19 Tips Memilih Makanan Sehat Seiring Bertambahnya Usia

Posted on

Tips Makanan Sehat

19 Tips Memilih Makanan Sehat Seiring Bertambahnya Usia

Apa yang kita inginkan seringkali tidak sebanding manfaatnya pada tubuh kita.  Kita ingin mengonsumsi makanan yang manis-manis tapi secara medis tidak diperkenankan. Kita ingin konsumsi makanan yang asin gurih, namun kadar darah melonjak drastis, dan sebagainya. Sedemikian kuat pengaruhnya makanan bagi kesehatan. Darisini, agar makanan tidak memunculkan risiko yang membahayakan, tips makanan sehat perlu kita pertimbangkan dan kita terapkan dengan baik.

Jenis makanan yang kita konsumsi setiap harinya berpengaruh pada kesehatan. Baik itu dari jenis makanannya maupun cara konsumsi dan takarannya. Selalu up date informasi mengenai tips makanan sehat seperti dalam uraian artikel kali ini untuk memastikan menu makanan yang Anda pilih adalah menyehatkan, dan cara Anda mengonsumsinya pun tepat. Yuk, intip tipsnya!

1. Prioritaskan Buah dan Sayur

Tips makanan sehat yang seringkali kita dengar tentu tidak lepas dari apa yang disebut buah dan sayur. Prioritaskan kedua jenis makanan tersebut untuk memastikan bahwa kadar serat dalam tubuh terpenuhi.

Setidaknya kedua jenis makanan ini mengisi setengah dari porsi makan Anda setiap harinya. Pilih jenis sayur dan buah dengan warna merah, hijau tua, dan orange yang mengandung banyak nutrisi yang diperlukan tubuh. Usahakan agar  buah dan sayur selalu tersedia dalam setiap kali waktu makan Anda.

2. Konsumsi Gandum Utuh

Bagi Anda para pelaku diet tentu sudah tidak asing lagi dengan jenis makanan gandum utuh ini. Dibandingkan dengan gandum yang mengalami proses pengolahan, gandum utuh kaya akan nutrisi penting yang diperlukan tubuh yang salah satunya adalah serat. Pastikan bahwa menu makanan Anda salah satunya adalah gandum utuh dengan kadar originalitas 100 persen.

3. Jangan Lupa Konsumsi Susu ya

Yup, susu kaya akan protein dan kalsium. Tapi tidak semua susu memberikan manfaat yang maksimal bagi kesehatan ya. Pilih jenis susu yang rendah lemak dan kalori. Jenis susu ini bisa Anda dapatkan pada susu kedele dan yoghurt. Konsumsi kedua jenis susu tersebut memberikan kecukupan nutrisi bagi Anda sebagaimana saat konsumsi susu pada umumnya namun Anda tidak perlu khawatir akan kandungan lemak dan kalori yang ada di dalamnya karena kadarnya sangat kecil.

4. Konsumsi Cukup Protein

Konsumsi protein adalah salah satu saran yang ada dalam setiap info tips makanan sehat yang kita peroleh dari ahlinya. Kenapa demikian? sebab protein adalah salah satu nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh untuk meningkatkan kecerdasan otak. Konsumsi makanan berprotein seperti tahu, daging rendah lemak, kacang, telur, dan sebagainya. Lalu bagaimana dengan makanan laut? Sajikan jenis makanan ini maksimal dua kali dalam seminggu.

5. Hindari Lemak

Lemak adalah musuh besar kesehatan, khususnya lemak jahat. Jenis lemak ini menjadi penyebab kolesterol dan tidak direkomendasikan bagi kesehatan. Sebisa mungkin hindari makanan yang mengandung lemak jahat seperti gorengan, makanan yang mengandung kuah daging, dan saus. Pilih jenis makanan yang direbus, di tanak dengan jenis makanan yang didominasi oleh buah dan sayur jika ingin menjaga kesehatan dengan lebih intens lagi.

6. Eksplorasi Kreativitas saat Memasak

Yup, meramu sendiri apa makanan yang akan kita sajikan hari ini adalah momen yang paling menyenangkan bagi para ibu. Anda bisa sajikan makanan sehat dengan lebih beragam dan lebih kreatif lagi dengan mempertimbangkan dari segi kandungan nutrisi dan pengaruh baiknya bagi tubuh.

Semisal pagi ini Anda akan menyajikan sandwich atau humberger, yummy sekali sepertinya. Agar tetap sehat hindari penggunaan bahan-bahan yang kaya lemak seperti dominansi daging dan keju. Ganti dengan bahan yang lebih sehat seperti sayur mayor dan buah atau daging yang telah diproses dengan cara yang lebih sehat. Tips makanan sehat ini memberikan alternative lain bagi Anda yang  ingin mengonsumsi jenis makanan yang beragam dan kekinian namun tetap sehat.

7. Makan di Rumah

Bunda adalah chef terbaik bagi keluarganya. Dan, bagi anggota keluarga yang lain, makan di rumah sangat direkomendasikan dibandingkan dengan seringkali makan di luar dengan kadar nutrisi dan cara masak yang meragukan.

Kita tau apa komposisi bahan yang kita gunakan. Kita mempertimbangkan apakah makanan tertentu aman untuk keluarga kita. Sebagai chef untuk orang-orang yang kita cintai, kita selalu memasak sesuai dengan menu makanan yang disukai masing-masing anggota keluarga dan menghindari untuk menyajikan menu makanan yang merupakan pantangan bagi anggota keluarga tercinta.

Lain halnya saat Anda konsumsi makanan di luar, apalagi dengan frekuensi yang sering. Kita tidak tau pasti apa bahan makanan yang digunakan. Kita tidak paham bagaimana cara mengolahnya dan kita tidak tau apakah itu direkomendasikan bagi kesehatan kita atau tidak. Penting bagi Anda untuk jeli membaca kandungan nutrisi dari label makanan yang Anda pesan.

8. Coba Makanan yang Baru

Anda mungkin pecinta mangga, namun apa salahnya jika hari ini Anda mencoba nanas atau semangka agar nutrisi yang didapatkan tubuh lebih bervariasi lagi. Siapa tau dari kebiasaan mencoba menu makanan yang baru ini Anda memiliki menu makanan favorit yang lain. Tidak ada salahnya Anda mencoba menu makanan sehat bersama teman-teman di luar.

9. Tambahkan Cita Rasa Manis yang Menyehatkan

Yup, cobalah menu makanan yang manis tapi rendah kalori. Rasa manis tersebut bisa Anda dapatkan dari siraman yoghurt yang dituang pada salad buah atau sayur.  Atau, tambahkan irisan apel pada makanan yang Anda sajikan untuk pencuci mulut.

10. Pertimbangkan Apapun Menu Makanan dan Minuman yang Anda Konsumsi

Pertimbangkan apa saja minuman dan makanan yang Anda konsumsi setiap harinya, termasuk cemilan yang Anda konsumsi sehari-hari. Setiap jenis makanan dan minuman yang kita konsumsi dan kita pilih setiap harinya berkontribusi pada kesehatan kita di masa sekarang dan yang akan datang. Tips makanan sehat dengan selalu memperhatikan apa-apa yang kita konsumsi setiap harinya berpengaruh pada kesehatan tubuh secara global.

11. Konsumsi Cairan yang Cukup

19 Tips Memilih Makanan Sehat Seiring Bertambahnya Usia2

Seiring bertambahnya usia, kita akan kehilangan kepekaan atas rasa haus. Perbanyak konsumsi air yang tujuannya adalah untuk menjaga kadar mineral tubuh agar tetap ter-hidrasi dengan baik. Sesekali konsumsi susu rendah lemak dan kalori. Konsumsi jus tanpa gula dan lebih selektif dalam memilih jenis minuman yang dikonsumsi. Pertimbangkan manakah jenis minuman yang menurut Anda baik untuk dikonsumsi setiap hari.

12. Ciptakan Momen Makan yang Menyenangkan

Momen makan yang menyenangkan bisa Anda ciptakan melalui momen makan bersama teman, rekan kerja, atau keluarga tercinta. Anda bisa menciptakan momen makan yang menyenangkan dengan event sosial yang Anda ciptakan. Makan dalam kondisi senang, dan bahagia memberikan rasa puas bagi Anda. Ciptakan momen  makan bersama setidaknya dua kali dalam seminggu untuk meningkatkan rasa puas saat sedang makan.

13. Rencanakan Konsumsi Makanan yang Sehat

Ya, rencanakan konsumsi makanan yang sehat setiap harinya berdasarkan informasi yang Anda dapatkan dari pakar nutrisi makanan. Informasi tersebut meliputi apa saja menu makanan yang kita konsumsi, berapa banyak makanan yang sebaiknya kita konsumsi setiap harinya, dan apa makanan yang sebaiknya dipilih. Usahakan untuk memilih informan yang sedikit lebih fleksible dan tidak terlalu strict agar Anda bisa mengonsumsi makanan sehat yang bervariasi sesuai keinginan.

14. Ketahui Berapa Banyak Porsi Makanan yang Sebaiknya Dikonsumsi

Tips makanan sehat selanjutnya tidak lepas dari seberapa banyak porsi makanan yang harus dikonsumsi setiap harinya. Usahakan untuk makan sesuai porsinya dan tidak melebihi porsi tersebut. Saat Anda makan di luar dan kebetulan porsinya cukup besar, Anda bisa membungkus sisanya untuk dikonsumsi lagi nanti. Ini untuk menghindari potensi overweight yang berpotensi menyebabkan terjadinya berbagai penyakit berbahaya.

15. Konsumsi Buah dan Sayur yang Bervariasi

Satu jenis buah mungkin kaya akan nutrisi tertentu. Cobalah untuk mengonsumsi buah dan sayur yang lebih bervariasi yang tujuannya adalah untuk meng-stabilkan kebutuhan nutrisi tubuh. Yang perlu diperhatikan adalah, buah dan sayur adalah jenis makanan yang direkomendasikan karena kaya akan serat dan rendah kalorinya. Yuk, kolaborasikan beberapa potongan buah dan sayur yang berbeda di piring Anda agar nutrisi tubuh terjaga.

16. Sesuaikan Tekstur Makanan dengan Kondisi Gigi

Seiring bertambahnya usia, kondisi gigi tidak sekuat sebagaimana saat kita masih muda. Cobalah untuk memilih jenis makanan sehat yang sesuai dengan kekuatan gigi. Anda bisa mengolah jenis makanan tersebut terlebih dahulu dengan cara yang sehat sehingga gigi lebih mudah beradaptasi tanpa mengalami rasa sakit.

17. Tingkatkan Selera Makan Anda dengan Herbal dan Rempah

Semakin hari, hasrat untuk mengonsumsi makanan tertentu bisa saja menurun, karena kita mungkin sudah bosan, atau karena ada masalah kesehatan yang melarang untuk konsumsi makanan tertentu. Jika kita tidak berselera makan, justru akan menjadi masalah yang baru bagi kesehatan.

Tingkatkan selera makan Anda dengan meramu makanan tersebut menggunakan tambahan bahan herbal dan rempah pilihan. Ini akan memberikan aroma yang menggugah selera sehingga keinginan untuk makan meningkat. Tidak lain tujuannya adalah untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh.

18. Konsumsi Jenis Makanan yang Aman

Beberapa jenis makanan mungkin tidak aman bagi Anda karena faktor usia atau karena penyakit yang di idap. Semisal daging berlemak tidak bagus bagi penderita hipertensi, jenis kacang-kacangan tidak disarankan bagi penderita asam urat, dan sebagainya.

Pilih makanan yang  tidak berisiko membahayakan kesehatan dan cocok untuk usia Anda sehingga Anda tidak perlu khawatir akan masalah kesehatan yang mungkin terjadi. Tidak hanya jenis makanannya saja, tetapi cara pengolahannya pun menjadi alasan apakah jenis makanan itu cocok atau tidak untuk Anda. Sebut saja jenis makanan yang sedikit berisiko bagi kesehatan adalah makanan yang di goreng. Pilih makanan yang diolah dengan cara yang aman seperti di kukus maupun direbus.

19. Baca Label Nutrisi pada Bagian Kemasan

Saat Anda membeli makanan kemasan, tips makanan sehat yang tidak sebaiknya Anda lupakan adalah membaca bagian label nutrisi-nya. Label nutrisi tersebut meng-informasi-kan kepada Anda mengenai apa saja nutrisi yang terkandung dalam makanan itu. Ketahui berapa banyak takaran sodium, kalori, dan lemak di dalamnya untuk mencocokkan antara kadar nutrisi yang Anda butuhkan dengan sebarapa banyak makanan yang harus dikonsumsi.

Tips makanan sehat seperti tersebut di atas bantu Anda memilih jenis makanan yang tepat yang sesuai dengan usia dan kadar nutrisi yang diperlukan. Makanan erat kaitannya dengan kesehatan sehingga Anda harus benar-benar memperhatikan nutrisi yang diperlukan tubuh dan memilihnya secara selektif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.