Desain Rumah Tropis: 20 Tips Praktis Mendesain Rumah di Wilayah Tropis

Posted on

Desain rumah tropis

Desain Rumah Tropis 20 Tips Praktis Mendesain Rumah di Wilayah Tropis2

Jika Anda tinggal di lingkungan tropis seperti Indonesia, respon terhadap kondisi lingkungan alami tersebut adalah dengan membangun desain rumah tropis. Desain rumah tropis memiliki beberapa ciri, diantaranya adalah memiliki teras yang luas, atap berbentuk miring atau kerucut, memiliki banyak  jendela, dan sentuhan material alami yang kental.

Karakteristik tersebut menghasilkan ruangan yang penuh pencahayaan dan sirkulasi udara yang baik. Pada dasarnya, desain rumah tropis ini adalah pengembangan dari desain rumah tradisional yang menyesuaikan dengan konsep konstruksi bangunan modern.

Sebutan lain dari desain rumah tropis adalah rumah relaksasi. Kenapa disebut demikian? karena desain rumah ini memiliki sirkulasi udara yang baik dan pencahayaan yang cukup. Siapa saja yang berada di dalamnya akan betah dan nyaman. Anda bisa mendesainnya mulai dari bagian interior ke  eksteriornya atau sebaliknya. Berikut 20 tips praktis membuat desian rumah tropis untuk hunian impian Anda.

1. Nuansa Hutan Sabana Tropis dengan Pencahayaan yang Teduh

Sentuhan hutan sabana tropis dengan pencahayaan yang teduh, identik dengan desain rumah tropis. Anda bisa ciptakan nuansa tersebut dari kombinasi warna-warna yang teduh dan memberikan kesan lega. Beberapa warna yang disarankan untuk membangun kesan tersebut adalah warna putih, biru lembut, biru muda, krem, dan hijau muda.

2. Gunakan Aksen Bambu dan Kayu

Aksen bambu dan kayu mendominasi rumah tradisional Indonesia dan merupakan material yang banyak digunakan pada rumah tropis.Walau demikian, penggunaan material tersebut tidak akan memberikan kesan kuno.

Gunakan sentuhan material itu pada bingkai jendela, baik dengan kayu maupun dengan bambu dan lengkapi dengan korden jika perlu. Keberadaan kedua material tersebut identik dengan rumah daerah tropis yang nyaman dihuni. Tidak hanya pada bagian jendela saja, Anda bisa manfaatkan material kayu pada pintu masuk dan juga pada lantai.

3. Inspirasi Alam pada Furniture, Dekorasi, dan Ornamen

Desain rumah tropis identik dengan sentuhan alamnya yang kental. Anda bisa berikan sentuhan tersebut pada furniture, dekorasi, dan pada ornament-nya. Adapun jenis furniture yang cocok adalah yang terbuat dari kayu atau rotan. Sedangkan dekorasi dan ornamennya seperti bunga-bunga alami, lampu kayu dan juga lukisan pemandangan alam yang meneduhkan.

4. Bring Outdoor Inside

Suasana alami di alam bebas yang identik dengan warna hijaunya yang teduh adalah salah satu ciri desain rumah tropis. Di dalam ruangan, cobalah menghiasnya dengan pohon palm atau kaktus yang identik hijau di setiap sudutnya dan letakkan bantal-bantal di kursi rotan atau kursi kayu Anda. Kecipak air akan menambah teduh suasana dalam ruangan. Entah dalam bentuk air mancur mini atau aquarium.

5. Pakai Kipas Angin di Ceiling Rumah

Selain sebagai dekorasi, kipas angin juga memiliki fungsi untuk pendingin ruangan saat cuaca benar-benar terik. Penggunaan kipas angin pada dasarnya adalah optional saja. Namun jarang sekali desain rumah tropis yang memakai AC sebab pendingin ruangan ini biasanya digunakan untuk ruangan tertutup. Lain halnya dengan rumah tropis yang identik dengan keterbukaannya melalui banyaknya jendela atau pintu.

6. Desain Atap Rumah yang Sesuai

Rumah tropis hadir dengan model atap miring. Fungsi atap sangat penting, diantaranya adalah untuk memproteksi rumah dari guyuran hujan, angin, dan sengatan matahari. Atap rumah tropis dibangun dengan mempertimbangkan potensi hujan, angin, dan sinar matahari. Tentunya, faktor tersebut berpengaruh pada pemilihan material atap.

Atap rumah tropis sebaiknya di desain miring dengan batas tidak kurang dari 30 derajat; sirap 20 derajat, dan seng 15 derajat. Selain kemiringan, Anda pun harus pertimbangkan tinggi atap dengan batas minimal 2,7 meter agar tidak terlalu panas.

7. Dinding Rumah Memiliki Banyak Ventilasi

Dinding rumah memiliki fungsi yang signifikan, yaitu menyangga atap dan sebagai pembatas ruang. Dinding rumah tropis seharusnya memiliki banyak jendela untuk sirkulasi udara dan pencahayaan. Seperti disinggung di awal, model jendela yang disarankan adalah jendela yang dilengkapi bingkai dari bahan alami seperti rotan dan kayu.

Dinding yang memiliki banyak jendela seperti ini efektif sebagai sirkulasi udara agar penghuni rumah tetap sehat serta tidak merasa gerah. Kondisi bangunan pun tetap kering saat musim penghujan tiba.

Memang ventilasi adalah salah satu ciri rumah tropis. Namun, ruangan yang serba terbuka tidak berarti Anda tidak memiliki privacy karena di tangan arsitek handal, selalu ada cara untuk membuat desain rumah minimalis tanpa menegasikan privacy penghuni.

8. Warna Interior Rumah

Warna interior rumah untuk desain rumah tropis sebaiknya kental dengan warna alami dan cerah. Untuk lantai dasarnya, munculnya sentuhan pasir  adalah pilihan yang tepat.

9. Sekat Rumah

Desain Rumah Tropis 20 Tips Praktis Mendesain Rumah di Wilayah Tropis3

Desain rumah tropis sebaiknya tidak menggunakan banyak sekat seperti pada jenis rumah minimalis. Minimnya sekat, atau penggunaan sekat yang tidak permanen memberikan kesan ruangan yang luas dan tidak gerah.

10.Taman Rumah yang Hijau

Taman rumah tropis tidak perlu luas. Taman bisa Anda hadirkan baik di dalam maupun di luar rumah, entah di depan atau di belakang rumah. Taman alami dengan sentuhan bunga-bunga atau pepohonan kecil nan hijau identik dengan ciri rumah tropis. Tambahkan sentuhan alami seperti batu-batu kecil, atau kursi dari bamboo dan rotan di sekelilingnya.

11. Tonjolkan Furniture dengan Tema Tropis

Furniture dengan tema tropis adalah furniture yang terbuat dari bahan alami, seperti kayu. Pilih satu set meja dan kursi kayu dan jadikan isi dari ruangan yang memang membutuhkan satu set furniture tersebut. Dibandingkan sofa, untuk memperkuat kesan minimalis, gunakan furniture kayu untuk mengisi ruang tamu.

12. Volume Atap Rumah yang Luas

Volume atap rumah yang luas memberikan kesan yang lega dan tinggi. Rata-rata atap berbentuk datar namun adapula yang dibentuk seperti limasan atau dimodifikasi sesuai selera. Volume atap yang luas dan rata ini memberikan kesan space ruang yang lebih tinggi dan ketinggian lantai tampak maksimal.

13. Adanya Kantung Udara

Sirkulasi udara dan pencahayaan adalah perhatian utama untuk desain rumah tropis. Arsitek perancang rumah tropis selalu memperhatikan kedua hal itu. Untuk membuat kantung udara, cara yang digunakan adalah dengan membuat susunan ruang demi ruang dengan void yang akan mengalirkan udara tersebut.

Lebih baik jika sedikit lahan yang ada digunakan untuk kolam maupun taman yang fungsinya adalah untuk menghembuskan udara atau menjadi kantong udara. Ini untuk menjaga agar rumah tetap segar dan agar listrik lebih hemat.

14. Lengkapi Ruangan dengan Sentuhan Air

Agaknya, tren arsitektur yang sedang booming saat ini adalah memunculkan sentuhan tropis. Ini ditampilkan dalam bentuk pemakain plunge pool atau swimming pool dalam rumah dengan sentuhan warna yang cerah. Walau Anda tidak memiliki cukup lahan untuk itu, Anda bisa tampilkan sentuhan air dengan membuat kolam kecil dalam rumah lalu menutupnya dengan kaca tambahkan lighting yang dramatis untuk menghidupkan suasana.

15. Penataan Taman dan Tanamannya

Penataan taman dan tanaman yang tepat akan memunculkan nuansa tropis yang lebih maksimal. Tidak masalah apakah Anda memiliki lahan yang sempit maupun lahan yang luas. Adapun jenis taman untuk lahan yang terbatas adalah dengan memanfaatkan taman gantung di dalam maupun di teras ruangan, dan taman vertical yang menempel di dinding.

Untuk menambah nuansa tropis yang lebih kental lagi, Anda bisa tambahkan dekorasi tanaman alami seperti jepun bali, monsterra, anturium, dan juga kaktus mini. Tanaman tersebut adalah tanaman yang sedang tren dan cocok sekali untuk menambah nuansa tropis di dalam maupun di luar ruangan.

16. Ruang Keluarga yang Terbuka

Ruang keluarga adalah ruang kumpul-kumpul saat sedang luang. Desain ruang keluarga untuk daerah tropis sebaiknya di rancang dengan ukuran yang besar (menyesuaikan luas lahan) dengan jendela kaca di salah satu sisi dindingnya. Jendela kaca ini memungkinkan seluruh anggota keluarga untuk melihat pemandangan alami di taman luar rumah. Warnai interior rumah dengan warna dinding putih dan pilih warna furniture hitam agar tampak kontras dan elegan.

17. Ruang Dapur Minimalis dengan Sentuhan Kayu

Dapur rumah tropis minimalis bisa Anda padukan antara warna putih sebagai warna lantai, dinding, dan atapnya dengan pemilihan warna hitam untuk  furniturenya agar terkesan lebih maskulin dan elegan. Anda bisa tambahkan sentuhan alami pada bar stoolnya yang terbuat dari kayu untuk memberikan kesan tropisnya.

18. Ruang Tidur Utama Kombinasi Alami dan Modern

Ruang tidur utama adalah tempat favorit yang selalu dirindukan. Anda bisa menyulap ruang tidur layaknya villa mahal yang nyaman huni dengan jendela kaca yang lebar dengan bingkai kayu warna putih. Isi kamar tidur dengan furniture modern untuk memberikan kesan kekinian dengan warna yang kontras seperti hitam. Untuk memperkuat kesan alaminya, pilih desain lantai kayu agar terkesan lebih adem, alami dan muncul nuansa tropisnya.

19. Tempat Tidur Anak dengan Jendela yang Besar

Ya, konsep rumah tropis memang tidak lepas dari prinsip openness yang dimilikinya. Di ruangan anak, seperti ruangan yang lain, gunakan jendela kaca ukuran besar mulai dari atap hingga lantai dengan bingkai kayu yang di cat berwarna putih.

Dari jendela tersebut, anak-anak bisa memandang lepas keluar pemandangan yang begitu hijau dan menenangkan. Gunakan furniture tempat tidur berpembatas yang  bisa dibuka saat anak-anak sudah besar. Lantai kayu dan perabot dari kayu identik dengan nuansa tropis dalam ruangan.

20. Ruang Santai

Seperti ruangan yang lain, jendela kaca ukuran besar wajib ada dalam sebuah ruangan. Ruang ini menjadi ruangan favorit dengan sentuhan warna dasar yang terang seperti krem, putih, dan abu muda. Sentuhan aksen dengan warna-warna cerah membuat ruangan ini semakin nyaman dihuni. Sentuhan alami bisa Anda munculkan dari perabot berupa meja sofa berbentuk oval dengan dekorasi berupa tanaman berukuran kecil di atasnya. Meletakkan tanaman alami di setiap pojok memberikan kesan alami dalam ruangan.

Hingga kini, desain rumah tropis sangat banyak diminati. Alasannya karena ciri-ciri desain dalam rumah tropis mendukung kenyamanan penghuninya, yaitu atap yang miring, teras yang luas, dan furniture yang didominasi oleh material dan tanaman alami. Tidak heran jika desain rumah tropis disebut rumah relaksasi mengingat sirkulasi udaranya banyak dengan pencahayaan yang cukup.

3 thoughts on “Desain Rumah Tropis: 20 Tips Praktis Mendesain Rumah di Wilayah Tropis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.