Bisnis: 12 Ide Bisnis Rumahan Menarik untuk Mama Kekinian

Posted on

Bisnis

Bisnis 12 Ide Bisnis Rumahan Menarik untuk Mama Kekinian

Wanita lahir dengan kodrat sebagai ibu. Dahulu, wanita identik dengan peran domestiknya. Peran tersebut mulai bergeser seiring dengan berjalannya waktu. Wanita masa kini menyandang gelar yang tinggi dan bekerja di tempat-tempat bonafid.

Dua peran tersebut nyatanya sama-sama penting. Mengurus rumah tangga adalah hal yang mulia. Sesuai dengan syariat agama. Idealnya memang sebagai wanita harusnya fokus pada urusan rumah, tumbuh kembang anak dan memenuhi kebutuhan psikis anak.

Di balik semua itu, ada yang harus kita garis bawahi, yaitu wanita juga manusia. Terkadang merasa bosan berada dalam tempat yang sama, mengurus hal yang sama setiap harinya. Jenuh sudah pasti. Faktor lain adalah idealnya suami memang harus memenuhi kebutuhan nafkah lahir dan batin bagi istrinya. Pertanyaanya, bagaimana jika suami sakit, bagaimana jika pendapatan suami tidak mampu mencukupi kebutuhan keluarga yang overload?

Mau tidak mau, demi menjaga harga diri keluarga agar tidak meminta-minta, para istri harus siap jalankan bisnis yang menghasilkan uang. Toh saat ini dengan semakin berkembangnya jaman, wanita tidak harus keluar rumah untuk mendatangkan pundi-pundi rupiah. Bukan begitu?

Apakah wanita karir yang menghabiskan waktu 8 sampai 10 jam setiap hari di tempat kerja berarti yang bersangkutan tidak care pada keluarganya? Tentu tidak secepat itu menyimpulkannya. Wanita karir yang bijak selalu mencoba membagi porsi waktunya untuk kepentingan rumah dan pekerjaannya. Mereka bisa menopang keuangan keluarga demi mewujudkan cita-cita anak yang tinggi sembari tetap memperhatikan tumbuh kembang anak dengan bantuan perkembangan teknologi saat ini.

Apapun pilihannya, tidak ada yang salah dengan wanita yang ingin menjadi produktif selama keluarga tidak terbengkalai. Dengan kecukupan finansial, semuanya akan menjadi lebih mudah. Bagi Anda yang memilih menjadi ibu rumah tangga yang berpenghasilan, ini nih 12 ide bisnis rumahan yang cocok banget mengisi waktu luang Bunda sekalian, tidak perlu modal besar lho untuk mewujudkannya!

1. Hobby Masak? Warung & Catering Ide Bagus Nih!

Kunci menjalankan bisnis ini ada pada dua hal ya Bun. Pertama Anda harus pandai membaca apa sih makanan yang disukai masyarakat sekitar dan bagaimanakah tingkat daya belinya. Kedua, Anda wajib pertimbangkan apakah kediaman Anda strategis atau tidak. Parameter strategis disini cukup sederhana, mungkin kediaman Anda berada di perempatan jalan dimana banyak pejalan kaki lalu lalang, lingkungan Anda ramai, rumah Anda jadi pusat keramaian seperti tempat les, dan sebagainya.

Setelah tahu apa saja makanan yang digemari masyarakat setempat—tidak harus makanan berat tetapi bisa juga makanan ringan seperti es dan gorengan, segera siapkan perlengkapan, siapkan sedikit modal, dan mulai memasak. Sebelum itu, sebarkan promosi via mulut ke mulut kepada tetangga bahwa Anda akan mulai berjualan makanan ini dan itu. Jika bisnis sudah lancar dan pelanggan puas dengan cita rasa masakan Anda, tidak ada salahnya Anda membuka jasa catering untuk acara-acara kecil.  

2. Jualan Online Aja, Modal Minim Banget, Lho!

Well, bagi mereka yang bisa melihat peluang bisnis dengan baik, kecanggihan teknologi adalah gerbang lebar untuk menghasilkan pundi-pundi rupiah dalam jumlah besar. Salah satunya melalui menjalankan bisnis online, meski tanpa modal sekalipun, hanya dengan memanfaatkan koneksi internet dan seperangkat laptop, Bunda sudah bisa make money online. Banyak sekali caranya, dua diantaranya adalah dengan menjalankan bisnis reseller dan dropshipper.

Bunda pastinya sudah familiar dengan pengertian reseller dan dropshipper. Mengingat saat ini dua bisnis tersebut sedang booming dan banyak mama muda yang menjalankannya. Apalagi, untuk memulai bisnis ini sama sekali tidak perlu modal gede, lho.

Mulai dengan mencari supplier terpercaya yang membuka fasilitas reseller. Join WAG-nya, pilih pict produk yang sekiranya marketable dan menguntungkan. Anda akan mendapatkan harga khusus yang bisa Anda mark up sendiri untuk memaksimalkan margin.

Sedangkan untuk dropshipper, prosesnya sama yaitu dimulai dengan mencari supplier terpercaya. Join group WA maupun sosial media, promosikan pict dari supplier ke teman-teman, jika ada yang minat, Anda pesankan. Barang akan dikirim langsung ke pihak penerima atas nama Anda.

Saya pribadi pernah merasakan serunya menjadi dropshipper. Awalnya cuma iseng update status WA dan ternyata banyak teman yang melirik. Untuk bulan pertama margin yang saya dapatkanpun terbilang besar mencapai 1juta, tanpa modal. 

3. Pandai Berbahasa Asing? Nerjemah Oke Juga!

Benar memang, beberapa manfaat orang berilmu antara lain adalah diangkat derajatnya, dimudahkan urusannya, dan dilancarkan rezekinya. Bagi Anda yang kompeten dalam berbagai bahasa, entah itu karena program multilingual yang diterapkan di rumah, karena background pendidikan, atau karena berada dalam lingkungan masyarakat yang berbahasa asing setiap hari, boleh nih Bunda coba menjadi penerjemah.

Mengingat, menjadi penerjemah fee yang didapat cukup besar, lho!. Salah satu teman saya yang aktif menjadi penerjemah e-commerce mengatakan untuk satu kata, dia dibayar 0,035 USD. Wow, bisa Bunda bayangkan berapa nominal yang didapat hanya dengan menerjemah 1000 kata setiap harinya.

4. Bakat Nulis? Salurkan Sekarang Juga dengan Menjadi Content Writer!

Keinginan menjadi penulis kerap kali menjadi bakat terpendam. Ada yang belum mencoba sudah putus asa. Ada yang berfikir menulis itu pekerjaan sulit dan ada pula yang berpendapat bahwa menulis itu bukan pekerjaan yang praktis. Pendapat yang paling umum adalah, kalau menjadikan menulis sebagai profesi, lalu mau makan darimana?

Well, saat ini banyak sekali kesempatan bagi Bunda untuk mendapatkan penghasilan dengan menyalurkan bakat menulis yang Bunda miliki, yaitu dengan menjadi content writer atau penulis artikel. Ada banyak sekali website yang membutuhkan content berkualitas dan siap membayar dengan harga yang sepadan. So, tunggu apalagi? Kapan lagi nih bisa menyalurkan bakat nulis sekaligus dapat duit!

5. Suka Dunia Anak-anak? Buka Les Privat di Rumah Yuk!

Buka les privat anak di rumah, nampaknya mudah diucapkan. Tapi jangan salah. Selain punya bekal ilmu pengetahuan yang cukup, Bunda juga harus melengkapinya dengan bekal kesabaran yang luar biasa. Maklum dunia anak-anak.

Dengan dua bekal tersebut Bunda bisa membuka bisnis rumahan tanpa modal. Cukup lakukan promosi lisan dan tunggu respondnya. Biasanya ibu-ibu di kampung atau di kota-kota sangat antusias untuk memasukkan putra putrinya ke bimbingan belajar atau untuk les privat agar materi pelajaran sekolahnya dikuasai dengan lebih maksimal. Tarifnya bisa Bunda patok per anak per pertemuan atau satu bulan sekali seperti sistem SPP.

6. Buka Pesanan Kue

Bicara kue memang nggak bakalan ada habisnya. Anak-anak suka kue, bapak-bapak, ibu-ibu, semua suka kue. Isi kulkas ada kue, hajatan ada kue, event pernikahan ada kue. Pokoknya dimana-mana ada kue. Kenapa nggak coba buka bisnis kue saja, Bun?

Buat Bunda yang ingin berpenghasilan dari rumah, bisa banget nih jual kue kering maupun basah di rumah dengan target pasar anak-anak sekolah, ibu rumah tangga yang sedang ngadakan hajatan, maupun para tetangga.

7. Bisnis Hijab Kekinian

Indonesia adalah negara dengan mayoritas muslim terbesar di dunia. Sudah pasti bisnis yang berkaitan dengan itu akan laris manis. Sebut saja bisnis hijab dengan beragam model yang update. Agar dapat dijangkau seluruh kalangan, akan lebih baik jika hijab yang Anda jual belikan adalah hijab dengan harga yang ekonomis dan bervariasi mengikuti trend perkembangan zaman. Biasanya, bisnis jilbab lebih cepat lakunya dibandingkan dengan bisnis baju yang harganya lebih mahal. So, Yuk sambut keuntungan Bunda dalam bidang niaga dengan membuka bisnis hijab kekinian.

8. Bisnis Aksesoris Hijab, Banyak Banget Peminatnya!

Sebagai pelengkap, Bunda bisa membuka bisnis hijab sekalian bisnis aksesorisnya. Ini akan memudahkan para pengunjung untuk mix and match aksesoris hijab dengan jilbab baru yang dibeli. Tidak ada salahnya ‘kan sambil mendayung dua tiga pulau terlampuai. Bunda bisa sediakan aksesoris dari berbagai bahan, dengan berbagai model dan ukuran yang disesuaikan dengan jenis hijabnya dan juga kebutuhan.

9. Agen Pulsa, Dijamin Laris

Hari gini, tiada waktu senggang tanpa smartphone. Ya, penggunaan smartphone saat  ini cukup intens yang untuk menjalankannya dibutuhkan pulsa dan kuota. Ini menjadi kesempatan emas bagi Bunda yang ingin memulai bisnis rumahan saat ini juga.

Siapkan etalase, buat banner untuk di pasang di depan rumah sebagai sarana promosi. Tidak dipungkiri lagi bahwa bisnis pulsa adalah bisnis yang cepat sirkulasinya dengan income yang menjanjikan. Meski hanya di rumah, Bunda bisa menghasilkan ratusan bahkan jutaan rupiah setiap harinya.

10. Pertamini Boleh Juga Nih

Selalu ada inovasi di bidang bisnis yang cocok sekali untuk dikembangkan. Pada dasarnya, manusia selalu ingin yang praktis, simpel, dan mudah. Salah satunya adalah dengan membuka bisnis bahan bakar pertamini yang saat ini sedang menjamur.

Bisnis ini cukup mudah dioperasikan dan tidak butuh tenaga yang banyak untuk menjalankannya dengan adanya fasilitas POM mini yang disediakan. Siapkan POM mini sebagai modal bisnis di depan rumah, dan tunggu pelanggan datang. Jika Anda berada di lokasi yang strategis, banyak pengendara lalu lalang, pertamini cocok banget menjadi pilihan bisnis Anda. 

11. Bersiap Menjadi Public Speakers

Bisnis 12 Ide Bisnis Rumahan Menarik untuk Mama Kekinian2

Salah satu kemampuan yang tidak dimiliki oleh setiap orang adalah public speakers. Jika Bunda merasa punya bakat di bidang ini yang ditandai dengan ucapan yang terstruktur, pemikiran yang logis, gesture yang mantap, percaya diri, dan wawasan yang luas, boleh nih Bunda coba membuka jasa public speakers, contohnya adalah sebagai penceramah, sebagai MC, moderator, penerima kemanten, dan sebagainya.

12. Membuka Jasa Pembuatan Website

Yang terakhir, bisnis yang patut Bunda coba adalah membuka jasa pembuatan website. Ya, saat ini banyak perusahaan, lembaga formal non formal dan para pebisnis serta komunitas tertentu yang fokus promosi dan branding via online. Semakin bagus websitenya, semakin banyak pengunjungnya, semakin tinggi potensi lembaga yang bersangkutan untuk terkenal. Sudah pasti akan banyak pelanggan jika Bunda memiliki kemampuan di bidang ini dan menjadikannya media bisnis yang menjanjikan. Tidak perlu keluar rumah, cukup dengan stand by di rumah, fokus branding dan fokus mengerjakan pesanan website dari para klien.

Ada banyak sekali ide bisnis rumahan untuk mama kekinian. Tidak ada yang sulit jika memang ada keinginan. Fokus mengurus rumah adalah hal yang mulia. Disamping itu, tidak ada salahnya jika kita mendapatkan penghasilan sendiri dari berbisnis rumahan. Selamat mencoba ya Moms.  

3 thoughts on “Bisnis: 12 Ide Bisnis Rumahan Menarik untuk Mama Kekinian

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.