8 Tips Jalani Gaya Hidup Sehat dengan Cara yang Sederhana

Posted on

Gaya Hidup Sehat

8 Tips Jalani Gaya Hidup Sehat dengan Cara yang Sederhana

Gaya hidup sehat—kesehatan mahal harganya. Itu adalah ungkapan yang umum kita dengar dan memang begitulah faktanya. Saat jatuh sakit, ada tiga hal yang kita rasakan. Pertama adalah fisik terasa tidak nyaman. Kedua, aktivitas yang kita jalani sehari-hari terhambat, dan ketiga kesempatan untuk menabung akan terkendala karena banyaknya alokasi keuangan untuk biaya pengobatan. Nah, sudah sangat jelas bukan alasan kenapa sampai muncul ungkapan, kesehatan mahal harganya?.

Sesuatu yang mahal itu harus bisa kita jaga dengan menerapkan gaya hidup sehat. Gaya hidup yang dimaksud tidak identik dengan sesuatu yang mahal. Kita bisa menjalani gaya hidup yang sederhana namun memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Bagi Anda yang saat ini sedang mengalami masalah kesehatan, tidak ada salahnya mencoba tips jalani gaya hidup sehat yang sederhana berikut ini.

1. Cukupi Kebutuhan Mineral Tubuh

Sepertinya sepele, hanya sekedar air putih yang setiap galonnya bisa kita beli dengan kisaran harga mulai 3ribuan. Faktanya, air putih memiliki manfaat yang dahsyat dalam bidang kesehatan. Tubuh perlu asupan mineral dalam jumlah yang cukup. Tubuh yang ter-hidrasi dengan baik besar kemungkinan mengurangi gejala dehidrasi seperti bibir pecah-pecah, kulit kering, lemas, warna urine yang tidak jernih, dst.

Atasi gejala dehidrasi tersebut dengan konsumsi air mineral setidaknya 8 gelas atau 3 liter setiap harinya. Minum air mineral secara rutin bantu memperlancar kinerja organ ginjal, memenuhi asupan mineral tubuh, dan menjaga agar tubuh tetap segar. Anda tidak perlu bayar mahal untuk memenuhi asupan mineral ini.

2. Istirahat yang Cukup

Menjadi pribadi super sibuk dan banyak peranan memang menyenangkan. Kita punya banyak aktivitas, jadwal kita padat, dan kita diperlukan banyak orang. Dengan jam terbang yang tinggi seperti ini, kita harus ekstra menjaga kesehatan sebab medium yang kita gunakan adalah tubuh.

Istirahat yang cukup saya gambarkan melalui dua cara, yaitu tidur nyenyak dan dengan refreshing bersama keluarga. Tidur yang cukup adalah upaya kita untuk mengistirahatkan fisik, pikiran, dan jiwa secara total dari aktivitas, atau dari beban pikiran apapun. Sedangkan refreshing lebih ke upaya untuk mengistirahatkan sejenak pikiran dari beban rutinitas dan agar pikiran lebih segar.

Saat tidur, tubuh secara otomatis melakukan perbaikan fungsi organ tubuh, mengistirahatkan sel-sel tubuh, dan meregenerasi sel tubuh yang rusak. Bangun tidur pikiran dan tubuh lebih rileks dan siap untuk melakukan aktivitas selanjutnya. Menuruti ambisi untuk bekerja terus menerus memang ada untungnya, yaitu pekerjaan akan cepat selesai. Namun itu bukan pilihan yang bijak sebab tubuh sebagai medium beraktivitas perlu waktu untuk istirahat.

Kaitannya dengan refreshing, kita bisa pilih waktu baik di akhir pekan, atau saat liburan panjang sekolah tiba. Diskusikan lokasi destinasi wisata yang ingin dituju bersama keluarga. Selama bepergian, ada role yang harus dipatuhi, diantaranya adalah;

  • Semua anggota keluarga sepakat mengunjungi destinasi liburan tersebut;
  • Seluruh anggota keluarga merasa bahagia saat sedang perjalanan;
  • Tidak membicarakan kepentingan pekerjaan selama perjalanan;
  • Happy dengan setiap rutinitas yang dijalani selama liburan.

3. Rutin Olahraga

Aktivitas fisik yang cukup yang dilakukan setiap hari dalam bentuk olahraga memberikan manfaat yang luar biasa bagi kesehatan. Manfaat tersebut diantaranya adalah untuk memperpanjang usia harapan hidup, menurunkan potensi terserang penyakit berbahaya, dan menjaga tubuh agar tetap langsing ideal.

Anda mungkin berfikiran bahwa, untuk berolahraga kita harus ke gym terlebih dahulu, atau harus menekuni jenis olahraga tertentu agar output-nya maksimal.  Tidak demikian adanya. Anda bisa melakukan aktivitas fisik ini dengan cara yang sederhana dan menyesuaikan dengan ketersediaan waktu yang Anda miliki.

Lebih efektif lagi jika Anda berolahraga sembari melakukan beberapa aktivitas lain seperti berbelanja sembari berjalan kaki, membeli sarapan sembari bersepeda di pagi hari, dan mengajak anak-anak berenang di akhir pekan untuk refreshing. Menghindarkan diri dari kecanggihan teknologi dan fokus pada cara-cara manual seperti naik tangga daripada lift, mencuci dengan tangan daripada menggunakan mesin cuci, dst. Atau, Anda bisa jadwalkan waktu ke gym bersama keluarga tercinta setiap akhir pekan.

Ada dua faktor penting yang harus kita pertimbangkan saat sedang berolahraga agar aktivitas ini bermanfaat dan menyenangkan, yaitu lakukan olahraga yang sesuai dengan bakat minat, lakukan dengan senang hati sehingga Anda tidak merasa beban saat melakukannya. Berolahraga-lah seolah Anda seperti sedang bermain.

4. Penuhi Nutrisi Tubuh dengan Konsumsi Cukup Buah dan Sayur

8 Tips Jalani Gaya Hidup Sehat dengan Cara yang Sederhana2

Gaya hidup sehat selain mengharuskan Anda untuk olahraga secara teratur, juga wajib bagi kita untuk konsumsi nutrisi yang menyehatkan setiap harinya. Kita tentu sudah tidak asing lagi dengan konsumsi buah dan sayur yang direkomendasikan oleh tim medis dimana kedua jenis makanan tersebut kaya akan serat yang dibutuhkan tubuh.

Buah dan sayur membantu memperlancar sistem pencernaan, membantu membuang toksin dalam tubuh, menjaga berat badan agar tetap ideal, memenuhi nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh, dsb. Selalu sediakan nutrisi penting buah dan sayur setiap harinya agar tubuh tetap sehat. Usahakan untuk tidak mengonsumsi vitamin sintesis pengganti kedua jenis makanan tersebut yang berasal dari bahan kimiawi berbahaya.

Kaitannya dengan makanan, jenis makanan yang mengandung antioksidan dalam jumlah banyak bagus untuk kesehatan. Nutrisi ini efektif mencegah kanker dengan cara menangkal radikal bebas yang menjadi penyebab rusaknya sel di tubuh. Disarankan bagi Anda untuk mengonsumsi buah dan sayur dengan warna yang cerah dan bergantian setiap harinya. Warna cerah pada buah adalah indikasi tingginya kadar antioksidan dalam makanan tersebut. Selain kebutuhan akan serat dan vitamin yang terpenuhi, buah dengan warna yang cerah bantu menangkal radikal bebas.

Ada makanan yang disarankan dan ada makanan yang harus dihindari. Cobalah untuk menghindari jenis makanan yang di olah dan makanan yang diawetkan dalam kaleng. Jenis makanan tersebut biasanya mengandung bahan kimia berbahaya dan kaya akan bahan pengawet sehingga makanan bisa bertahan sampai beberapa bulan lamanya. Hindari jenis makanan itu sebagai upaya menjalani gaya hidup sehat.

Beberapa bahan makanan yang tidak sebaiknya dikonsumsi secara berlebihan antara lain adalah makanan yang kaya akan kandungan gula dan garam. Batasi asupan gula dimana ini adalah penyebab penyakit diabetes. Dan, kendalikan asupan garam sebab konsumsi sodium dalam jumlah banyak berpengaruh pada kadar darah yang secara tidak langsung menyebabkan penyakit jantung dan stroke.

5. Menjadi Diri Sendiri yang Senantiasa Berpikiran Positif

Gaya hidup sehat tidak lepas dari penerimaan yang Anda lakukan atas diri sendiri. Penerimaan tersebut berupa kecintaan kita pada diri sendiri. Kita berusaha untuk tidak membandingkan diri sendiri dengan orang lain baik dari segi profesi, dari segi kekayaan, keluarga, background keilmuan, dan lain sebagainya.

Kebiasaan membanding-bandingkan tersebut pada dasarnya menjadi alasan kenapa kita pada akhirnya membenci diri sendiri karena terpengaruh kenikmatan yang didapat orang lain. Perbanyak berfikir positif dengan cara memperbanyak bersyukur, membiasakan diri berkata, bertingkah, dan berfikir positif agar energi positif dalam diri semakin keluar dan kita pun pada akhirnya merasa jauh lebih nyaman dan pastinya lebih sehat.

Sebagai konsekuensi keinginan Anda untuk berusaha bersikap positif adalah, sebisa mungkin hindari siapa saja yang berfikiran, berkata dan berperilaku negatif. Hal-hal negatif tersebut berpengaruh pada ketenangan batin dan menyebabkan cara pandang atas hidup yang lebih suram dan pesimis.

6. Catat Mimpi dan Kejar Cita-Cita Tersebut

Masing-masing orang lahir dengan selera yang berbeda. Selera ini yang membawa pada kecenderungan sehari-hari yang berbeda dan pada cita-cita yang berbeda pula. Salah satu parameter kebahagiaan adalah saat kita mampu mengejar cita-cita tersebut dengan proses yang menyenangkan.

Langkah awal adalah dengan menulis apa cita-cita yang ingin Anda capai di sebuah kertas kosong. Data secara rinci apa saja yang ingin Anda capai dalam rentang waktu tertentu. Fokus pada alur tersebut untuk mencapai mimpi dengan merancang strategi yang pas. Saat  mimpi tersebut hanya dipendam dalam dada dan tidak terealisasikan dengan baik sebagaimana mestinya, kita akan merasa tidak nyaman dengan diri sendiri dan tidak puas dengan apa yang kita jalani saat ini. Segera temukan apa yang menjadi goal dalam hidup dengan pikiran yang tetap tenang, tidak ambisius,dan fokus pada target yang ingin dicapai.

7.  Teknik Makan yang Tepat

Gaya hidup sehat tidak hanya bisa dicapai dengan mengonsumsi makanan yang sehat saja, akan tetapi gaya hidup sehat juga membutuhkan teknik makan yang tepat. Beberapa hal penting yang harus diperhatikan saat makan adalah:

  • Makan saat sedang lapar dan berhenti sebelum kenyang. Perut akan terasa nyaman dan organ pencernaan akan berjalan dengan lebih baik manakala porsi perut tersusun dari tiga bagian utama, yaitu sepertiga untuk makanan, sepertiga berisi air, dan sepertiga berisi udara. Makan makanan saat sedang lapar akan terasa nikmat. Jangan sampai kita makan hingga terlalu kenyang sebab ini akan berdampak negatif bagi kesehatan organ pencernaan.
  • Makan dengan cara yang slow dan mengunyah makanan hingga halus. Usahakan agar tidak terburu-buru saat makan meski Anda sedang dihimpit deadline sekalipun. Makanlah dalam kondisi tenang dan kunyah makanan sampai benar-benar halus agar kita kenyang lebih lama dan nutrisi yang diserap tubuh semakin maksimal.
  • Sesekali puasa di hari senin kamis membantu tingkatkan kinerja organ pencernaan agar lebih baik lagi. Organ pencernaan yang beroperasi terus menerus akan cepat lelah dan cepat aus sebagaimana mesin. Kontrol kinerja organ pencernaan dengan puasa yang rutin dilakukan setiap minggunya sebagai salah satu rahasia gaya hidup sehat.

8. Hindari Rokok, Cafein dan Alkohol

Rokok, kafein dan alcohol adalah tiga kebiasaan negatif yang harus kita hindari. Gaya hidup sehat harus terbebas dari tiga kebiasaan negatif tersebut. Hingga kini, tidak ada satupun penelitian yang menyatakan atau meng-instruksikan kita untuk merokok dan mendekati asap rokok. Hindari rokok karena nikotinnya yang berbahaya, hindari kopi karena cafeinnya yang kurang baik untuk kesehatan dan hindari miras karena ini dapat mengganggu kinerja syaraf yang berakibat pada mabuk dan lupa.

Gaya hidup sehat tidak harus mahal. Anda bisa menjalaninya dengan langkah-langkah yang alami dan mudah tanpa biaya yang besar. Lakukan tips menjalani gaya hidup sehat diatas sebagai tindakan pencegahan dan pengobatan atas penyakit yang menyerang atau di derita. Salam sehat selalu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.