6 Alasan Anak Wajib Miliki Asuransi Pendidikan Anak Saat Ini Juga

Posted on

Asuransi pendidikan anak

6 Alasan Anak Wajib Miliki Asuransi Pendidikan Anak Saat Ini Juga

Memiliki anak adalah kebahagiaan tersendiri. Kebahagiaan itu tentunya mengandung konsekuensi. Anak yang lahir tidak hanya di pandangi saja, tetapi harus dirawat, di jaga dan dipikirkan dengan matang bagaimana masa depannya. Tidak heran ada istilah anak adalah amanah. Kebahagiaan yang kita dapat karena memiliki anak diiringi dengan tanggung jawab yang wajib dijalankan sebaik-baiknya, baik itu tanggung jawab fisik, maupun psikis.

Sebelum memiliki anak, kita selaku parent masih disibukkan dengan kebutuhan pribadi. Setelah kemunculan si kecil, kebutuhan orang tua menjadi nomor dua dan memprioritaskan kebutuhan anak. Seorang ibu yang mayoritas memperhatikan penampilan dan suka dandan, saat akan membeli koleksi baju baru namun keuangan menipis, mereka akan mengalokasikan dana tersebut untuk anak. Begitulah menjadi orang tua.

Tanggung jawab atas anak yang harus dipenuhi, berlangsung dalam rentang waktu yang cukup lama dan berjenjang. Untuk menempuh gelar sarjana, setidaknya seorang anak sudah berusia 20 tahun ke atas. Dari segi pendanaan, tentunya menghabiskan biaya yang tidak sedikit.

Ada dua tipikal orang tua. Pertama, orang tua yang menginginkan anaknya sekolah di tempat terbaik. Kedua, orang tua yang asal saja dalam memilih sekolah asal anaknya mau sekolah. Logikanya, orang tua yang ingin anaknya bersekolah di lembaga pendidikan favorit ingin memberikan hasil yang terbaik untuk anaknya. Tanpa merasa berat membiayai dan melakukan perencanaan sejak dini dengan membuat asuransi pendidikan anak.

Dana pendidikan yang besar itu akan terkumpul dan cukup untuk mendanai pendidikan anak jika kita menyiapkannya sejak dini. Berikut alasan kenapa anak wajib miliki asuransi pendidikan anak. Alasan berikut bantu Anda agar lebih yakin untuk membuat asuransi pendidikan anak saat ini juga.

1. Membuat Rencana Pendidikan Anak yang Matang Sejak Dini

Mimpi besar bisa terwujud melalui usaha yang keras dan banyak doa. Anda selaku orang tua yang ingin agar anak-anak bersekolah sampai jenjang yang paling tinggi sangat mungkin mewujudkannya dengan persiapan yang matang sejak dini.

Membuat asuransi pendidikan anak berarti Anda menyiapkan pendidikan anak sesuai dengan target yang ingin dicapai. Target tersebut dipertimbangkan dari segi jenjang pendidikan yang ingin dicapai, dimana anak akan menempuh masa study-nya dan apa jurusan yang ingin diambil.

Orang tua menyampaikan apa target pendidikan anak yang ingin dicapai kepada pihak asuransi. Obrolan ini menentukan seberapa banyak premi yang harus di bayar setiap bulannya pada jenjang waktu tertentu.

Apapun mimpi Anda terkait pendidikan anak, wujudkan dengan asuransi pendidikan terbaik yang Anda pilih dengan mempertimbangkan bakat, minat, dan kemampuan si kecil. Jika kita sebagai orang tua membuat keputusan yang sepihak, tidak adil rasanya bagi si kecil.

2. Pihak Asuransi Meng-cover Biaya Pendidikan Anak

Setiap tahunnya, biaya pendidikan semakin meningkat dengan kisaran mencapai 15 persen. Jika Anda memiliki 3-5 anak yang kesemuanya bersekolah dan sama-sama masuk ke jenjang berikutnya tentunya biaya pendidikan yang Anda butuhkan saat itu juga tidaklah sedikit.

Bersama asuransi pendidikan anak yang Anda pilih sebagai mitra dalam hal ini, kebutuhan pendidikan anak akan tercover dengan baik. Dana pendidikan di cover oleh pihak asuransi dan Anda bisa fokus untuk kebutuhan yang lain.

Apa bedanya dengan menabung? Secara garis besar menabung sama dengan menitipkan uang dengan sedikit bunga yang di dapat. Anda yang memilih asuransi pendidikan anak mendapatkan fitur layanan tertentu dengan pertimbangan yang logis agar premi yang Anda bayar setiap bulannya mampu meng-cover kebutuhan biaya pendidikan anak. Biaya ini umumnya di bayarkan oleh pihak asuransi saat anak memasuki jenjang pendidikan baru.

3. Fitur yang Menguntungkan Pemegang Polis

Pemegang polis atau yang biasa disebut tertanggung mendapatkan beberapa fitur tambahan yang tidak dimiliki oleh tabungan pada umumnya. Benarkah demikian? tentu!. Ini adalah salah satu kelebihan dari asuransi pendidikan anak yang tidak ada pada tabungan umum.

Asuransi memberikan fitur santunan saat pemegang polis sakit. Bahkan, beberapa asuransi siap menanggung biaya rumah sakit. Jika Anda hanya mengandalkan tabungan, bisa jadi tabungan Anda akan habis untuk biaya berobat sebab tidak tersedia layanan seperti fitur yang terdapat pada asuransi.

Singkatnya, seperti kata pepatah, sekali mendayung dua tiga pulau terlampaui. Anda mendapatkan jaminan biaya pendidikan anak dari premi bulanan yang dibayar, sekaligus memperoleh keuntungan dalam bentuk lain selaku pihak tertanggung.  

4. Memberikan Perlindungan Finansial

Memiliki asuransi sama halnya merencanakan masa depan yang lebih baik. Dengan adanya asuransi, kita memiliki kesempatan untuk memprediksi bagaimana masa depan keluarga. Kita mengantisipasi dan merancang keuangan agar lebih baik lagi. Jangan sampai keuangan mengalami krisis akut sehingga kebutuhan keluarga yang lain terbengkalai disebabkan oleh membludaknya dana pendidikan yang harus dikeluarkan. Pada kondisi perekonomian yang tidak stabil, keluarga menjadi rawan konflik yang berpengaruh pada ketentraman psikis.

5. Adanya Proses Pembayaran Premi yang Mudah

Apakah Anda kurang mantap memiliki asuransi pendidikan anak sebab khawatir tidak bisa rutin membayar premi setiap bulannya? Jika itu masalahnya, Anda tidak perlu khawatir. Pembayaran premi asuransi sangatlah fleksibel. Anda tidak hanya bisa membayarnya rutin setiap satu bulan sekali, namun Anda bisa membayarnya 6 bulan sekaligus atau 1 tahun sekaligus.

Pembayaran dengan cara tersebut adalah untuk mengantisipasi rasa malas saat harus bolak-balik ke bank, dan untuk mengantisipasi saat keuangan defisit.

6. Pembayaran Premi sesuai dengan Kebutuhan dan Finansial

Seberapa banyak Anda membayar premi, sebesar itulah Anda akan mendapatkan besar biaya yang Anda butuhkan untuk pendidikan anak. Rencana anggaran tersebut di hitung secara detail hingga mencapai nominal tertentu per rentang waktu tertentu. Anda bisa kalkulasikan berapa klaim yang Anda ajukan sesuai dengan premi yang Anda bayarkan. Semakin besar premi, semakin besar pula klaim yang bisa Anda ajukan.

Sayangnya, gesekan seringkali terjadi antara pihak asuransi dan orang tua pemegang premi. Friksi itu dikarenakan klaim yang diajukan terlalu tinggi dibandingkan dengan rencana dan premi yang dibayakan.

Untuk mendapatkan keuntungan yang  maksimal selaku pemegang polis, ada beberapa tips yang bisa Anda terapkan sebelum memilih mana kiranya asuransi pendidikan anak yang paling cocok.

6 Alasan Anak Wajib Miliki Asuransi Pendidikan Anak Saat Ini Juga2

  • Rencanakan dimana anak akan menempuh pendidikan selanjutnya

Sebelum memilih produk dan perusahaan asuransi, terlebih dahulu rencanakan dimana anak akan menempuh study-nya sejak TK, hingga perguruan tinggi. Ketahui secara mendetail informasi terkait instansi tersebut yang tujuannya adalah untuk mengetahui lebih jauh bagaimana kualitas instansi, apa saja fasilitas yang di dapat, dan tentunya berapa besar biaya yang akan dikeluarkan.

  • Ketahui berapa besar biaya yang harus dikeluarkan di instansi itu

Pentingnya mengetahui berapa kisaran biaya yang dikeluarkan untuk menempuh pendidikan di instansi tertentu pada jurusan tertentu bisa menjadi patokan bagi Anda untuk memilih besaran premi yang harus Anda bayar setiap bulannya. Tentunya dengan prediksi kenaikan biaya pendidikan saat anak masuk ke instansi tersebut pada tahun tertentu.

Kisaran biaya premi bantu Anda meng-kalkulasi berapa kira-kira biaya yang harus Anda  bayar setiap bulannya dalam rentang waktu tertentu. Semakin dini persiapan Anda, semakin banyak klaim yang Anda ajukan sebab premi yang Anda bayarkan pun nominalnya sudah cukup banyak.

  • Perbanyak info mengenai perusahaan asuransi yang terpercaya

Berusaha mendapatkan informasi selengkap-lengkapnya mengenai pihak asuransi tertentu yang akan dipilih sangatlah penting. Informasi tersebut menentukan apakah pihak asuransi itu profesional dalam memberikan layanan, dan terpercaya sehingga Anda selaku pemegang polis memperoleh pelayanan yang maksimal.

Asuransi pendidikan anak yang kredibel memberikan layanan yang maksimal dalam bentuk berbagai fitur pendukung yang menguntungkan pemegang polis. Selain itu, Anda tidak perlu khawatir akan dirugikan karena pihak asuransi yang kredibel selalu berusaha memegang amanat klien dan tidak melakukan kecurangan seperti yang umum terjadi.

Usut lebih jauh bagaimana profil perusahaan asuransi tersebut, perbanyak bertanya kepada pemegang polis asuransi pendidikan untuk menambah referensi, cek testimony pemegang polis di website resmi perusahaan, dan cobalah untuk konsultasi dengan pihak konsultan asuransi yang Anda percaya. Karena ini berkaitan dengan besaran premi yang Anda bayarkan setiap bulannya, dan terkait dengan masa depan anak, selektif dalam memilih perusahaan asuransi sangatlah penting.

  • Cermati aset perusahaan yang bersangkutan

Kecurangan yang muncul dan dilakukan oleh pihak asuransi pada dasarnya berkaitan dengan pengelolaan premi. Premi asuransi yang baik tidak akan menimbulkan masalah. Namun pengelolaan  premi yang buruk berujung pada tidak terpenuhinya klaim klien sehingga pelayanan tergolong tidak maksimal. Apakah pihak klien kecewa? Sudah pasti!

Biasanya, pelayanan yang tidak maksimal dialami pemegang polis dari asuransi yang kurang profesional, peminatnya rendah, dan belum lama berdiri. Amati seberapa besar aset perusahaan untuk memastikan premi yang Anda bayarkan aman dan Anda mendapatkan keuntungan yang maksimal sebagai pemegang polis asuransi tertentu.

  • Pilih produk asuransi sesuai kebutuhan

Sebelum memutuskan mendaftar asuransi pendidikan tertentu, pertimbangkan rencana anggaran yang Anda buat. Pilih produk asuransi yang sesuai kebutuhan dan kemampuan. Jangan sampai Anda memilih produk yang kurang tepat sasaran dan bahkan melebihi kemampuan sehingga keuangan keluarga menjadi tidak stabil.

Ya, memberikan yang terbaik untuk pendidikan anak sangatlah penting. Namun jangan sampai kita mengabaikan kebutuhan rumah tangga yang justru akan memicu konflik serius saat sedang krisis. Pertimbangkan kebutuhan dan kemampuan untuk mendapatkan asuransi pendidikan anak yang sesuai keinginan.

  • Adanya fasilitas penunjang

Fasilitas penunjang yang Anda dapatkan dari asuransi tertentu bisa Anda manfaatkan sewaktu-waktu, semisal fasilitas santunan saat pemegang polis jatuh sakit, santunan meninggal, dsb. Pelajari lebih rinci apa sajakah fitur yang diberikan yang tujuannya adalah untuk memberikan kemudahan saat kita membutuhkan.

Asuransi pendidikan anak membantu Anda mencapai apa yang Anda dan si kecil impikan di masa mendatang. Melalui rencana pendidikan yang baik dengan premi yang kita bayarkan setiap bulannya, berarti Anda telah mempersiapkan sejak dini pendidikan yang terbaik untuk si kecil. Pilih asuransi pendidikan terbaik yang memberikan fasilitas terbaik sehingga Anda selaku orang tua dari pemegang polis merasa puas dengan layanan yang diberikan. Caranya? Yuk terapkan tips memilih asuransi pendidikan anak seperti di atas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.