Asuransi Kesehatan Keluarga: Manfaat dan 15 Tips Cerdas Memilihnya

Posted on

Asuransi kesehatan keluarga

Asuransi Kesehatan Keluarga Manfaat dan 15 Tips Cerdas Memilihnya

Bagi masyarakat menengah ke bawah, munculnya BPJS sejak lebih kurang 4,5 tahun yang lalu menjadi angin segar. Beberapa fakta menarik tentang jaminan kesehatan nasional yang satu ini yang perlu Anda tau adalah, pada tahun 2017 lalu, pengguna asuransi kesehatan telah mencapai 70 persen dari total jumlah penduduk Indonesia. Survey membuktikan dengan adanya jaminan kesehatan ini angka harapan hidup meningkat dan kepuasan terhadap fasilitas kesehatan meningkat dari waktu ke waktu.

Sudah lima tahun ini saya rutin antar ibu check up ke dokter setiap bulannya. Dulu, saat belum ada BPJS, poli rumah sakit masih terasa longgar. Sebaliknya, semenjak adanya BPJS, jumlah pasien yang datang setiap harinya semakin meningkat. Ini adalah salah satu bukti pentingnya asuransi kesehatan keluarga yang bermanfaat untuk memberikan perlindungan kepada pemegang polis saat terjadi gangguan kesehatan.

Ada dua jenis asuransi, yaitu asuransi kesehatan (health insurance) dan asuransi jiwa (life insurance). Asuransi kesehatan yang saat ini sedang booming dan merupakan jaminan kesehatan dari pemerintah adalah BPJS.

Selain itu, ada cukup banyak asuransi kesehatan keluarga dibawah naungan pihak swasta dengan fasilitas yang bagus. Asuransi tersebut menawarkan proteksi di dalam dan di luar negeri tergantung dari kebutuhan pemegang polis dan jenis asuransi yang dimiliki. Agar Anda tidak salah dalam memilih asuransi kesehatan keluarga, berikut tips memilih asuransi yang tepat.

1. Ketahui apa yang Anda butuhkan

Pertimbangan pertama memilih asuransi kesehatan keluarga adalah ketahui apa yang Anda butuhkan. Misalkan begini, Anda adalah seorang mama muda yang memiliki riwayat kesehatan sakit jantung dan beberapa kali menjalani rawat inap. Anda bisa mencari asuransi yang menyediakan fasilitas tersebut.

2. Pertimbangkan Budget atau Keuangan

Asuransi kesehatan adalah hal penting yang harus ada dalam anggaran keuangan Anda setiap bulannya. Ya, asuransi kesehatan menjadi prioritas karena Anda membutuhkannya sewaktu-waktu dan tidak terprediksi.

Yang jelas, tidak ada ruginya memiliki asuransi kesehatan. Walau demikian, penting bagi Anda untuk mempertimbangkan apakah premi asuransi yang Anda pilih sesuai dengan kebutuhan Anda dan anggaran dana yang Anda miliki ataukah melampauinya. Memilih asuransi terbaik memang bagus. Namun, menyadari kemampuan anggaran agar perekonomian keluarga tetap stabil tidak boleh Anda lupakan.

3. Bandingkan

Ada memang tipikal pribadi yang tidak ingin ribet. Mereka membeli sesuatu tanpa pikir  panjang dan tanpa pilih-pilih karena tidak ingin menghabiskan waktu. Bagi Anda yang tidak ingin kecewa dalam memilih asuransi kesehatan keluaga, wajib bagi Anda untuk mencari referensi sebanyak-banyaknya entah dari teman, kerabat, dari internet, maupun langsung berinteraksi dengan agen asuransi yang bersangkutan.

Andalah yang tau tentang kebutuhan keluarga Anda. Bandingkan beberapa asuransi sekaligus. Cari yang memenuhi kebutuhan Anda sekeluarga terkait fasilitas yang diberikan dan pastikan harga premi sesuai dengan kondisi finansial masing-masing.

4. Pengajuan Klaim yang Mudah

Datangnya musibah dan penyakit memang tidak terduga. Jika bisa diprediksi, tentu kita akan meningkatkan proteksi bagaimana caranya agar penyakit atau musibah itu tidak datang. Kenyataannya tidak demikian. Penyakit datang sewaktu-waktu.

Yang harus digarisbawahi saat memilih perusahaan asuransi kesehatan keluarga adalah, pastikan bahwa perusahaan yang bersangkutan mudah cara mengajukan klaimnya. Jangan sampai Anda dipersulit dengan proses procedural yang berdampak pada terganggunya proses pengobatan atau penyembuhan Anda.

Saat ini, ada beberapa perusahaan asuransi yang melengkapi dirinya dengan fitur e-claim sehingga Anda bisa mengajukan klaim secara online dengan respond yang cepat. Ini bisa Anda jadikan salah satu pertimbangan membeli premi asuransi.

Perusahaan asuransi dengan fasilitas e-claim, biasanya menyediakan aplikasi yang bisa di download. Tujuannya adalah agar sewaktu-waktu saat Anda membutuhkan, Anda bisa mengontak pihak asuransi via mobile phone untuk pengajuan klaim.

5. Kredibilitas Perusahaan Asuransi

Kredibiltas perusahaan asuransi kesehatan keluarga berkaitan erat dengan pengalaman yang dimiliki, fasilitas yang ada di dalamnya, pelayanan yang diberikan, dan kemudahan pengajuan claimnya.

Jika Anda memilih perusahaan asuransi, pastikan perusahaan tersebut memenuhi kualifikasi diatas yang merupakan parameter puas atau tidaknya Anda selaku pemegang polis asuransi dari perusahaan yang bersangkutan.

6. Memilih Rumah Sakit Rekanan

Perusahaan asuransi dengan jumlah rumah sakit rekanan yang banyak, memberikan keuntungan bagi pemegang polis. Sebelum memutuskan membeli asuransi tersebut, pastikan Anda memilih asuransi yang memiliki banyak rumah sakit rekanan yang tersebar luas di dalam maupun luar negeri. Keuntungan bekerjasama dengan asuransi yang memiliki banyak rumah sakit rekanan adalah:

  • Memudahkan proses pengobatan.
  • Rumah sakit rekanan yang tersebar baik di dalam maupun di luar negeri memudahkan Anda untuk sewaktu-waktu melakukan proses pengobatan dimanapun Anda berada.
  • Jika saat ini Anda sudah memiliki rumah sakit langganan tempat berobat, Anda bisa meneliti terlebih dahulu ada tidaknya rumah sakit tersebut dalam list rumah sakit rekanan pihak asuransi.

7. Asuransi untuk Kepentingan Seluruh Anggota Keluarga

Kesehatan istri dan anak, merupakan tanggung jawab Anda sebagai kepala keluarga. Saat memilih jenis asuransi, pertimbangkan ada tidaknya fasilitas asuransi kesehatan keluarga yang bisa Anda manfaatkan untuk seluruh anggota keluarga Anda. Biasanya, tersedia harga khusus bagi Anda yang membeli premi untuk seluruh anggota keluarga. Anda bisa membelinya sesuai kebutuhan dan kondisi finansial saat ini.

8. Konsultasi dengan Pihak Terpercaya

Sudah membaca testimony, mencari rekomendasi dari sanak dan kerabat tetapi Anda masih bimbang juga? Caranya mudah. Konsultasikan dengan pihak ketiga yang akan memberikan pencerahan pada Anda.

Bukan sembarang orang tentunya, Anda bisa menunjuk konsultan asuransi, menyampaikan keluhan kesehatan yang Anda dan keluarga hadapi, apa fasilitas yang Anda inginkan, dan bagaimana kondisi finansial Anda saat ini.

Konsultan asuransi akan mengarahkan Anda untuk mendapatkan penyedia jasa asuransi kesehatan keluarga terbaik sesuai dengan kebutuhan dan keuangan Anda.

9. Cek Cara Pembayaran

Asuransi  kesehatan keluarga sangat penting. Namun ini tidak lantas Anda harus bersedia bersusah payah dalam proses pembayarannya. Sebagai perusahaan asuransi profesional, pihak penyedia jasa akan mempertimbangkan betul-betul kepuasan konsumen. Salah satunya adalah dengan menyediakan fasilitas pembayaran yang mudah dilakukan.

Sistem pembayaran terbagi dua, yaitu cashless dan reimbursement. Apa itu cashless? Apa itu reimbursement? Cashless adalah sistem pembayaran yang dilakukan dengan hanya menunjukkan kartu berobat kepada pihak rumah sakit dimana tagihan pengobatan akan otomatis dibayar oleh pihak asuransi. Lain halnya dengan reimbursement yang mengharuskan Anda untuk mengcover dana pengobatan terlebih dahulu barulah pihak asuransi kesehatan keluarga akan menggantinya.

10. Ketahui Adanya Fasilitas Tambahan

Asuransi Kesehatan Keluarga Manfaat dan 15 Tips Cerdas Memilihnya

Perusahaan asuransi yang memiliki fasilitas tambahan tentu nilainya lebih tinggi daripada yang tidak menyediakan tambahan fasilitas tersebut. Jika Anda menginginkan tambahan fasilitas, konsekuensinya adalah biaya yang Anda bayarkanpun bertambah.

Pastikan Anda benar-benar membutuhkan fasilitas tersebut di luar standar yang disediakan pihak asuransi untuk memenuhi kebutuhan kesehatan Anda sekeluarga. Jika Anda belum membutuhkannya, lebih baik Anda pertimbangkan ulang sebelum mengajukan permintaan fasilitas tambahan sebab ini berhubungan dengan besarnya biaya yang harus Anda bayarkan.

11. Ketahui dengan Pasti Nama Produk Asuransi Pilihan Anda

Saat ini, ada begitu banyak perusahaan asuransi. Masing-masing produk yang ditawarkan terkadang memiliki lebih dari satu nama. Pastikan Anda tau betul apa nama produk asuransi yang Anda pilih khususnya dengan nama produk yang lebih dari satu agar tidak salah pilih.

12. Kondisi Perusahaan Asuransi

Saat Anda bekerja sama dengan perusahaan asuransi yang besar dengan jumlah pemegang polis yang banyak, tentu Anda tidak lebih khawatir dibandingkan saat bekerjasama dengan pihak yang sedikit pemegang polisnya dengan nama perusahaan yang belum terkemuka. Untuk itu, dapatkan asuransi kesehatan keluarga Anda hanya pada perusahaan yang memiliki kualifikasi sebagai berikut:

  • Perusahaan asuransi yang populer.
  • Telah lama berdiri dimana durasi waktu berdiri perusahaan identik dengan banyak sedikitnya pengalaman yang dimiliki.
  • Memiliki banyak cabang yang tersebar baik di dalam maupun di luar negeri.
  • Jumlah pemegang polis asuransi terbilang tinggi dan terus meningkat.
  • Testimony pemegang polis bagus.

Parameter tersebut merujuk kepada kondisi atau kualitas perusahaan asuransi kesehatan keluarga yang Anda pilih.

13. Pelajari Jaminan yang Diberikan

Jaminan yang diberikan oleh pihak perusahaan adalah faktor penentu apakah Anda deal membeli asuransi tersebut ataukah tidak. Pilih perusahaan yang memberikan jaminan maksimal sehingga memudahkan Anda untuk mengajukan klaim atas penyakit apapun yang dialami satu saat nanti.

Ketahui dengan pasti apa saja penyakit yang ditanggung oleh pihak perusahaan asuransi dan pastikan bahwa penyakit yang diderita masuk dalam kategori penyakit yang dijamin oleh pihak penyedia jasa. Selain itu, penting bagi Anda untuk mengetahui ada tidaknya, berapa batas usia pemegang polis yang ditanggung oleh pihak penyedia jasa. Satu hal lagi yang penting dan perlu Anda perhatikan adalah apakah pihak penyedia jasa menyediakan layanan asuransi kesehatan keluarga juga, atau hanya asuransi personal saja.

14. Ada Tidaknya Fasilitas Medical Check Up

Penting bagi Anda untuk mengetahui apakah pihak asuransi menyediakan fasilitas medical check up dan ada yang tidak. Kalaupun ada, tujuan dari adanya medical check up tersebut adalah untuk memeriksa kesehatan dari pemegang polis untuk mengetahui apa penyakit yang sedang diidapnya dan apakah masuk dalam jaminan penyedia jasa. Jika penyakit tersebut tidak masuk dalam list tanggungan tersebut, bisa jadi pengajuan asuransi akan ditolak.

Beberapa pihak asuransi sengaja tidak menyertakan fasilitas medical check up yang tujuannya adalah agar tidak digunakan hanya  untuk kepentingan cek up medis gratis saja. Nah, kira-kira manakah yang lebih baik dan sesuai dengan kebutuhan Anda?

15. Proses Rawat Inap dan Rawat Jalan

Dua jenis perawatan pasien asuransi kesehatan keluarga adalah rawat inap dan rawat jalan. Kedua prosedur perawatan tersebut harus Anda ketahui dengan pasti. Untuk prosedur rawat jalan, Anda cukup tunjukkan kartu asuransi dan biaya akan ditanggung oleh pihak asuransi. Lain halnya dengan prosedur claim rawat inap dimana kelas ruangan pasien tergantung dari besaran harga premi yang Anda tanggung setiap bulannya. Pihak rumah sakit akan menginformasikan kepada Anda mengenai apa saja fasilitas yang Anda dapat dari asuransi tersebut. Jika kartu yang Anda pegang mendapatkan fasilitas kelas 2, dan saat rawat inap ruang kelas 2 penuh, Anda bisa menunggu atau menambah biaya secara mandiri jika ingin naik ke kelas yang lebih tinggi.

Asuransi kesehatan keluarga adalah hal yang harus diprioritaskan dalam anggaran keuangan Anda. Kesehatan sifatnya mendasar dan terjadi kapan serta dimana saja. Berikan perlindungan kesehatan dan perlindungan finansial keluarga Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.