Cara Diet Sehat Alami dan Manfaatnya bagi Kesehatan

Posted on

Cara diet sehat

Cara Diet Sehat Alami dan Manfaatnya bagi Kesehatan

Cantik identik dengan bentuk tubuh yang proporsional. Tampan pun demikian. Diet dengan nutrisi makanan yang seimbang yang terdiri dari vitamin, mineral, dan nutrisi penting lain bermanfaat untuk menjaga agar tubuh serta pikiran tetap sehat dan kuat.

Manfaat lain yang Anda dapatkan dari cara diet sehat adalah untuk mencegah datangnya penyakit berbahaya, mengontrol berat badan, supply energi yang cukup bagi tubuh, serta menjaga agar mood senantiasa dalam keadaan baik.

Anda mungkin pernah mendengar diet ketat yang dilakukan oleh Samanta Clove yang akhirnya meninggal dunia. Dia adalah seorang wanita asal Inggris yang dulunya alami obesitas. Di usia ke 34, Samanta menemukan jodohnya. Tidak seorang pun wanita yang ingin tampil jelek di hari bahagianya itu. Sayangnya, untuk tampil menawan Samanta rela lakukan diet ketat dengan hasil yang fantastis. Berat badannya turun drastis sebanyak 21 kilo hanya dalam waktu 11 minggu.

Tentunya Anda tidak ingin mengalami apa yang terjadi pada Samanta. Diet berujung kematian bukanlah hal yang menyenangkan. Cara diet sehat banyak sekali manfaatnya utamanya dengan cara menjaga pola makan, pola hidup, dan lebih selektif lagi dalam memilih menu makanan apa yang bagus untuk dikonsumsi. Apa manfaat cara diet sehat alami yang Anda dapatkan?

  • Mengontrol Jumlah Lemak Jenuh dalam Tubuh

Konsumsi lemak jenuh seperti yang terdapat pada daging, kulit ayam, dan beragam cemilan berpengaruh pada meningkatnya berat badan yang disebabkan oleh meningkatnya kadar kolesterol jahat.

Dengan menekan jumlah lemak jahat yang masuk, secara tidak langsung Anda sedang melakukan cara diet sehat. Ini juga membantu mengontrol risiko terserang penyakit jantung dan stroke. Walau demikian, tidak semua lemak adalah jelek untuk dikonsumsi. Sebut saja minyak zaitun, avocado, kacang, dan sebagainya.

  • Memperbanyak Konsumsi Prebiotik dan Probiotik

Cara diet sehat selalu melibatkan prebiotik dan probiotik atas makanan yang dikonsumsi. Adapun jenis makanan yang kaya akan dua zat penting itu adalah makanan yang kaya akan nutrisi namun rendah kalorinya.

Makanan yang kaya akan probiotik contohnya adalah yoghurt. Sedangkan jenis makanan yang kaya akan prebiotik adalah nanas, bawang merah, bawang putih, gandum utuh, dan masih banyak lagi. Banyak konsumsi makanan yang kaya kandungan probiotik dan prebiotik bermanfaat untuk mencegah masalah lambung, melancarkan sistem pencernaan, mencegah perut kembung dan sembelit.

  • Menjaga Kesehatan Jantung

Penelitian yang dilakukan Heart Diseases Association menyatakan bahwa senjata ampuh untuk mencegah penyakit cardiovascular adalah dengan memperbaiki gaya hidup dan dengan konsumsi makanan sehat setiap hari.

Jenis makanan yang direkomendasikan adalah sayur, buah, dan gandum utuh yang kaya akan vitamin, mineral dan serat dan notabene rendah kadar kalorinya. Dengan banyak konsumsi makanan tersebut berarti kemungkinan tekanan darah meningkat dan risiko penyakit jantung menyerang akan semakin kecil. Anda bisa konsumsi ikan 2 kali seminggu yang kaya akan asam lemak omega 3 untuk membantu mengontrol kesehatan  pembuluh darah yang berpotensi menyebabkan serangan jantung saat banyak plak di dindingnya.

  • Kecukupan Energy

Saat Anda melakukan diet, pastinya Anda tidak ingin mengalami apa yang Samanta Clove alami karena diet ekstrem yang dilakukannya. Cara diet sehat yang direkomendasikan adalah diet yang mampu memberikan supply energi sehingga tidak menghambat aktivitas harian yang Anda lakukan. Penuhi tubuh dengan kebutuhan nutrisi seperti vitamin, mineral dan protein yang merupakan bahan bakar atau energi untuk menjalankan aktivitas setiap harinya.

Adapun asupan energi yang dimaksud adalah karbohidrat utuh dan protein. Karbohidrat utuh seperti yang ada pada gandum, buah dan sayur dicerna lebih lama sehingga tubuh akan kenyang lebih lama. Nutrisi tersebut menjaga gula darah dan kadar insulin tetap seimbang sehingga supply energi untuk aktivitas setiap hari tercukupi.

Protein yang baik adalah supply energi yang bagus. Sebut saja daging unggas, daging bebas lemak, ikan, kacang-kacangan, tahu dan masih banyak lagi.

Poin diatas hanya sepenggal manfaat dari cara diet sehat. Anda mungkin masih ingat dengan penyanyi jebolan ajang pencarian bakat yang meninggal baru-baru ini, Mike Mohede. Salah satu fakta mengenai penyanyi yang satu ini adalah sempat menjalani diet ketat hingga turun 20 kilogram demi orang yang dicintainya. Meski ada fakta lain yang menyatakan bahwa kematiannya dikarenakan penyakit jantung, namun public memprediksi bahwa diet ketat yang dilakukannya berpengaruh pada kesehatan fisiknya.

Agar saya, dan Anda sekalian tidak sampai mengalami efek buruk program diet, cara diet sehat adalah solusi terbaik turunkan berat badan tanpa efek samping. Berikut tipsnya.

1. Buat Target

Cara Diet Sehat Alami dan Manfaatnya bagi Kesehatan2

Ingin miliki badan yang ramping proporsional namun tetap sehat? caranya adalah dengan menjalankan cara diet sehat yang bisa Anda awali dengan membuat target. Target berhubungan dengan kesadaran dalam diri.

Contoh real-nya saya sendiri. Sebelum memasuki bulan puasa, berat badan saya mencapai 60 kilogram dengan tinggi badan 163. Komentar orang sekitar, pipi saya tampak lebih tembem, tubuh lebih pendek, dan banyak lemak di lengan atas. Akhirnya, saya mencoba diet alami dengan menjalankan puasa dan konsumsi makanan kaya serat. Saya pribadi men-target-kan untuk menurunkan berat badan 1 kilo dalam dua minggu. Saya lakukan dengan penuh kesadaran karena saya ingin mencapai target tersebut.

Selain itu, target lain yang saya jalankan dengan konsisten adalah menghindari pantangan diet mulai dari hal terkecil, misal diet tidak sebaiknya konsumsi banyak gula, maka saya tidak konsumsi makanan yang manis-manis. Diet tidak baik jika makan gorengan, maka perlahan saya tidak makan gorengan. Diet sebaiknya menghindari daging berlemak, saya tidak makan daging berlemak.

Buat target, bangun kesadaran akan kebutuhan Anda untuk diet, dan lakukan secara konsisten.

2. Usir Lemak dengan Bahan Makanan Berikut

Cara diet sehat alami adalah dengan mengusir penyebab meningkatnya berat badan, yaitu tumpukan lemak membandel dalam tubuh. Cara mengatasinya adalah dengan konsumsi:

  • Yoghurt

Anda penggemar yoghurt juga? Sama dong Moms. Seperti disampaikan di awal, yoghurt adalah sumber makanan yang kaya akan probiotik. Minuman ini dibuat dari fermentasi susu dengan rasa yang nikmat apalagi saat didinginkan. Riset membuktikan, kandungan nutrisi dalam yoghurt ampuh membasmi tumpukan lemak tubuh jika dikonsumsi rutin setiap hari.

  • Telur

Sebagian orang alergi telur, termasuk saya. Sekalinya makan telur, langsung gatal-gatal. Nah, bagi Anda yang merasa aman saat konsumsi makanan yang tinggi protein dan rendah kalori ini, boleh nih usir lemak tubuh dengan cara makan telur. Dengan demikian, energi dalam tubuh tetap terpenuhi dengan kadar lemak yang tetap terjaga.

3. Perbanyak Makanan Berserat

Sudah bukan rahasia lagi bahwa cara diet sehat yang paling manjur dan efektif turunkan berat badan dalam hitungan hari adalah memperbanyak konsumsi makanan berserat. Makanan kaya serat bisa Anda peroleh dari sayur dan buah yang beragam.

Selalu sertakan dua jenis makanan ini pada menu santapan sehari-hari Anda. Sayuran yang bagus untuk dikonsumsi antara lain adalah wortel, brokoli, bayam, kangkung, buncis, dan lain sebagainya. Sedangkan buahnya, Anda bisa selalu sediakan buah dalam kulkas seperti pisang, apel, manggis, alpukat, dan sebagainya. Kombinasi dua jenis makanan ini bantu Anda dapatkan tubuh ideal dalam waktu yang singkat.

4. Perhatikan Cara Pengolahan Makanan

Penting bagi Anda untuk memperhatikan proses pengolahan makanan. Sehat saja tidak cukup namun Anda juga perlu perhatikan bagaimana makanan tersebut di proses. Cara masak yang tepat adalah yang bebas dari minyak goreng.

Jenis makanan yang direkomendasikan untuk pelaku diet adalah yang tidak digoreng, tetapi di kukus atau direbus.  Cara mengolah makanan dengan cara di goreng justru akan meningkatkan kadar lemak jenuh dalam tubuh dan meningkatkan jumlah kalori.

5. Karbohidrat Kompleks Lebih Disarankan

Nutrisi penting untuk supply energi bagi tubuh adalah karbohidrat yang kaya akan kandungan gula. Sayangnya, karbohidrat adalah salah satu nutrisi yang tidak bisa diserap dengan cepat oleh tubuh. Seperti yang kita tahu, makanan yang mengandung karbohidrat adalah makanan yang berat-berat, seperti nasi, mie, dan masih banyak lagi.

Makanan yang lambat proses penyerapannya menimbulkan timbunan lemak sehingga meningkatkan potensi obesitas. Adapun jenis karbohidrat yang lebih mudah diserap tubuh adalah jenis karbohidrat kompleks yang bisa Anda dapatkan dari sumber makanan seperti gandum, beras merah, sereal, dan masih banyak lagi.

6. Jangan Lupa Konsumsi Makanan Utama

Banyak pelaku diet yang menjalankan diet dengan cara meninggalkan makanan utama yang seharusnya dikonsumsi di pagi, siang, dan sore hari. Faktanya, mereka yang meninggalkan sarapan pagi untuk diet lebih mudah merasa lapar di siang harinya. Akibatnya, mereka memilih untuk ngemil cemilan yang kurang sehat yang dilakukan di sela waktu makan. Jangan lupakan sarapan untuk supply energi pada hari tersebut.

Fatalnya lagi, banyak pihak yang tidak mempertimbangkan kandungan nutrisi dalam cemilan. Banyak cemilan yang dijual dengan jumlah kalori yang tinggi sehingga alih-alih menyukseskan diet, yang terjadi justru sebaliknya.

7. Hindari Konsumsi Minuman Berkalori Tinggi

Salah satu kesalahan pelaku diet adalah konsumsi minuman yang tinggi kadar kalorinya, sebut saja es krim, soda, dan kopi. Biasanya ini dilakukan untuk menghindari makanan yang tinggi kadar kalorinya dengan tujuan agar diet yang dijalaninya sukses. Kenyataanya, pengaruhnya sama saja.

8. Perbanyak Konsumsi Air Putih

Rahasia kesehatan dan kecantikan yang mudah dilakukan, praktis dan ekonomis adalah dengan memperbanyak konsumsi air putih dalam jumlah yang cukup. Setidaknya Anda harus minum 8 gelas sehari atau kurang lebih 1,8 sampai dengan 2 liter setiap harinya.

Tujuannya adalah agar tubuh tidak mengalami dehidrasi, kebutuhan akan mineral terpenuhi, metabolisme tubuh meningkat, daya serap tubuh atas makanan yang masuk pun meningkat, dan sebagainya. Cukupi kebutuhan air yang Anda konsumsi setiap hari.

Cara diet sehat diatas adalah cara alami yang bisa Anda praktekkan untuk menurunkan berat badan dalam waktu singkat tanpa khawatir pengaruhnya bagi kesehatan. Penampilan, khususnya bagi para wanita adalah sesuatu yang penting dan senantiasa diperhatikan agar senantiasa menarik dan lebih percaya diri. Yuk Moms, terapkan cara diet sehat alami diatas saat ini juga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.