lancarkan pencernaan, dan mencegah dari gangguan kesehatan lemah tulang. Selain itu, fungsi menu makanan tersebut adalah untuk menangkal radikal bebas penyebab kanker dan menjaga suhu tubuh tetap hangat saat musim dingin.

9. Menu Makan Malam Hari

Di era sekarang, ada istilah vegetarian atau orang yang rutin konsumsi sayur-sayuran. Menu makanan yang dipilih Nabi di malam hari adalah sayuran. Sayuran bagus untuk memproteksi diri dari beragam penyakit dan meningkatkan sistem imun tubuh.

Beberapa makanan yang digemari Nabi adalah yaitu kombinasi daging, roti dengan kuah air yang sudah masak. Adapun buah yang menjadi kegemaran Nabi dan cocok sekali menjadi menu diet sehat Anda adalah labu air yang bagus untuk mencegah diabetes. Beliau juga menyukai anggur dan minuman manis susu.

Miliki bentuk tubuh ideal adalah mimpi semua orang, termasuk saya dan Moms tentunya. Akan lebih baik jika penampilan yang menarik itu kita dapatkan dengan cara yang alami, islami, dan dijamin aman bagi kesehatan seperti tips diet sehat ala Nabi diatas. Selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.