12 Cara Cepat Mendapatkan Kesempatan Kerja yang Sesuai Keinginan

Posted on

Kesempatan Kerja

12 Cara Cepat Mendapatkan Kesempatan Kerja yang Sesuai dengan Keinginan

Selesai menempuh study di perguruan tinggi, idealnya goal selanjutnya yang ingin kita capai adalah kemandirian finansial. Tentu sebagai orang yang telah beranjak dewasa kita tidak ingin secara keuangan bergantung pada orang tua terus-menerus. Meski mendapatkan uang pemberian itu memudahkan, namun kenikmatan dan kepuasan bekerja tidak akan kita rasakan.

Kata mayoritas orang, memasuki dunia kerja adalah masuk dalam dunia yang nyata. Dunia dimana kita dihadapkan pada kebutuhan hidup yang tidak sedikit, pada rencana memiliki keluarga, dan kemandirian untuk merencanakan masa depan generasi selanjutnya.

Anda tentu pernah mengalami pengalaman seperti saya dimana saya yang selepas kuliah membawa ratusan lamaran kerja dan mengitari wilayah Surabaya. Dari Surabaya saya dianjurkan untuk mengikuti tes di Jakarta dan akhirnya kembali lagi ke kota tercinta Lamongan. Itu adalah bagian dari mencari kesempatan kerja yang banyak sekali orang mengalami pengalaman yang pahit dan berat terkait proses pencarian ini.

Waktu itu, saya mungkin terburu-buru sewaktu apply, ada detail yang belum saya cermati dengan baik sehingga lamaran saya tidak segera di acc. Nah, bagi Anda yang saat ini sedang mencari kesempatan kerja, dan ingin agar proposalnya segera diterima, yuk cermati cara jitu sukses apply kesempatan kerja berikut ini.

1. Apply Lamaran yang Relevan

Cara mudah mempublikasikan job vacancy saat ini adalah dengan membuka iklan di website resmi lembaga masing-masing. Ya, saat ini banyak pihak lembaga formal maupun non formal yang memposting job vacancy melalui website resmi badan usaha yang di kelola. Ini menentukan validitas job vacancy yang dipublikasikan dan kita tidak perlu khawatir akan adanya tipuan.

Kunjungi website badan usaha yang bersangkutan yang memang relevan dengan keinginan Anda. Perhatikan apa saja persyaratan yang harus Anda siapkan, apakah Anda masuk dalam kualifikasi calon pelamar yang akan di acc, dan apakah tanggal deadline pengumpulan berkas belum berakhir. Jika masih ada tenggat waktu untuk menyiapkan berkas, siapkan proposal saat ini juga siapa tau lamaran yang Anda siapkan berjodoh dan Anda meraih kesempatan kerja itu.

Jika di rasa kualifikasinya jauh dari kriteria yang Anda miliki, akan lebih baik jika Anda mencari job vacancy lain yang lebih besar peluangnya.  

2. Lebih Fleksible dalam Memilih Pekerjaan

Zaman sekarang banyak sekali lulusan perguruan tinggi baik dari universitas negeri maupun swasta. Setelah lulus, mereka saling berkompetisi dalam memperebutkan lapangan pekerjaan yang terbatas jumlahnya. Beda dengan dulu. Jumlah sarjana masih sangat terbatas dengan lapangan kerja yang tersedia cukup banyak.

Sebagai pelamar kerja di jaman sekarang, mindset ini harus kita pahami terlebih dahulu untuk meletakkan parameter dalam apply pekerjaan. Anda mungkin ingin bekerja di bidang yang Anda inginkan, dengan jenis pekerjaan sesuai keinginan. Jika saat ini dirasa cukup sulit untuk mendapatkannya, langkah yang bisa Anda coba untuk mewujudkannya adalah dengan:

  • Memahamkan diri bahwa sekarang jamannya sudah berbeda. Mencari pekerjaan tidak lagi semudah jaman dahulu. Kita harus memahamkan diri sendiri bahwa kita sedang butuh pekerjaan dan harus ada sedikit pengorbanan dengan menjadi lebih fleksibel dan lebih mudah beradaptasi dengan pekerjaan yang di dapat. Setelah diakrabi, bisa jadi pekerjaan tersebut adalah pekerjaan yang menyenangkan. Pekerjaan yang cocok dengan Anda dan mungkin saja Anda akan menemukan teman-teman yang menyenangkan.
  • Selain jenis pekerjaannya, mungkin sementara waktu Anda mendapatkan pekerjaan yang tidak sesuai dengan waktu yang Anda harapkan. Anda mungkin mendapatkan pekerjaan di luar jam kerja yang Anda inginkan. Jika memang demikian, Anda harus bernegosiasi dengan diri sendiri dan menyadarkan diri bahwa memiliki pekerjaan adalah jauh lebih baik daripada tidak berpenghasilan sama sekali. Saat masuk masanya bekerja, sedangkan kita belum mendapatkan pekerjaan, akan ada rasa malu pada keluarga dan masyarakat secara umum, dan akan ada beban yang berat dalam diri sebab tidak bisa meng-cover kebutuhan diri sendiri.

3. Prioritaskan Pihak yang Menyediakan Banyak Lowongan Pekerjaan Sekaligus

Jika kita ingin mendapatkan kesempatan kerja dalam waktu yang cepat, Anda bisa apply badan usaha yang membuka banyak lowongan sekaligus. Dengan begitu kesempatan untuk diterima akan lebih besar dan Anda bisa bekerja dan produktif dalam waktu dekat.  Meski pekerjaan tersebut bukanlah pekerjaan yang terbaik sesuai harapan. Namun kita bisa menjadikannya pengalaman sebab bekerja adalah lebih baik daripada menganggur.

4. Lakukan Pendekatan Personal yang Profesional

Apakah maksud dari pendekatan personal yang profesional itu? Saat Anda apply pekerjaan, usahakan Anda tampil menarik dengan pakaian yang rapi, bau harum, dan rambut yang tertata rapi.

Berbicaralah dengan gaya bahasa yang bersahabat saat Anda apply pekerjaan. Tunjukkan bahwa Anda tertarik dengan posisi yang Anda apply, siapa tau Anda akan mendapatkan kesempatan kerja dari pendekatan personal yang Anda tunjukkan kepada pihak pembuka lowongan. Mungkin saja yang bersangkutan akan merekomendasikan kepada pihak atasan karena kesan yang diterimanya.

5. Manfaatkan Layanan Bantuan dalam Mencari Kesempatan Kerja

12 Cara Cepat Mendapatkan Kesempatan Kerja yang Sesuai dengan Keinginan2

Tidak ada salahnya memanfaatkan layanan dinas pemerintahan untuk mempercepat proses mendapatkan kesempatan kerja. Seperti dinas ketenagakerjaan yang memberikan banyak informasi seputar lowongan kerja di dalam dan luar negeri yang sedang up date saat ini.

Salah satu manfaat mencari kesempatan kerja melalui dinas pemerintahan adalah terjamin adanya, bukan lowongan kerja abal-abal, apalagi hanya tipuan. Kunjungi dinas pemerintahan terdekat untuk mencari lowongan kerja terpercaya yang banyak sekali jumlahnya dan mungkin salah satunya sesuai dengan bidang yang Anda minati saat ini.

6. Pastikan Berkas Lamaran Anda Lengkap dan Berkualitas

Berkas lamaran biasanya terdiri dari surat lamaran kerja, CV, dan syarat berkas yang harus dilampirkan. Pastikan ketiga berkas persyaratan tersebut berkualitas dengan standar berikut ini.

  • Surat lamaran yang di tulis dengan tangan harus terbaca dengan baik. Baik surat lamaran yang di ketik maupun yang di tulis tangan, keduanya harus tersusun dari bagian-bagian yang lengkap mulai dari alamat yang di tuju, salam pembuka, isi, penutup, dan tanda tangan. Surat lamaran tersebut harus berisi apa tujuan Anda mengirimkan surat lamaran itu sehingga pihak yang bersangkutan bisa memberikan respon yang tepat.
  • Untuk CV, lengkapi CV dengan data Anda pribadi mulai dari data personal, pengalaman pendidikan, pengalaman organisasi dan juga prestasi yang sudah di raih. Buat CV yang singkat padat dan jelas agar terbaca sampai akhir.
  • Bagian penting lain yang harus Anda penuhi adalah syarat berkas yang harus Anda lampirkan, mulai dari ijasah, transkrip, dan sertifikat yang mendukung. Setelah di rasa fix, Anda bisa pastikan ketiga bagian tersebut dimasukkan rapi dalam satu map dan di kirim tidak melebihi batas deadline dari pengumpulan berkas tersebut.

7. Siapkan Diri untuk Wawancara

Biasanya, wawancara adalah tahap selanjutnya setelah proses penerimaan berkas lamaran. Saat wawancara, pastikan Anda benar-benar dalam keadaan siap seratus persen. Caranya adalah:

  • Siapkan pengetahuan Anda seputar tempat kerja yang bersangkutan. Perusahaan tersebut bergelut di bidang apa, dan bagaimana proses operasionalnya. Ini akan menjadi nilai lebih saat Anda berinteraksi dengan pihak pewawancara.
  • Hadapi nervous dengan sering-sering berlatih berbicara di hadapan cermin. Berkomunikasilah dengan gaya bicara profesional, gesture yang friendly, dan mengesankan.
  • Jawab setiap pertanyaan dengan tegas dan tidak berbelit-belit. Promosikan diri dan kemampuan Anda dengan cara yang elegan agar semakin memukau. Tunjukkan pada pihak interviewer bahwa Anda adalah calon staf yang paling tepat untuk menempati kesempatan kerja tertentu.

 8. Menjadi Inisiator

Kesempatan kerja tidak datang pada mereka yang duduk diam di rumah, tapi kesempatan kerja datang pada mereka yang proaktif, yang selalu berusaha aktif tanpa harus menunggu. Selalu jadi inisiator untuk menjemput kesempatan kerja Anda. Hargai waktu dengan baik dan pastikan waktu itu Anda manfaatkan dengan sebaik-baiknya untuk bergerak secara dinamis menuju target yang ingin Anda capai saat ini.

Fokus pada target tersebut untuk mempercepat tujuan yang ingin Anda capai. Selalu cari cara bagaimana agar target tersebut segera terwujud dalam waktu dekat.  Hal itu tentunya membutuhkan inisiatif yang tidak bisa datang dengan sendirinya.

9. Fokus pada Tanggung Jawab

Yup, selalu fokus pada tanggung jawab yang saat ini Anda emban. Tanggung jawab berhubungan dengan kinerja seseorang selama bekerja. Pihak atasan secara langsung maupun tidak langsung melakukan pengamatan atas kinerja Anda. Selain merupakan amanah yang harus di emban dengan tanggung jawab yang sungguh-sungguh, kinerja yang bagus dari staf menentukan bagaimana jenjang karir yang bersangkutan di masa mendatang. Selalu jalankan tanggung jawab tersebut dengan baik agar progress kerja meningkat dalam waktu singakat. Pekerjaan menjadi tidak terbengkalai dan Anda pun tidak terbebani dengan tanggung jawab yang saat ini Anda emban.

10. Optimis

Bersikap optimis adalah energi bagi kita yang sedang mencari kesempatan kerja. Sesekali di tolak saat melamar pekerjaan wajar saja. Hampir semua pencari kerja di dunia pernah mengalaminya. Besarkan hati, hindari sikap pesimis dan perbanyak berdoa agar lamaran kerja Anda berjodoh dengan kesempatan kerja yang Anda apply saat ini.

11. Terbuka

Mencari pekerjaan dalam posisi fresh graduate memang sedikit perlu pengorbanan. Pasalnya, fresh graduate dinilai kurang secara pengalaman. Biasanya, lamaran kerja dari mereka yang fresh graduate cenderung di nomor duakan dibandingkan dengan mereka yang memiliki lebih banyak pengalaman. Untuk alasan tersebut, akan lebih baik lagi jika Anda bersikap lebih terbuka terhadap jenis pekerjaan. Tidak perlu saklek pada jenis pekerjaan yang di apply. Jika ada yang sesuai dengan keinginan akan lebih baik. Namun jika tidak ada maka sebaiknya Anda bersikap lebih terbuka terhadap lowongan pekerjaan. Anggap ini sebagai tahapan mencari pengalaman.

12. Mengikuti Pelatihan

Yup, calon staf yang memiliki banyak skill yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan tentunya lebih dipertimbangkan daripada mereka yang tidak memiliki keahlian sama sekali. ikuti seminar, ikuti pelatihan dengan tujuan menambah wawasan dan keahlian yang meningkatkan nilai diri di hadapan pihak yang bersangkutan.

Kesempatan kerja tidak datang dengan sendirinya. Kitalah yang harus proaktif, dan lebih fleksible terhadap beragam kesempatan yang ada. Terapkan tips di atas dalam mencari kerja agar tujuan jangka pendek yang ingin kita capai segera terpenuhi.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.