Cara Hidup Sehat secara Alami dan Mudah Dilakukan

Posted on

Cara hidup sehat

Cara Hidup Sehat secara Alami dan Mudah Dilakukan

Kesehatan adalah hal yang penting dalam kehidupan namun seringkali dilupakan. Seringkali kita mengidentikkan kesehatan dengan hal-hal yang berbau medis. Dalam bayangan kita, untuk melakukan pengobatan kita harus membayar mahal. Tidak jarang kitapun takut akan tindakan medis yang akan diberikan, katakanlah disuntik, operasi bedah, transfusi darah, dsb. Hidup sehat tidak selalu identik dengan hal-hal medis. Anda bisa menjaga kesehatan dengan cara alami yang minim  efek samping.

Saat masih sehat, kita seringkali lalai untuk menjaga kesehatan. Namun saat kondisi sedang tidak mendukung, seperti di diagnosa sakit ini dan itu oleh tim medis, kita mulai merasakan betapa kesehatan sangatlah berharga. Mari kita tanggalkan pikiran bahwa menjaga kesehatan harus dengan cara yang mahal dan mendapatkan treatment yang menyakitkan. Ada banyak cara hidup sehat yang bisa di tempuh dengan cara alami dan mudah dipraktikkan dalam kehidupan sehari-hari. Yuk, jaga kesehatan diri dan keluarga dengan cara sederhana berikut ini!

1. Hirup Udara Bersih di Pagi Hari

Siang hari, udara khususnya di perjalanan penuh dengan debu dan polusi. Setidaknya kita menggunakan masker, jaket dan sarung tangan agar terhindar dari polutan penyebab penyakit. Jika ingin lebih fresh, dan organ pernafasan terisi dengan udara yang bersih. Yuk rutin berjalan-jalan pagi saat udara masih benar-benar bersih.

Udara di pagi hari, apalagi dengan lokasi lingkungan yang dekat dengan rerimbunan tumbuhan, kita akan merasakan betapa sejuk dan segarnya udara yang kita hirup. Udara yang demikian membantu membersihkan organ pernafasan dimana udara yang sampai di organ paru-paru dalam keadaan bersih dan segar.  Udara yang bersih, yang di hirup di pagi hari bantu tubuh agar lebih sehat dan bebas polutan yang menyebabbkan penyakit.

2. Cukupi Kebutuhan Mineral Tubuh

Penting bagi Anda untuk membantu mencukupi kebutuhan mineral tubuh. Setidaknya, setiap hari, kita harus mengonsumsi mineral sebanyak 2 liter yang dikonsumsi secara bertahap. Manfaatnya banyak sekali. Cara hidup sehat dengan konsumsi air putih adalah solusi sehat yang paling ekonomis. Ada banyak sekali penyakit yang disebabkan kekurangan konsumsi mineral dalam tubuh. Dan, banyak pula penyakit yang perlahan sembuh dengan rutin konsumsi air putih setiap harinya.

Diantara begitu banyak manfaat air mineral adalah untuk melancarkan saluran kemih dan melancarkan kinerja organ ginjal. Ya, banyak konsumsi kafein dan minim minum air putih adalah penyebab utama seseorang alami masalah dengan organ ginjalnya yang berujung pada gagal ginjal.

Yuk, perbanyak konsumsi mineral agar tubuh terhidrasi dengan baik dan jauh dari penyakit. Lebih baik lagi jika Anda tambahkan dengan konsumsi jeruk dan lemon hangat yang efektif mengusir racun tubuh sehingga kesehatan terjaga dengan cara hidup sehat yang satu ini.

3. Perhatikan Nutrisi yang Dikonsumsi Tubuh Setiap Harinya

Tubuh sehat tidak lepas dari nutrisi yang dikonsumsi setiap hari. Nutrisi tersebut harus seimbang mulai dari kadar karbohidrat, protein, vitamin, mineral, dan lemak sehatnya. Pastikan menu makanan yang dikonsumsi sehari-hari memenuhi kriteria nutrisi tersebut. Usahakan untuk tidak lupa konsumsi sarapan pagi setiap hari untuk menghindari rasa lapar di siang harinya dan menghindari ngemil cemilan tidak sehat.

Hindari konsumsi makanan yang tidak sehat seperti makanan yang kaya lemak, makanan junk food, minuman bersoda  dan cafein. Perbanyak konsumsi sayuran dan buah-buahan untuk memenuhi kebutuhan serat tubuh.

Selain makanan bernutrisi, tubuh juga membutuhkan suplemen yang bagus bagi tubuh. Sebut saja beragam vitamin dan zat anti oksidan yang kesemuanya bisa kita peroleh dari nutrisi yang ada dalam beragam makanan sehat yang kita konsumsi setiap harinya. Untuk mengetahui bahwa jenis makanan tertentu kaya akan antioksidan, Anda bisa mendeteksinya dari warna cerah yang dimilikinya. Ya, makanan dengan kandungan zat antioksidan yang tinggi identik dengan makanan yang berwarna cerah dimana zat tersebut bermanfaat untuk menangkal radikal bebas penyebab berbagai jenis kanker.

4. Jangan Lupa Istirahat

Menyenangkan memang saat kita menjadi pribadi yang super sibuk, memiliki banyak peranan dan berkontribusi terhadap masyarakat secara luas. Walau demikian, selalu pertimbangkan sisi bahwa tubuh kita tak ubahnya mesin yang perlu waktu istirahat.

Meski semangat masih menggebu untuk bekerja, ada baiknya jika kita istirahat sejenak baik di siang hari atau di malam hari. Jangan lupa rutin olahraga agar kesehatan tubuh terjaga sehingga kita bisa bekerja dengan nyaman. Jenis olahraga yang dilakukan tidak perlu olahraga ekstrim dan membutuhkan tenaga ekstra. Luangkan waktu di pagi hari selama 30 hingga 45 menit untuk berjalan kaki bersama anggota keluarga yang lain, atau bersepeda dan berenang besama di akhir pekan.

Mari seimbangkan antara olahraga, kerja, dan istirahat agar kinerja yang maksimal di tempat kerja kita capai, tubuh tetap sehat dan tidak terforsir karena keinginan kita untuk bekerja secara over daripada seharusnya.

Sama halnya dengan tubuh, otak juga perlu istirahat. Otak yang tegang karena memikirkan pekerjaan atau karena fokus memikirkan pelajaran perlu di refresh kembali. Caranya adalah dengan tidur, atau dengan menjalankan aktivitas sehari-hari yang disenangi.  Jika Anda hobby bermusik, boleh nih kita bermain musik. Atau, jika hobby-nya mengarang buku, mulailah menulis sekarang juga. Tumpahkan imajinasi di dalam tulisan tersebut dan temukan kepuasan saat sudah selesai dan di publikasi.

5. Jalani Kehidupan yang Sehat

Hidup sehat tidak lepas dari cara menjalani hidup yang sehat pula. Metode hidup sehat lepas dari cara hidup yang buruk seperti banyak konsumsi minuman keras, bangun tidur kesiangan, konsumsi junk food, minuman bersoda, merokok, dan yang paling mengkhawatirkan adalah senantiasa berfikiran negatif. Hindari kebiasaan negatif tersebut dengan memperbaiki apa saja nutrisi yang dikonsumsi setiap hari, olahraga rutin baik olahraga ringan maupun jenis olahraga yang melakukan pembakaran kalori ekstra, dan ubah pikiran negatif menjadi senantiasa berfikiran positif.

6. Meditasi

Lakukan meditasi agar pikiran menjadi jernih dan tidak terbebani. Meditasi adalah proses menyeimbangkan pikiran. Pikiran yang senantiasa dalam keadaan seimbang dan jauh dari pikiran negatif memberikan kontribusi negatif bagi kesehatan tubuh. Lakukan meditasi secara rutin agar pikiran yang lelah, buruk, dan terbebani menjadi lebih segar dan tubuhpun semakin sehat.

7. Enjoy Setiap Aktivitas yang Dilakukan Setiap Hari

Enjoy berarti kita senang dengan aktivitas yang kita lakukan. Aktivitas yang membuat hari-hari kita bahagia bukanlah aktivitas yang mahal dan elegan. Aktivitas sederhana seperti membersihkan rumah, mengajari si kecil membaca, menulis dan berhitung, jika dilakukan dengan tulus ikhlas membuat hati merasa bahagia. Apalagi untuk jenis aktivitas yang berat seperti bekerja seharian penuh, melakukan perjalanan dinas dengan jadwal yang padat merayap, dan masih banyak lagi. Setiap kegiatan yang dijalani dengan tulus dan merasa bahagia tentu berbeda efeknya bagi kesehatan dibandingkan saat kita menjalani setiap aktivitas dengan beban dan menggerutu. So, enjoy your activities.

8. Hindari Konsumsi Makanan Kaleng

Makanan kaleng atau makanan olahan adalah salah satu jenis makanan yang tidak disarankan untuk dikonsumsi. Kenapa? seperti yang kita tau bahwa makanan kalengan adalah makanan yang tahan dalam durasi waktu yang lama. Otomatis jenis makanan tersebut adalah makanan yang mengandung bahan pengawet berbahaya.

Jika makanan tersebut dikonsumsi terus menerus menyebabkan penumpukan zat berbahaya di dalam tubuh. Selain itu, bahan makanan apa saja yang terkandung di dalamnya belum terjamin higienitasnya. Belum lagi jika kita selalu menambahkan garam setiap kali memasak makanan dalam kaleng itu.

9. Mulailah Mencintai Diri Sendiri

Indra memang menipu. Jika kita tidak bisa mengendalikannya, kita akan terjebak dengan selalu memandang orang lain lebih beruntung atau lebih tidak beruntung daripada kita. Kebiasaan memandang orang lain, dan menimbang-nimbang apa saja kenikmatan yang di dapatkannya bukanlah hal yang baik. Karena umumnya ini disertai dengan kebiasaan iri, dengki, dan kebiasaan merendahkan orang lain.

Yuk, mulai alihkan fokus pada diri sendiri. Mari mulai menerima apa yang Alloh anugerahkan pada kita dan apa saja kekurangan yang kita miliki. Fokus intropeksi diri dan perbanyak meng-up grade potensi diri agar kita senantiasa melakukan perbaikan diri dan memberikan kontribusi maksimal kepada orang lain.

10. Hindari Orang-Orang yang Berfikiran Negatif

Sering kita dengar bahwa, gambaran personality orang tersebut tidak jauh dari bagaimana karakter lingkungan di kanan dan di kirinya. Jika kita berkumpul dengan orang yang berfikiran positif maka kita akan berfikiran positif pula. Namun jika kita berinteraksi dengan orang-orang yang berfikiran negatif, kita pun akan ikut kebiasaan tersebut yang mana dampak dari pikiran negatif bagi kesehatan sangatlah besar. Pikiran negatif adalah sesuatu yang abstrak namun jelas sekali pengaruhnya bagi kesehatan.

11. Makan dengan Perlahan

Makan dengan perlahan seringkali di identik kan dengan malas-malasan. Banyak orang yang karena begitu sibuknya sehingga makan saja harus terburu-buru karena dikejar waktu. Jika ini terjadi terus menerus, dimana kebahagiaan Anda? dan bagaimana sistem pencernaan kita bisa sehat?

Yuk, makan secara perlahan dengan mengunyahnya sampai halus. Makanan yang dikunyah hingga halus memberikan rasa kenyang lebih lama, memperkecil porsi makan, melatih kesabaran, melatih diri untuk menikmati setiap momen yang dijalani dan yang tidak kalah penting adalah untuk menjaga sistem pencernaan agar tetap sehat dan terhindar dari masalah pencernaan yang menganggu.

Agar pengaruhnya bagi kesehatan lebih baik lagi, terapkan cara hidup sehat dengan makan hanya ketika sedang lapar dan berhenti makan saat sudah kenyang. Identifikasi apakah aktivitas makan yang dilakukan hanyalah keinginan atau merupakan kebutuhan.

12. Tuliskan Nikmat Tuhan untuk Melatih Bersyukur

Cara hidup sehat yang melatih diri untuk jauh dari pikiran negatif adalah dengan memperbanyak bersyukur. Tulis apa saja nikmat yang telah Alloh berikan berupa kesehatan, keluarga, nikmat iman, nikmat rejeki, dan sebagainya sehingga kita bisa menjalani hidup dengan lebih menerima dan lebih bahagia. Seperti yang kita tau, seseorang yang bahagia lebih berpotensi terhindar dari beragam penyakit berbahaya dibandingkan dengan saat mereka cenderung sedih, dan merasa kurang atas nikmat yang di dapat.

Cara hidup sehat tidak harus mahal atau hanya melalui perawatan medis. Banyak cara alami untuk jalani hidup sehat yang bisa kita praktikkan dengan mudah. Tubuh yang sehat membuat kita merasa lebih nyaman saat menjalani aktivitas setiap harinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.