Cara Diet Alami untuk Kontrol Berat Badan dan Tingkatkan Kesehatan

Posted on

Cara diet

Cara Diet Alami untuk Kontrol Berat Badan dan Tingkatkan Kesehatan

Anda pasti sudah familiar dengan apa itu diet? Banyak orang di kanan kiri kita, baik itu laki-laki atau perempuan yang melakukan diet untuk mendapatkan tampilan tubuh yang proporsional. Bahkan, ada yang rela menanggung risiko berbahaya saat menjalani diet ekstrim yang tak jarang berujung kematian. That’s their choice!  Tapi jika ada yang aman kenapa harus cari yang berbahaya?

Well, cantik atau tampan memang perlu. Namun agaknya tidak disarankan bagi kita untuk menjalani diet ekstrim dengan dampak yang membahayakan diri sendiri. Ada banyak cara diet yang sehat dan alami yang bisa kita pilih. Lebih selektif memilih metode diet adalah cara efektif menyayangi tubuh agar memiliki angka harapan hidup yang lebih panjang lagi.

Beberapa fakta tentang diet yang mengganggu dan terekspos di media massa dan elektronik adalah diet dengan hasil yang instan namun hanya bertahan dalam durasi mingguan atau bulanan saja. Bahkan, setelah tidak lagi diet, tubuh akan semakin melar, sulit untuk dikondisikan kembali dan terasa tidak nyaman. Yuk, dapatkan tubuh proporsional dengan cara diet alami berikut ini yang mendukung kesehatan dan meng-ideal-kan penampilan fisik. Apa saja, simak ya Ladies!

1. Makanan Berserat

Bicara cara diet sehat, tentu kita tidak asing lagi dengan menu makanan berserat. Menu makanan ini biasanya terdapat pada sayur dan buah yang efektif menjaga hasil diet tetap stabil. Pertama-tama, berat badan akan menurun perlahan lalu lemak di tubuh tidak akan kembali dengan mudah jika kita selalu menjaga konsumsi makanan yang kaya akan serat.

Tambahkan konsumsi sayur dan buah, gandum utuh dan makanan yang kaya akan kacang-kacangan untuk memenuhi serat tubuh khususnya saat sarapan pagi. Tubuh yang terpenuhi porsi seratnya akan mengeluarkan toksin dengan mudah dalam bentuk feses sehingga tubuh tidak hanya indah semampai namun juga sehat luar dalam.

2. Kontrol Konsumsi Gula Setiap Harinya

Menjalani cara diet sehat, berarti Ladies harus mengontrol kadar gula yang dikonsumsi setiap harinya agar tidak melebihi batas normal (untuk tau seberapa kadarnya, bisa nih konsultasinya ke ahlinya). Kadar gula dalam tubuh meningkat drastis saat kita konsumsi makanan yang manis-manis seperti cake, permen, dan minuman bersoda yang menggagalkan program diet yang kita jalankan setiap harinya.

Usahakan untuk mengontrol konsumsi gula agar berat badan tetap ideal. Terlalu banyak konsumsi gula menyebabkan obesitas dan berdampak buruk pula bagi kesehatan seperti menyebabkan penyakit diabetes dan hipertensi yang sudah akrab di telinga kita.

Sebagai konsumen yang cerdas, dan ingin agar diet yang kita jalani berjalan lancar, selalu selektif dalam memilih makanan adalah penting!. Cobalah untuk membaca label yang ada pada kemasan makanan dengan jeli sebab tidak jarang makanan yang di claim bernutrisi tinggi dan sehat (dibuktikan dengan logo) ternyata mengandung kadar gula yang tinggi. Yuk, lebih selektif lagi dalam memilih makanan.

3. Jangan Lupa Konsumsi Lemak Sehat ya!

Bicara lemak, tidak semua lemak adalah jelek. Ada lemak jahat dan lemak baik. Oke lah, lemak jahat memang harus kita hindari dengan cara diet sehat yang dipilih. Namun untuk menjaga tubuh agar tetap kenyang, tidak mudah lapar dan menurunkan berat badan dengan cara yang sehat, lemak baik direkomendasikan menjadi menu diet kita. Lemak baik terkandung di dalam buah alpokat, minyak zaitun dan kacang-kacangan. Yuk, jaga berat badan agar tetap ideal dimana tubuh akan kenyang lebih lama dengan lemak sehat. Masukkan menu makanan tersebut setiap harinya untuk memenuhi kebutuhan lemak sehat tubuh.

4. Hindari Aktivitas yang Menggangu

Apa  aktivitas yang mengganggu itu? Beberapa diantaranya adalah nonton program TV sambil ngemil, atau mainan hp sambil ngemil. Saat nonton TV atau mainan hp, pelengkapnya biasanya adalah cemilan. Kita tidak sadar seberapa banyak cemilan yang kita makan. Agar konsumsi makanan tetap terkontrol, yuk makan di ruangan yang sudah tersedia. Ini akan membantu kita makan dalam porsi yang wajar dan menghindari over eating apalagi untuk snack yang tidak sehat.

5. Sarapan Tinggi Protein

Protein adalah nutrisi penting bagi tubuh yang membantu menjaga tubuh agar tetap kenyang lebih lama. Perbanyak konsumsi protein saat sarapan sehingga tidak mudah merasa lapar. Beberapa makanan yang kaya protein dan baik untuk menjadi menu sarapan setiap harinya adalah telur, susu, dan sereal. Pertimbangkan kadar protein yang dikonsumsi setiap paginya agar aktivitas di siang hari berjalan lancar dan tidak mudah lapar.

6. Cukupi Kebutuhan Mineral Tubuh

Cara diet sehat yang tidak kalah penting adalah dengan memperbanyak minum air putih setidaknya 2 liter dalam sehari. Tips ini tidak hanya untuk menjaga berat badan agar tetap ideal, tetapi bagus pula jika diterapkan untuk menjaga kesehatan tubuh dari beragam penyakit.

Penelitian membuktikan bahwa mereka yang konsumsi air putih sebelum makan lebih cepat kenyang dan mengonsumsi makanan hanya sedikit saja. Dan, mereka yang cenderung dalam kondisi dehidrasi, berpotensi mengalami obesitas.

7. Yuk, Nikmati Momen Makan Kita

Di kejar deadline? Jangan biarkan kesehatan sistem pencernaan terganggu karena kita makan dengan terburu-buru. Cobalah untuk mengonsumsi makanan perlahan dengan mengunyahnya sampai benar-benar halus. Ini akan membantu Anda kenyang lebih lama dan tidak menghabiskan makan dalam jumlah yang besar. Nikmati momen makan itu dan jangan biarkan sarapan pagi Anda tidak terasa nikmat karena makan dalam kondisi terburu-buru.

8. Konsumsi Karbohidrat Kompleks

Karbohidrat kompleks seperti yang ada di dalam gandum utuh, dan beberapa sayuran seperti kentang dan wortel membantu tubuh untuk kenyang lebih lama. Lain halnya dengan karbohidrat yang terkandung dalam tepung, roti dan pasta dimana rasa kenyang itu berlangsung hanya dalam waktu yang singkat dan tidak dianjurkan untuk program diet Anda. Nutrisi dan serat dalam karbohidrat kompleks lebih terjaga dan bagus untuk program diet alami tersebut.

9. Angkat Beban Berat agar Tubuh Semakin Proporsional

Olahraga yang diminati untuk menurunkan berat badan dan tergolong sederhana adalah olahraga cardio. Ini adalah olahraga yang terpusat untuk perut dan minim pengaruhnya untuk bagian tubuh yang lain.

Agar hasil semakin maksimal, mari kita beralih dari olahraga ringan itu menuju ke olahraga yang lebih besar manfaatnya, yaitu dengan berjalan, berlari, dan berenang. Atau, jika Anda ingin olahraga yang manfaatnya bisa dirasakan bahkan saat tubuh sedang istirahat, Anda bisa coba olahraga angkat beban secara rutin yang akan membuat otot tubuh lebih kuat dan lebih permanen hasilnya untuk menjaga proporsi berat badan Anda.  Riset membuktikan bahwa cara diet ini efektif tingkatkan kecepatan metabolisme dalam tubuh dan juga untuk menurunkan kalori setiap harinya.

10. Buat Target

Target membuat kita lebih fokus untuk mencapai tujuan itu. Misalkan, kalian ingin menurunkan berat badan agar tampil menarik saat pesta pernikahan bulan depan, atau agar baju yang baru saja dibeli dan kekecilan itu akhirnya muat, ini adalah goal yang akan membuat kita lebih bersemangat untuk menjalani diet sehari-hari. Mari kita buat target yang positif dan membangun serta membawa kepada arah kebaikan sehingga diet yang kita lakukan lebih terarah.

11. Cari Partner Diet

Cara diet yang satu ini cukup unik. Kita bisa mengajak teman atau anggota keluarga yang lain untuk melakukan diet bersama-sama. Ini akan membantu kita merasa termotivasi, lebih happy, dan fokus pada diet yang sedang kita lakukan.

Akan ada yang selalu mengingatkan saat kita melakukan diet bersama-sama. Riset membuktikan bahwa mereka yang berdiet bersama dengan anggota keluarga yang lain atau dengan teman terbukti berhasil dan termotivasi untuk mempercepat suksesnya program diet yang dilakukan. Selalu ada komunikasi antara keduanya tentang progres diet tersebut dan bagaimana caranya menjaga agar diet berhasil.

12. Hindari Menyiksa Diri Sendiri

Apakah diet berarti kita harus berhenti dari konsumsi jenis makanan apapun yang kita suka. Ouch, sepertinya terlalu ekstrim dan bahkan menggagalkan diet yang sedang kita jalani sehingga kita lupa bahagia sebab merasa frustasi.

Sediakan waktu tertentu untuk konsumsi makanan favorit tersebut dalam momen tertentu setiap minggunya. Kita bisa menyiapkan sarapan pagi di akhir pekan dengan menu favorit, atau dinner di waktu yang sama dengan menu yang kita sukai.

Jadikan momen tersebut sebagai penyemangat menjalani diet yang harus kita imbangi dengan usaha yang maksimal dan konsisten.

13. Tetap Realistis

Pikiran yang realistik dalam melakukan diet sangatlah penting. Jangan sampai kita selalu melihat pencapaian yang di dapat orang lain, seperti dengan mengamati performa para artis yang aduhai dan menjadikannya target yang ingin kita capai. Ambisi yang seperti ini membuat kita merasa sedikit tidak bahagia, tertekan, dan justru tidak sehat.

Yuk, be realistic!. Yang terpenting dalam melakukan diet adalah, pikiran yang tenang, pikiran yang fokus, menanggalkan ambisi, jalani, mementingkan kesehatan, dan jangan lupa bahagia. Lakukan diet dengan pikiran yang tenang dan bukan dengan sibuk mengamati pencapaian orang lain. Fokuskan pikiran, kontrol pikiran dengan baik untuk mencapai target yang di buat tanpa merasa tertekan, berambisi, sehingga kesehatan fisik dan psikis terganggu.

14. Isi Waktu Luang dengan yang Bermanfaat

Waktu luang tanpa kegiatan rasanya membosankan. Isi waktu luang tersebut dengan aktivitas yang bermanfaat sehingga potensi untuk ngemil semakin kecil, baik itu cemilan sehat maupun tidak sehat. Sebelum melakukan diet, jangan lupa kita planning apa saja kegiatan yang dilakukan di waktu senggang untuk memperkecil potensi ngemil yang menggagalkan program diet yang kita lakukan.

15. Konsumsi Buah dan Sayur Yuk!

Cara diet yang aman dan sehat tidak lepas dari konsumsi buah dan sayur dalam jumlah yang cukup. Jenis makanan ini membantu menjaga tubuh agar tetap kenyang sepanjang hari. Serat yang terkandung di dalamnya bantu penuhi kebutuhan serat tubuh yang akan menurunkan berat badan, dan menjaga dari konsumsi makanan yang terlalu banyak utamanya makanan yang tidak sehat.

Setiap orang tentunya lebih suka berpenampilan menarik dengan bentuk tubuh yang ideal. Untuk mendapatkannya, sebisa mungkin hindari cara diet ekstrim yang berbahaya bagi diri sendiri. Cara alami diatas bantu turunkan berat badan dengan hasil yang stabil dan minim risiko. Selamat mencoba yan Ladies, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.