Cara Hidup Sehat: Manfaat dan Tips Mudah Melakukannya

Posted on

Cara hidup sehat

Cara Hidup Sehat Manfaat dan Tips Mudah Melakukannya2

Baru-baru ini, Puspa Dewi, seorang Mama yang berusia lebih dari setengah abad berbagi tips mengenai cara awet muda layaknya ABG. Apa yang membuatnya tetap mempesona di usianya yang senja? Jawabannya tidak lain adalah pada konsistensinya menjalankan cara hidup sehat. Adapula Kim Sa Rang Asal Korea yang meski sudah kepala 4, namun tetap tampak seperti usia 20-an karena rajin lakukan olahraga pilates dan melakukan pijat tubuh.

Pada dasarnya, jalani cara hidup sehat cukup berat saat kita dihadapkan dengan minimnya waktu untuk melakukan olahraga, sering nongkrong bareng teman, dan berhadapan dengan makanan olahan yang menggugah selera. Ada banyak alasan kenapa kita akhirnya menjalani gaya hidup tidak sehat. Diantaranya adalah, ada begitu banyak pilihan makanan cepat saji yang bisa dipesan via delivery dan minimnya olahraga yang dilakukan.

Banyak yang memahami konsep hidup sehat, namun belum banyak yang menerapkan konsep tersebut dengan banyak pertimbangan. Faktanya, jika saya dan Bunda sekalian rajin menerapkan gaya hidup sehat sejak dini, manfaat yang didapat cukup banyak. Diantaranya adalah;

  • Mencegah Penyakit

Ada banyak penyakit mengancam saat ini. Beberapa diantaranya adalah kolesterol penyebab penyakit jantung, diabetes, dan stroke. Salah satu manfaat jangka panjang yang akan Anda rasakan dengan menjalani cara hidup sehat adalah terhindar dari berbagai penyakit berbahaya tersebut.

Ya, beberapa penyakit memang disebabkan oleh pola makan dan pola hidup sehari-hari yang kurang tepat. Beberapa penyakit yang dimaksud adalah stroke, artritis, osteoporosis, diabetes, dan penyakit yang berkaitan dengan menurunnya sistem imun tubuh.

  • Mencegah Terjadinya Luka

Anda mungkin berpikiran seperti saya bahwa, memakai helm bertujuan menaati tata tertib lalu lintas. Padahal, itu adalah bagian kecil dari cara hidup sehat dimana dengan memakai helm akan mencegah dari terjadinya luka di kepala karena hal yang tidak diharapkan.

Sedikit cerita, saat sedang antri ambil obat di RS, saya berinteraksi dengan ibu dari seorang pasien yang masih duduk di SMP kelas VIII. Pasien tersebut botak di bagian kepalanya dan terdapat cukup banyak jahitan yang melingkar dari bagian kepala sebelah kiri ke sebelah kanan. Saat saya tanya ibunya apa penyebabnya? Jawabannya “Naik sepeda mba, nggak pakai helm, di tabrak mobil dari belakang, kebentur aspal”, Nah!.

Selain itu, mengenakan sabuk pengaman saat berkendara, menggunakan sepatu safety saat menyelesaikan pekerjaan proyek adalah bentuk lain dari cara hidup sehat. Mengangkat beban berat dengan cara yang salah dan dilakukan secara kontinyu bukanlah cara beraktivitas yang tepat. Besar kemungkinan yang bersangkutan akan mengalami masalah di punggung belakang.

  • Cukupi Kebutuhan Energi

Menjalankan gaya hidup sehat dengan konsumsi makanan sehat setiap harinya tidak identik dengan badan kurus yang dirasakan sebagai akibatnya. Menjalani gaya hidup sehat berhubungan dengan bagaimana cara Anda makan dan apa yang Anda konsumsi saat itu.

Konsumsi makanan yang sehat memberikan supply energi yang cukup bagi tubuh. Anda bisa berpartisipasi dalam setiap aktivitas dengan kecukupan energi tersebut. Penelitian membuktikan bahwa olahraga yang dilakukan secara rutin bantu tingkatkan jumlah energi tubuh dan menurunkan risiko mudah lelah dan kecapekan.

  • Berat badan ideal dan sehat

Cara hidup sehat dengan cara berhenti merokok, menghindari alkohol, memperbanyak konsumsi makanan dengan nutrisi seimbang seperti buah dan sayur, menghindari makanan yang diproses, dan makanan berlemak, bantu mengontrol berat badan dan menjaga tubuh agar tetap sehat.

Riset membuktikan bahwa, menurunkan berat badan sampai dengan batas normal mengurangi potensi serangan jantung dan meningkatkan kesehatan.

  • Membantu Menyehatkan Mental

Manfaat jalani hidup sehat selanjutnya adalah menyehatkan mental. Ya, konsumsi makanan sehat dan dan memperbanyak olahraga bantu cegah kemungkinan depresi dan efektif mempertajam ingatan dan meng-stabil-kan mood. Dengan mengontrol makanan yang dikonsumsi, memperbanyak olahraga, dan meninggalkan gaya hidup tidak sehat bantu Anda mencapai kesehatan fisik dan psikis.

Apakah Anda sedang mengalami masalah kesehatan seperti yang disebutkan oleh dampak buruk jalani gaya hidup tidak sehat? Anda ingin supply energi dalam tubuh tercukupi dengan mood yang selalu terjaga? Mari budayakan cara hidup sehat sejak dini dengan cara mudah dibawah ini.

1. Olahraga ringan setidaknya 2,5 jam dalam satu minggu

Jika dikalkulasi, tampaknya angka 2,5 jam dalam satu minggu bukanlah angka yang besar. Anda  hanya perlu alokasikan waktu 150 menit setiap minggunya untuk melakukan olahraga ringan seperti jalan kaki, renang, berlari, bersepeda, dan sebagainya. Namun jika Anda kesulitan untuk mencari waktu luang untuk olahraga, Anda bisa melakukan hal-hal yang mengeluarkan keringat dengan cara yang simpel, seperti mengangkat telefon sambil beraktivitas, lebih memilih jalan kaki daripada naik sepeda motor dan lebih memilih naik tangga dibandingkan naik lift.  

Saya pribadi tertarik dengan istilah “simplifikasi” yang digunakan untuk mewakili kebiasaan masyarakat modern yang saat ini. Masyarakat sekarang lebih suka yang simpel, yang praktis, yang lebih hemat waktu, dan tidak mengeluarkan banyak energi. Padahal, melakukan sesuatu secara manual jauh lebih bermanfaat bagi kesehatan. Poin penting cara hidup sehat khususnya olahraga dengan kesehatan fisik adalah;

  • Riset yang dilakukan oleh Mayo Clinic menyatakan, olahraga secara rutin efektif tingkatkan produksi hormon endorfin. Ini adalah senyawa kimia yang berada di otak yang fungsinya adalah untuk memberikan rasa rileks dan memunculkan perasaan bahagia.
  • Adapun manfaat jangka pendek dari konsistensi jalankan olahraga adalah mengurangi stres dan memperbaiki fungsi otak.
  • Beberapa manfaat yang Anda dapatkan dengan menerapkan cara hidup sehat dengan rutin lakukan olahraga fisik adalah mencegah dari berbagai penyakit mematikan seperti diabetes, kanker, artritis, depresi dan sindrom metabolis.
  • Manfaat lain dari olahraga adalah tercukupinya energi tubuh. Aktivitas fisik yang dilakukan secara teratur bantu tingkatkan daya tahan tubuh dan kekuatan otot. Olahraga bantu nutrisi penting yang Anda dapat dalam makanan dan juga oksigen untuk sampai ke jaringan tubuh dengan lebih cepat sehingga sistem kardiovaskular bisa berjalan lebih efektif. Dengan demikian, Anda akan mendapatkan energy yang cukup untuk melakukan aktivitas sehari-hari.

2. Konsumsi Makanan dengan Nutrisi yang Seimbang

Cara hidup sehat tidak lepas dari kebiasaan konsumsi makanan dengan nutrisi yang seimbang setiap harinya. Nutrisi tersebut meliputi protein, mineral, vitamin, yang harus Anda penuhi kebutuhannya. Selain itu, Anda juga harus memperhatikan kandungan kalori di setiap makanan. Umumnya, cara hidup sehat hanya melibatkan sedikit saja kalori yang dikonsumsi. Terkait dengan ini, penting bagi Anda untuk mempertimbangkan beberapa poin penting berikut;

  • Jangan lupakan sarapan

Anda dulu mungkin seperti saya yang menganggap bahwa cara memulai diet sehat adalah dengan menghindari sarapan. Faktanya, tubuh perlu sarapan agar terhindar dari lapar berkepanjangan di siang harinya. Coba pilih menu sarapan sehat untuk menghindari rasa lapar agar Anda tidak ingin konsumsi makanan cepat saji dalam jumlah yang banyak.

Fakta dibalik menghindari sarapan adalah, kadar gula darah tubuh akan meningkat. Meningkatnya kadar glukosa menyebabkan meningkatnya tumpukan lemak. Untuk mengontrol berat badan agar tetap ideal dan sehat, konsumsi setidaknya 5x sajian sayur dan buah setiap harinya. Perbanyak konsumsi daging tanpa lemak seperti ikan dan hindari minuman dengan kadar gula tinggi seperti soda dan jus.

  • Performance Fisik Lebih Menarik

Penampilan memang bukan hal yang utama. Namun, penampilan yang proporsional secara fisik membantu tingkatkan rasa percaya diri Anda. Hal tersebut hanya bisa Anda peroleh dari cara hidup sehat yang Anda terapkan.

  • Mencegah Berbagai Penyakit Berbahaya

Konsumsi makanan sehat setiap hari bantu cegah penyakit jantung, stroke, dan darah tinggi. Dengan menjaga kadar kolesterol dan tekanan darah agar tetap stabil. Ini berarti Anda berusaha agar aliran darah dalam pembuluh darah mengalir lancar sehingga memperkecil potensi serangan cardiovascular.  

3. Menjalin Hubungan Sosial yang Baik

Cara Hidup Sehat Manfaat dan Tips Mudah Melakukannya

Cara hidup sehat yang seringkali dilupakan adalah menjalin hubungan sosial yang baik. Saya punya tetangga, seorang ibu dan suaminya yang jarang sekali keluar rumah untuk bersosialisasi. Setiap kali bersinggungan dengan anggota masyarakat yang lain, si ibu seringkali cemberut, mudah ngambek, gampang tersinggung dan mudah berfikiran negatif. Si ibu selalu sibuk dengan pikirannya sendiri saat ada orang yang tidak menjawab sapaannya dengan meng-claim orang tersebut tidak suka padanya. Padahal, si ibu memanggil dengan sangat lirih dan potensi orang yang lewat untuk mendengar sapaannya itu sangat kecil.

Dari kasus tersebut, saya setuju bahwa menjalin hubungan sosial yang baik bantu meningkatkan kesehatan mental. Membangun hubungan sosial yang baik bisa Anda lakukan dengan mengikuti club, menjadi relawan, nonton film bersama, atau ngobrol ringan dengan tetangga satu dua menit lamanya bantu jaga kesehatan mental dan menjaga agar kadar hormon serotonin tetap seimbang.

Jangan biarkan diri Anda mengisolasi di rumah. Atur jadwal silaturahim meski tidak setiap hari. Manfaatkan teknologi untuk melipat jarak antara Anda dan orang tercinta yang ada di kejauhan dengan cara video call, calling, atau stay connected via media social.

4. Cukup Tidur

Kebiasaan begadang tidak masuk dalam list cara hidup sehat. Kurang tidur sebabkan beragam masalah fisik dan psikis. Akibat kurang tidur sudah pasti adalah ngantuk. Selain itu mood tidak stabil dan yang paling berbahaya adalah dampaknya pada kesehatan, yaitu menyebabkan tekanan darah tinggi, penyakit jantung dan diabetes dan bahkan memperpendek usia harapan hidup.

Untuk atasi masalah sulit tidur, coba terapkan tips berikut:

  • Tidur pada waktu yang sama dan bangun pada waktu yang sama setiap malamnya.
  • Kurangi waktu tidur siang.
  • Ciptakan ruangan istirahat yang nyaman.
  • Lupakan kafein pencegah ngantuk.
  • Jika Anda terganggu dengan suara yang agak berisik, silahkan matikan televisi atau radio, matikan lampu dan nyalakan kipas angin atau AC jika diperlukan.

5. Konsumsi Air Putih di Pagi Hari

Siapkan segelas air lalu tambahkan irisan lemon dan minum di pagi hari setelah bangun tidur. Khasiat yang Anda dapatkan adalah metabolisme dalam tubuh menjadi lancar, menjernihkan sistem pencernaan dan mengeluarkan toksin. Banyak orang percaya bahwa ini adalah salah satu langkah efektif turunkan berat badan.

Manfaat dan cara hidup sehat diatas adalah langkah praktis agar tubuh tetap sehat, mood stabil, pikiran fresh, dan penampilan senantiasa menarik. Kombinasi kondisi tubuh yang sempurna itu hanya bisa Anda dapatkan dengan menjalani cara hidup sehat setiap hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.