Bau Mulut Saat Puasa? Say Good Bye dengan 10 Cara Alami Ini!

Posted on

Bau Mulut

Bau Mulut Saat Puasa Say Good Bye dengan 10 Cara Alami Ini!2

Puasa identik dengan masalah bau mulut. Saat berkomunikasi, ini adalah masalah yang bikin gagal pede. Anda seperti saya yang mengalami masalah ini juga? Yuk, hilangkan bau di mulut seketika dengan 10 cara alami berikut. Dijamin bau tidak sedap akan kabur dalam sekejap!

1. Kayu Manis

Iyap, betul sekali! Cara pertama atasi bau pada mulut saat puasa adalah pakai kayu manis. Ibu-ibu biasanya memakai bahan alami ini untuk membuat minuman dan masak-masak. Tentu saja, di bulan puasa ini, persediaan kayu manis di dapur semakin meningkat.

Rempah dengan bau yang unik ini kaya akan minyak essensial alami. Manfaatkan kayu manis untuk memberantas bakteri penyebab bau di mulut dan agar nafas kembali segar.

2. Lemon

Buah dengan citarasa asam dan kaya akan vitamin C ini ampuh memberantas bakteri penyebab bau di mulut saat puasa. Rutin konsumsi lemon baik dengan cara diseduh maupun dibuat jus, berarti Anda telah siap menjaga gigi dan mulut agar tetap bersih dan bebas bakteri.

3. Apel

Yang hobby konsumsi buah apel, tepat sekali! Anda bisa jadikan buah ini menu makanan penutup saat buka dan sahur. Serat yang ada dalam buah ini efektif membersihkan sisa makanan yang ada di mulut yang merupakan penyebab dari bau tidak sedap di mulut.

4. Baking Soda

Baking soda atau yang biasa disebut dengan sodium bikarbonat biasanya digunakan untuk memutihkan gigi. Yang ingin giginya putih dalam sekejap, bisa banget nih pakai baking soda untuk campuran pasta gigi. Selain itu, baking soda dipercaya efektif atasi bakteri penyebab bau mulut.

5. Teh Hijau

Teh hijau kaya sekali manfaatnya dalam dunia kesehatan. Selain di gadang-gadang sebagai obat peramping alami, teh hijau ampuh atasi bau mulut. Seperti yang diungkapkan oleh salah satu riset yang dilakukan di Mesir bahwa teh hijau terbukti efektif membasmi bakteri penyebab bau mulut saat puasa.

Riset yang dilakukan oleh Kaneko dkk di Jepang pada tahun 1993 menyebutkan bahwa teh hijau kaya akan kandungan cathecin (bagian dari senyawa polifenol) yang efektif menghilangkan bau mulut setelah rutin dikonsumsi selama 4 minggu.

6. Rebusan Cengkeh

Bau Mulut Saat Puasa Say Good Bye dengan 10 Cara Alami Ini!

Bahan alami yang biasa Anda temukan sebagai penghias kue nastar ini adalah pengusir bau mulut yang handal. Di dalamnya terkandung disinfektan yang efektif mengusir bau mulut tak sedap. Cara penyajiannya, silahkan siapkan cangkir, isi dengan air rebusan cengkeh setengahnya saja. Anda bisa memanfaatkannya untuk berkumur.

7. Teh Tawar

Teh adalah menu minuman wajib yang hampir selalu ada saat bulan puasa. Konsumsi teh selain sebagai penghangat perut juga bagus untuk mencegah bau mulut.

Adapun jenis teh yang dimaksud adalah teh tanpa gula, ingat ya teh tanpa gula. Teh mengandung zat antioksidan dalam jumlah banyak yang berperan aktif membunuh bakteri penyebab bau mulut.

8. Daun Sirih

Riset membuktikan bahwa, daun sirih kaya akan kandungan anti bakteri. Yang berarti, dengan memanfaatkan daun sirih Anda akan terbebas dari bakteri penyebab bau mulut. Caranya, siapkan beberapa lembar daun sirih, rebus hingga mendidih. Gunakan berkumur selagi hangat.

9. Air putih

Salah satu penyebab bau mulut adalah karena dehidrasi atau kekurangan cairan. Usahakan konsumsi air putih 2 liter atau 8 gelas setiap harinya agar kebutuhan cairan dalam tubuh terpenuhi.

10. Hindari rokok

Rokok adalah penyebab nafas tidak segar. Selain itu, mulut menjadi kering dan tidak menarik. Hindari rokok karena dampak buruknya cukup banyak bagi kesehatan.

One thought on “Bau Mulut Saat Puasa? Say Good Bye dengan 10 Cara Alami Ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.