Buka Puasa: 18 Pilihan Menu Buka Puasa yang Enak dan Sehat

Posted on

Buka Puasa

18 Pilihan Menu Buka Puasa yang Enak dan Sehat1

Menjaga kesehatan saat bulan puasa sangatlah penting. Anda bisa mengusahakannya dengan memperbanyak olahraga ringan, menjaga pikiran agar tidak stres dan yang pasti tepat dalam memilih menu buka puasa yang enak dan sehat. Tidak hanya menu buka puasa, Anda pun membutuhkan menu yang enak dan sehat saat sedang santap sahur.

Dibandingkan dengan saat sahur, Anda tentu memiliki lebih banyak waktu menyiapkan menu buka puasa. Menyiapkan menu berbuka sendiri di rumah agaknya lebih sehat dibandingkan dengan membeli makanan di luar.

Yuk, alokasikan waktu Anda untuk menyiapkan menu buka puasa yang enak dan sehat untuk keluarga tercinta. Bingung apa menunya? Ini nih ide kreatif siapkan menu buka puasa bagi keluarga.

1. Beragam Sup

Perut keroncongan? Yuk, siapkan aneka sup saat berbuka untuk menenangkan perut. Dibandingkan gorengan yang kaya lemak, Bunda bisa siapkan sup sebagai alternative yang menyehatkan. Sup apa yang bagus untuk berbuka? Coba menu buka puasa sup ayam. Ayam disini fungsinya adalah untuk menambah protein tubuh sehingga energi yang hilang di siang hari berangsur kembali.

Selain ayam,  capcay adalah menu buka puasa yang direkomendasikan. Untuk menambah cairan tubuh, coba buat capcay kuah ala Chinese Food yang berisi beragam sayuran seperti kol, wortel, dan sawi putih. Agar rasanya lebih nendang dan lebih bervariasi, boleh nih tambahkan baso, daging sapi, atau ayam. Sajikan sup selagi hangat ya agar rasanya lebih oke.

2. Menu Makanan Utama: Kentang Rebus atau Nasi Merah

Anda mungkin sedang mencari apa ya menu buka puasa pemasok karbohidrat yang aman dan tidak bikin gendut? Jawabannya ada pada kentang rebus dan nasi merah. Yap, kedua jenis makanan tersebut adalah sumber karbohidrat dengan kandungan kalori yang tidak sebanyak nasi putih. Konsumsi menu makanan utama kentang rebus dan nasi putih untuk menjaga kesehatan saat puasa.

3. Pecel atau Karedok

18 Pilihan Menu Buka Puasa yang Enak dan Sehat3

Orang Jawa Timur dan Jawa Barat tentu sudah familiar dengan makanan yang satu ini, makanan yang biasa disebut salad-nya orang Indonesia. Kenapa begitu? Karena baik karedok maupun pecel keduanya dibuat dari beragam sayuran yang disiramkan bumbu kacang diatasnya. Bedanya, Karedok asli Jawa Barat sedangkan Pecel asli Surabaya Jawa Timur.

Pecel atau karedok masuk dalam list makanan sehat buka puasa. Anda sudah paham pastinya kenapa kedua makanan tersebut masuk dalam nominasi makanan sehat. Ini tidak lain karena sayuran yang digunakan cocok untuk melancarkan sistem pencernaan. Agar tidak sakit perut, plis, siapkan sambal yang tidak terlalu pedas ya.

4. Daging Bakar Sehat

Ada ya daging olahan yang menyehatkan? Tentu ada selama Anda tau tipsnya. Daging bakar adalah salah satu menu yang cocok untuk dijadikan santapan berbuka sesekali saja. Siapkan daging yang sudah bersih dari lemak seutuhnya. Lalu panggang hingga matang.

Adapun bumbu dagingnya, Anda bisa buat bumbu sederhana dengan kombinasi merica, lemon, dan sedikit taburan garam. Untuk sausnya, Anda bisa siapkan tomat segar yang sudah dicuci bersih, tambah dengan saus sambal berkualitas dan yang terakhir adalah air perasan jeruk lemon.

Rasa daging panggang pun mak nyus dan tetap aman bagi kesehatan. Eits, lupa! Plis jangan gunakan margarine atau mentega ya untuk memanggang. Anda bisa pakai olive oil yang lebih sehat.

5. Ayam panggang, ayam pepes atau ayam rebus

Pecinta ayam tentunya selalu menunggu menu buka puasa sehat dengan bahan dasar unggas yang satu ini. Ayam biasanya diolah menjadi bahan dasar soto atau sup. Faktanya, Anda bisa mengolahnya menjadi lebih bervariasi lagi dengan menjadikannya menu ayam pepes, ayam rebus dan ayam panggang. Sebisa mungkin hindari olahan ayam yang diproses dengan cara digoreng apalagi ditambahkan tepung seperti halnya yang disajikan di beberapa restoran.

6. Kurma

Kurma adalah salah satu buah yang ajaib. Ya, selain atasi lapar dan tingkatkan kadar energi dalam tubuh, kurma adalah menu buka puasa yang direkomendasikan sejak jaman Nabi. Kurma kaya akan kandungan gula alami yang ampuh kembalikan sisa energi yang hilang di siang hari dan cocok dikonsumsi penderita anemia sebab buah ini kaya akan zat besi. Jangan lupa sediakan kurma setiap kali berbuka puasa ya.

7. Tumis Sayuran

Anda suka makan sayur kangkung, tauge, sawi dan bayam? Bisa banget nih menjadi bahan dasar tumis sayuran yang bisa Anda siapkan dengan cepat dan sederhana. Bumbunya cukup merica, bawang merah, bawang putih dan garam saja.

Sajikan menu tumis sayuran dengan lauk ayam panggang sehat sehingga Anda lebih bersemangat jalani ibadah puasa. Agar lebih sehat, gunakan olive oil saat menggoreng. Dan jika ingin lebih pedas, Anda bisa tambahkan potongan cabai hijau kecil yang sudah dicuci bersih.

8. Oatmeal

Oatmeal adalah makanan yang kaya serat. Menu buka puasa yang satu ini memberikan rasa kenyang lebih lama dan cocok dikonsumsi saat buka sudah mendekati waktu tarawih. Sediakan oatmeal di rumah untuk sajian buka puasa maupun sahur yang sehat. Adapun topping yang bisa Anda manfaatkan adalah granola, buah segar, madu, dan susu tanpa lemak untuk meningkatkan nutrisi dalam tubuh.

9. Ikan Bakar

Menu buka puasa yang satu ini cocok sekali dikonsumsi oleh para pelaku diet. Pasalnya, ikan rendah akan lemak dimana ikan yang direkomendasikan untuk sajian buka puasa adalah ikan dorang, mas, gurami, atau kakap.

Gunakan olive oil saat proses pemanggangan dengan kombinasi bumbu cabe, merica, jeruk nipis, dan kecap. Oya, agar tidak terkena risiko penyakit kanker, usahakan untuk tidak membakar ikan hingga gosong ya.

10. Takjil

18 Pilihan Menu Buka Puasa yang Enak dan Sehat2

Takjil adalah menu buka puasa yang sudah menjadi tradisi khususnya masyarakat Indonesia. Bahkan, takjil telah menjadi mata pencaharian khusus bagi mereka yang ingin mengais berkah di bulan Ramadhan.

Sepanjang jalan kita temui penjual takjil dengan menu yang segar dan beragam. Namun, tidak sebaiknya Anda menjadikannya pilihan berbuka sebab Anda belum benar-benar tahu bagaimana proses pengolahannya dan belum tentu terjamin higienitasnya.

Siapkan takjil di rumah. Saya punya ide, Anda bisa tanyakan apa kira-kira menu takjil yang diinginkan mayoritas anggota keluarga. Buat menu buka puasa yang segar dan sehat seperti salad buah, agar-agar, dan sop buah dengan tambahan madu.

11. Bubur Sum Sum

Salah satu makanan tradisional Indonesia yang cocok dijadikan menu pembuka saat buka puasa adalah bubur sum sum. Bubur yang satu ini saat dikonsumsi terasa begitu legit karena paduan rasa gurih dan manisnya.

Cara membuatnya sangat mudah. Anda bisa siapkan tepung beras dan santan serta sedikit garam untuk memberikan rasa gurih. Dan, untuk sausnya, Anda bisa siapkan gula merah dan daun pandan. Anda akan rasakan sensasi gurih dan manis dalam tekstur lembut bubur sum sum saat berbuka.

12. Pancake yang Menggoda

Saat berbuka adalah saat yang ditunggu-tunggu. Buka puasa lebih bersemangat jika Anda siapkan menu makanan yang menggoda sebagai pembuka, yaitu pancake. Makanan ini kaya akan kandungan karbohidrat dalam jumlah yang banyak serta kandungan proteinnya. Energi yang hilang di siang hari akan segera terganti dengan menu pembuka pancake yang manis dan menggoda. Eits, tapi jangan kebanyakan ya agar berat badan tubuh tetap terjaga!.

13. Es Kelapa Muda

Wow, siapa yang tidak kenal es yang satu ini. Es kelapa muda adalah menu yang selalu dirindukan saat buka puasa. Tidak sekedar enak namun es kelapa muda ternyata menyehatkan.

Pasalnya, air kelapa muda kaya akan ion yang efektif mengembalikan ion tubuh yang hilang saat sedang puasa di siang harinya. Anda bisa gonta-ganti menu resep es kelapa muda yang lebih bervariasi dengan kombinasi gula merah atau gula aren, es kopyor, dan sebagainya.

14. Nasi Goreng Kombinasi

Nasi oleh ibu rumah tangga biasanya digoreng saat sudah tidak ada lauk sama sekali di rumah. Yap, nasi goreng adalah alternatif saat kehabisan lauk sehingga makan nasi saja sudah nikmat. Saat buka puasa, Anda bisa siapkan menu nasi goreng kombinasi yang spesial, dimana spesialnya?

Nasi goreng berbahan nasi putih secukupnya dengan teksture sedang, tidak terlalu lembek dan tidak terlalu keras. Selanjutnya, buatlah bumbu sendiri agar lebih baik bagi kesehatan. Adapun karbohidrat yang ada pada nasi bermanfaat untuk mengembalikan energi tubuh. Tambahkan telur atau udang sebagai sumber protein, dan kombinasikan dengan berbagai sayuran hijau untuk menunjang kesehatan. Agar bebas lemak jenuh, pakai olive oil saat proses penggorengan.

15. Siapkan Sop Ceker

Selain sop ayam atau capcay kuah ala Chinese food, boleh nih dicoba resep sup ceker untuk menu buka puasanya. Dari segi rasanya nikmat dan dari segi nilai gizinya juga tidak kalah. Siapkan ceker yang sudah dicuci bersih, tambahkan sayuran untuk meningkatkan nutrisi dalam menu makanan tersebut, seperti wortel, kentang, dan seledri. Sebisa mungkin pilih ceker ayam kampung dan buat sendiri bumbunya agar terjamin bagi kesehatan.

16. Opor Ayam Sehat

Opor ayam bisa menjadi menu pilihan buka puasa Anda. Rasanya nikmat dan kandungan gizinya pun tinggi. Buatlah opor ayam dari daging ayam kampung yang sudah dihilangkan lemaknya. Buat bumbunya dari bahan-bahan alami yang ada di dapur lalu masaklah. Usahakan untuk tidak makan menu makanan ini jika Anda penderita maag akut. Beri jeda waktu agar perut bisa beradaptasi dengan baik sembari ngemil cemilan sehat terlebih dahulu.

17. Ayam Rica Rica

Menu buka puasa ini cocok sekali menjadi santapan Anda selepas konsumsi menu pembuka. Ada kombinasi rasa ayamnya yang gurih dengan bumbu ricanya yang pedas nendang. Ayam kampung lebih disarankan untuk dijadikan bahan dasar ayam rica-rica. Protein yang ada di dalamnya bantu kembalikan energi Anda. Ingat, menu pedas seperti ini kurang pas jika Anda sajikan di waktu sahur. So, sajikan saat berbuka saja ya.

18. Sayur Lodeh

Pecinta makanan bersantan tentu familiar dengan menu makanan yang satu ini. Usahakan agar tidak menggunakan santan dalam jumlah banyak sebab berpotensi meningkatkan asam urat dan kolesterol. Gunakan santan secukupnya dan tambahkan varian sayur ke dalamnya yang bagus untuk menutrisi tubuh saat puasa.

Menu buka puasa diatas, bantu kembalikan selera makan Anda saat buka puasa dengan tetap memperhatikan kesehatan tubuh. Selamat mencoba.

 

One thought on “Buka Puasa: 18 Pilihan Menu Buka Puasa yang Enak dan Sehat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.