10 Cara Sederhana Menjaga Kesehatan Keluarga Dalam Kehidupan Sehari-hari

Posted on

Kesehatan Keluarga

10 Cara Sederhana Menjaga Kesehatan Keluarga Dalam Kehidupan Sehari-hari2

Memiliki keluarga yang sehat tentu harapan setiap pasangan. Siapa saja anggota keluarga yang kurang sehat, anggota keluarga yang lain akan panik dan dilakukan berbagai usaha untuk mengatasinya. Kesehatan adalah kebutuhan primer yang harus kita prioritaskan. Dengan tubuh yang sehat, kita akan terhindar dari tiga kemungkinan negatif, yaitu badan tidak lagi merasa sakit, aktivitas harian yang berjalan lancar, dan tidak mengeluarkan biaya banyak biaya untuk pengobatan.

Yang dimaksud kesehatan keluarga tidak hanya kesehatan fisik, tetapi juga kesehatan psikis, dan pikiran. Seperti yang sering kita dengar bahwa antara kesehatan jiwa dan kesehatan fisik adalah saling berkorelasi antara satu dengan yang lain. Fisik dan jiwa yang sehat maka diri akan tumbuh menjadi pribadi yang sehat baik secara lahir maupun batin. Tips menjaga kesehatan keluarga sederhana berikut ini bantu Anda menjaga kesehatan seluruh anggota keluarga dari kedua sisi tersebut. Ini adalah tips untuk mengantisipasi agar tubuh tidak sakit dan jiwa pun sehat. Berikut caranya!

1. Rajin Mandi

Dulu, saat masih kecil, saya seringkali di ultimatum oleh ibu karena malas mandi. Katanya, uang jajan dipotong atau tidak diijinkan mengikuti acara liburan saat akhir pekan tiba. Itu karena saya waktu itu tidak menyadari pentingnya mandi dan sering mengabaikannya.

Menjaga kesehatan fisik tentu saja berhubungan dengan kebersihan tubuh. Tubuh yang bersih karena rajin mandi tiga kali sehari, dengan medium air bersih, sabun antibiotik, berkeramas, dan menggosok gigi membantu tubuh terhindar dari debu, kotoran, kuman, keringat, dsb yang menempel. Itu adalah penyebab penyakit yang perlu dibasmi dengan cara yang sederhana yaitu mandi.

Selain manfaat tersebut, tubuh akan merasa lebih fresh, lebih rileks dan lebih nyaman untuk kembali melakukan aktivitas. Anda  tentu pernah merasakan saat dimana tubuh merasa lemas dan tidak bersemangat. Setelah mandi Anda merasakan perubahan drastis 100 persen dan merasa giat untuk kembali beraktivitas. Kesegaran yang ada dalam air itu adalah energi atau semangat tersendiri bagi kita.

2. Makan dengan Rutin

Menjaga kesehatan keluarga salah satunya adalah dengan memenuhi nutrisi yang dibutuhkan setiap harinya. Agar nutrisi tercukupi, wajib bagi seluruh anggota keluarga untuk rutin makan setiap harinya. Cukupi konsumsi makanan dengan frekuensi makan yang konstan dan dengan porsi yang sesuai anjuran.

Makan dengan porsi kecil namun lebih sering, lebih baik hasilnya jika dibandingkan dengan makan dalam porsi besar namun jarang-jarang. Jaga kesehatan keluarga dengan memberikan tauladan kepada anak-anak untuk makan di saat lapar dan berhenti makan sebelum kenyang. Kunyah makanan sampai benar-benar halus agar sistem pencernaan berjalan dengan baik.

Bicara nutrisi makanan, Anda bisa konsultasikan ini kepada ahli gizi agar kebutuhan atas nutrisi tubuh terpenuhi dengan baik. Cukupi kebutuhan serat dengan konsumsi buah dan sayur secara rutin, penuhi kebutuhan protein dengan konsumsi cukup ikan, dan penuhi kebutuhan mineral tubuh agar tubuh terhidrasi dengan baik dan jauh dari masalah kulit kering, lemas, kuyu, dan mengalami masalah pencernaan.

3. Mencuci Tangan dengan Antibiotik

Secara kasat mata, sepertinya tidak ada apapun yang menempel di tangan. Tangan adalah bagian tubuh yang kotor dimana debu, kuman dan bakteri menempel disitu. Mencuci tangan sepertinya adalah hal yang sepele. Namun kebiasaan baik ini bantu menjaga tubuh dari serangan berbagai penyakit berbahaya

Cuci tangan secara rutin dengan menggunakan antibiotic khususnya sesaat sebelum makan. Ini akan membantu mencegah masuknya kuman, bakteri dan virus yang merupakan sumber penyakit ke dalam tubuh.  Usahakan agar tangan selalu dalam keadaan steril dengan aktif menggunakan antibiotic setiap sekian jam sekali, utamanya setelah menyentuh barang-barang yang banyak debu dan kotorannya. Tangan adalah media yang mengantarkan makanan masuk ke dalam tubuh. Berbahaya sekali jika kita tidak menggunakan media yang bersih sehingga potensi tubuh mengalami serangan penyakit semakin meningkat.

4. Memastikan Baju yang Dikenakan Bersih

Badan dan tangan dalam keadaan bersih terasa lebih menyenangkan saat melakukan aktivitas apapun. Kita merasa lebih segar dan bersemangat. Cara praktis menjaga kebersihan tubuh selain dengan mandi adalah dengan memastikan bahwa baju yang dikenakan dalam keadaan bersih. Baju bersinggungan secara langsung dengan kulit tubuh. Baju yang kotor otomatis menjadi penyebab datangnya penyakit sebab pada baju tersebut melekat debu, kotoran, kuman, bakteri dan sebagainya.

Pakai baju yang bersih setiap hari. Kenakan baju dalaman yang menyerap keringat, pilih bahan baju yang menyerap keringat dan nyaman dikenakan. Saat muncul indikasi bau baju mulai apek karena keringat, atau jam pemakaiannya sudah over, Anda bisa menggantinya dengan yang baru.

Mencuci baju dengan detergen adalah usaha untuk memastikan baju sedang dalam kondisi bersih. Agar kuman hilang dan baju tampak rapi, pakailah baju yang sudah disetrika baik itu baju luaran maupun baju dalaman. Sedikit lelah memang jika harus ganti baju tiga kali sehari yang menyebabkan bertambah banyaknya cucian dan setrikaan, namun demi kesehatan yang mahal harganya, ini harus kita lakukan dan menjadi kebiasaan yang tidak bisa ditinggalkan.

5. Rajin Gosok Gigi

Sakit gigi terjadi salah satunya karena jarang menggosok gigi. Gosok gigi biasanya dilakukan saat sedang mandi dan sebelum tidur. Rajin gosok gigi agar terhindar dari masalah sakit gigi dimana sensasi cenat-cenutnya sungguh luar biasa sekali. Saat sakit gigi, kepala terasa sakit, gigi nyeri, dan bahkan bengkak sehingga membuat kita merasa tidak nyaman untuk beraktivitas.

Sakit gigi berpengaruh pada frekuensi makan yang menurun sehingga nutrisi tubuh berkurang. Yuk, biasakan diri melakukan hal simpel ini untuk menjaga kesehatan keluarga. Selain itu, cegah aktivitas yang menyebabkan sakit gigi seperti konsumsi makanan yang manis-manis, merokok, konsumsi kafein, dan membersihkan gigi secara manual dengan menggunakan benda tajam. Meski nampaknya gangguan kesehatan ini terkesan sepele, namun banyak sekali aktivitas yang terhambat karena masalah sakit gigi.

6. Cuci Muka Sebelum Tidur

10 Cara Sederhana Menjaga Kesehatan Keluarga Dalam Kehidupan Sehari-hari10 Cara Sederhana Menjaga Kesehatan Keluarga Dalam Kehidupan Sehari-hari

Jangan lupa cuci muka dan gosok gigi sebelum tidur ya, Guys. Gosok gigi sebelum tidur bantu menghilangkan kotoran yang mengendap di sela-sela gigi yang menyebabkan gigi berlubang. So, wajib bagi kita untuk sikat gigi.

Sempatkan cuci muka sebelum tidur agar kesehatan dan kecantikan wajah terjaga. Wajah yang sehat bebas dari jerawat, kulit kering dan kusam. Gunakan pembersih wajah alami dan cocok digunakan untuk jenis kulit Anda. Cuci muka sebelum tidur efektif mengusir debu, kotoran, dan bakteri yang melekat di wajah. Lakukan ini secara rutin setiap malam menjelang tidur agar wajah tampak bersih berseri sepanjang hari.

7. Membiasakan Berfikiran, Berkata, dan Berperilaku Positif

Yup, hubungan antara kesehatan fisik dan psikis memang sangat erat. Banyak dari kita yang mendengar bagaimana seorang dokter menghimbau pasiennya agar tidak mudah stres, tidak mudah terbebani, dan supaya menjalani hidup dengan lebih happy lagi.

Salah satu penyebab seseorang merasa happy dan tidak happy adalah pada pikiran, perkataan, dan perilakunya. Aktivitas negatif mulai dari perkataan, pikiran dan perilaku negatif berdampak negatif pula pada kesehatan fisik. Berkata positif membuat diri lebih happy dan lebih tenang. Lain halnya saat kita barkata dan bertingkah laku negatif yang menyebabkan emosi, temperamen, negatif tingking terhadap orang lain yang menjadi penyebab munculnya berbagai macam penyakit mulai dari penyakit sederhana hingga penyakit kronis, sebut saja hipertensi, diabetes, stroke, dan masih banyak lagi.

Selalu biasakan berkata positif agar ini menjadi energi positif bagi diri kita untuk selalu semangat dalam menjalani hidup. Perkataan positif berasal dari pikiran yang positif yang berpijak pada kedamaian, dan kemaslahatan bersama. Energi yang positif akan selalu mengitari hidup kita jika kita berkata, berperilaku, dan berfikiran positif. Dalam ke-postif-an, jiwa akan lebih tenang, dan tubuh pun lebih sehat.

8. Menciptakan Suasana yang Harmonis

Suasana yang harmonis berhubungan dengan kesehatan psikis seluruh anggota keluarga. Kesehatan keluarga baik psikis maupun fisik secara tidak langsung berhubungan dengan suasana di rumah apakah dalam kondisi harmonis atau seringkali mengalami konflik.

Ciptakan suasana rumah yang harmonis agar anak dan anggota keluarga yang lain merasa nyaman saat berada di kediaman masing-masing. Suasana rumah yang gaduh dan kisruh, menyebabkan batin tertekan dan tenang. Makan pun menjadi malas dan tidak berselera. Telat makan akan berujung sakit.

Terlebih lagi, suasana kediaman yang tidak harmonis mengakibatkan batin tertekan sehingga anak atau anggota keluarga enggan untuk menceritakan apa saja masalah yang dihadapinya. Masalah tersebut ditanggung seorang diri yang akhirnya menyebabkan beban psikis yang berpengaruh besar bagi anggota keluarga masing-masing.

9. Memperbanyak Silaturahim

Dalam sebuah penelitian disebutkan bahwa silaturahim memperpanjang usia harapan hidup. Temuan tersebut sangat masuk akal. Melalui silaturahim kita akan merasakan happy saat berjumpa dengan orang lain. Kita akan merasakan bagaimana serunya berinteraksi dan sharing dengan orang lain, serta merasa terbantu saat sedang menghadapi masalah.

Rasa bahagia dan rasa mudah dalam menghadapi ujian yang dialami dalam hidup adalah kunci untuk menghilangkan rasa tertekan dan stres. Seperti yang kita tau, beban psikis seperti stres adalah penyebab terganggunya kesehatan keluarga. Perbanyak silaturahim, agendakan setiap satu minggu atau satu bulan sekali tergantung dari jarak tempuhnya. Selain menjaga keutuhan keluarga dan pertemanan, silaturahim membantu menjaga kesehatan keluarga.

10. Memperhatikan Bakat dan Minat Masing-masing Anggota Keluarga

Pada dasarnya, menjaga kesehatan keluarga tidak hanya dengan menjaga kesehatan fisik tetapi juga menjaga kesehatan psikis. Kejiwaan terancam kesehatannya saat kita mengalami tekanan. Salah satu bentuk tekanan yang kita berikan kepada anak atau anggota keluarga yang lain adalah dengan memilihkan sesuatu yang tidak sesuai dengan bakat dan minatnya dan memaksa mereka untuk melakukannya untuk kita. Ketahui bakat anak dan biarkan mereka meng-eksplorasi bakat dan minatnya selama itu positif. Pada jiwa yang riang dan bebas seperti ini, anggota keluarga menjadi lebih sehat secara psikis dan fisik.

Kesehatan keluarga adalah sesuatu yang prioritas sifatnya dan harus kita pikirkan matang-matang. Yuk, jaga kesehatan keluarga dengan cara sederhana di atas sejak saat ini juga. Pembiasaan tersebut perlu kita lakukan agar kesehatan keluarga terjaga baik dari segi fisik maupun psikisnya.  Dengan jiwa dan raga yang sehat, kita bisa melakukan aktivitas dengan lebih mudah, lebih hemat pengeluaran, lebih produktif dan tidak menanggung rasa sakit karena gangguan kesehatan tertentu.

One thought on “10 Cara Sederhana Menjaga Kesehatan Keluarga Dalam Kehidupan Sehari-hari

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.