Yuk, Rancang Desain Rumah Minimalis dengan 18 Tips Jitu Ini!

Posted on

Desain rumah

Yuk, Rancang Desain Rumah Minimalis dengan 18 Tips Jitu Ini!

Semakin hari, jumlah penduduk semakin banyak yang berdampak pada semakin sempitnya lahan. Dengan keterbatasan lahan itu, desain rumah minimalis kian diminati. Rumah minimalis secara ukuran lahan memang terbatas, namun ini tidak berarti Anda tidak  bisa membuat desain rumah yang trendy, menarik dan tidak kalah dengan rumah-rumah megah di luaran sana. Dengan 18 tips ampuh berikut, Anda akan semakin terbantu mewujudkan rumah minimalis impian Anda.

1. Bijak Menaruh Barang

Desain rumah minimalis memiliki luas ruangan yang terbatas. Ruangan yang sempit itu semakin tampak penuh dan tidak nyaman huni jika terlalu banyak perabotan yang ada letakkan di setiap ruangan. Mari selektif memilih perabot baik dari segi bentuk maupun kegunaannya. Prioritaskan barang-barang yang memang Anda butuhkan dan ukurannya pun proporsional.

Agar lantai tidak terkesan penuh, Anda bisa coba tempatkan perabot di dinding seperti rak buku, lemari dapur, rak akseoris, rak TV dan sebagainya. Tujuannya agar ada space yang longgar untuk Anda lalu lalang sehingga tidak terkesan sesak.

2. Pilih Warna yang Sesuai

Warna memberikan impresi tersendiri. Untuk kesan yang luas dan lapang, cobalah memilih warna-warna terang. Saat ini, banyak desain rumah minimalis yang didominasi dengan kombinasi warna putih dan abu muda sebagai warna utama, dengan sentuhan aksen kayu. Kombinasi warna tersebut memberikan kesan lebih lapang.

Sebaliknya, jika Anda memilih warna-warna gelap atau mengkombinasikan beberapa warna sekaligus, rumah minimalis tampak semakin kecil dan sempit. Pilih warna-warna yang simple dan terang untuk merenovasi rumah minimalis Anda sekarang.

Diantara sekian banyak warna, warna putih adalah yang paling dirokemendasikan. Ruangan ala Skandinavia yang didominasi warna putih akan memberikan kesan yang lebih luas. Selain warna ruangan yang didominasi warna putih, pilihlah furniture dengan warna dominan putih untuk mempertajam kesan simple dan luas dalam ruangan.

3. Pembatas Ruangan Berlebihan? Tidak Perlu

Beberapa tipe orang ingin menjaga privacy anggota keluarga dengan cara menempatkan pembatas yang begitu banyak di rumah. Kalau saja model rumahnya besar, it’s okay! Kalau rumahnya kecil mungil sudah pasti kesannya tambah penuh.

Solusinya? Coba pertimbangkan kira-kira ruangan apa saja yang bisa dijadikan satu. Misalkan ruang dapur, ruang makan, dan ruang keluarga. Anda bisa setting ruangan tersebut untuk 3 fungsi sekaligus yang bisa di-identifikasi dari perabot yang Anda letakkan di ruangan itu. Rak piring misalnya, bisa juga lho jadi pembatas. Atau, rak TV dengan model atap rendah pun bisa Anda manfaatkan untuk itu. Cara ini terkesan memberikan peralihan ruangan yang lebih halus dan tetap manis di pandang.

4. Manfaatkan Cermin

Yup, cermin tidak hanya berfungsi untuk berias dan checking performance sebelum berangkat ke kantor. Dalam dunia arsitektural, cermin menciptakan ilusi optik sehingga ruangan yang semula sempit menjadi luas. Cermin cocok untuk melengkapi desain rumah minimalis yang Anda pilih. Tentunya cermin yang dipilih tidak seukuran cermin bedak mama ya. Semakin besar cerminnya, semakin luas efek ruangan yang ditimbulkan.

5. Pencahayaan dan Ventilasi Udara yang Cukup

Pencahayaan yang cukup menentukan nyaman dan tidaknya rumah yang Anda huni. Beruntung sekali bagi Anda yang memiliki rumah menghadap ke arah terbitnya matahari. Udara pagi hari terasa segar dan bagus untuk kesehatan. Untuk bangunannya sendiri, cahaya yang cukup mengurangi kelembaban sehingga bangunan tersebut lebih awet dan nyaman dihuni.

Untuk menangkap cahaya alami di siang hari, pasang jendela yang cukup dan sesuai dengan desain rumah Anda. Malam harinya, gunakan pencahayaan lampu sesuai dengan kebutuhan dan tidak terlalu suram.

Pencahayaan dan sirkulasi udara adalah dua hal yang sama pentingnya. Ventilasi udara mengurangi potensi rumah pengap dan Anda pun tidak harus menyalakan pendingin udara terus-menerus.

Sebisa mungkin usahakan agar rumah mendapatkan pencahayaan alami yang cukup setiap hari. Gunakan korden dengan warna-warna yang cerah dan pilihlah furniture yang rendah bagian atasnya untuk memberikan kesan rumah yang lebih tinggi, lebih luas dan terbuka.

6. Obyek Menarik Pengalih Perhatian

Fakta mengenai ukuran rumah yang sempit bisa Anda manipulasi dengan menempatkan obyek pengalih perhatian yang menarik. Sebut saja, lukisan etnis berukuran besar yang Anda pilih sebagai dekorasi ruang tamu yang Anda tempelkan di dinding. Ini akan membantu mengalihkan perhatian tamu dari mengamati ruangan yang sempit. Cara ini cukup efektif apalagi jika Anda tidak meletakkan benda-benda ukuran besar apapun di lantai.

7. Kondisikan Perabot dengan Baik agar Rumah Mudah Dibersihkan

Rumah minimalis wajib di isi dengan perabot yang minimalis dan sesuai kebutuhan. Anda bisa memprioritaskan sekiranya mana perabot yang Anda perlukan dan yang harus digudangkan. Rumah dengan lahan yang sempit dan penuh perabot akan membuat penghuninya rawan stres. Apalagi saat  perabot rumah berantakan dan sulit dibersihkan. Ya, tata letak perabot yang “tumpang-tindih” dengan ruang gerak yang sempit sulit untuk dibersihkan. Akibatnya, rumah menjadi tidak nyaman huni.

8. Pilih Model Tangga Super Ramping

Meski lahan Anda sempit, Anda bisa membangun 2 lantai dengan penghubung tangga yang super ramping. Ya, letakkan tangga di ujung ruang agar tidak menjadi fokus perhatian dan tidak menghabiskan space.  Selain peletakannya, pilihlah model tangga yang super ramping dengan bentuk yang tidak lurus. Model tangga seperti huruf L maupun bentuk spiral sangat direkomendasikan. Tangga yang bentuknya lurus menghabiskan tempat baik ruangan di lantai dasar maupun lantai atas.

9. Maksimalkan Storage Kreatif

Rumah minimalis mengharuskan pemiliknya berupaya sedemikian rupa sehingga seluruh perabot yang dibutuhkan ter-cover. Cara cerdas untuk  mengatasinya adalah dengan memanfaatkan setiap sudut ruangan yang ada dan memanfaatkan storage kreatif.

Storage kreatif adalah solusi cerdas untuk atasi masalah tersebut, semisal Anda manfaatkan lorong bawah tempat tidur untuk laci sepatu, space bawah tangga untuk gudang perabotan yang tidak intens digunakan, meja belajar yang menyatu dengan almari, dan seterusnya. Ide untuk memakai perabot multifungsi adalah ide cerdas agar ruangan yang sempit mampu meng-cover semua kebutuhan perabotan Anda. ‘

10. Let’s Bring Outdoor Inside

Yuk, Rancang Desain Rumah Minimalis dengan 18 Tips Jitu Ini!2

Dalam desain rumah minimalis yang didominasi warna putih, saatnya Anda mempercantik ruangan tersebut dengan menggunakan sentuhan alami di dalamnya. Letakkan beberapa tanaman hias dengan ukuran yang proporsional untuk menambah kesan fresh dalam ruangan.

Adapun jenis dekorasi alami yang bisa Anda jadikan pilihan adalah dekorasi dengan sentuhan kecipak air untuk memberikan kesan menenangkan dalam ruangan.

11. Pertimbangkan Kohesivitas

Kohesitivitas merupakan elemen penting yang harus Anda terapkan untuk mendekor desain rumah minimalis. Kohesivitas muaranya adalah pada keselarasan dan keterpaduan. Untuk mewujudkannya, buatlah potongan-potongan yang sama satu sama lain dan saling melengkapi. Yang perlu ditekankan disini adalah, jangan sampai terlihat campur aduk sehingga meninggalkan kesan compact.

Sempurnakan layer dinding atau bagian lain dengan satu warna saja, lalu letakkan dekorasi atau furniture dengan warna yang senada. Cara tersebut memberikan efek menyatu, melekat dan bersih.

12. Maksimalkan Fungsi Dinding

Salah satu kunci memaksimalkan ruangan yang terbatas adalah dengan memaksimalkan area dinding. Sangat tidak mungkin bagi kita untuk meletakkan semua barang di lantai karena ini akan menambah kesan penuh dan sesak. Langkah efektif mengatasinya adalah dengan memaksimalkan area dinding untuk rak  seperti TV, sepatu, perabot dapur, dan masih banyak lagi. Rak yang terletak di dinding sudah seharusnya memiliki bentuk yang unik dan warna yang menarik karena selain bertujuan fungsional, rak tersebut sifatnya dekoratif.

13. Sortir Isi Lemari

Beralih ke kehidupan minimalis tampaknya adalah pilihan yang tepat untuk mengurangi stres dan membiarkan tatanan rumah yang sempit senantiasa rapi. Baju sedikit membutuhkan ukuran lemari yang kecil dan baju yang banyak membutuhkan ukuran almari yang besar.

Jika Anda terlanjur memiliki ukuran lemari yang besar, tidak masalah. Sortir pakaian yang ada di dalamnya. Batasi jumlah pakaian dan pilih yang memang benar-benar Anda butuhkan. Jumlah pakaian yang terbatas dalam almari memperkecil potensi ruangan untuk berantakan, mengurangi stres, dan ruangan yang sempit pun menjadi mudah untuk dibersihkan.

14. Sofa yang Tidak Terlalu Tinggi

Pilih warna-warna cerah dan terapkan di beberapa bagian penting seperti dinding, atap, dan lantai. Isi ruang tamu dengan sofa yang ukurannya tidak terlalu tinggi agar tidak mendominasi ruang tamu. Sebisa mungkin pilih model sofa dengan tempat duduk yang tidak lebih tinggi dari lutut.  Kaitannya dengan furniture, coba pilih furniture yang tidak terlalu banyak sudut agar tidak terkesan firm.

15. Trik Ceiling dan Korden

Plafon rumah Anda mungkin tergolong rendah, yaitu kurang dari 3,2 meter. Untuk menyiasatinya, cobalah pilih korden dengan motif vertical untuk memberi kesan lebih tinggi. Selain itu, warnai plafon dengan warna cerah agar ruangan tampak lebih luas.

16. Simetris, Geometris, Dan Simple

Buat pengaturan ruangan yang simetris. Tujuannya adalah untuk memberikan kesan yang jelas dan sempurna. Pilih jenis furniture yang simple dan dibuat dengan pertimbangan geometris. Pilih furniture berbahan alami seperti dari gelas atau kaca yang sebisa mungkin hadir dengan bentuk dasarnya (minim pemrosesan).

17. Konsultasikan dengan Ahlinya

Karena membangun desain interior rumah yang minimalis adalah seni tersendiri untuk menciptakan kenyamanan, keterpenuhan fungsi ruangan dan perabot dengan tetap mempertimbangkan sisi estetisnya, langkah yang tepat untuk Anda lakukan adalah konsultasi dengan ahlinya sebelum memutuskan membangun atau merenovasi desain rumah minimalis Anda.

18. Minimalis Tidak Berarti Meninggalkan Kebutuhan

Bicara desain rumah minimalis adalah bicara tentang sentuhan, dekorasi dan furniture yang minimalis. Adapun makna tersebut tidak identik dengan rumah yang benar-benar steril dari apapun, tidak berfungsi, dan tidak bisa digunakan.

Berfikir kreatif sangat perlu untuk membuat desain rumah idaman dengan lahan terbatas. Desain interior serta furniture yang penting yang ada di dalamnya bisa Anda gunakan sesuai kebutuhan dengan meninggalkan layer yang terlalu banyak.

Saat ini baik hunian di kota maupun di desa telah banyak memakai desain rumah minimalis. Ini dikarenakan lahan yang kian sempit dan perlu cara khusus agar rumah yang memiliki keterbatasan dari segi lahan tersebut tetap indah saat dipandang dan mampu meng-cover semua kebutuhan penghuninya. Bagaimana caranya? Yuk terapkan 18 tips diatas!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *